Langsung ke konten utama

10 Fakta Menarik tentang Energi yang Menopang Aktivitas Kita


1. Selalu matikan lampu saat keluar ruangan, kecuali...
 
10-fakta-menarik-tentang-energi-yang-menopang-aktivitas-kita-climate-kids

Kita harus selalu mematikan lampu saat meninggalkan ruangan untuk menghemat energi. Tetapi jika menggunakan lampu khusus yang disebut CFL, kita tidak harus selalu mematikannya. Menyalakan dan mematikan lampu CFL terlalu sering justru akan mempersingkat masa operasionalnya. Lampu CFL sebaiknya dimatikan jika kita meninggalkan ruangan selama 15 menit atau lebih. Jika kurang dari 15 menit, kita dapat membiarkannya tetap menyala.
 
2. Batubara adalah sumber energi utama pembangkit listrik, meskipun tidak di semua tempat
 
10-fakta-menarik-tentang-energi-yang-menopang-aktivitas-kita-climate-kids

Di Amerika Serikat, sekitar 39% energi listrik dihasilkan dari batu bara. Pembangkit listrik memanfaatkan panas dari batu bara yang dibakar untuk merebus air. Uap air kemudian menggerakkan turbin dan menghasilkan listrik. Di West Virginia, lebih dari 90% energi listrik dihasilkan dari batu bara. Tetapi di California, hanya 1% energi listrik yang dihasilkan dari salah satu bahan bakar fosil ini.
 
3. Menghemat energi dengan daylight saving time
 
10-fakta-menarik-tentang-energi-yang-menopang-aktivitas-kita-climate-kids

Di negara empat musim, siang hari akan terasa lebih lama daripada malam hari saat musim panas. Para penduduk di Amerika Serikat menerapkan Daylight saving time (DST) sebagai salah satu cara untuk mengemat penggunaan energi. DST dilakukan dengan cara memajukan waktu satu jam lebih cepat setiap musim semi. Pada tahun 2008, ada empat minggu ekstra DST. Para ilmuwan memperkirakan energi listrik yang dihemat dengan cara DST mencapai 1,3 miliar kilowatt-jam, setara dengan energi listrik yang digunakan oleh 100.000 rumah dalam setahun.
.
4. Setiap negara bagian di AS menggunakan tenaga air untuk pembangkit listrik
 
10-fakta-menarik-tentang-energi-yang-menopang-aktivitas-kita-climate-kids

Arus sungai dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan listrik. Peradaban Yunani kuno bahkan telah membuat kincir air untuk menggiling biji-bijian ribuan tahun yang lalu. Saat ini, setiap negara bagian di AS telah menggunakan tenaga air sebagai pembangkit listrik. Di Negara Bagian Washington, 70% listrik berasal dari tenaga air. Pembangkit listrik tenaga air (PLTA) terletak di dalam bendungan, seperti bendungan Hoover. Sementara di beberapa tempat lainnya, PLTA hanya menggunakan arus sungai untuk menghasilkan listrik.
 
5. Amerika Serikat memimpin di bidang penggunaan tenaga angin
 
10-fakta-menarik-tentang-energi-yang-menopang-aktivitas-kita-climate-kids

Angin telah menjadi sumber energi yang dapat diperbaharui sejak penemuan kincir angin ribuan tahun yang lalu. Tenaga angin saat ini dibuat dari turbin angin berukuran besar yang tingginya mencapai sekitar 91 meter. Bersama dengan China, Jerman, Spanyol, dan negara-negara lainnya, Amerika Serikat telah memanfaatkan angin sebagai pembangkit listrik.
 
6. Satelit bertenaga surya pertama masih terus beroperasi
 
10-fakta-menarik-tentang-energi-yang-menopang-aktivitas-kita-climate-kids

Hanya dalam satu hari, Matahari menyediakan energi yang setara dengan 10.000 kali total penggunaan energi di seluruh dunia. Industri antariksa telah menggunakan tenaga surya sejak tahun 1960-an untuk menggerakkan satelit dan pesawat antariksa. Vanguard 1 adalah satelit pertama yang menggunakan tenaga surya, satelit tertua yang mengorbit Bumi dan masih terus beroperasi hingga sekarang.
 
7. Sampah dapat menjadi sumber energi
 
10-fakta-menarik-tentang-energi-yang-menopang-aktivitas-kita-climate-kids

Tidak semua sampah yang kita buang ke toilet dan masukkan ke tempat sampah, tidak bermanfaat sama sekali. Saat terurai, limbah dari sampah melepakan gas alam metana yang bisa digunakan untuk menghasilkan listrik. Mengolah limbah sampah sebagai sumber energi adalah upaya yang begitu menguntungkan. Sebagai salah satu gas rumah kaca, peningkatan jumlah metana dapat memicu pemanasan global. Jadi selain mencegahnya memasuki atmosfer, memanfaatkan metana dari limbah sampah sebagai penghasil listrik juga bagus bagi lingkungan.
 
8. Kendaraan listrik memang bagus, tapi belum ramah lingkungan
 
10-fakta-menarik-tentang-energi-yang-menopang-aktivitas-kita-climate-kids

Tidak seperti mobil berbahan bakar bensin atau solar, mobil listrik tidak menghasilkan polusi asap. Tetapi pengisian daya listrik untuk menggerakkan mobil justru berasal dari sumber daya yang tidak dapat diperbaharui, dianggap kurang ramah lingkungan. Mobil listrik memang tidak menghasilkan polusi, tetapi pembangkit listrik untuk mengisi daya tersebut yang tidak ramah lingkungan.
 
