Langsung ke konten utama

Pluto, Raja Kecil Sabuk Kuiper

pluto-new-horizons-astronomi
Salah satu gambar terakhir yang diambil sebelum New Horizons mencapai titik terdekat dari Pluto pada tanggal 14 Juli 2015.
Kredit: NASA/Laboratorium Fisika Terapan Universitas Johns Hopkins/Southwest Research Institute

Kalimat mana yang paling tepat untuk menggambarkan Pluto?
  • Jarak Pluto dari Matahari kadang-kadang lebih dekat daripada Neptunus, meskipun hanya sekitar 8% dari durasi orbit.
  • Pluto hanyalah salah satu dari sekian banyak objek es di wilayah terluar tata surya.
  • Pluto mempunyai pendamping yang cukup besar, Charon, yang bidang orbitnya miring di bagian sisi mereka.
Nah, pilih saja jawaban yang paling kamu sukai, karena semuanya benar!

Pluto adalah planet katai yang berada di Sabuk Kuiper, sebuah wilayah yang dipenuhi objek es dan planet katai lainnya di tepi tata surya. Karena menjadi objek terbesar di wilayah ini, Pluto dinobatkan sebagai “Raja Kecil Sabuk Kuiper”.

pluto-raja-sabuk-kuiper-astronomi

Satu hal yang pasti, Pluto dan lingkungan di sekelilingnya sangat aneh. Jika dapat mengungkap beberapa misteri yang menyelimuti mereka, para ilmuwan akan lebih memahami tentang bagaimana tata surya kita terbentuk.

Fakta Ringan
  • Ukuran Pluto setara dengan sekitar separuh luas wilayah Amerika Serikat. Sementara Charon, sekitar setengah ukuran Pluto. Dalam hal rasio ukuran dengan planet yang diorbit (baik planet utama maupun planet katai), Charon lebih besar daripada seluruh bulan di tata surya.
perbandingan-ukuran-pluto-dan-charon-astronomi
  • Hampir semua planet yang mengelilingi Matahari, memiliki orbit lingkaran yang hampir sempurna. Namun Pluto mengorbit dalam jalur berbentuk oval, bahkan Matahari tidak berada di dekat titik pusat orbit. Terlebih lagi, bidang orbit Pluto cenderung miring dibandingkan semua planet yang mengorbit rapi, teratur dan sejajar dengan bidang tata surya. (Bidang orbit Merkurius juga agak miring, namun tidak semiring Pluto.)
arah-rotasi-pluto-astronomi
Tata surya dilihat dari atas. Tanda panah menunjukkan arah rotasi planet-planet dan Pluto. Kecual Venus dan Uranus, rotasi Pluto berlawanan arah dengan planet-planet tata surya lainnya.
arah-dan-titik-poros-rotasi-pluto-astronomi
Tata surya dilihat dari samping. Tanda panah menunjukkan arah dan poros rotasi planet-planet dan Pluto. Poros rotasi Pluto dan Uranus justru mengarah ke bidang orbit masing-masing, bukannya hampir tegak lurus.
  • Dibandingkan dengan sebagian besar planet beserta bulan mereka masing-masing, sistem Pluto-Charon miring di bagian sisi. Seperti planet-planet lainnya, poros rotasi Pluto tetap mengarah ke arah jalur orbit mengelilingi Matahari. Tapi tidak seperti semua planet, kecuali Uranus, Pluto berotasi di bagian sisi, seperti bola yang menggelinding. Seluruh poros rotasi planet tata surya hampir tegak lurus terhadap bidang orbit, kecuali Uranus dan Pluto.
sistem-pluto-charon-miring-pada-sisinya-astronomi

  • Jika tinggal di Pluto, maka kamu harus hidup selama 248 tahun Bumi untuk merayakan ulang tahun yang pertama, karena satu tahun di Pluto adalah 248 tahun di Bumi.

satu-tahun-pluto-sama-dengan-248-tahun-bumi-astronomi
  • Jika tinggal di Pluto, maka Charon hanya bisa dilihat dari satu sisi planet. Kamu akan melihat Charon hanya dari satu sisi planet katai ini. Charon menyelesaikan satu kali orbit mengelilingi Pluto dalam waktu 6,5 hari di Bumi, sementara satu hari Pluto sama persis dengan durasi orbit Charon. Jadi Charon selalu "mengambang" di tempat yang sama di permukaan Pluto, demikian pula dengan sisinya. Karena mengalami penguncian pasang surut, maka hanya satu sisi Charon yang selalu menghadap Pluto, seperti Bumi dengan Bulan.
  • Karena terpisah begitu jauh dari Matahari, suhu di permukaan Pluto sekitar minus 400 derajat Fahrenheit! Suhu akan menjadi semakin dingin jika Pluto bergerak lebih lebih jauh dari Matahari saat mengorbit. Dari Pluto, Matahari hanya terlihat sebagai titik terang di langit. Cahaya Matahari paling terang di Pluto hanya setara dengan cahaya bulan purnama di Bumi.
  • Jika bobotmu di Bumi 100 pon, maka di Pluto bobotmu hanya 7 pon!
gravitasi-pluto-lebih-kecil-daripada-bumi-astronomi
  • Pluto mengorbit dari wilayah terluar tata surya yang disebut Sabuk Kuiper. Ada banyak batuan es di sana. Tapi mereka begitu jauh dari Matahari sehingga sangat sulit dilihat, bahkan dengan teleskop terkuat sekalipun.
Yuk, kesana!

