Langsung ke konten utama

Inilah 15 Hal yang Akan Terjadi jika Manusia Melakukan Kontak dengan Alien


Apakah kita sendirian di alam semesta? Inilah pertanyaan yang diajukan oleh umat manusia sejak dulu dan sampai sekarang kita masih belum memiliki jawaban yang konkret. Kita telah belajar banyak tentang dunia kita dan kosmos, tapi kita masih belum menemukan bentuk kehidupan berakal lain di luar angkasa.

Tentu saja, mengingat masa hidup kita yang sangat terbatas, mudah bagi kita untuk membayangkan pertemuan dengan peradaban ekstraterestrial (alien) tidak akan pernah terjadi, karena tentu saja memang belum pernah terjadi. Atau mungkin kita pernah melakukan kontak dengan mereka, namun dirahasiakan agar tidak menimbulkan keributan di masyarakat. Saat ini kita sendirian, cukup melegakan sekaligus mengerikan.

Kita belum sepenuhnya memahami ukuran alam semesta teramati dan saat ini perjalanan antargalaksi hanya ada di berbagai fiksi ilmiah. Tetapi mungkinkah kehidupan telah berevolusi di planet lain? Apakah lebih sulit membayangkan kita ada di dalam singularitas, sendirian di antara jutaan galaksi, atau justru ada peradaban asing di luar sana?

Dan apa yang akan terjadi jika kita melakukan kontak dengan mereka? Inilah waktu yang tepat untuk memikirkan 15 spekulasi klasik berikut!

jika-manusia-melakukan-kontak-dengan-alien-15-informasi-astronomi

15. Kita akan pertama kali mendengarnya di media sosial

Apakah ada protokol ketat yang mengatur manusia untuk melakukan kontak dengan makhluk luar angkasa? Jawabannya adalah semacam pedoman yang disusun oleh Institut SETI (Search for Extraterrestrial Intelligence) bagi para astronom jika mereka menemukan peradaban asing. Pedoman ini menganjurkan agar informasi yang mereka peroleh, diverifikasi terlebih dahulu oleh lembaga lain dan melaporkannya kepada PBB sehingga penemuan dapat didistribusikan melalui media yang terakreditasi.

Namun pedoman ini tidak diatur oleh undang-undang Internasional manapun, berarti berita kontak dipastikan bocor dan menyebar jauh sebelum PBB memiliki kesempatan untuk mengatasinya. Jadi jika seorang astronom yang membuat penemuan sekali untuk seumur hidup, tidak tertarik untuk mengikuti peraturan, kita mungkin akan mendengarnya di media sosial terlebih dahulu.

jika-manusia-melakukan-kontak-dengan-alien-14-informasi-astronomi

14. Berita mungkin akan mengacaukan jaringan internet

Pikirkan sejenak saat perayaan malam tahun baru. Setiap malam tahun baru, seberapa sulit kita mengirim pesan? Sistem selalu kelebihan muatan saat masyarakat saling mengirimkan ucapan selamat tahun baru, benar bukan? Lantas bagaimana jika kita mulai membahas tentang penemuan monumental seperti menemukan peradaban ekstraterestrial, kita bisa membayangkan dampaknya.

Kita akan kesulitan mengakses media sosial karena ceritanya menyebar ke seluruh dunia seperti api liar. SETI tidak menganggap ini sebagai masalah besar, asalkan informasi telah terverifikasi dengan benar. Mantan direktur SETI, Jill Tarter mengatakan, “Masyarakat menginginkan akses informasi seluas mungkin. Jika kita menemukan peradaban asing di Institut SETI, saya rasa tidak ada cara untuk menjaga situs web atau telepon kami untuk beroperasi seperti hari-hari normal lainnya mengingat antusiasme publik yang berusaha memperoleh informasi.”

jika-manusia-melakukan-kontak-dengan-alien-13-informasi-astronomi

13. Mungkin membutuhkan waktu sesaat untuk memutuskan bagaimana cara menanggapi

Meskipun tidak ada pedoman ketat yang mengatur apa yang harus dilakukan jika seorang atau tim astronom menemukan peradaban asing, PBB tidak ingin ada orang di luar pihaknya yang akan menjawab pesan dari mereka. Dan mengingat informasi yang kita kirim berisiko mengakibatkan penghancuran total spesies kita, alasan itu cukup logis.

