Langsung ke konten utama

Mengapa Bentuk Planet Selalu Bulat?

mengapa-bentuk-planet-selalu-bulat-informasi-astronomi
Album keluarga planet.
Apapun ukurannya, mau besar atau kecil, tetap selalu bulat.

Kedelapan planet anggota tata surya tentunya berbeda dalam banyak hal. Baik dari segi ukuran, jarak dari Matahari, ada yang kecil berbatu dan ada juga raksasa gas. Tetapi bentuk mereka semua bulat. Mengapa demikian? Atau mengapa mereka tidak berbentuk kubus, piramida, atau datar?

mengapa-bentuk-planet-selalu-bulat-informasi-astronomi

Planet terbentuk ketika sejumlah material menggumpal menjadi satu. Setelah beberapa saat, gumpalan material memiliki gaya gravitasi yang cukup kuat. Gravitasi inilah gaya yang menyatukan material. Ketika ukurannya cukup besar, planet mulai membersihkan orbit mengitari bintang induk. Planet menggunakan gaya gravitasinya untuk menangkap puing-puing antariksa.

mengapa-bentuk-planet-selalu-bulat-informasi-astronomi

Gaya gravitasi sebuah planet merata di semua sisi. Gaya gravitasi menarik dari pusat planet ke semua sisi seperti jari-jari roda sepeda. Inilah faktor utama yang menyebabkan semua planet berbentuk spheroid, bentuk tiga dimensi lingkaran.

mengapa-bentuk-planet-selalu-bulat-informasi-astronomi

Apakah planet bulat sempurna?

Sementara semua planet di tata surya berbentuk spheroid, beberapa di antaranya lebih bulat daripada yang lain. Bentuk Merkurius dan Venus adalah yang paling bulat dibandingkan planet-planet utama lainnya. Hampir bulat sempurna, seperti kelereng.

Dan, beberapa bulatan planet lainnya tidak begitu sempurna.

Saturnus dan Jupiter sedikit lebih tebal di bagian tengah. Rotasi cepat kedua raksasa gas membuncitkan wilayah di sepanjang garis katulistiwa. Kenapa bisa begitu? Ketika sebuah benda berputar, seperti planet yang berotasi, sisi terluar harus bergerak lebih cepat untuk mengimbangi sisi terdalam. Prinsip ini berlaku untuk setiap benda yang berputar, seperti roda, DVD atau kipas. Sisi terluar harus bergerak lebih cepat dan lebih jauh.

mengapa-bentuk-planet-selalu-bulat-informasi-astronomi

Di sepanjang garis khatulistiwa sebuah planet, gaya gravitasi di bagian tengah lingkaran di antara kutub utara dan selatan menahan sisi terluar saat berotasi, agar segala sesuatu di sisi terluar ini tidak berterbangan seperti lumpur dari ban sepeda yang berputar. Saturnus dan Jupiter berotasi sangat cepat, tetapi gaya gravitasi mereka yang kuat tetap menyatukan planet agar tetap utuh. Itulah mengapa mereka menonjol di bagian tengah. Para ilmuwan menyebutnya tonjolan khatulistiwa.

Dibandingkan semua planet tata surya, khatulistiwa Saturnus paling menonjol. Jika diameter dari kedua kutub dibandingkan dengan diameter di sepanjang garis khatulistiwa, maka hasilnya berbeda. Saturnus 10,7% lebih tebal di bagian tengah, sedangkan Jupiter 6,9%.

mengapa-bentuk-planet-selalu-bulat-informasi-astronomi

Bukannya bulat sempurna seperti kelerang, bentuk mereka berdua lebih mirip dengan bola basket yang kamu duduki.

Bagaimana dengan planet-planet lain?

Dengan ukuran yang jauh lebih kecil, Bumi dan Mars tidak berotasi secepat raksasa gas. Memang tidak bulat sempurna, tetapi Bumi dan Mars lebih bulat daripada Saturnus dan Jupiter. Tonjolan khatulistiwa Bumi hanya 0,3%, sedangkan Mars 0,6%. Karena tonjolan khatulistiwanya tidak mencapai 1%, mungkin tidak terlalu salah kalau mengatakan Bumi dan Mars bulat.

mengapa-bentuk-planet-selalu-bulat-informasi-astronomi

Adapun kedua planet raksasa es, Uranus dan Neptunus, berada di antaranya. Uranus lebih tebal 2,3 % di bagian tengah, sedangkan Neptunus 1,7%.

