Langsung ke konten utama

Wisata Sistem Planet Tata Surya Melalui Gambar-Gambar NASA

Kemasi barangmu! Kita akan melakukan perjalanan wisata tata surya dengan rute dimulai dari Merkurius dan terbang ke planet terjauh Neptunus. Di sepanjang perjalanan, kita akan menyaksikan Bumi terbit, cincin raksasa Saturnus dan mengintip medan biru Uranus yang penuh teka-teki.

bola-dunia-merkurius-astronomi
Bola Dunia Merkurius.
Kredit: NASA/Johns Hopkins University Applied Physics Laboratory/Carnegie

Selain planet terdekat dari Matahari, Merkurius juga menjadi planet terkecil di tata surya semenjak Pluto terdegradasi ke status planet katai.

Kawah Merkurius terlihat memancarkan sinar terang yang bersumber dari Debussy, nama seorang komposer Prancis. NASA mempublikasikan gambar Bola Dunia Merkurius ini pada tahun 2014.

transit-merkurius-astronomi
Transit Merkurius.
Kredit: NASA/ESA 

Pada tahun 2006, Merkurius terlihat melintas di depan Matahari seperti dalam gambar komposit dramatis yang dikumpulkan oleh pesawat antariksa Solar and Heliospheric Observatory. Jalur transit Merkurius tampak seperti garis putus-putus.

pemandangan-merkurius-dari-messenger-astronomi
Pemandangan Merkurius dari Messenger.
Kredit: Picasa

Pemandangan warna-warni lembah Caloris di Merkurius adalah gambar mosaik yang diolah dari data pesawat antariksa Messenger NASA. Aliran lahar tampak berwarna oranye.

Messenger diluncurkan pada tahun 2004, pertama kali terbang melewati Merkurius pada awal tahun 2008, untuk kemudian mengorbit Merkurius pada tahun 2011. Messenger mengakhiri misinya pada tahun 2015 dengan sengaja menjatuhkan di ke permukaan planet dan meninggalkan kawah berlubang sebagai suvenir kunjungannya.

venus-dilihat-oleh-mariner-10-astronomi
Venus dilihat oleh Mariner 10
Kredit: NASA

Gambar putaran badai Venus yang telah disempurnakan dengan tehnik fotografi ini, diambil pada tanggal 5 Februari 1974. Pesawat antariksa Mariner 10 NASA memberikan foto close-up pertama Venus, planet kedua dari Matahari.

Venus tidak akan pernah menjadi tempat tujuan liburan, karena diselimuti selubung awan tebal berkarbonasi tinggi dan suhu permukaannya mendekati 900 derajat Fahrenheit.

di-bawah-awan-venus-astronomi
Di bawah awan Venus.
Kredit: SSV, MIPL, Tim Magellan, NASA

Pesawat antariksa Magellan NASA mengunjungi Venus pada awal tahun 1990an. Magellan membidik kutub utara Venus menggunakan radar yang mampu menembus awan.

Gunung tertinggi Venus, yang disebut Maxwell Montes, dapat dilihat sebagai bercak terang di bawah pusat gambar. Menjulang hingga 11 kilometer, Maxwell Montes melampaui Gunung Everest di Bumi.

pemandangan-bumi-dari-jarak-jutaan-mil-astronomi
Pemandangan Bumi dari jarak jutaan mil.
Kredit: NASA

Satelit Deep Space Climate Observatory (Dscovr) NASA memukau dunia pada pertengahan tahun 2015, setelah memberikan pemandangan baru tentang Bumi dari jarak satu juta mil.

Gambar indah ini juga sebagai apresiasi untuk foto legendaris Blue Marble (Kelereng Biru) yang diambil pada tahun 1972 oleh Apollo 17. Kedua gambar menampilkan pemandangan menarik yang memperlihatkan awan, daratan dan warna biru planet lautan.

bumi-terbit-astonomi
Bumi Terbit.
Kredit: NASA/Goddard/Arizona State University

Sebagian besar manusia mungkin tidak akan pernah mendapatkan kesempatan untuk mengunjungi Bulan dan melihat planet berbatu ketiga dari Matahari yang kita tinggali, namun Lunar Reconnaissance Orbiter NASA telah melakukannya. Gambar yang diambil pada tahun 2015 ini memperlihatkan Bumi yang terbit di atas horizon bergelombang permukaan bulan.

Seperti yang NASA katakan, "Bumi adalah tempat sempurna bagi kehidupan yang kita kenal."

pemandangan-global-mars-astronomi
Mars.
Kredit: NASA

Pesawat antariksa Viking 1 dan 2 NASA berhasil mengorbit Mars pada tahun 1970an. Gambar dramatis Planet Merah ini merupakan mozaik yang disusun dari sekitar 100 gambar yang berhasil diambil oleh Viking pada tahun 1980.

