Langsung ke konten utama

'Saya Ingin Koloni Mars Terwujud’: Elon Musk

"Saya ingin mewujudkan koloni Mars." Elon Musk menguraikan rencana ambisiusnya untuk memulai sebuah koloni di Planet Merah dengan cara membangun roket paling kuat dalam sejarah.

Elon Musk menerbitkan sebuah makalah ilmiah yang menguraikan rencana terperinci untuk membangun Koloni Mars (Martian) pertama.
  1. Pendiri SpaceX mengatakan memangkas biaya tiket perjalanan satu arah ke Mars sangat penting untuk memulai populasi yang berkelanjutan.
  2. Kuncinya adalah membangun Interplanetary Transport System (Sistem Transportasi Antarplanet), sebuah roket yang dapat digunakan untuk melakukan perjalanan antar planet.
  3. Musk berencana untuk membangun roket paling kuat yang mampu meluncurkan 300 metrik ton ke orbit rendah Bumi.
Elon Musk telah mengungkap lebih banyak rincian rencana ambisiusnya untuk membangun koloni pertama manusia di Mars. Dalam sebuah makalah ilmiah, miliarder SpaceX mengatakan satu-satunya cara menarik cukup banyak orang untuk membangun pemukiman di planet merah adalah dengan memotong biaya tiket sekali jalan. Pengusaha tersebut bertujuan untuk menurunkan harga tiket hingga biaya rata-rata rumah kelas menengah di Amerika Serikat atau sekitar $ 200.000.

RENCANA ELON MUSK UNTUK MARS
  • PANGKAS BIAYA PERJALANAN ANTARIKSA
  • MEMBANGUN SISTEM PERJALANAN ANTAR PLANET YANG DAPAT DIGUNAKAN BERULANG KALI
  • MEMBANGUN DEPOT BAHAN BAKAR ANTARIKSA DI MARS
  • MENGEKSPLORASI TATA SURYA
Untuk mencapai hal ini dalam masa hidup kita, Musk akan menciptakan Wahana Transportasi Antarplanet untuk pertama kalinya, sebuah roket dan pesawat ulang-alik yang bisa digunakan berulang kali dan ditenagai oleh 42 mesin SpaceX Raptor.

elon-musk-koloni-mars-astronomi
Ilustrasi roket SpaceX yang menuju Mars. Elon Musk telah mengungkap rencana ambisiusnya untuk membangun koloni pertama manusia di Mars dengan membangun sebuah roket yang akan memangkas harga perjalanan antariksa.

"Saya ingin mewujudkan Koloni Mars, dan sepertinya dapat kita lakukan di masa hidup kita," tulis Musk dalam sebuah jurnal yang diterbitkan di New Space.

"Sebenarnya tersedia cara bagi siapa pun yang mau berusaha."

Musk menulis, memangkas harga satu tiket perjalanan ke Mars merupakan kunci untuk memulai populasi berkelanjutan di Mars.

"Saat ini, Anda tidak bisa pergi ke Mars, kecuali dengan uang yang tak terbatas," katanya. "Dengan menggunakan metode tradisional, misalnya perjalanan antariksa menggunakan roket Apollo NASA, membutuhkan biaya sekitar $ 10 miliar per orang."

elon-musk-koloni-mars-astronomi
Ilustrasi koloni Mars. Miliarder SpaceX mengklaim dalam sebuah jurnal ilmiah, memangkas biaya tiket perjalanan satu arah ke Mars adalah kunci menarik minak cukup banyak orang untuk membangun koloni di Planet Merah

elon-musk-koloni-mars-astronomi
Diagram menguraikan keseluruhan sistem. Pendorong roket meluncurkan pesawat antariksa ke orbit. Pendorong roket kemudian turun kembali ke Bumi dalam waktu 20 menit, menurut Musk

"Anda tidak bisa menciptakan peradaban mandiri jika harga tiketnya $ 10 miliar per orang. Jika biaya pindah ke Mars setara dengan harga rata-rata rumah di Amerika Serikat, yaitu sekitar $ 200.000, maka saya pikir probabilitas terwujudnya peradaban mandiri akan meningkat drastis."