Rasakan bagaimana gaya rotasi bekerja!

Apakah kamu ingin merasakan bagaimana rasanya menjadi planet yang berputar? Kamu bisa mencobanya dengan berputar sendiri, tapi, lakukan di tempat yang agak lega dan pastikan dulu tidak ada yang menghalangimu ketika berputar.

Cobalah berputar sambil berdiri lalu rentangkan kedua tanganmu dan turunkan kembali. Rasakan perbedaannya. Ketika terentang, kedua tanganmu harus bergerak lebih cepat daripada bahu untuk mengimbangi putaran dan kamu pasti merasakan gaya yang lebih besar pada kedua lengan yang terentang.

Ditulis oleh: Staf spaceplace.nasa.gov


#terimakasihgoogle dan #terimakasihnasa

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Diameter Bumi

Kredit: NASA, Apollo 17, NSSDC   Para kru misi Apollo 17 mengambil citra Bumi pada bulan Desember 1972 saat menempuh perjalanan dari Bumi dan Bulan. Gurun pasir oranye-merah di Afrika dan Arab Saudi terlihat sangat kontras dengan samudera biru tua dan warna putih dari formasi awan dan salju antartika.   Diameter khatulistiwa Bumi adalah  12.756 kilometer . Lantas bagaimana cara para ilmuwan menghitungnya? Kredit: Clementine,  Naval Research Laboratory .   Pada tahun 200 SM, akurasi perhitungan ukuran Bumi hanya berselisih 1% dengan perhitungan modern. Matematikawan, ahli geografi dan astronom Eratosthenes menerapkan gagasan Aristoteles, jika Bumi berbentuk bulat, posisi bintang-bintang di langit malam hari akan terlihat berbeda bagi para pengamat di lintang yang berbeda.   Eratosthenes mengetahui pada hari pertama musim panas, Matahari melintas tepat di atas Syene, Mesir. Saat siang hari pada hari yang sama, Eratosthenes mengukur perpindahan sudut Matahari dari atas kota Al

Apa Itu Kosmologi? Definisi dan Sejarah

Potret dari sebuah simulasi komputer tentang pembentukan struktur berskala masif di alam semesta, memperlihatkan wilayah seluas 100 juta tahun cahaya beserta gerakan koheren yang dihasilkan dari galaksi yang mengarah ke konsentrasi massa tertinggi di bagian pusat. Kredit: ESO Kosmologi adalah salah satu cabang astronomi yang mempelajari asal mula dan evolusi alam semesta, dari sejak Big Bang hingga saat ini dan masa depan. Menurut NASA, definisi kosmologi adalah “studi ilmiah tentang sifat alam semesta secara keseluruhan dalam skala besar.” Para kosmolog menyatukan konsep-konsep eksotis seperti teori string, materi gelap, energi gelap dan apakah alam semesta itu tunggal ( universe ) atau multisemesta ( multiverse ). Sementara aspek astronomi lainnya berurusan secara individu dengan objek dan fenomena kosmik, kosmologi menjangkau seluruh alam semesta dari lahir sampai mati, dengan banyak misteri di setiap tahapannya. Sejarah Kosmologi dan Astronomi Pemahaman manusia

Berapa Lama Satu Tahun di Planet-Planet Lain?

Jawaban Singkat Berikut daftar berapa lama waktu yang dibutuhkan oleh setiap planet di tata surya kita untuk menyelesaikan satu kali orbit mengitari Matahari (dalam satuan hari di Bumi): Merkurius: 88 hari Venus: 225 hari Bumi: 365 hari Mars: 687 hari Jupiter: 4.333 hari Saturnus: 10.759 hari Uranus: 30.687 hari Neptunus: 60.190 hari   Satu tahun di Bumi berlalu sekitar 365 hari 6 jam, durasi waktu yang dibutuhkan oleh Bumi untuk menyelesaikan satu kali orbit mengitari Matahari. Pelajari lebih lanjut tentang hal itu di artikel: Apa Itu Tahun Kabisat? Satu tahun diukur dari seberapa lama waktu yang dibutuhkan oleh sebuah planet untuk mengorbit bintang induk. Kredit: NASA/Terry Virts Semua planet di tata surya kita juga mengorbit Matahari. Durasi waktu satu tahun sangat tergantung dengan tempat mereka mengorbit. Planet yang mengorbit Matahari dari jarak yang lebih dekat daripada Bumi, lama satu tahunnya lebih pendek daripada Bumi. Sebaliknya planet yang