Langsung ke konten utama

Rover Mars NASA 2020 Dipersenjatai Hampir Dua Lusin Kamera

Rover Mars NASA berikutnya akan menjadi penjelajah darat bermata paling tajam yang pernah menyentuh Planet Merah.

Seperti namanya, Rover Mars 2020 dijadwalkan meluncur pada tahun 2020 dan akan dipersenjati dengan 23 kamera, kata pejabat NASA.

Jumlah kamera Mars 2020 enam kali lebih banyak daripada rover (penjelajah darat) Curiosity NASA, yang telah menjelajahi Kawah Gale di Mars sejak Agustus 2012, dan 13 kali lebih banyak daripada “rover kembar” seukuran kereta golf, Spirit dan Opportunity, yang juga telah mendarat di berbagai wilayah di Planet Merah, dalam selisih waktu beberapa minggu pada bulan Januari 2004. (Spirit telah dinyatakan tidak aktif pada tahun 2011, namun Opportunity masih tetap aktif hingga saat ini.)

mars-2020-rover-astronomi
23 kamera telah dipilih untuk dipasang di Mars 2020. Sebagian besar kamera merupakan upgrade dari versi kamera rover Curiosity, sedangkan sisanya merupakan kamera-kamera baru.
Kredit: NASA/JPL-Caltech.

“Teknologi kamera terus membaik,” kata Justin Maki, ilmuwan pencitraan Mars 2020 dari Laboratorium Propulsi Jet NASA di Pasadena, California.

“Secara berturut-turut, setiap misi dapat memanfaatkan upgrade, dengan kinerja yang lebih baik dan biaya yang lebih rendah,” tambah Maki, yang juga wakil peneliti utama instrumen Mastcam-Z Mars 2020.

mastcam-z-mars-rover-2020-astronomi
Replika Mastcam-Z, salah satu kamera sains Mars 2020.
Kredit: NASA / JPL-Caltech

Mastcam-Z, versi upgrade kamera Mastcam high-definition Curiosity, akan menjadi mata utama Mars 2020 di Planet Merah. "Z" adalah singkatan untuk zoom, kemampuan yang tidak dimiliki oleh Mastcam Curiosity. Karena kamera berada di kepala rover yang menyerupai tiang kapal, maka nama Mast (tiang kapal) disematkan ke kamera rover.

Mastcam-Z akan mengambil lebih banyak gambar 3 dimensi daripada Mastcam Curiosity, agar para ilmuwan dapat memeriksa fitur geologi secara lebih rinci dan mencari situs-situs ilmiah menjanjikan dari jarak jauh, kata pejabat NASA.

"Menggunakan gambar 3D resolusi tinggi secara rutin tentunya akan memberikan hasil yang jauh lebih baik,” kata Jim Bell, peneliti ​​utama Mastcam-Z dari Universitas Negeri Arizona State di Tempe. “Mereka berguna untuk target sains, baik dari jarak jauh maupun jarak dekat.”

Tujuh kamera Mars 2020 adalah satu rangkaian paket sains, sementara tujuh kamera lainnya akan mengambil gambar saat rover turun dan mendarat (seperti Curiosity yang menggunakan derek angkasa bertenaga roket). Sembilan kamera lainnya adalah kamera teknik, yang akan membantu tim rover untuk menavigasi dan menghindari rintangan berbahaya.

hazard-camera-mars-rover-2020-astronomi
Salah satu kamera teknik yang telah diuprage dengan lensa prototipe untuk hazard camera, yang akan memperhatikan setiap rintangan yang akan dihadapi oleh Mars 2020.
Kredit: NASA/JPL-Caltech

Semua kamera teknik yang dipasang di Spirit, Opportunity dan Curiosity memotret dalam warna hitam putih. Tapi, kamera Mars 2020 akan mengambil gambar berwarna resolusi tinggi dengan bidang pandang yang lebih luas.

“Kamera navigasi kami sebelumnya (Navcam) akan memotret beberapa gambar, kemudian menyusunnya menjadi satu,” ungkap Colin McKinney, manajer pengiriman produk kamera teknik Rover Mars 2020 dari Laboratorium Propulsi Jet NASA. “Dengan bidang pandang yang lebih luas, kita mendapatkan perspektif yang sama dalam satu kesempatan.”