"Saya pikir hal itu pasti terwujud."

Musk menambahkan, tidak semua orang ingin pergi, tetapi masyarakat dari berbagai lapisan dan latar belakang dapat mengajukan sponsor untuk mengambil posisi kerja yang sangat dibutuhkan koloni. Kunci untuk memangkas biaya perjalanan antariksa adalah membuat roket dan pesawat antariksa berkekuatan tinggi yang dapat digunakan kembali, katanya.

MENGAPA MUSK MEMILIH MARS?

Alasan memilih Mars sebagai tujuan utama adalah karena Planet Merah memiliki banyak kemiripan dengan Bumi. Sumber daya alamnya kaya dan paling mungkin ditinggali hingga saat ini.

Musk menulis: "Terkadang orang bertanya-tanya, bagaimana dengan tempat lain di Tata Surya? Mengapa harus Mars?"

"Kita memang punya banyak pilihan dalam pertimbangan jarak tempuh, Venus misalnya, tapi Venus bertekanan tinggi, kolam asam bertekanan tinggi, jadi akan sangat sulit. Venus sama sekali bukan Dewi. Jadi, akan sangat sulit untuk mendirikan koloni di Venus."

"Kemudian Merkurius, tapi terlalu dekat dengan Matahari. Kita bisa pergi ke salah satu bulan di Jupiter atau Saturnus, tapi jaraknya cukup jauh, lebih jauh dari Matahari berarti lebih sulit dicapai."

"Akhirnya kita memiliki satu pilihan jika kita ingin menjadi peradaban multi planet, dan Mars-lah yang kami maksud."

KARAKTERISTIK BUMI DAN MARS

DIAMETER
Bumi: 12,756 km
Mars: 6,792 km

JARAK DARI MATAHARI
Bumi: 150,000,000 km
Mars: 229,000,000 km

DERAJAT SUHU
Bumi:  -88 ° C sampai 58 ° C
Mars: -140 ° C sampai 30 ° C

KOMPOSISI ATMOSFER
Bumi: 78% N2, 21% O2, 1% lainnya
Mars: 96% CO2, <2% Ar, <2% N2, <1% lainnya

GRAVITASI
Bumi: £ 100
Mars: £ 38 (gravitasi 62,5% lebih rendah)

1 HARI
Bumi: 24 jam
Mars: 24 jam 40 menit

LUAS TANAH
Bumi: 148,9 juta km2
Mars: 144,8 juta km2 (97% dari Bumi)

POPULASI MANUSIA
Bumi: 7 MILIAR
Mars: 0

Sumber Data: Elon Musk

elon-musk-koloni-mars-astronomi
Perbandingan kendaraan Mars SpaceX yang diusulkan dan roket bulan Saturnus yang memecahkan rekor NASA. Roket hibrida Musk akan menjadi roket paling kuat sepanjang sejarah jika berhasil dibuat

elon-musk-koloni-mars-astronomi
Nyala mesin SpaceX Raptor. Musk menulis di jurnal ilmiah, bahwa dia merasa 'takjub karena mesin tidak meledak saat pertama kali menyala.

"Anda bisa menggunakan sarana transportasi apapun sebagai contoh perbedaan antara reusability, dapat digunakan kembali dan expendability, hanya sekali pakai pada pesawat terbang," tulisnya.

"Sebuah mobil, sepeda, kuda, jika hanya bisa dipakai satu kali saja, hampir tidak ada yang akan menggunakannya, alasannya tentu saja karena biayanya mahal."

"Namun, dengan frekuensi penerbangan yang tinggi, Anda bisa naik pesawat yang harganya $ 90 juta dan membeli tiket di Southwest sekarang dari Los Angeles ke Vegas hanya seharga $ 43, sudah termasuk pajak."