Kita akhirnya berhasil mengunjungi Pluto, Charon dan Sabuk Kuiper! Pada tanggal 19 Januari 2006, NASA meluncurkan pesawat antariksa New Horizons untuk menempuh perjalanan jauh. New Horizons tiba di Pluto pada bulan Juli 2015, dan akan terus mempelajari objek Sabuk Kuiper hingga tahun 2018-2022.

misi-new-horizons-di-pluto-astronomi

Dengan New Horizons, kita dapat mengunjungi dan belajar tentang objek-objek di tepi tata surya, dan mereka dapat membantu kita untuk memahami bagaimana tata surya terbentuk.

Mengapa Pluto tak lagi dianggap sebagai planet?

Beberapa waktu yang lalu, Pluto adalah planet kesembilan dari Matahari, sekaligus dianggap sebagai planet terkecil.

Tapi sekarang sudah tidak lagi. Pluto yang malang. Bagaimana bisa ia “diusir” dari keluarga planet kita? Dan siapakah anggota keluarga planet yang “sebenarnya”?

Para astronom telah menemukan tiga objek lain yang ukurannya sama kecilnya dengan Pluto. Mereka adalah Ceres, Makemake, dan Eris. Bersama Pluto, ukuran mereka jauh lebih kecil daripada planet-planet lainnya.

planet-planet-katai-astronomi

Ceres mengorbit di sabuk asteroid yang terletak di antara Mars dan Jupiter, Makemake berada di Sabuk Kuiper, sementara Eris mengorbit lebih jauh lagi.

Jika bukan planet, lalu apa status mereka?

Para astronom telah menempatkan mereka ke dalam sebuah keluarga baru yang disebut planet katai.

skala-ukuran-planet-katai-dengan-bumi-dan-bulan-astronomi
Gambar ini menunjukkan ukuran planet katai Pluto, Ceres, Eris, dan Makemake dibandingkan dengan Bumi dan Bulan (dalam gambar disebut “Luna”)

pluto-dan-charon-astronomi
Pluto dan Charon: "Senang dapat berjumpa dengan kalian semua."

Ditulis oleh: Staf spaceplace.nasa.gov


#terimakasihgoogle

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Diameter Bumi

Kredit: NASA, Apollo 17, NSSDC   Para kru misi Apollo 17 mengambil citra Bumi pada bulan Desember 1972 saat menempuh perjalanan dari Bumi dan Bulan. Gurun pasir oranye-merah di Afrika dan Arab Saudi terlihat sangat kontras dengan samudera biru tua dan warna putih dari formasi awan dan salju antartika.   Diameter khatulistiwa Bumi adalah  12.756 kilometer . Lantas bagaimana cara para ilmuwan menghitungnya? Kredit: Clementine,  Naval Research Laboratory .   Pada tahun 200 SM, akurasi perhitungan ukuran Bumi hanya berselisih 1% dengan perhitungan modern. Matematikawan, ahli geografi dan astronom Eratosthenes menerapkan gagasan Aristoteles, jika Bumi berbentuk bulat, posisi bintang-bintang di langit malam hari akan terlihat berbeda bagi para pengamat di lintang yang berbeda.   Eratosthenes mengetahui pada hari pertama musim panas, Matahari melintas tepat di atas Syene, Mesir. Saat siang hari pada hari yang sama, Eratosthenes mengukur perpindahan sudut Matahari dari atas kota Al

Apa Itu Kosmologi? Definisi dan Sejarah

Potret dari sebuah simulasi komputer tentang pembentukan struktur berskala masif di alam semesta, memperlihatkan wilayah seluas 100 juta tahun cahaya beserta gerakan koheren yang dihasilkan dari galaksi yang mengarah ke konsentrasi massa tertinggi di bagian pusat. Kredit: ESO Kosmologi adalah salah satu cabang astronomi yang mempelajari asal mula dan evolusi alam semesta, dari sejak Big Bang hingga saat ini dan masa depan. Menurut NASA, definisi kosmologi adalah “studi ilmiah tentang sifat alam semesta secara keseluruhan dalam skala besar.” Para kosmolog menyatukan konsep-konsep eksotis seperti teori string, materi gelap, energi gelap dan apakah alam semesta itu tunggal ( universe ) atau multisemesta ( multiverse ). Sementara aspek astronomi lainnya berurusan secara individu dengan objek dan fenomena kosmik, kosmologi menjangkau seluruh alam semesta dari lahir sampai mati, dengan banyak misteri di setiap tahapannya. Sejarah Kosmologi dan Astronomi Pemahaman manusia

Berapa Lama Satu Tahun di Planet-Planet Lain?

Jawaban Singkat Berikut daftar berapa lama waktu yang dibutuhkan oleh setiap planet di tata surya kita untuk menyelesaikan satu kali orbit mengitari Matahari (dalam satuan hari di Bumi): Merkurius: 88 hari Venus: 225 hari Bumi: 365 hari Mars: 687 hari Jupiter: 4.333 hari Saturnus: 10.759 hari Uranus: 30.687 hari Neptunus: 60.190 hari   Satu tahun di Bumi berlalu sekitar 365 hari 6 jam, durasi waktu yang dibutuhkan oleh Bumi untuk menyelesaikan satu kali orbit mengitari Matahari. Pelajari lebih lanjut tentang hal itu di artikel: Apa Itu Tahun Kabisat? Satu tahun diukur dari seberapa lama waktu yang dibutuhkan oleh sebuah planet untuk mengorbit bintang induk. Kredit: NASA/Terry Virts Semua planet di tata surya kita juga mengorbit Matahari. Durasi waktu satu tahun sangat tergantung dengan tempat mereka mengorbit. Planet yang mengorbit Matahari dari jarak yang lebih dekat daripada Bumi, lama satu tahunnya lebih pendek daripada Bumi. Sebaliknya planet yang