Jika kita menerima pesan dari alien, kita perlu berkumpul untuk memutuskan bagaimana merespons dengan cara yang terbaik. Anda bisa yakin upaya itu tidak akan terjadi hanya dalam waktu satu hari. Kita sendiri hampir tidak mampu melewati perbedaan yang ada, meskipun kita satu spesies, jadi bagaimana kita bisa mengatasi hal sepenting ini? Kita hanya tidak tahu. Yang kita tahu adalah dibutuhkan waktu beberapa tahun untuk memecahkan kode pesan dari mereka, dan mungkin beberapa dekade lagi sebelum kita mengirim tanggapan.

jika-manusia-melakukan-kontak-dengan-alien-12-informasi-astronomi

12. Kita akan berdebat tentang siapa yang akan mewakili kita

Jadi, alien telah mengirim pesan kepada kita, dan entah bagaimana kita berhasil mengatasi perbedaan dalam politik dan segala perbedaan lainnya untuk bekerja sama dalam merespons pesan yang dikirim mereka. Atau mungkin saja, mereka telah mendarat di Bumi. Jadi sekarang kita dihadapkan pada pertanyaan: siapa yang kita pilih untuk mewakili miliaran manusia; siapa yang punya gagasan berbeda tentang apa yang harus kita lakukan selanjutnya?

Haruskah kita memilih ilmuwan untuk mewakili kita? Atau apakah figur politik lebih cocok dalam tugas ini? Dan, siapa yang akan membuat keputusan pada akhirnya? PBB? Satu-satunya hal yang bisa kita yakini adalah bahwa kita akan berdebat tentang siapa yang akan mewakili kita.

jika-manusia-melakukan-kontak-dengan-alien-11-informasi-astronomi

11. Tidak, alien mungkin tidak menginginkan sumber daya kita

Ketika membayangkan kontak pertama dengan alien, kita sering mengingat apa yang telah kita lihat di bioskop. Adegan di dalam film fiksi ilmiah kerap menampilkan alien jahat yang datang ke Bumi untuk mencari planet baru, atau sumber daya alam yang berharga. Tapi jika kita benar-benar serius memikirkannya, ketakutan kita sangat tidak beralasan.

Jika ras alien mampu mencapai Bumi, berarti mereka mampu melakukan perjalanan ke mana saja, dan kita tahu ada jutaan planet di luar sana, mungkin dengan sumber daya yang lebih banyak daripada yang kita miliki. Apakah mereka ingin memperbudak kita? Juga mustahil.

Sebuah spesies yang telah berkembang sangat maju untuk menempuh perjalanan melalui kosmos tentunya tidak lagi membutuhkan tenaga kerja biologis. Film yang kita tonton selalu menampilkan alien yang tidak bersahabat, tapi kemungkinan besar mereka justru ramah.

jika-manusia-melakukan-kontak-dengan-alien-10-informasi-astronomi

10. Apakah kita akan bersatu atau malah bercerai-berai?

Kita dapat memastikan ada beberapa pihak yang tidak menyetujui cara terbaik jika kita melakukan kontak dengan alien. Kita cenderung memiliki pemahaman yang terbatas terhadap cara pandang orang lain dan melihat dunia sebagai tempat yang bermusuhan secara inheren. Tentunya akan ada yang berasumsi satu-satunya alasan alien mencari kita adalah karena mereka memiliki niat jahat, dan reaksi pertama mereka juga akan berlanjut dengan kekerasan.

Di sisi lain, kita juga akan memiliki orang-orang yang melihat kontak sebagai kesempatan baru bagi umat manusia. Menyepakati langkah terbaik tentu akan sulit, dan kita akan melihat bagaimana akhirnya umat manusia terpecah. Tapi, mungkin fenomena semacam itu justru membuat kita melupakan perbedaan dan bersatu sebagai satu spesies.

jika-manusia-melakukan-kontak-dengan-alien-9-informasi-astronomi

9. Kontak mungkin tidak terjadi melalui cara yang kita bayangkan

Ketika membayangkan sebuah skenario saat kita melakukan kontak dengan alien, apa yang Anda bayangkan? Alien mendarat di halaman Gedung Putih, kantor pusat pemerintahan dan mengetuk pintu? Pesawat raksasa alien muncul di langit? Menurut Anda bagaimana kontak akan terjadi?