Semua instrumen canggih ini akan membantu Mars 2020 menyelesaikan misi, untuk mencari jejak biologis Mars di masa lalu, mengumpulkan dan menyimpan sampel untuk misi masa depan, yaitu misi untuk membawa sampel kembali ke Bumi. (Namun, hingga saat ini belum ada rencana misi untuk mengambil sampel.)

Mars 2020 juga dirancang untuk membantu membuka jalan bagi misi berawak masa depan, karena dilengkapi instrumen MOXIE (Mars Oxygen In-situ Resources utiliment Experiment) yang akan menghasilkan oksigen dari karbon dioksida di udara Planet Merah.

Ditulis oleh: Mike Wall, penulis senior www.space.com


#terimakasihgoogle

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Diameter Bumi

Kredit: NASA, Apollo 17, NSSDC   Para kru misi Apollo 17 mengambil citra Bumi pada bulan Desember 1972 saat menempuh perjalanan dari Bumi dan Bulan. Gurun pasir oranye-merah di Afrika dan Arab Saudi terlihat sangat kontras dengan samudera biru tua dan warna putih dari formasi awan dan salju antartika.   Diameter khatulistiwa Bumi adalah  12.756 kilometer . Lantas bagaimana cara para ilmuwan menghitungnya? Kredit: Clementine,  Naval Research Laboratory .   Pada tahun 200 SM, akurasi perhitungan ukuran Bumi hanya berselisih 1% dengan perhitungan modern. Matematikawan, ahli geografi dan astronom Eratosthenes menerapkan gagasan Aristoteles, jika Bumi berbentuk bulat, posisi bintang-bintang di langit malam hari akan terlihat berbeda bagi para pengamat di lintang yang berbeda.   Eratosthenes mengetahui pada hari pertama musim panas, Matahari melintas tepat di atas Syene, Mesir. Saat siang hari pada hari yang sama, Eratosthenes mengukur perpindahan sudut Matahari dari atas kota Al

Apa Itu Kosmologi? Definisi dan Sejarah

Potret dari sebuah simulasi komputer tentang pembentukan struktur berskala masif di alam semesta, memperlihatkan wilayah seluas 100 juta tahun cahaya beserta gerakan koheren yang dihasilkan dari galaksi yang mengarah ke konsentrasi massa tertinggi di bagian pusat. Kredit: ESO Kosmologi adalah salah satu cabang astronomi yang mempelajari asal mula dan evolusi alam semesta, dari sejak Big Bang hingga saat ini dan masa depan. Menurut NASA, definisi kosmologi adalah “studi ilmiah tentang sifat alam semesta secara keseluruhan dalam skala besar.” Para kosmolog menyatukan konsep-konsep eksotis seperti teori string, materi gelap, energi gelap dan apakah alam semesta itu tunggal ( universe ) atau multisemesta ( multiverse ). Sementara aspek astronomi lainnya berurusan secara individu dengan objek dan fenomena kosmik, kosmologi menjangkau seluruh alam semesta dari lahir sampai mati, dengan banyak misteri di setiap tahapannya. Sejarah Kosmologi dan Astronomi Pemahaman manusia

Berapa Lama Satu Tahun di Planet-Planet Lain?

Jawaban Singkat Berikut daftar berapa lama waktu yang dibutuhkan oleh setiap planet di tata surya kita untuk menyelesaikan satu kali orbit mengitari Matahari (dalam satuan hari di Bumi): Merkurius: 88 hari Venus: 225 hari Bumi: 365 hari Mars: 687 hari Jupiter: 4.333 hari Saturnus: 10.759 hari Uranus: 30.687 hari Neptunus: 60.190 hari   Satu tahun di Bumi berlalu sekitar 365 hari 6 jam, durasi waktu yang dibutuhkan oleh Bumi untuk menyelesaikan satu kali orbit mengitari Matahari. Pelajari lebih lanjut tentang hal itu di artikel: Apa Itu Tahun Kabisat? Satu tahun diukur dari seberapa lama waktu yang dibutuhkan oleh sebuah planet untuk mengorbit bintang induk. Kredit: NASA/Terry Virts Semua planet di tata surya kita juga mengorbit Matahari. Durasi waktu satu tahun sangat tergantung dengan tempat mereka mengorbit. Planet yang mengorbit Matahari dari jarak yang lebih dekat daripada Bumi, lama satu tahunnya lebih pendek daripada Bumi. Sebaliknya planet yang