Langsung ke konten utama

Dimanakah Lubang Hitam Terdekat?

dimanakah-lubang-hitam-terdekat-informasi-astronomi
Jika kamu melihat ini, maka semuanya sudah terlambat.
Kredit: NASA

Apakah kamu pernah mendengar sebuah kalimat terkenal yang diucapkan oleh Sun Tzu, “dekatlah dengan teman-temanmu, tapi lebih dekatlah dengan musuh-musuhmu?” Saran Sun Tzu harus diabaikan saat kita berbicara tentang lubang hitam, karena mereka adalah musuh terburuk dan harus tetap berada sejauh mungkin dari kita.

Kita berbicara tentang sebuah wilayah di alam semesta, suatu tempat di mana materi dimampatkan sedemikian padat dan satu-satunya cara untuk meloloskan diri darinya adalah dengan melaju melampaui kecepatan cahaya. Tapi, tidak ada yang bisa melaju secepat cahaya. Jadi tidak ada jalan keluar.

Apabila terlalu dekat dengan lubang hitam, material akan tertarik ke sebuah titik tak terbatas yang disebut singularitas.

Meskipun tidak berada terlalu dekat dengannya, jangkauan gaya gravitasinya dapat dirasakan hingga tahunan cahaya. Jika salah satu dari mereka mengembara terlalu dekat dengan tata surya kita, maka malapetaka akan melanda seluruh sistem.

Matahari dan seluruh planet akan ditelan habis, atau hancur porak-poranda, atau bahkan melempar keluar seluruh tata surya.

Lubang hitam tidak bisa dilawan. Apa pun yang mungkin kita coba lakukan, hanya malah membuatnya lebih besar, lebih kuat dan lebih marah. Satu-satunya harapan terbaik kita adalah menunggu selama miliaran tahun sampai akhirnya lubang hitam menguap.

Sangat logis kita berupaya melacak semua lubang hitam di luar sana, untuk berjaga-jaga apabila kita harus segera mengevakuasi seluruh tata surya.

lubang-hitam-supermasif-di-jantung-galaksi-aktif-ngc-3783-informasi-astronomi
Ilustrasi lingkungan kosmik di sekitar lubang hitam supermasif di jantung galaksi aktif NGC 3783.
Kredit: ESO/M. Kornmesser

Lubang Hitam Terdekat

Ada dua jenis lubang hitam di luar sana, lubang hitam supermasif di jantung hampir setiap galaksi dan lubang hitam bermassa bintang yang terbentuk saat bintang masif mati setelah memicu ledakan supernova.

Lubang hitam supermasif relatif mudah diketahui. Ada satu di hampir setiap pusat galaksi tunggal di alam semesta. Lubang hitam supermasif di pusat galaksi Bima Sakti terletak sekitar 27.000 tahun cahaya dari Bumi, sedangkan di galaksi Andromeda terletak 2,5 juta tahun cahaya, dan seterusnya.

Lubang hitam supermasif tidak berbahaya bagi kita, karena mereka benar-benar jauh.

Lubang hitam bermassa bintang justru adalah jenis lubang hitam yang berpotensi mendatangkan masalah bagi kita.

lubang-hitam-bermassa-bintang-cygnus-x-1-informasi-astronomi
Ilustrasi Cygnus X-1, sebuah lubang hitam bermassa bintang di sistem biner.
Kredit: NASA/CXC/M Weiss

Inilah masalah utamanya, lubang hitam tidak memancarkan radiasi apapun dan benar-benar tak terlihat, jadi tidak ada cara mudah untuk melihatnya di langit. Satu-satunya cara untuk mengetahuinya adalah melalui efek yang ditimbulkan oleh gaya gravitasinya terhadap lingkungan kosmik di sekitarnya.

Lubang hitam terdekat yang pernah kita temukan adalah V616 Monocerotis (V616 Mon). Terletak sekitar 3.000 tahun cahaya dari Bumi, V616Mon mengandung massa 9-13 kali lipat massa Matahari. Kita tahu eksistensinya karena kebetulan membentuk sistem biner bersama sebuah bintang pengiring dengan massa sekitar 50% Matahari. Hanya lubang hitam yang bisa membuat pengiring biner mengitarinya begitu cepat. Memang, para astronom tidak bisa melihat lubang hitam secara langsung, tapi mereka tahu lubang hitam ada di sana karena “tarian” gravitasi bintang yang mengorbitnya.

Lubang hitam terdekat berikutnya adalah Cygnus X-1, yang terletak sekitar 6.000 tahun cahaya dari Bumi dan mengandung sekitar 15 kali lipat massa Matahari, dan sekali lagi berada di dalam sistem biner.

Lubang hitam terdekat ketiga, juga berada di dalam sistem biner.

Apabila kamu memperhatikan, di sinilah letak permasalahannya. Fakta bahwa segelintir lubang hitam yang dapat kita temukan berada di dalam sistem biner, karena itulah satu-satunya cara untuk mendeteksinya tanpa berada terlalu dekat.

