Langsung ke konten utama

10 Fakta Menarik Air, Unsur Utama yang Dibutuhkan Kehidupan


1. Air bisa menjadi kunci untuk menemukan kehidupan di luar Bumi
 
10-fakta-menarik-air-unsur-utama-yang-dibutuhkan-kehidupan-climate-kids

Air sangat dibutuhkan oleh semua makhluk hidup di Bumi. Bahkan semua makhluk hidup, baik yang tinggal di dasar laut atau gurun terkering, sebagian besar terdiri dari air. Air menopang kehidupan di Bumi, oleh karena itu para ahli astrobiologi (ilmuwan yang mencari kehidupan di planet-planet lain) menganggap cara terbaik untuk menemukan kehidupan di luar Bumi adalah dengan mendeteksi keberadaan air terlebih dahulu.
 
2. Hampir seluruh air di Bumi ada di lautan
 
10-fakta-menarik-air-unsur-utama-yang-dibutuhkan-kehidupan-climate-kids

Lautan menampung 96,5% air di Bumi dan menutupi 71% permukaan planet kita. Sementara pada waktu-waktu tertentu, sekitar 0,001% air mengambang di atmosfer. Jika semua air tersebut turun sebagai hujan sekaligus, seluruh planet akan mendapat curah hujan sekitar 1 inci.
 
3. Es menampung sebagian besar air tawar
 
10-fakta-menarik-air-unsur-utama-yang-dibutuhkan-kehidupan-climate-kids

Hanya ada 3,5% air tawar di Bumi. Kita dapat menemukan air tawar di danau, sungai, es, gletser dan di bawah tanah. Lebih dari 68% air tawar terkunci di dalam es dan gletser, sedangkan 30% lainnya berada di bawah tanah.
 
4. Jumlah kadar garam dalam air laut bervariasi
 
10-fakta-menarik-air-unsur-utama-yang-dibutuhkan-kehidupan-climate-kids

Secara rata-rata, ada sekitar satu cangkir garam di dalam satu galon air laut. Tapi jumlah kadar garam air laut bisa bervariasi, misalnya Samudra Atlantik yang lebih asin daripada Samudra Pasifik. Sebagian besar garam di lautan adalah natrium klorida, jenis garam yang sering digunakan untuk makanan kita. Sementara air paling asin di dunia ditemukan di Antartika, tepatnya di sebuah danau kecil yang disebut Don Juan Pond.
 
5. Satu tetes air bisa menampung jutaan kehidupan
 
10-fakta-menarik-air-unsur-utama-yang-dibutuhkan-kehidupan-climate-kids

Ada banyak kehidupan yang ditampung hanya di dalam satu tetes air laut. Jumlahnya mungkin mencapai jutaan, seperti bakteri, virus, telur ikan, plankton dan cacing mikroskopik.
 
6. Sebagian air barangkali berasal dari komet
 
10-fakta-menarik-air-unsur-utama-yang-dibutuhkan-kehidupan-climate-kids

Material bebatuan purba yang membentuk Bumi juga mengandung air, meskipun tak bisa dibandingkan dengan semua air yang kita lihat hari ini. Karena sebagian besar komposisinya adalah es air, komet diduga turut berkontribusi atas deposit air di Bumi.
 
7. Air padat (es) mengapung
 
10-fakta-menarik-air-unsur-utama-yang-dibutuhkan-kehidupan-climate-kids

Biasanya material padat tenggelam di air. Tapi air padat (es), massa jenisnya tidak terlalu tinggi, karena molekul air membentuk struktur menyerupai cincin saat membeku. Itulah alasannya mengapa es mengapung. Dan hal ini dianggap bagus, karena es yang mengapung di air membuat sisa air lainnya tetap cair. Jika es tenggelam, seluruh samudra bisa saja membeku dan menjadi padat.
 
8. Sebagian besar tubuh kita terdiri dari air
 
10-fakta-menarik-air-unsur-utama-yang-dibutuhkan-kehidupan-climate-kids

Bayi yang baru lahir terdiri dari 78% air, sedangkan tubuh orang dewasa terdiri dari 55-60% air. Hampir semua hal yang dilakukan oleh tubuh kita melibatkan air, seperti darah yang mengedarkan nutrisi ke seluruh tubuh, kotoran yang kita keluarkan, keringat yang membantu mengatur suhu badan dll.
 
9. Pada tumbuhan, air menentang gaya gravitasi
 
10-fakta-menarik-air-unsur-utama-yang-dibutuhkan-kehidupan-climate-kids

Lengket adalah salah satu ciri air yang menarik. Air bisa menempel pada dirinya sendiri atau pada hal-hal lain, itulah sebabnya mengapa air membentuk tetesan bulat. Sifat lengket ini membantu air mengalir dari akar tanaman ke daun. Molekul air bergerak naik melalui pembuluh tipis yang disebut xilem. Setelah mencapai daun, air kemudian ditarik ke atas saat menguap.
 