Mars adalah planet yang paling banyak dieksplorasi di luar Bumi. Ukuran Mars lebih kecil daripada Bumi dan satu tahun di sana berlalu selama 687 hari Bumi.

wajah-di-mars-astronomi
Wajah di Mars.
Foto oleh: NASA

Pengorbit Viking 1 NASA mengambil foto ikonik permukaan Mars pada tanggal 5 Juli 1976. Karena bayangan, resolusi gambar menjadi rendah dan gangguan transmisi data menghasilkan gambar permukaan Mars dengan wajah yang sedang menatap ke atas.

NASA mencatat, "Karena ada data yang hilang, atau kesalahan bit karena gangguan transmisi data fotografi dari Mars ke Bumi, maka menghasilkan bintik-bintik menyerupai wajah seseorang."

NASA kemudian meninjau kembali lokasi yang sama. Gambar yang lebih baru menunjukkan permukaan Mars tanpa wajah asing.

hubble-melihat-jupiter-astronomi
Jupiter.
Kredit: NASA, ESA, dan A. Simon (GSFC)

Teleskop Antariksa Hubble mengarahkan kameranya ke Jupiter, planet kelima dari Matahari, untuk mengambil potret menakjubkan ini pada tahun 2017. Jupiter, raksasa gas, adalah planet terbesar di tata surya kita.

NASA menjelaskan tentang gambar ini: "Pita-pita badai ini merupakan pergerakan angin bolak-balik, diciptakan oleh perbedaan tinggi dan ketebalan awan es amonia, pita-pita yang lebih ringan naik lebih tinggi dengan awan yang lebih tebal daripada pita yang lebih gelap."

jupiter-terbit-astronomi
Jupiter Terbit.
Kredit: NASA/JPL-Caltech/SwRI/MSSS/Mai

Citizen scientist bernama Alex Mai telah meningkatkan kualitas gambar yang diambil oleh Juno, pesawat antariksa NASA yang mengorbit Jupiter pada tahun 2016 untuk menciptakan pemandangan kutub selatan raksasa gas. Gambar kutub selatan yang diterangi cahaya Matahari, diberi nama "Jupiterrise" oleh NASA.

Sistem Jupiter terdiri dari banyak bulan (satelit alami). Pada bulan Juni 2017, para astronom telah menemukan 69 bulan yang mengorbit Jupiter.

saturnus-dalam-segala-kebesarannya-astronomi
Saturnus dalam segala kebesarannya.
Kredit: NASA/JPL-Caltech/Space Science Institute

Pesawat antariksa Cassini NASA mengambil serangkaian gambar Saturnus pada tahun 2016 dari jarak 3 juta kilometer. Potret mozaik kamera sudut lebar ini menunjukkan segala sesuatu, mulai dari struktur cincin ekspansif hingga arus pancaran heksagonal di kutub utara.

Saturnus jauh lebih besar daripada Bumi. Dibutuhkan waktu 29 tahun untuk menyelesaikan satu kali orbit mengelilingi Matahari. Seperti Jupiter, Saturnus juga memiliki banyak bulan. Setidaknya 62 bulan diketahui mengorbit Saturnus.

Cassini tiba di Saturnus pada tahun 2004 dan menyelesaikan misi tanpa kenal rasa takut, dengan menerjunkan diri ke atmosfer planet pada bulan September 2017.

saturnus-dan-titan-astronomi
Saturnus bergaya dengan Titan.
Kredit: NASA/JPL-Caltech/Space Science Institute

Titan, adalah bulan terbesar Saturnus. Gambar yang diambil oleh Cassini pada tahun 2015 ini, menunjukkan planet raksasa cincin dengan Titan yang lebih kecil berada di depannya..

Saturnus bukanlah tempat yang ramah, namun Titan adalah kandidat kuat yang berpotensi menjadi tempat perlindungan bagi kehidupan mikroba.

uranus-tahun-1986-astronomi
Uranus.
Kredit: NASA/JPL-Caltech

Pada tahun 1986, Pesawat antariksa Voyager 2 NASA menangkap gambar Uranus, planet ketujuh dari Matahari. Menurut NASA, Uranus adalah tempat yang dingin dan berangin dihiasi 13 cincin samar dan 27 bulan kecil.

Astronom Johan Elert Bode menemukan raksasa es ini pada tahun 1781 dengan bantuan teleskop.

aurora-asing-uranus-astrnomi
Aurora Uranus.
Kredit: ESA/Hubble & NASA, L. Lamy/Observatoire de Paris

Selain cincin samar Uranus, gambar ini juga menampilkan aurora terang raksasa es. Gambar tersebut merupakan komposit yang menggabungkan data dari Voyager 2 dan Hubble.