Tak seperti yang kita bayangkan, peluang terbaik kontak pertama tidak akan terjadi melalui tatap muka. Jika peradaban asing menyadari eksistensi kita, mereka tahu kita adalah ras yang mudah takut dan kurang bersahabat, jadi mereka mungkin menghubungi kita melalui radio atau beberapa jenis pesan lainnya terlebih dahulu. Mereka bisa berada sangat jauh dari kita dan mereka mungkin tidak berniat datang ke Bumi. Mereka mungkin hanya menawarkan bantuan, atau hanya memberi tahu kita di mana mereka berada.

jika-manusia-melakukan-kontak-dengan-alien-8-informasi-astronomi

8. Kita bisa mengalami krisis kepercayaan global

Saat ini, kita merasa umat manusia adalah satu-satunya peradaban maju di alam semesta, karena kita memang belum pernah menemukan peradaban ekstraterestrial. Di satu sisi, fakta ini membuat kita takut, namun di sisi lain justru memberikan kita keistimewaan. Kita memiliki kepercayaan diri untuk menjadi spesies yang sangat maju dan kita menjadi sombong tentang status tunggal kita.

Lantas apa yang akan terjadi jika kita bertemu dengan peradaban lain, yang mungkin ribuan atau bahkan jutaan tahun lebih maju di depan kita? Di hadapan mereka, kita mungkin akan merasa layaknya manusia gua yang duduk di kaki manusia modern. Mereka mungkin sudah sangat maju, sehingga mereka tampak seperti makhluk super. Fakta ini dapat memicu krisis kepercayaan global umat manusia.

jika-manusia-melakukan-kontak-dengan-alien-7-informasi-astronomi

7. Kita akan melihat sebuah lonjakan teknologi

Setelah melakukan kontak dengan peradaban asing, kita pasti akan melihat lonjakan teknologi baru. Karena kita tidak ingin menjadi underdog. Kita ingin bersaing dengan tingkat teknologi mereka, yang memicu upaya kita untuk meningkatkan level teknologi secepat mungkin.

Tentu saja ada kemungkinan mereka baik hati dan memberi kita pengetahuan. Kendati demikian teknologi akan berada di urutan teratas daftar prioritas kita. Kita akan mendorong semua sumber daya yang tersedia untuk mencipta dan berkembang. Kontak dengan alien akan mengubah dunia yang kita ketahui saat ini.

jika-manusia-melakukan-kontak-dengan-alien-6-informasi-astronomi

6. Mungkin memberi kita harapan untuk masa depan yang lebih baik

Saat ini, masa depan nampaknya kurang menjanjikan bagi umat manusia. Populasi kita terus meningkat dan beberapa ratus tahun lagi sumber daya alam di Bumi tidak dapat menopang kita. Kita juga menghadapi perubahan iklim yang perlu dikhawatirkan.

Namun hambatan terbesar yang harus kita atasi sebagai suatu spesies adalah gagasan bahwa kita berbeda. Tidak mungkin kita maju ke tahap evolusi berikutnya, kecuali kita bekerja sama. Menghadapi kompetisi untuk menaklukkan perjalanan antargalaksi mungkin memberi harapan bahwa spesies kita dapat melakukan hal serupa, jika kita dapat menerima perbedaan di antara kita dan bekerja sama.

jika-manusia-melakukan-kontak-dengan-alien-5-informasi-astronomi

5. Kontak berdampak lambat bagi masyarakat

Mari kita bayangkan sejenak, kita menerima pesan antargalaksi dari sistem bintang yang sangat jauh. Pertama, kita perlu mengurai pesan dari mereka dan membuktikan pesan memang dikirim oleh peradaban maju. Mungkin membutuhkan waktu beberapa bulan, bahkan mungkin bertahun-tahun. Setelah dikonfirmasi, lalu bagaimana?