10. Tiga wujud air yang berbeda
 
10-fakta-menarik-air-unsur-utama-yang-dibutuhkan-kehidupan-climate-kids

Air bisa berubah wujud, menjadi padat (es), cair (air) dan gas (uap air). Perubahan wujud air hanya bisa berlangsung pada suhu yang ekstrem.  Misalnya air yang dimasukkan ke dalam freezer akan menjadi es batu, air yang direbus akan menguap dan es batu yang dibiarkan di ruang terbuka akan mencair dengan sendirinya.
 
Ditulis oleh: Staf climatekids.nasa.gov
 
Sumber: 10 Interesting Things About Water
 
#terimakasihgoogle dan #terimakasihnasa

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Diameter Bumi

Kredit: NASA, Apollo 17, NSSDC   Para kru misi Apollo 17 mengambil citra Bumi pada bulan Desember 1972 saat menempuh perjalanan dari Bumi dan Bulan. Gurun pasir oranye-merah di Afrika dan Arab Saudi terlihat sangat kontras dengan samudera biru tua dan warna putih dari formasi awan dan salju antartika.   Diameter khatulistiwa Bumi adalah  12.756 kilometer . Lantas bagaimana cara para ilmuwan menghitungnya? Kredit: Clementine,  Naval Research Laboratory .   Pada tahun 200 SM, akurasi perhitungan ukuran Bumi hanya berselisih 1% dengan perhitungan modern. Matematikawan, ahli geografi dan astronom Eratosthenes menerapkan gagasan Aristoteles, jika Bumi berbentuk bulat, posisi bintang-bintang di langit malam hari akan terlihat berbeda bagi para pengamat di lintang yang berbeda.   Eratosthenes mengetahui pada hari pertama musim panas, Matahari melintas tepat di atas Syene, Mesir. Saat siang hari pada hari yang sama, Eratosthenes mengukur perpindahan sudut Matahari dari atas kota Al

Apa Itu Kosmologi? Definisi dan Sejarah

Potret dari sebuah simulasi komputer tentang pembentukan struktur berskala masif di alam semesta, memperlihatkan wilayah seluas 100 juta tahun cahaya beserta gerakan koheren yang dihasilkan dari galaksi yang mengarah ke konsentrasi massa tertinggi di bagian pusat. Kredit: ESO Kosmologi adalah salah satu cabang astronomi yang mempelajari asal mula dan evolusi alam semesta, dari sejak Big Bang hingga saat ini dan masa depan. Menurut NASA, definisi kosmologi adalah “studi ilmiah tentang sifat alam semesta secara keseluruhan dalam skala besar.” Para kosmolog menyatukan konsep-konsep eksotis seperti teori string, materi gelap, energi gelap dan apakah alam semesta itu tunggal ( universe ) atau multisemesta ( multiverse ). Sementara aspek astronomi lainnya berurusan secara individu dengan objek dan fenomena kosmik, kosmologi menjangkau seluruh alam semesta dari lahir sampai mati, dengan banyak misteri di setiap tahapannya. Sejarah Kosmologi dan Astronomi Pemahaman manusia

Berapa Lama Satu Tahun di Planet-Planet Lain?

Jawaban Singkat Berikut daftar berapa lama waktu yang dibutuhkan oleh setiap planet di tata surya kita untuk menyelesaikan satu kali orbit mengitari Matahari (dalam satuan hari di Bumi): Merkurius: 88 hari Venus: 225 hari Bumi: 365 hari Mars: 687 hari Jupiter: 4.333 hari Saturnus: 10.759 hari Uranus: 30.687 hari Neptunus: 60.190 hari   Satu tahun di Bumi berlalu sekitar 365 hari 6 jam, durasi waktu yang dibutuhkan oleh Bumi untuk menyelesaikan satu kali orbit mengitari Matahari. Pelajari lebih lanjut tentang hal itu di artikel: Apa Itu Tahun Kabisat? Satu tahun diukur dari seberapa lama waktu yang dibutuhkan oleh sebuah planet untuk mengorbit bintang induk. Kredit: NASA/Terry Virts Semua planet di tata surya kita juga mengorbit Matahari. Durasi waktu satu tahun sangat tergantung dengan tempat mereka mengorbit. Planet yang mengorbit Matahari dari jarak yang lebih dekat daripada Bumi, lama satu tahunnya lebih pendek daripada Bumi. Sebaliknya planet yang