Mungkin ada lebih banyak lubang hitam yang jaraknya lebih dekat daripada yang telah ditemukan oleh para astronom.

Ini semua terdengar mengerikan, mungkin saat ini kamu memandang langit untuk mencari distorsi cahaya dari lubang hitam yang berada terlalu dekat dengan kita. Tapi fenomena semacam itu sangat jarang terjadi.

Tata surya kita telah eksis selama lebih dari 4,5 miliar tahun, dengan seluruh planet yang mengorbit tanpa gangguan. Bahkan jika lubang hitam melintas mendekati tata surya dari jarak beberapa lusin tahun cahaya, maka akan mengacaukan orbit secara signifikan dan kehidupan mungkin tidak akan ada di sini untuk mempertimbangkan fakta tersebut.

Kita tidak bertemu dengan lubang hitam dalam kurun waktu jutaan tahun, dan mungkin juga tidak akan terjadi dalam waktu miliaran atau triliunan tahun yang akan datang.

Sayangnya, jawaban atas pertanyaan ini adalah kita tidak tahu. Kita tidak mengetahui apakah lubang hitam terdekat berada beberapa tahun cahaya dari Bumi, atau sebenarnya lubang hitam terdekat adalah V616 Mon. Hanya waktu yang akan menjawabnya.

Ditulis oleh: Fraser Cain, Universe Today, phys.org



#terimakasihgoogle

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Diameter Bumi

Kredit: NASA, Apollo 17, NSSDC   Para kru misi Apollo 17 mengambil citra Bumi pada bulan Desember 1972 saat menempuh perjalanan dari Bumi dan Bulan. Gurun pasir oranye-merah di Afrika dan Arab Saudi terlihat sangat kontras dengan samudera biru tua dan warna putih dari formasi awan dan salju antartika.   Diameter khatulistiwa Bumi adalah  12.756 kilometer . Lantas bagaimana cara para ilmuwan menghitungnya? Kredit: Clementine,  Naval Research Laboratory .   Pada tahun 200 SM, akurasi perhitungan ukuran Bumi hanya berselisih 1% dengan perhitungan modern. Matematikawan, ahli geografi dan astronom Eratosthenes menerapkan gagasan Aristoteles, jika Bumi berbentuk bulat, posisi bintang-bintang di langit malam hari akan terlihat berbeda bagi para pengamat di lintang yang berbeda.   Eratosthenes mengetahui pada hari pertama musim panas, Matahari melintas tepat di atas Syene, Mesir. Saat siang hari pada hari yang sama, Eratosthenes mengukur perpindahan sudut Matahari dari atas kota Al

Apa Itu Kosmologi? Definisi dan Sejarah

Potret dari sebuah simulasi komputer tentang pembentukan struktur berskala masif di alam semesta, memperlihatkan wilayah seluas 100 juta tahun cahaya beserta gerakan koheren yang dihasilkan dari galaksi yang mengarah ke konsentrasi massa tertinggi di bagian pusat. Kredit: ESO Kosmologi adalah salah satu cabang astronomi yang mempelajari asal mula dan evolusi alam semesta, dari sejak Big Bang hingga saat ini dan masa depan. Menurut NASA, definisi kosmologi adalah “studi ilmiah tentang sifat alam semesta secara keseluruhan dalam skala besar.” Para kosmolog menyatukan konsep-konsep eksotis seperti teori string, materi gelap, energi gelap dan apakah alam semesta itu tunggal ( universe ) atau multisemesta ( multiverse ). Sementara aspek astronomi lainnya berurusan secara individu dengan objek dan fenomena kosmik, kosmologi menjangkau seluruh alam semesta dari lahir sampai mati, dengan banyak misteri di setiap tahapannya. Sejarah Kosmologi dan Astronomi Pemahaman manusia

Berapa Lama Satu Tahun di Planet-Planet Lain?

Jawaban Singkat Berikut daftar berapa lama waktu yang dibutuhkan oleh setiap planet di tata surya kita untuk menyelesaikan satu kali orbit mengitari Matahari (dalam satuan hari di Bumi): Merkurius: 88 hari Venus: 225 hari Bumi: 365 hari Mars: 687 hari Jupiter: 4.333 hari Saturnus: 10.759 hari Uranus: 30.687 hari Neptunus: 60.190 hari   Satu tahun di Bumi berlalu sekitar 365 hari 6 jam, durasi waktu yang dibutuhkan oleh Bumi untuk menyelesaikan satu kali orbit mengitari Matahari. Pelajari lebih lanjut tentang hal itu di artikel: Apa Itu Tahun Kabisat? Satu tahun diukur dari seberapa lama waktu yang dibutuhkan oleh sebuah planet untuk mengorbit bintang induk. Kredit: NASA/Terry Virts Semua planet di tata surya kita juga mengorbit Matahari. Durasi waktu satu tahun sangat tergantung dengan tempat mereka mengorbit. Planet yang mengorbit Matahari dari jarak yang lebih dekat daripada Bumi, lama satu tahunnya lebih pendek daripada Bumi. Sebaliknya planet yang