Bagi masyarakat, hidup akan terus berjalan seperti biasa. Kita masih perlu pergi bekerja dan meneruskan hidup kita. Bahkan mungkin butuh beberapa generasi untuk melakukan dialog, jadi dampak yang dirasakan oleh masyarakat mungkin tidak akan terasa dengan segera. Memang tetap akan menjadi penemuan yang luar biasa, tapi jika alien tidak menunjukkan ancaman langsung kepada kita, begitu euforia mereda, kehidupan akan berlanjut seperti biasa.

jika-manusia-melakukan-kontak-dengan-alien-4-informasi-astronomi

4. Kontak akan berdampak terhadap ekonomi

Jika bertemu dengan peradaban yang lebih maju, kemungkinan besar mereka akan merasa kasihan kepada kita. Bagaimanapun, kita terjebak di planet yang perlahan-lahan kita hancurkan sendiri dan alien hanya ingin membantu kita untuk melewati tahap evolusi kita berikutnya. Bantuan mereka mungkin datang dalam bentuk informasi dan teknologi, tetapi inilah yang menyebabkan dampak terbesar bagi masyarakat.

Alien mungkin menunjukkan kepada kita cara untuk bekerja dengan teknologi yang tidak pernah kita bayangkan, menghasilkan perubahan serupa dengan zaman revolusi industri. Mesin mengambil alih pekerjaan tenaga kerja manual dan banyak orang yang kehilangan pekerjaan, sebelum mereka dapat dilatih untuk keterampilan yang baru.

jika-manusia-melakukan-kontak-dengan-alien-3-informasi-astronomi

3. Kita bisa diundang untuk bergabung dengan klub intergalaksi

Baiklah, mari membayangkan kita melakukan kontak dengan peradaban asing yang sangat maju. Jika ada satu ras alien, tak menutup kemungkinan ada ras alien lainnya. Dan mereka semua telah menguasai perjalanan antarplanet, berarti mereka mungkin telah menjalin komunikasi, bahkan mungkin bekerja sama untuk memastikan keberlangsungan spesies mereka.

Jika hal ini benar, mereka mungkin telah membentuk semacam federasi intergalaksi untuk menjaga kedamaian. Dan jika mereka menganggap umat manusia layak, mereka mungkin meminta kita untuk bergabung dengan mereka di semacam klub intergalaksi dengan imbalan informasi dan kerja sama. Kedengarannya seperti cerita fiksi ilmiah, tapi mungkin saja terjadi.

jika-manusia-melakukan-kontak-dengan-alien-2-informasi-astronomi

2. Kontak bisa membawa era baru untuk kemanusiaan

Melakukan kontak dengan alien akan mengubah sejarah manusia untuk selamanya, itu pasti. Bisa memberi kita kesempatan untuk belajar lebih banyak tentang alam semesta daripada sebelumnya, karena pemahaman bahwa kita tidak sendirian akan mengubah cara pandang kita secara drastis. Perubahannya mungkin terjadi sangat lambat, atau bisa terjadi dalam masa hidup kita, tapi satu hal yang pasti: umat manusia akan memasuki era baru.

Alien dapat membantu kita memecahkan masalah teknologi, bahkan mungkin membuka pintu bagi umat manusia untuk mengarungi kosmos dan menetap di planet-planet baru, sekaligus meningkatkan peluang kita untuk bertahan hidup sebagai suatu spesies. Mereka mungkin memiliki jawaban tentang kesadaran dan sifat sejati kehidupan.

jika-manusia-melakukan-kontak-dengan-alien-1-informasi-astronomi

1. Atau kehancuran total

Tidak semua orang percaya alien akan selalu bersikap damai dan bersabahat. Kita telah melihat apa yang terjadi ketika ras yang lebih maju bertemu dengan populasi primitif, dan biasanya berujung tragis bagi peradaban yang kurang maju. Jadi, bagaimana jika hal serupa berlaku untuk alien? Bagaimana jika mereka memutuskan untuk menghancurkan kita daripada membantu kita?

Seperti yang dipikirkan fisikawan kondang Stephen Hawking, kecil peluang kita untuk dapat membela diri. Hawking telah memperingatkan kita, upaya mengirim pesan ke luar angkasa berpotensi mengarah ke kehancuran kita, seperti ketika Colombus mendarat di benua Amerika yang berujung bencana bagi penduduk pribumi. Tapi rasa penasaran mendorong kita untuk terus mencari. Jika Hawking benar, kontak mungkin menjadi penyebab utama kehancuran total kita.

