Langsung ke konten utama

10 Fakta Menarik tentang Bumi, Planet Rumah Kita


1. Bumi tidak bulat sempurna
 
10-fakta-menarik-tentang-bumi-planet-rumah-kita-climate-kids

Bulatan Bumi lebih menonjol di sekitar khatulistiwa, sekitar 0,3%. Meskipun tonjolan khatulistiwa tidak terlalu kentara, para ilmuwan menyebut bentuk Bumi bulat pepat. Jadi, saat melihat foto Bumi, kamu sudah mengetahui kalau Bumi tidak bulat sempurna.
 
2. Durasi hari di Bumi semakin lama
 
10-fakta-menarik-tentang-bumi-planet-rumah-kita-climate-kids

Ketika pertama kali terbentuk 4,6 miliar tahun yang lalu, satu hari di Bumi berlalu hanya sekitar enam jam. Sejak itu, rotasi Bumi semakin melambat. Setiap 100 tahun, durasi hari bertambah 0,0017 detik. Apa penyebabnya? Gaya pasang surut gravitasi Bulan adalah penyebab melambatnya rotasi Bumi.
 
3. Benua selalu bergeser
 
10-fakta-menarik-tentang-bumi-planet-rumah-kita-climate-kids

Sekitar 250 juta tahun yang lalu, seluruh benua tergabung dalam satu benua super yang disebut Pangaea. Sejak saat itu, Pangaea perlahan-lahan menyebar dan membentuk ketujuh benua di Bumi saat ini, Amerika Utara, Amerika Selatan, Afrika, Eropa, Asia, Australia dan Antartika. Tapi Pangaea bukanlah benua super pertama. Sekitar 800 juta tahun yang lalu, seluruh benua tergabung dalam satu benua super yang disebut Rodinia.
 
4. Zaman es tidak hanya terjadi sekali
 
10-fakta-menarik-tentang-bumi-planet-rumah-kita-climate-kids

Kamu mungkin pernah mengetahui tentang zaman es di Bumi, mungkin saat menonton petualangan mammoth dkk dalam animasi Ice Age. Zaman es sebenarnya tidak hanya berlangsung satu kali sekitar 30.000 tahun yang lalu. Bumi diperkirakan telah melalui empat zaman es yang berbeda pada masa lalu. Selama zaman es, Bumi sepenuhnya tertutup es.
 
5. Tempat terkering di Bumi justru berada di dekat lautan
 
10-fakta-menarik-tentang-bumi-planet-rumah-kita-climate-kids

Gurun Atacama di Chili utara adalah tempat terkering di Bumi, bahkan diperkirakan hujan tidak turun selama 400 tahun di sana. Namun, gurun Atacama justru berada tepat di sebelah perairan terbesar di Bumi, Samudra Pasifik. Tahukah kamu apa yang dikatakan oleh penduduk lokal tentang lautan? Air ada di mana-mana, tapi tak setetes airpun yang bisa diminum.
 
6. Kekuatan gaya gravitasi tidak sama di seluruh Bumi
 
10-fakta-menarik-tentang-bumi-planet-rumah-kita-climate-kids

Jika topografi Bumi benar-benar rata tanpa gunung, samudra, lembah dan fitur-fitur lainnya, maka kekuatan gaya gravitasi akan sama di seluruh Bumi. Perbedaan kekuatan gaya gravitasi di seluruh Bumi ini disebut anomali gravitasi. Proyek penelitian GRACE (Gravity Recovery and Climate Experiment), memanfaatkan satelit yang mengorbit di atas Bumi untuk memetakan gaya gravitasi di seluruh permukaan planet.
 
7. Ketinggian permukaan air laut telah berubah pada masa lalu
 
10-fakta-menarik-tentang-bumi-planet-rumah-kita-climate-kids

Selama zaman es terakhir, begitu banyak air yang terperangkap di gletser es sehingga permukaan air laut turun hingga 120 meter, setara dengan gedung 40 lantai! Jauh sebelum masa itu, permukaan air laut sebenarnya jauh lebih tinggi daripada sekarang, sekitar 70 meter. Beberapa daratan saat ini dulu pernah berada jauh di bawah air laut.
 
8. Matahari tidak akan bersinar untuk selamanya
 
10-fakta-menarik-tentang-bumi-planet-rumah-kita-climate-kids

Meskipun Matahari tetap stabil untuk waktu yang sangat lama, tetapi tidak ada satu pun objek di alam semesta yang abadi. Matahari kita akan kehabisan energi dalam waktu sekitar lima miliar tahun lagi. Jika masih ada umat manusia yang bertahan di Bumi saat hal itu terjadi, mereka terpaksa harus meninggalkan Bumi untuk mencari planet baru. Untungnya, kita memiliki waktu hingga lima miliar tahun untuk merencanakannya.
 
