Langsung ke konten utama

Lokasi Pendaratan Sempurna untuk Pesawat Antariksa di Titan

titan-bulan-saturnus-astronomi
Gambar inframerah Titan, bulan terbesar Saturnus

Titan adalah bulan terbesar Saturnus dan menjadi salah satu benda langit paling menarik di wilayah terluar tata surya. Sebagai satu-satunya bulan di tata surya dengan atmosfer padat, permukaan Titan ditutupi oleh danau hidrokarbon cair. Untuk mengirim misi pesawat antariksa yang harus menempuh jutaan kilometer ke sana, kita harus yakin terlebih dahulu misi dapat bertahan menghadapi lingkungan Titan. Menggunakan data terbaru dari pesawat antariksa Cassini, para ilmuwan telah mengidentifikasi zona pendaratan potensial di Titan, tepat di danau hidrokarbon tersebut.

Titan sungguh membangkitkan minat para ilmuwan karena lapisan atmosfernya yang kompleks, diduga mengandung unsur-unsur penting untuk mensintesis senyawa organik kompleks yang dapat berujung pada munculnya kehidupan. Tapi bukan bentuk kehidupan yang kita kenal. Dengan danau metana dan suhu permukaan minus 179 derajat celcius, ketebalan atmosfer turut menyulitkan pendaratan. Kabut organonitrogen memberikan warna coklat muda yang seragam kepada Titan dan benar-benar mengaburkan permukaan. Untungnya, Cassini berhasil menyelidiki Titan menggunakan radar selama Titan mengorbit Saturnus.

Titan memiliki banyak genangan metana dan etana cair di permukaan, namun analisis terbaru berfokus pada tiga danau terbesar yang berada di dekat kawasan kutub utara bulan. Danau-danau tersebut adalah Kraken Mare, Ligeia Mare, dan Punga Mare. Mereka sangat besar bahkan dengan standar danau air di Bumi. Ligeia Mare, danau terbesar kedua, volumenya lebih besar daripada kedua danau lainnya. Satu tong hidrokarbon dari danau ini bisa menampung lebih banyak energi daripada seluruh cadangan minyak bumi. Namun, misi penelitian lebih condong kepada keingintahuan sains daripada sumber energi potensialnya, karena memang tidak ada cara ekonomis untuk mengangkutnya ke Bumi.

lokasi-pendaratan-sempurna-titan-astronomi
Danau kutub utara Titan

Timbul perdebatan mengenai kondisi di permukaan danau-danau ini. Sebuah studi yang dilakukan beberapa tahun lalu, menunjukkan aktivitas berkala gelombang di permukaan danau yang cukup besar dan dapat menutupi sebuah pulau di Ligeia Mare. Namun para ilmuwan yang menerapkan teknik pengintai radar statistik berpendapat permukaan danau dipastikan tenang. Pada saat pengukuran, rata-rata ketinggian gelombang di permukaan ketiga danau, tingginya hanya 1 sentimeter dengan panjang 20 sentimeter. Akan sangat mudah bagi sarana transportasi laut untuk mengapung di permukaan danau.

Cassini telah mencapai tahap terakhir misi untuk mempelajari Saturnus. Hanya dalam waktu beberapa bulan kemudian, Cassini akan menerjunkan diri ke atmosfer Saturnus dan mengirim sebanyak mungkin data ke Bumi. Belum jelas kapan NASA atau badan antariksa lainnya kembali menggelar misi ke sistem Saturnus. Tapi, mereka mungkin dapat mendaratkan wahana antariksa peneliti di Titan, yang diyakini akan mengapung dengan tenang di danau-danau hidrokarbon Titan.

Ditulis oleh: Ryan Whitwam, www.extremetech.com


#terimakasihgoogle

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Diameter Bumi

Kredit: NASA, Apollo 17, NSSDC   Para kru misi Apollo 17 mengambil citra Bumi pada bulan Desember 1972 saat menempuh perjalanan dari Bumi dan Bulan. Gurun pasir oranye-merah di Afrika dan Arab Saudi terlihat sangat kontras dengan samudera biru tua dan warna putih dari formasi awan dan salju antartika.   Diameter khatulistiwa Bumi adalah  12.756 kilometer . Lantas bagaimana cara para ilmuwan menghitungnya? Kredit: Clementine,  Naval Research Laboratory .   Pada tahun 200 SM, akurasi perhitungan ukuran Bumi hanya berselisih 1% dengan perhitungan modern. Matematikawan, ahli geografi dan astronom Eratosthenes menerapkan gagasan Aristoteles, jika Bumi berbentuk bulat, posisi bintang-bintang di langit malam hari akan terlihat berbeda bagi para pengamat di lintang yang berbeda.   Eratosthenes mengetahui pada hari pertama musim panas, Matahari melintas tepat di atas Syene, Mesir. Saat siang hari pada hari yang sama, Eratosthenes mengukur perpindahan sudut Matahari dari atas kota Al

Apa Itu Kosmologi? Definisi dan Sejarah

Potret dari sebuah simulasi komputer tentang pembentukan struktur berskala masif di alam semesta, memperlihatkan wilayah seluas 100 juta tahun cahaya beserta gerakan koheren yang dihasilkan dari galaksi yang mengarah ke konsentrasi massa tertinggi di bagian pusat. Kredit: ESO Kosmologi adalah salah satu cabang astronomi yang mempelajari asal mula dan evolusi alam semesta, dari sejak Big Bang hingga saat ini dan masa depan. Menurut NASA, definisi kosmologi adalah “studi ilmiah tentang sifat alam semesta secara keseluruhan dalam skala besar.” Para kosmolog menyatukan konsep-konsep eksotis seperti teori string, materi gelap, energi gelap dan apakah alam semesta itu tunggal ( universe ) atau multisemesta ( multiverse ). Sementara aspek astronomi lainnya berurusan secara individu dengan objek dan fenomena kosmik, kosmologi menjangkau seluruh alam semesta dari lahir sampai mati, dengan banyak misteri di setiap tahapannya. Sejarah Kosmologi dan Astronomi Pemahaman manusia

Berapa Lama Satu Tahun di Planet-Planet Lain?

Jawaban Singkat Berikut daftar berapa lama waktu yang dibutuhkan oleh setiap planet di tata surya kita untuk menyelesaikan satu kali orbit mengitari Matahari (dalam satuan hari di Bumi): Merkurius: 88 hari Venus: 225 hari Bumi: 365 hari Mars: 687 hari Jupiter: 4.333 hari Saturnus: 10.759 hari Uranus: 30.687 hari Neptunus: 60.190 hari   Satu tahun di Bumi berlalu sekitar 365 hari 6 jam, durasi waktu yang dibutuhkan oleh Bumi untuk menyelesaikan satu kali orbit mengitari Matahari. Pelajari lebih lanjut tentang hal itu di artikel: Apa Itu Tahun Kabisat? Satu tahun diukur dari seberapa lama waktu yang dibutuhkan oleh sebuah planet untuk mengorbit bintang induk. Kredit: NASA/Terry Virts Semua planet di tata surya kita juga mengorbit Matahari. Durasi waktu satu tahun sangat tergantung dengan tempat mereka mengorbit. Planet yang mengorbit Matahari dari jarak yang lebih dekat daripada Bumi, lama satu tahunnya lebih pendek daripada Bumi. Sebaliknya planet yang