Langsung ke konten utama

Makalah Terbaru Ungkap Segala yang Kita Pelajari Tentang Pluto

jantung-pluto-tombaugh-regio-astronomi
Jantung Pluto terlihat di bagian kanan bawah gambar.
Kredit: NASA/JHUAPL/SWIR

Pesawat antariksa New Horizons NASA telah merevolusi pemahaman kita tentang Pluto beserta bulan-bulannya, sekaligus menyorot berbagai objek potensial yang mungkin telah kita temukan di pinggiran tata surya.

Sudah dua tahun sejak melakukan terbang lintas di Pluto, sementara target studi berikutnya harus dicapai oleh New Horizons 15 bulan lagi, mungkin sekarang adalah momen tepat untuk menilai dampak positif dari misi sains untuk mempelajari "Raja Kecil Sabuk Kuiper" ini. Dalam sebuah tinjauan di Nature Astronomy, Dr. Catherine Olkin beserta para kolega melaporkan apa yang kita ketahui tentang Pluto, bulannya Charon dan berbagai misteri lain yang mengelilingi sistem planet katai tersebut.

"Sekarang adalah waktu yang ideal untuk meninjau artikel, karena kurang dari setahun yang lalu kami telah menerima seluruh data dari pesawat antariksa. Ada begitu banyak pertanyaan menarik yang muncul dari data New Horizons dan memerlukan waktu untuk menggalinya agar kita dapat benar-benar memahaminya,” kata Dr Olkin dari Southwest Research Institute kepada IFLScience.

Makalah studi menjelaskan betapa kita tidak pernah memiliki pemahaman sebaik saat ini sebelumnya tentang “mantan” planet utama tata surya, sejak dikeluarkan dari daftar oleh IAU pada bulan Juli 2015. Para ilmuwan telah mengetahui Pluto lebih merah daripada Charon dan sekitar dua kali lebih besar, namun masih ada banyak ketidakpastian mengenai ukuran dan komposisi permukaan yang sebenarnya. Beberapa gambar terbaik telah dikumpulkan oleh Hubble pada tahun 1994 yang meskipun menghasilkan data menarik, tetap dianggap tidak sebanding dengan galeri gambar yang berhasil diabadikan New Horizons. Hubble juga berperan atas penemuan keempat satelit alami Pluto yang lebih kecil, Nix dan Hydra pada tahun 2005, Kerberos pada tahun 2011, dan Styx pada tahun 2012.

Beberapa bulan sebelum mencapai Pluto, New Horizons mulai menatap permukaan Pluto yang lebih kompleks daripada yang diperkirakan sebelumnya. Dan seiring berlalunya waktu, dari hitungan bulan menjadi hari, para ilmuwan menemukan ternyata Pluto dan Charon cukup kompleks. Terbang lintas selanjutnya menunjukkan bahwa Pluto tidak sekadar rumit namun juga aktif.

Fitur Pluto yang paling menarik, baik dalam imajinasi publik maupun bagi ilmuwan keplanetan yang menjalankan misi adalah jantung planet katai ini, yang secara resmi diberi nama Tombaugh Regio, terutama di bagian barat planet yang agak bundar dan rata seperti cuping telinga atau Sputnik Planitia. Wilayah ini diduga telah terbentuk selain akibat dampak benturan masa lampau yang mengakibatkan cekungan di permukaan, juga karena interaksinya dengan Charon (fitur menyerupai jantung berada di sisi yang tidak pernah menghadap ke bulan) dapat membantu untuk tetap aktif. Beberapa astronom bahkan memprediksi ada lautan di bawah permukaan es.

"Salah satu temuan menarik dari misi adalah cekungan besar di permukaan Pluto yang dipenuhi es. Dan untuk melihat pola molekul di sepanjang es (permukaan beku) Sputnik Planitia untuk memahami bagaimana mereka konsisten dengan sel konveksi (pergerakan molekul-molekul pada cairan.) Oleh karena itulah Pluto dianggap sebagai planet yang aktif sebab memang terus terjadi sel konveksi, walaupun jauh dari Matahari,” tambah Dr Olkin.

sel-sel-di-sputnik-planitia-pluto-astronomi
Sel-sel di Sputnik Planitia.
NASA/JHUAPL/SWIR

Charon, bulan terbesar Pluto juga sama menariknya. Mereka berdua mengalami penguncian pasang surut, hanya satu sisi Charon yang selalu menghadap Pluto, sementara sisi yang lain selalu membelakangi. Yang lebih menarik adalah fakta bahwa Charon tidak mengorbit Pluto, mereka justru mengorbit pusat gravitasi bersama (barycenter) di luar Pluto. Pergerakan mereka layaknya tarian kosmik, dan bukan itu satu-satunya interaksi yang terjadi, karena mereka juga berbagi materi dan menyebabkan bintik merah pada Charon.

"Satu hal yang menakjubkan adalah melihat kutub merah di Charon. Biasanya, ketika kita memikirkan kutub planet seperti di Bumi atau Mars, kita memikirkan lapisan es yang terang, tapi kutub Charon malah berwarna merah, sangat berbeda dari hal-hal yang telah kita lihat sebelumnya,” Dr Olkin, Deputy Project Scientist for New Horizons, menjelaskan.