9. Bumi memiliki “bulan-bulan” lainnya
 
10-fakta-menarik-tentang-bumi-planet-rumah-kita-climate-kids

Selain Bulan, ada dua objek di luar angkasa yang mengorbit cukup dekat dari Bumi. Mereka sebenarnya bukan “bulan”. Salah satunya adalah asteroid Cruithne yang mengekor planet kita saat mengorbit mengitari Matahari. Sedangkan satu asteroid lain yang diberi kode 2002 AA29, mengorbit Matahari di dekat Bumi dengan lintasan berbentuk tapal kuda. Asteroid 2002 AA29 mendekati Bumi setiap 95 tahun.
 
10. Cuaca tenang sebelum badai
 
10-fakta-menarik-tentang-bumi-planet-rumah-kita-climate-kids

Terkadang cuaca begitu tenang sebelum badai besar melanda. Saat tumbuh membesar, badai menarik udara yang hangat dan basah di sekitarnya. Udara yang mencapai puncak awan badai, menggelinding di atas awan badai raksasa dan jatuh ke bawah. Saat jatuh, udara menjadi lebih hangat dan lebih kering, membuat cuaca tenang dan stabil, tepat sebelum badai melanda.
 
Ditulis oleh: Staf climatekids.nasa.gov
 
Sumber: 10 Interesting Things About Earth
 
#terimakasihgoogle dan #terimakasihnasa

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Diameter Bumi

Kredit: NASA, Apollo 17, NSSDC   Para kru misi Apollo 17 mengambil citra Bumi pada bulan Desember 1972 saat menempuh perjalanan dari Bumi dan Bulan. Gurun pasir oranye-merah di Afrika dan Arab Saudi terlihat sangat kontras dengan samudera biru tua dan warna putih dari formasi awan dan salju antartika.   Diameter khatulistiwa Bumi adalah  12.756 kilometer . Lantas bagaimana cara para ilmuwan menghitungnya? Kredit: Clementine,  Naval Research Laboratory .   Pada tahun 200 SM, akurasi perhitungan ukuran Bumi hanya berselisih 1% dengan perhitungan modern. Matematikawan, ahli geografi dan astronom Eratosthenes menerapkan gagasan Aristoteles, jika Bumi berbentuk bulat, posisi bintang-bintang di langit malam hari akan terlihat berbeda bagi para pengamat di lintang yang berbeda.   Eratosthenes mengetahui pada hari pertama musim panas, Matahari melintas tepat di atas Syene, Mesir. Saat siang hari pada hari yang sama, Eratosthenes mengukur perpindahan sudut Matahari dari atas kota Al

Apa Itu Kosmologi? Definisi dan Sejarah

Potret dari sebuah simulasi komputer tentang pembentukan struktur berskala masif di alam semesta, memperlihatkan wilayah seluas 100 juta tahun cahaya beserta gerakan koheren yang dihasilkan dari galaksi yang mengarah ke konsentrasi massa tertinggi di bagian pusat. Kredit: ESO Kosmologi adalah salah satu cabang astronomi yang mempelajari asal mula dan evolusi alam semesta, dari sejak Big Bang hingga saat ini dan masa depan. Menurut NASA, definisi kosmologi adalah “studi ilmiah tentang sifat alam semesta secara keseluruhan dalam skala besar.” Para kosmolog menyatukan konsep-konsep eksotis seperti teori string, materi gelap, energi gelap dan apakah alam semesta itu tunggal ( universe ) atau multisemesta ( multiverse ). Sementara aspek astronomi lainnya berurusan secara individu dengan objek dan fenomena kosmik, kosmologi menjangkau seluruh alam semesta dari lahir sampai mati, dengan banyak misteri di setiap tahapannya. Sejarah Kosmologi dan Astronomi Pemahaman manusia

Berapa Lama Satu Tahun di Planet-Planet Lain?

Jawaban Singkat Berikut daftar berapa lama waktu yang dibutuhkan oleh setiap planet di tata surya kita untuk menyelesaikan satu kali orbit mengitari Matahari (dalam satuan hari di Bumi): Merkurius: 88 hari Venus: 225 hari Bumi: 365 hari Mars: 687 hari Jupiter: 4.333 hari Saturnus: 10.759 hari Uranus: 30.687 hari Neptunus: 60.190 hari   Satu tahun di Bumi berlalu sekitar 365 hari 6 jam, durasi waktu yang dibutuhkan oleh Bumi untuk menyelesaikan satu kali orbit mengitari Matahari. Pelajari lebih lanjut tentang hal itu di artikel: Apa Itu Tahun Kabisat? Satu tahun diukur dari seberapa lama waktu yang dibutuhkan oleh sebuah planet untuk mengorbit bintang induk. Kredit: NASA/Terry Virts Semua planet di tata surya kita juga mengorbit Matahari. Durasi waktu satu tahun sangat tergantung dengan tempat mereka mengorbit. Planet yang mengorbit Matahari dari jarak yang lebih dekat daripada Bumi, lama satu tahunnya lebih pendek daripada Bumi. Sebaliknya planet yang