Mungkin sebagian besar kita sangat tertarik jika terjadi kontak dengan peradaban asing, meskipun hingga saat ini kehidupan di luar Bumi belum pernah ditemukan, dan sejauh yang kita ketahui, barangkali memang tidak ada.

Namun, jika mendadak terjadi kontak, itulah 15 rangkaian peristiwa yang akan terjadi!

Ditulis oleh: Jessica Beale-Roberts, www.therichest.com


#terimakasihgoogle

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Diameter Bumi

Kredit: NASA, Apollo 17, NSSDC   Para kru misi Apollo 17 mengambil citra Bumi pada bulan Desember 1972 saat menempuh perjalanan dari Bumi dan Bulan. Gurun pasir oranye-merah di Afrika dan Arab Saudi terlihat sangat kontras dengan samudera biru tua dan warna putih dari formasi awan dan salju antartika.   Diameter khatulistiwa Bumi adalah  12.756 kilometer . Lantas bagaimana cara para ilmuwan menghitungnya? Kredit: Clementine,  Naval Research Laboratory .   Pada tahun 200 SM, akurasi perhitungan ukuran Bumi hanya berselisih 1% dengan perhitungan modern. Matematikawan, ahli geografi dan astronom Eratosthenes menerapkan gagasan Aristoteles, jika Bumi berbentuk bulat, posisi bintang-bintang di langit malam hari akan terlihat berbeda bagi para pengamat di lintang yang berbeda.   Eratosthenes mengetahui pada hari pertama musim panas, Matahari melintas tepat di atas Syene, Mesir. Saat siang hari pada hari yang sama, Eratosthenes mengukur perpindahan sudut Matahari dari atas kota Al

Apa Itu Kosmologi? Definisi dan Sejarah

Potret dari sebuah simulasi komputer tentang pembentukan struktur berskala masif di alam semesta, memperlihatkan wilayah seluas 100 juta tahun cahaya beserta gerakan koheren yang dihasilkan dari galaksi yang mengarah ke konsentrasi massa tertinggi di bagian pusat. Kredit: ESO Kosmologi adalah salah satu cabang astronomi yang mempelajari asal mula dan evolusi alam semesta, dari sejak Big Bang hingga saat ini dan masa depan. Menurut NASA, definisi kosmologi adalah “studi ilmiah tentang sifat alam semesta secara keseluruhan dalam skala besar.” Para kosmolog menyatukan konsep-konsep eksotis seperti teori string, materi gelap, energi gelap dan apakah alam semesta itu tunggal ( universe ) atau multisemesta ( multiverse ). Sementara aspek astronomi lainnya berurusan secara individu dengan objek dan fenomena kosmik, kosmologi menjangkau seluruh alam semesta dari lahir sampai mati, dengan banyak misteri di setiap tahapannya. Sejarah Kosmologi dan Astronomi Pemahaman manusia

Berapa Lama Satu Tahun di Planet-Planet Lain?

Jawaban Singkat Berikut daftar berapa lama waktu yang dibutuhkan oleh setiap planet di tata surya kita untuk menyelesaikan satu kali orbit mengitari Matahari (dalam satuan hari di Bumi): Merkurius: 88 hari Venus: 225 hari Bumi: 365 hari Mars: 687 hari Jupiter: 4.333 hari Saturnus: 10.759 hari Uranus: 30.687 hari Neptunus: 60.190 hari   Satu tahun di Bumi berlalu sekitar 365 hari 6 jam, durasi waktu yang dibutuhkan oleh Bumi untuk menyelesaikan satu kali orbit mengitari Matahari. Pelajari lebih lanjut tentang hal itu di artikel: Apa Itu Tahun Kabisat? Satu tahun diukur dari seberapa lama waktu yang dibutuhkan oleh sebuah planet untuk mengorbit bintang induk. Kredit: NASA/Terry Virts Semua planet di tata surya kita juga mengorbit Matahari. Durasi waktu satu tahun sangat tergantung dengan tempat mereka mengorbit. Planet yang mengorbit Matahari dari jarak yang lebih dekat daripada Bumi, lama satu tahunnya lebih pendek daripada Bumi. Sebaliknya planet yang