9. Kita membutuhkan baterai yang lebih baik
 
10-fakta-menarik-tentang-energi-yang-menopang-aktivitas-kita-climate-kids

Baterai memberikan daya pada perangkat elektronik portabel seperti senter, ponsel dan mobil listrik. Baterai tidak bisa menyimpan banyak energi. Baterai primer (sekali pakai) hanya digunakan satu kali kemudian dibuang, sedangkan baterai sekunder (dapat diisi ulang) dapat diisi ulang setelah kehabisan daya. Para peneliti terus bekerja untuk membuat baterai yang lebih tahan lama dan menyimpan banyak energi.
 
10. Energi diukur dalam satuan BTU
 
10-fakta-menarik-tentang-energi-yang-menopang-aktivitas-kita-climate-kids

Sebagaimana kita menggunakan satuan meter untuk menentukan panjang, satuan untuk energi adalah BTU (British Thermal Unit). BTU digunakan sebagai satuan energi di Amerika Serikat dan Inggris Raya, sedangkan satuan energi Standar Internasional adalah Joule (J). Adapun 1 BTU didefinisikan sebagai jumlah panas yang dibutuhkan untuk meningkatkan suhu sekitar 454 gram air sebesar 1 derajat Fahrenheit. Kompor rumah tangga menghasilkan energi sekitar 1 BTU.
 
Ditulis oleh: Staf climatekids.nasa.gov
 
Sumber: 10 Interesting Things About Energy
 
#terimakasihgoogle dan #terimakasihnasa

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Diameter Bumi

Kredit: NASA, Apollo 17, NSSDC   Para kru misi Apollo 17 mengambil citra Bumi pada bulan Desember 1972 saat menempuh perjalanan dari Bumi dan Bulan. Gurun pasir oranye-merah di Afrika dan Arab Saudi terlihat sangat kontras dengan samudera biru tua dan warna putih dari formasi awan dan salju antartika.   Diameter khatulistiwa Bumi adalah  12.756 kilometer . Lantas bagaimana cara para ilmuwan menghitungnya? Kredit: Clementine,  Naval Research Laboratory .   Pada tahun 200 SM, akurasi perhitungan ukuran Bumi hanya berselisih 1% dengan perhitungan modern. Matematikawan, ahli geografi dan astronom Eratosthenes menerapkan gagasan Aristoteles, jika Bumi berbentuk bulat, posisi bintang-bintang di langit malam hari akan terlihat berbeda bagi para pengamat di lintang yang berbeda.   Eratosthenes mengetahui pada hari pertama musim panas, Matahari melintas tepat di atas Syene, Mesir. Saat siang hari pada hari yang sama, Eratosthenes mengukur perpindahan sudut Matahari dari atas kota Al

Apa Itu Kosmologi? Definisi dan Sejarah

Potret dari sebuah simulasi komputer tentang pembentukan struktur berskala masif di alam semesta, memperlihatkan wilayah seluas 100 juta tahun cahaya beserta gerakan koheren yang dihasilkan dari galaksi yang mengarah ke konsentrasi massa tertinggi di bagian pusat. Kredit: ESO Kosmologi adalah salah satu cabang astronomi yang mempelajari asal mula dan evolusi alam semesta, dari sejak Big Bang hingga saat ini dan masa depan. Menurut NASA, definisi kosmologi adalah “studi ilmiah tentang sifat alam semesta secara keseluruhan dalam skala besar.” Para kosmolog menyatukan konsep-konsep eksotis seperti teori string, materi gelap, energi gelap dan apakah alam semesta itu tunggal ( universe ) atau multisemesta ( multiverse ). Sementara aspek astronomi lainnya berurusan secara individu dengan objek dan fenomena kosmik, kosmologi menjangkau seluruh alam semesta dari lahir sampai mati, dengan banyak misteri di setiap tahapannya. Sejarah Kosmologi dan Astronomi Pemahaman manusia

Berapa Lama Satu Tahun di Planet-Planet Lain?

Jawaban Singkat Berikut daftar berapa lama waktu yang dibutuhkan oleh setiap planet di tata surya kita untuk menyelesaikan satu kali orbit mengitari Matahari (dalam satuan hari di Bumi): Merkurius: 88 hari Venus: 225 hari Bumi: 365 hari Mars: 687 hari Jupiter: 4.333 hari Saturnus: 10.759 hari Uranus: 30.687 hari Neptunus: 60.190 hari   Satu tahun di Bumi berlalu sekitar 365 hari 6 jam, durasi waktu yang dibutuhkan oleh Bumi untuk menyelesaikan satu kali orbit mengitari Matahari. Pelajari lebih lanjut tentang hal itu di artikel: Apa Itu Tahun Kabisat? Satu tahun diukur dari seberapa lama waktu yang dibutuhkan oleh sebuah planet untuk mengorbit bintang induk. Kredit: NASA/Terry Virts Semua planet di tata surya kita juga mengorbit Matahari. Durasi waktu satu tahun sangat tergantung dengan tempat mereka mengorbit. Planet yang mengorbit Matahari dari jarak yang lebih dekat daripada Bumi, lama satu tahunnya lebih pendek daripada Bumi. Sebaliknya planet yang