Langsung ke konten utama

Setiap Bintang yang Terlihat di Dalam Bima Sakti

setiap-bintang-yang-terlihat-di-dalam-bima-sakti-astronomi

Gambar di atas menunjukkan nyala api unggun di bawah Bima Sakti yang diabadikan oleh Ben Coffman di Oregon. Dia menulis: Orang-orang baik ini adalah rekan-rekan kerja dari salah satu resor di Mt. Hood. Untuk selalu mengenang mereka, saya mengabadikan foto mereka di pantai dekat Tanjung Kiwanda (sebuah kawasan alami di dekat Pacific City, Oregon). Mereka menghabiskan waktu dalam suasana akrab.

Tak ada yang lebih baik daripada melewatkan malam indah di bawah Bima Sakti? Tapi tahukah kamu bahwa setiap malam di sepanjang hidupmu adalah malam di bawah naungan Bima Sakti? Maksud kami, setiap bintang yang bisa kita lihat dengan mata telanjang tanpa bantuan alat, terletak di dalam galaksi Bima Sakti kita.

Sebagaimana terlihat di dalam foto Ben, Bima Sakti bagaikan pita yang terdiri dari bintang-bintang terang dan redup. Diameternya sekitar 100.000 tahun cahaya, sementara tebalnya hanya sekitar 1.000 tahun cahaya. Itulah sebabnya pita yang diterangi oleh bintang-bintang Bima Sakti muncul sangat jelas di langit malam hari tanpa polusi cahaya Bulan. Jika menatapnya, maka kita benar-benar melihat permukaan galaksi kita yang tipis.

setiap-bintang-yang-terlihat-di-dalam-bima-sakti-astronomi
Kredit: Digital Sky LLC

Gambar ini juga menyediakan gambaran tentang keindahan mengagumkan galaksi Bima Sakti di langit malam hari. Mosaik yang disusun dari beberapa gambar resolusi tinggi menampilkan 360 derajat galaksi dari sudut pandang kita. Pengambilan gambar dilakukan di Ft. Davis, Texas untuk pemotretan dari belahan bumi utara dan dari Broken Hill, New South Wales, Australia, untuk belahan selatan. Perhatikan jalur debu yang mengaburkan pandangan beberapa fitur terluarnya, demikian pula dengan pusat galaksi yang terlihat paling terang, lokasi konsentrasi terpadat bintang yang menyembunyikan lubang hitam supermasif. Gambar ini menunjukkan bintang dengan magnitudo (skala kecerahan) 11, lebih redup daripada yang bisa diamati dengan mata telanjang. Jika berdiri di bawah langit malam hari, maka kita akan melihat Bima Sakti dengan sangat jelas saat bintang-bintang membentang melintasi langit menjelang berakhirnya musim panas.

Pita Bima Sakti akan sulit dilihat kecuali kita berada di bawah langit gelap gulita tanpa polusi cahaya lampu perkotaan. Saat artikel ini ditulis, Bulan sedang pada fase 2/3. Setelah Bulan purnama, fase Bulan akan memudar dan memberikan pemandangan langit indah yang terbebas dari cahaya Bulan.

Jika berada di belahan bumi utara, langit akan terlihat lebih luas dan lebih kaya bintang ke arah rasi Scorpius dan Sagitarius. Rasi bintang ini menuju ke pusat galaksi. Jika berada di belahan bumi selatan, pusat galaksi masih terletak ke arah Sagitarius, tapi lebih dekat di atas kepala kita.

Intinya: Jika bisa berada di sebuah lokasi yang gelap gulita tanpa polusi cahaya, maka kita akan dengan mudah melihat pita yang diterangi bintang penghuni galaksi Bima Sakti yang besar dan datar. Setiap bintang di langit malam hari yang dapat terlihat oleh mata telanjang berada di dalam Bima Sakti.

Ditulis oleh: Deborah Byrd, earthsky.org


#terimakasihgoogle

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Diameter Bumi

Kredit: NASA, Apollo 17, NSSDC   Para kru misi Apollo 17 mengambil citra Bumi pada bulan Desember 1972 saat menempuh perjalanan dari Bumi dan Bulan. Gurun pasir oranye-merah di Afrika dan Arab Saudi terlihat sangat kontras dengan samudera biru tua dan warna putih dari formasi awan dan salju antartika.   Diameter khatulistiwa Bumi adalah  12.756 kilometer . Lantas bagaimana cara para ilmuwan menghitungnya? Kredit: Clementine,  Naval Research Laboratory .   Pada tahun 200 SM, akurasi perhitungan ukuran Bumi hanya berselisih 1% dengan perhitungan modern. Matematikawan, ahli geografi dan astronom Eratosthenes menerapkan gagasan Aristoteles, jika Bumi berbentuk bulat, posisi bintang-bintang di langit malam hari akan terlihat berbeda bagi para pengamat di lintang yang berbeda.   Eratosthenes mengetahui pada hari pertama musim panas, Matahari melintas tepat di atas Syene, Mesir. Saat siang hari pada hari yang sama, Eratosthenes mengukur perpindahan sudut Matahari dari atas kota Al

Apa Itu Kosmologi? Definisi dan Sejarah

Potret dari sebuah simulasi komputer tentang pembentukan struktur berskala masif di alam semesta, memperlihatkan wilayah seluas 100 juta tahun cahaya beserta gerakan koheren yang dihasilkan dari galaksi yang mengarah ke konsentrasi massa tertinggi di bagian pusat. Kredit: ESO Kosmologi adalah salah satu cabang astronomi yang mempelajari asal mula dan evolusi alam semesta, dari sejak Big Bang hingga saat ini dan masa depan. Menurut NASA, definisi kosmologi adalah “studi ilmiah tentang sifat alam semesta secara keseluruhan dalam skala besar.” Para kosmolog menyatukan konsep-konsep eksotis seperti teori string, materi gelap, energi gelap dan apakah alam semesta itu tunggal ( universe ) atau multisemesta ( multiverse ). Sementara aspek astronomi lainnya berurusan secara individu dengan objek dan fenomena kosmik, kosmologi menjangkau seluruh alam semesta dari lahir sampai mati, dengan banyak misteri di setiap tahapannya. Sejarah Kosmologi dan Astronomi Pemahaman manusia

Berapa Lama Satu Tahun di Planet-Planet Lain?

Jawaban Singkat Berikut daftar berapa lama waktu yang dibutuhkan oleh setiap planet di tata surya kita untuk menyelesaikan satu kali orbit mengitari Matahari (dalam satuan hari di Bumi): Merkurius: 88 hari Venus: 225 hari Bumi: 365 hari Mars: 687 hari Jupiter: 4.333 hari Saturnus: 10.759 hari Uranus: 30.687 hari Neptunus: 60.190 hari   Satu tahun di Bumi berlalu sekitar 365 hari 6 jam, durasi waktu yang dibutuhkan oleh Bumi untuk menyelesaikan satu kali orbit mengitari Matahari. Pelajari lebih lanjut tentang hal itu di artikel: Apa Itu Tahun Kabisat? Satu tahun diukur dari seberapa lama waktu yang dibutuhkan oleh sebuah planet untuk mengorbit bintang induk. Kredit: NASA/Terry Virts Semua planet di tata surya kita juga mengorbit Matahari. Durasi waktu satu tahun sangat tergantung dengan tempat mereka mengorbit. Planet yang mengorbit Matahari dari jarak yang lebih dekat daripada Bumi, lama satu tahunnya lebih pendek daripada Bumi. Sebaliknya planet yang