Langsung ke konten utama

Apa Itu Tahun Kabisat?

Jawaban Singkat

Planet Bumi kita menyelesaikan satu kali orbit mengitari Matahari setiap 365,25 hari yang disebut tahun surya. Jumlah hari dalam satu tahun kalender normal adalah 365, sementara sisa 0,25 hari kita tambahkan setiap empat tahun sekali. Itulah tahun kabisat.

Jika menghitung jumlah hari dari bulan Januari hingga Desember pada kalender tahun normal, kita akan memperoleh hasil 365 hari. Namun setiap empat tahun, jumlah hari pada bulan Februari bukan 28, melainkan 29. Berarti ada 366 hari dalam satu tahun, yang disebut tahun kabisat.

apa-itu-tahun-kabisat-informasi-astronomi
Kredit: NASA/JPL-Caltech

Mengapa Harus Tahun Kabisat?

Satu tahun adalah durasi waktu yang dibutuhkan oleh sebuah planet untuk satu kali mengorbit bintang induk. Satu hari adalah durasi waktu yang dibutuhkan oleh sebuah planet untuk menyelesaikan satu kali rotasi.

apa-itu-tahun-kabisat-informasi-astronomi
Kredit: NASA/JPL-Caltech

Bumi menyelesaikan satu kali orbit mengitari Matahari setiap sekitar 365 hari 6 jam. Dibutuhkan waktu sekitar 24 jam (1 hari) bagi Bumi untuk menyelesaikan satu kali rotasi. Jadi jumlah hari selama satu tahun tidak selalu sama.

Karena itu, kita menetapkan 365 hari dalam satu tahun kalender normal dan mengkompensasi sisa 6 jam dengan menambahkan 1 hari setiap empat tahun sekali. Itulah alasan mengapa ada tahun kabisat.

apa-itu-tahun-kabisat-informasi-astronomi
Tahun Kabisat (Leap Year).
 Kredit: NASA/JPL-Caltech

Karena kita telah mengurangi sisa durasi orbit sekitar 6 jam (1/4 hari) pada tahun 2017, 2018 dan 2019, jadi kita menambahkan 1 hari ke tahun 2020.

Apakah Tahun Kabisat Penting?

Ya, untuk menyesuaikan kalender kita dengan tahun surya. Mengurangi 5 jam 46 menit 48 detik dalam satu tahun mungkin tidak terlalu terasa. Tetapi jika kita terus menguranginya setiap tahun, tentunya akan ada beberapa hal yang terpengaruh.

Misalnya, musim panas selalu jatuh pada bulan Juli. Jika tidak ada tahun kabisat, sisa durasi orbit hampir selama 6 jam yang hilang, akan terakumulasi menjadi hari, minggu dan bulan. Dalam beberapa ratus tahun kemudian, musim dingin akan jatuh pada bulan Juli.

apa-itu-tahun-kabisat-informasi-astronomi
Kredit: NASA/JPL-Caltech

Apakah Planet-Planet Lain Juga Memiliki Tahun Kabisat?

Ya, tahun kabisat berasal dari orbit planet mengitari Matahari (tahun) dan rotasi planet (hari) yang tidak simetris. Fenomena ini berlaku untuk hampir setiap planet di tata surya kita.

Contohnya Mars, yang tahun kabisatnya lebih sering daripada tahun normal. Satu tahun Mars berlangsung selama 668 sol (hari Mars). Namun, Mars menyelesaikan satu kali orbit mengitari Matahari setiap 668,6 sol. Jadi, terkadang harus ditambahkan satu sol ke kalender Mars sebagaimana kalender tahun kabisat kita. Yang unik, kalender tahun kabisat justru lebih sering daripada kalender tahun normal. Selama periode 10 tahun, ada empat tahun normal yang terdiri dari 668 sol dan enam tahun kabisat yang terdiri dari 669 sol.

Ditulis oleh: Staf spaceplace.nasa.gov


#terimakasihgoogle dan #terimakasihnasa

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Diameter Bumi

Kredit: NASA, Apollo 17, NSSDC   Para kru misi Apollo 17 mengambil citra Bumi pada bulan Desember 1972 saat menempuh perjalanan dari Bumi dan Bulan. Gurun pasir oranye-merah di Afrika dan Arab Saudi terlihat sangat kontras dengan samudera biru tua dan warna putih dari formasi awan dan salju antartika.   Diameter khatulistiwa Bumi adalah  12.756 kilometer . Lantas bagaimana cara para ilmuwan menghitungnya? Kredit: Clementine,  Naval Research Laboratory .   Pada tahun 200 SM, akurasi perhitungan ukuran Bumi hanya berselisih 1% dengan perhitungan modern. Matematikawan, ahli geografi dan astronom Eratosthenes menerapkan gagasan Aristoteles, jika Bumi berbentuk bulat, posisi bintang-bintang di langit malam hari akan terlihat berbeda bagi para pengamat di lintang yang berbeda.   Eratosthenes mengetahui pada hari pertama musim panas, Matahari melintas tepat di atas Syene, Mesir. Saat siang hari pada hari yang sama, Eratosthenes mengukur perpindahan sudut Matahari dari atas kota Al

Apa Itu Kosmologi? Definisi dan Sejarah

Potret dari sebuah simulasi komputer tentang pembentukan struktur berskala masif di alam semesta, memperlihatkan wilayah seluas 100 juta tahun cahaya beserta gerakan koheren yang dihasilkan dari galaksi yang mengarah ke konsentrasi massa tertinggi di bagian pusat. Kredit: ESO Kosmologi adalah salah satu cabang astronomi yang mempelajari asal mula dan evolusi alam semesta, dari sejak Big Bang hingga saat ini dan masa depan. Menurut NASA, definisi kosmologi adalah “studi ilmiah tentang sifat alam semesta secara keseluruhan dalam skala besar.” Para kosmolog menyatukan konsep-konsep eksotis seperti teori string, materi gelap, energi gelap dan apakah alam semesta itu tunggal ( universe ) atau multisemesta ( multiverse ). Sementara aspek astronomi lainnya berurusan secara individu dengan objek dan fenomena kosmik, kosmologi menjangkau seluruh alam semesta dari lahir sampai mati, dengan banyak misteri di setiap tahapannya. Sejarah Kosmologi dan Astronomi Pemahaman manusia

Berapa Lama Satu Tahun di Planet-Planet Lain?

Jawaban Singkat Berikut daftar berapa lama waktu yang dibutuhkan oleh setiap planet di tata surya kita untuk menyelesaikan satu kali orbit mengitari Matahari (dalam satuan hari di Bumi): Merkurius: 88 hari Venus: 225 hari Bumi: 365 hari Mars: 687 hari Jupiter: 4.333 hari Saturnus: 10.759 hari Uranus: 30.687 hari Neptunus: 60.190 hari   Satu tahun di Bumi berlalu sekitar 365 hari 6 jam, durasi waktu yang dibutuhkan oleh Bumi untuk menyelesaikan satu kali orbit mengitari Matahari. Pelajari lebih lanjut tentang hal itu di artikel: Apa Itu Tahun Kabisat? Satu tahun diukur dari seberapa lama waktu yang dibutuhkan oleh sebuah planet untuk mengorbit bintang induk. Kredit: NASA/Terry Virts Semua planet di tata surya kita juga mengorbit Matahari. Durasi waktu satu tahun sangat tergantung dengan tempat mereka mengorbit. Planet yang mengorbit Matahari dari jarak yang lebih dekat daripada Bumi, lama satu tahunnya lebih pendek daripada Bumi. Sebaliknya planet yang