"Jika hanya digunakan dalam satu kali penerbangan, maka harga tiketnya akan mencapai $ 500.000. Di sana, Anda bisa melihat perbedaannya."

elon-musk-koloni-mars-astronomi
Diagram penampang kapal SpaceX. Dibuat terutama dari serat karbon yang canggih dan memiliki 'sistem yang jauh lebih sederhana' daripada roket Falcon Musk

elon-musk-koloni-mars-astronomi
elon-musk-koloni-mars-astronomi
Diagram Venn menguraikan apa yang dilihat Musk sebagai salah satu penghalang terbesar bagi koloni Mars, yaitu biaya perjalanan. ATAS menunjukkan apa yang dibutuhkan agar perjalanan Mars terwujud, sementara BAWAH menunjukkan situasi hari ini

Musk menulis, mesin pendorong (booster) dan pesawat antariksa akan menggunakan mesin Raptor SpaceX yang masih dikembangkan. Musk mengatakan mesin-mesinnya akan tiga kali lebih kuat daripada mesin yang menggerakkan roket Falcon 9.

Booster akan didukung oleh sebanyak 42 mesin Raptor, yang akan menjadikannya roket paling kuat dalam sejarah umat manusia sejauh ini dan mampu meluncurkan 300 metrik ton ke orbit Bumi rendah. Sebagai perbandingan, roket bulan Saturnus yang memecahkan rekor NASA hanya mampu menghasilkan 135 metrik ton. Roket tersebut bisa membawa satu juta orang ke Mars dalam waktu 50 sampai 100 tahun, katanya.

elon-musk-koloni-mars-astronomi
Diagram yang menunjukkan tonggak sejarah SpaceX. Sejak usaha penerbangan pertamanya di tahun 2006, perusahaan tersebut telah meluncurkan booster oribital pertama untuk kembali dari ruang angkasa dan mendarat di laut dan darat

Musk menambahkan, kunci untuk membangun roket reusable yang sangat kuat adalah dengan mengembangkan cara untuk memproduksi bahan bakar di Mars.

"Memproduksi propelan di Mars jelas sangat penting. Sekali lagi, jika kita tidak melakukan ini, setidaknya akan ada kenaikan 50% biaya perjalanan," tulisnya. Propelan adalah bahan pendorong, material yang digunakan untuk mendorong pesawat. Umumnya proses semacam ini dihasilkan melalui reaksi kimia. Dalam roket dan amunisi, propelan adalah bahan peledak yang digunakan sebagai gas pendorong di dalam peluru atau motor roket. Propelan termasuk bahan peledak lemah yang digunakan sebagai bahan pendorong pada amunisi.

"Tidak masuk akal bila mencoba membangun sebuah kota di Mars jika pesawat antariksa Anda harus tinggal di Mars dan tidak kembali ke Bumi.

"Kita hanya akan mendapatkan kuburan besar pesawat, jadi kita harus melakukan sesuatu dengan mereka."

elon-musk-koloni-mars-astronomi
Ilustrasi sebuah pesawat ulang-alik yang terbang melintasi Jupiter. Musk berharap roket miliknya akan mengarah pada penjelajahan manusia 'di luar Mars' dan berlanjut ke Tata Surya

elon-musk-koloni-mars-astronomi
Ilustrasi depot propelan di Enceladus, bulan keenam Saturnus. Lautan es diperkirakan mengalir di bawah permukaan bulan

elon-musk-koloni-mars-astronomi
Ilustrasi pesawat ulang-alik yang terbang melewati cincin Saturnus. Musk mengatakan kunci untuk membangun roket yang dapat digunakan kembali adalah dengan menemukan cara memproduksi bahan bakar di Mars. 

Musk berharap untuk mewujudkan tujuan ini dalam masa hidupnya, sekaligus berharap pesawat antariksa miliknya dapat digunakan untuk menjelajah melampaui Mars.

Musk mengatakan: "Jelas dibutuhkan pendorong roket, pesawat antariksa, kapal tanker dan depot propelan dan proses produksi propelan."

"Jika keempat elemen ini terpenuhi, maka kita bisa menjelajah ke seluruh Tata Surya."