“Kami sekarang memahami material berwarna merah ini mungkin terakumulasi dari molekul-molekul metana yang lolos dari Pluto, sehingga menempel dan terjebak di kutub yang dingin, lalu diubah melalui proses radiolisis (disosiasi molekul oleh penyinaran) ke dalam rantai hidrokarbon yang lebih panjang menjadi Tholin.” Tholin adalah molekul heteropolimer yang terbentuk dari iradiasi ultraviolet Matahari terhadap senyawa organik sederhana seperti metana dan etana.

bintik-merah-charon-astronomi
Bintik merah Charon.
NASA/JHUAPL/SWIR

Masih akan ada misi penjelajahan baru ke Pluto (walaupun belum ada yang disetujui), namun kita harus segera memantau apa yang terjadi di planet katai ini secara lebih reguler. Teleskop Antariksa James Webb akan segera diluncurkan, seharusnya cukup sensitif untuk mempelajari permukaan es Pluto.

"Jika uang tidak menjadi kendala, saya berharap dapat kembali ke sana dan mengirim rover (penjelajah darat). Sungguh menakjubkan jika kita bisa menjelajahi permukaan Pluto dan meneliti sampel di berbagai wilayah bintik merah tersebut,” kata Dr Olkin.

New Horizons sedang dalam rute untuk menjumpai obyek lain, MU69. Terbang lintas dijadwalkan terjadi pada tanggal 1 Januari 2019.

Ditulis oleh: Alfredo Carpineti, iflscience.com


#terimakasihgoogle

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Diameter Bumi

Kredit: NASA, Apollo 17, NSSDC   Para kru misi Apollo 17 mengambil citra Bumi pada bulan Desember 1972 saat menempuh perjalanan dari Bumi dan Bulan. Gurun pasir oranye-merah di Afrika dan Arab Saudi terlihat sangat kontras dengan samudera biru tua dan warna putih dari formasi awan dan salju antartika.   Diameter khatulistiwa Bumi adalah  12.756 kilometer . Lantas bagaimana cara para ilmuwan menghitungnya? Kredit: Clementine,  Naval Research Laboratory .   Pada tahun 200 SM, akurasi perhitungan ukuran Bumi hanya berselisih 1% dengan perhitungan modern. Matematikawan, ahli geografi dan astronom Eratosthenes menerapkan gagasan Aristoteles, jika Bumi berbentuk bulat, posisi bintang-bintang di langit malam hari akan terlihat berbeda bagi para pengamat di lintang yang berbeda.   Eratosthenes mengetahui pada hari pertama musim panas, Matahari melintas tepat di atas Syene, Mesir. Saat siang hari pada hari yang sama, Eratosthenes mengukur perpindahan sudut Matahari dari atas kota Al

Apa Itu Kosmologi? Definisi dan Sejarah

Potret dari sebuah simulasi komputer tentang pembentukan struktur berskala masif di alam semesta, memperlihatkan wilayah seluas 100 juta tahun cahaya beserta gerakan koheren yang dihasilkan dari galaksi yang mengarah ke konsentrasi massa tertinggi di bagian pusat. Kredit: ESO Kosmologi adalah salah satu cabang astronomi yang mempelajari asal mula dan evolusi alam semesta, dari sejak Big Bang hingga saat ini dan masa depan. Menurut NASA, definisi kosmologi adalah “studi ilmiah tentang sifat alam semesta secara keseluruhan dalam skala besar.” Para kosmolog menyatukan konsep-konsep eksotis seperti teori string, materi gelap, energi gelap dan apakah alam semesta itu tunggal ( universe ) atau multisemesta ( multiverse ). Sementara aspek astronomi lainnya berurusan secara individu dengan objek dan fenomena kosmik, kosmologi menjangkau seluruh alam semesta dari lahir sampai mati, dengan banyak misteri di setiap tahapannya. Sejarah Kosmologi dan Astronomi Pemahaman manusia

Berapa Lama Satu Tahun di Planet-Planet Lain?

Jawaban Singkat Berikut daftar berapa lama waktu yang dibutuhkan oleh setiap planet di tata surya kita untuk menyelesaikan satu kali orbit mengitari Matahari (dalam satuan hari di Bumi): Merkurius: 88 hari Venus: 225 hari Bumi: 365 hari Mars: 687 hari Jupiter: 4.333 hari Saturnus: 10.759 hari Uranus: 30.687 hari Neptunus: 60.190 hari   Satu tahun di Bumi berlalu sekitar 365 hari 6 jam, durasi waktu yang dibutuhkan oleh Bumi untuk menyelesaikan satu kali orbit mengitari Matahari. Pelajari lebih lanjut tentang hal itu di artikel: Apa Itu Tahun Kabisat? Satu tahun diukur dari seberapa lama waktu yang dibutuhkan oleh sebuah planet untuk mengorbit bintang induk. Kredit: NASA/Terry Virts Semua planet di tata surya kita juga mengorbit Matahari. Durasi waktu satu tahun sangat tergantung dengan tempat mereka mengorbit. Planet yang mengorbit Matahari dari jarak yang lebih dekat daripada Bumi, lama satu tahunnya lebih pendek daripada Bumi. Sebaliknya planet yang