Sementara nama yang disematkan kepadanya terdengar lucu, Uranus diambil dari nama Dewa Langit Yunani.

neptunus-astronomi
Neptunus.
Kredit: NASA

Seperti Uranus, planet terjauh tata surya adalah raksasa es. Gambar Neptunus yang diambil oleh Voyager 2 pada tahun 1989, memperlihatkan wilayah gelap yang disebut Great Dark Spot (Bintik Raksasa Gelap), sedangkan wilayah yang lebih gelap adalah formasi awan.

Dibutuhkan waktu 165 tahun untuk menyelesaikan satu kali orbit mengelilingi Matahari. Warna biru khas Neptunus berasal dari metana atmosfer.

cincin-neputunus-astronomi
Cincin Neptunus.
Foto oleh: NASA/JPL

Pada tahun 1989, Voyager 2 mengungkap dua cincin utama Neptunus. "Atmosfer Neptunus meluas hingga ke dalam planet, secara bertahap menyatu menjadi air, sedangkan gas yang lebih berat meleleh menjadi es, inti padat Neptunus kira-kira seukuran Bumi," kata NASA.

Sebagai tempat yang sangat berangin, Neptunus juga menjadi induk bulan beku Triton, yang mengorbit planet dengan arah yang berlawanan dibandingkan bulan-bulan Neptunus lainnya.

Ditulis oleh: Staf www.cnet.com


#terimakasihgoogle

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Diameter Bumi

Kredit: NASA, Apollo 17, NSSDC   Para kru misi Apollo 17 mengambil citra Bumi pada bulan Desember 1972 saat menempuh perjalanan dari Bumi dan Bulan. Gurun pasir oranye-merah di Afrika dan Arab Saudi terlihat sangat kontras dengan samudera biru tua dan warna putih dari formasi awan dan salju antartika.   Diameter khatulistiwa Bumi adalah  12.756 kilometer . Lantas bagaimana cara para ilmuwan menghitungnya? Kredit: Clementine,  Naval Research Laboratory .   Pada tahun 200 SM, akurasi perhitungan ukuran Bumi hanya berselisih 1% dengan perhitungan modern. Matematikawan, ahli geografi dan astronom Eratosthenes menerapkan gagasan Aristoteles, jika Bumi berbentuk bulat, posisi bintang-bintang di langit malam hari akan terlihat berbeda bagi para pengamat di lintang yang berbeda.   Eratosthenes mengetahui pada hari pertama musim panas, Matahari melintas tepat di atas Syene, Mesir. Saat siang hari pada hari yang sama, Eratosthenes mengukur perpindahan sudut Matahari dari atas kota Al

Apa Itu Kosmologi? Definisi dan Sejarah

Potret dari sebuah simulasi komputer tentang pembentukan struktur berskala masif di alam semesta, memperlihatkan wilayah seluas 100 juta tahun cahaya beserta gerakan koheren yang dihasilkan dari galaksi yang mengarah ke konsentrasi massa tertinggi di bagian pusat. Kredit: ESO Kosmologi adalah salah satu cabang astronomi yang mempelajari asal mula dan evolusi alam semesta, dari sejak Big Bang hingga saat ini dan masa depan. Menurut NASA, definisi kosmologi adalah “studi ilmiah tentang sifat alam semesta secara keseluruhan dalam skala besar.” Para kosmolog menyatukan konsep-konsep eksotis seperti teori string, materi gelap, energi gelap dan apakah alam semesta itu tunggal ( universe ) atau multisemesta ( multiverse ). Sementara aspek astronomi lainnya berurusan secara individu dengan objek dan fenomena kosmik, kosmologi menjangkau seluruh alam semesta dari lahir sampai mati, dengan banyak misteri di setiap tahapannya. Sejarah Kosmologi dan Astronomi Pemahaman manusia

Berapa Lama Satu Tahun di Planet-Planet Lain?

Jawaban Singkat Berikut daftar berapa lama waktu yang dibutuhkan oleh setiap planet di tata surya kita untuk menyelesaikan satu kali orbit mengitari Matahari (dalam satuan hari di Bumi): Merkurius: 88 hari Venus: 225 hari Bumi: 365 hari Mars: 687 hari Jupiter: 4.333 hari Saturnus: 10.759 hari Uranus: 30.687 hari Neptunus: 60.190 hari   Satu tahun di Bumi berlalu sekitar 365 hari 6 jam, durasi waktu yang dibutuhkan oleh Bumi untuk menyelesaikan satu kali orbit mengitari Matahari. Pelajari lebih lanjut tentang hal itu di artikel: Apa Itu Tahun Kabisat? Satu tahun diukur dari seberapa lama waktu yang dibutuhkan oleh sebuah planet untuk mengorbit bintang induk. Kredit: NASA/Terry Virts Semua planet di tata surya kita juga mengorbit Matahari. Durasi waktu satu tahun sangat tergantung dengan tempat mereka mengorbit. Planet yang mengorbit Matahari dari jarak yang lebih dekat daripada Bumi, lama satu tahunnya lebih pendek daripada Bumi. Sebaliknya planet yang