"Dengan mendirikan depot propelan di sabuk asteroid atau di salah satu bulan Jupiter, maka kita bisa mencapai Jupiter dari Mars."

"Bahkan, meski tanpa depot propelan di Mars, kita tetap bisa terbang melewati Jupiter."

Ditulis oleh: Daisy Dune, www.dailymail.co.uk


#terimakasihgoogle

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Diameter Bumi

Kredit: NASA, Apollo 17, NSSDC   Para kru misi Apollo 17 mengambil citra Bumi pada bulan Desember 1972 saat menempuh perjalanan dari Bumi dan Bulan. Gurun pasir oranye-merah di Afrika dan Arab Saudi terlihat sangat kontras dengan samudera biru tua dan warna putih dari formasi awan dan salju antartika.   Diameter khatulistiwa Bumi adalah  12.756 kilometer . Lantas bagaimana cara para ilmuwan menghitungnya? Kredit: Clementine,  Naval Research Laboratory .   Pada tahun 200 SM, akurasi perhitungan ukuran Bumi hanya berselisih 1% dengan perhitungan modern. Matematikawan, ahli geografi dan astronom Eratosthenes menerapkan gagasan Aristoteles, jika Bumi berbentuk bulat, posisi bintang-bintang di langit malam hari akan terlihat berbeda bagi para pengamat di lintang yang berbeda.   Eratosthenes mengetahui pada hari pertama musim panas, Matahari melintas tepat di atas Syene, Mesir. Saat siang hari pada hari yang sama, Eratosthenes mengukur perpindahan sudut Matahari dari atas kota Al

Apa Itu Kosmologi? Definisi dan Sejarah

Potret dari sebuah simulasi komputer tentang pembentukan struktur berskala masif di alam semesta, memperlihatkan wilayah seluas 100 juta tahun cahaya beserta gerakan koheren yang dihasilkan dari galaksi yang mengarah ke konsentrasi massa tertinggi di bagian pusat. Kredit: ESO Kosmologi adalah salah satu cabang astronomi yang mempelajari asal mula dan evolusi alam semesta, dari sejak Big Bang hingga saat ini dan masa depan. Menurut NASA, definisi kosmologi adalah “studi ilmiah tentang sifat alam semesta secara keseluruhan dalam skala besar.” Para kosmolog menyatukan konsep-konsep eksotis seperti teori string, materi gelap, energi gelap dan apakah alam semesta itu tunggal ( universe ) atau multisemesta ( multiverse ). Sementara aspek astronomi lainnya berurusan secara individu dengan objek dan fenomena kosmik, kosmologi menjangkau seluruh alam semesta dari lahir sampai mati, dengan banyak misteri di setiap tahapannya. Sejarah Kosmologi dan Astronomi Pemahaman manusia

Berapa Lama Satu Tahun di Planet-Planet Lain?

Jawaban Singkat Berikut daftar berapa lama waktu yang dibutuhkan oleh setiap planet di tata surya kita untuk menyelesaikan satu kali orbit mengitari Matahari (dalam satuan hari di Bumi): Merkurius: 88 hari Venus: 225 hari Bumi: 365 hari Mars: 687 hari Jupiter: 4.333 hari Saturnus: 10.759 hari Uranus: 30.687 hari Neptunus: 60.190 hari   Satu tahun di Bumi berlalu sekitar 365 hari 6 jam, durasi waktu yang dibutuhkan oleh Bumi untuk menyelesaikan satu kali orbit mengitari Matahari. Pelajari lebih lanjut tentang hal itu di artikel: Apa Itu Tahun Kabisat? Satu tahun diukur dari seberapa lama waktu yang dibutuhkan oleh sebuah planet untuk mengorbit bintang induk. Kredit: NASA/Terry Virts Semua planet di tata surya kita juga mengorbit Matahari. Durasi waktu satu tahun sangat tergantung dengan tempat mereka mengorbit. Planet yang mengorbit Matahari dari jarak yang lebih dekat daripada Bumi, lama satu tahunnya lebih pendek daripada Bumi. Sebaliknya planet yang