Langsung ke konten utama

Musim Dingin Ekstrem! Apakah Berarti Pemanasan Global Sudah Berakhir?

Apakah musim dingin yang ekstrem adalah pertanda pemanasan global sudah berakhir?
 
Tidak. Para ilmuwan justru mengatakan bahwa cuaca musim dingin akan berlangsung lebih parah dari tahun ke tahun. Cuaca ekstrem musim dingin bahkan menjadi trend pemanasan global jangka panjang untuk planet kita.
 
Pada tahun 2010, suhu saat musim dingin cenderung lebih dingin di banyak negara bagian Amerika Serikat. Dan tidak diragukan lagi, musim dingin pada tahun-tahun berikutnya, akan berlangsung lebih ekstrem.

musim-dingin-ekstrem-apakah-berarti-pemanasan-global-sudah-berakhir-informasi-astronomi
Citra satelit yang menunjukkan hujan salju lebat di pantai Atlantik pada musim dingin tahun 2010. Garis-garis hitam adalah negara-negara bagian Amerika Serikat, Pennsylvania, Delaware, Maryland, Virginia, Virginia Barat, Connecticut dan Rhode Island.
Kredit: NASA, MODIS Rapid Response Team.
 
Jadi, apakah pemanasan global telah melambat saat musim dingin ekstrem?
 
Para ilmuwan berharap seperti itu? Tapi fakta menunjukkan kebalikannya. Banyak kondisi yang mempengaruhi cuaca. Kebetulan selama musim dingin tahun 2010, salah satu dari kondisi yang mempengaruhi cuaca memang dianggap agak tidak biasa, yaitu “Osilasi Arktik”.

musim-dingin-ekstrem-apakah-berarti-pemanasan-global-sudah-berakhir-informasi-astronomi
Tekanan udara pada fase positif (kiri) lebih tinggi di garis lintang tengah daripada di Kutub Utara, memicu musim dingin yang lebih dingin di wilayah Amerika Serikat. Sedangkan tekanan udara pada fase negatif (kanan) lebih tinggi di atas Arktik, mendorong udara basah yang sangat dingin ke wilayah Amerika Serikat.
 
Tekanan udara menyebabkan perpindahan udara dari satu tempat ke tempat lainnya di seluruh dunia. Di beberapa tempat, udaranya lebih tebal atau lebih padat, dibandingkan di tempat lain. Para ilmuwan menyebutnya tekanan udara yang lebih tinggi. Udara bergerak dari daerah bertekanan lebih tinggi ke daerah bertekanan lebih rendah, dan disebut angin.

musim-dingin-ekstrem-apakah-berarti-pemanasan-global-sudah-berakhir-informasi-astronomi
Udara di atmosfer bergerak dari daerah bertekanan tinggi ke daerah bertekanan lebih rendah. Pergerakan udara ini disebut angin.
 
Osilasi Arktik adalah pergerakan bolak-balik udara dari wilayah Kutub Utara ke selatan, misalnya ke wilayah Amerika Serikat. Kadang-kadang tekanan udara di wilayah selatan lebih tinggi, sehingga udara hangat didorong ke utara dan menahan udara dingin Arktik di Kutub Utara. Fenomena ini disebut fase positif Osilasi Arktik. Pada lain waktu, tekanan udara di Kutub Utara lebih tinggi, sehingga udara dingin bergerak ke wilayah selatan. Fenomena ini disebut fase negatif Osilasi Arktik. Sebenarnya lebih rumit, tetapi pada dasarnya seperti itulah Osilasi Arktik  berlangsung.
 
Pada tahun 2010, Osilasi Arktik berada dalam fase negatif yang ekstrem, berarti udara bertekanan tinggi di atas Arktik mendorong udara dingin dan basah ke selatan, menyebabkan sebagian besar wilayah di Amerika Serikat, Eropa dan Asia mengalami musim dingin yang sangat dingin, basah dan bersalju. Ya, wilayah Arktik yang begitu jauh bisa memengaruhi cuaca lokal di banyak wilayah.
 
Para ilmuwan memprediksi cuaca musim dingin parah pada tahun 2010 akan kembali terjadi, meskipun gas rumah kaca produk dari aktivitas penggunaan bahan bakar oleh manusia telah menciptakan tren pemanasan global jangka panjang.
 
Jika tren terus berlanjut, tentunya Bumi akan lebih hangat pada masa yang datang, tetapi diselingi cuaca dingin yang lebih ekstrem. Ya, perubahan iklim menguji ketangguhan kita sebagai umat manusia, karena akan menyebabkan cuaca panas dan dingin yang lebih ekstrem.

musim-dingin-ekstrem-apakah-berarti-pemanasan-global-sudah-berakhir-informasi-astronomi
Seekor anak anjing yang bermain di tengah salju.
 
Tambahan Informasi
 
Reporter cuaca TV mengumpulkan segala informasi terkait cuaca untuk memprediksi cuaca yang berlangsung hanya dalam waktu beberapa hari.
 
Cuaca hanya bersifat lokal dan sementara.
 
Kita tidak bisa mengontrol cuaca dengan menaikkan atau menurunkan termostat, untuk membuat suhu menjadi lebih panas atau dingin. Hal terbaik yang bisa kita lakukan hanyalah mencoba memprediksi cuaca. Para ilmuwan yang mempelajari cuaca disebut meteorologis, dan mereka berupaya untuk memprediksi cuaca yang terjadi di suatu wilayah dalam waktu relatif singkat.

musim-dingin-ekstrem-apakah-berarti-pemanasan-global-sudah-berakhir-informasi-astronomi
 
Apakah awan hitam besar yang melayang di langit akan segera menurunkan hujan, atau bergeser ke tempat lain? Apakah badai di lepas pantai akan berubah menjadi badai dahsyat siklon tropis? Jika membentuk angin tornado, seperti apa wujudnya? Lantas, di mana dan kapan angin tornado mencapai permukaan dan seperti apa potensi ancamannya?
 
Cuaca terjadi pada suatu waktu dan tempat tertentu. Hujan, salju, kemarau, angin, angin topan, tornado adalah fenomena cuaca.
 
Ditulis oleh: Staf climatekids.nasa.gov
 
Sumber: It's Cold! Is Global Warming Over?
 
#terimakasihgoogle dan #terimakasihnasa

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Diameter Bumi

Kredit: NASA, Apollo 17, NSSDC   Para kru misi Apollo 17 mengambil citra Bumi pada bulan Desember 1972 saat menempuh perjalanan dari Bumi dan Bulan. Gurun pasir oranye-merah di Afrika dan Arab Saudi terlihat sangat kontras dengan samudera biru tua dan warna putih dari formasi awan dan salju antartika.   Diameter khatulistiwa Bumi adalah  12.756 kilometer . Lantas bagaimana cara para ilmuwan menghitungnya? Kredit: Clementine,  Naval Research Laboratory .   Pada tahun 200 SM, akurasi perhitungan ukuran Bumi hanya berselisih 1% dengan perhitungan modern. Matematikawan, ahli geografi dan astronom Eratosthenes menerapkan gagasan Aristoteles, jika Bumi berbentuk bulat, posisi bintang-bintang di langit malam hari akan terlihat berbeda bagi para pengamat di lintang yang berbeda.   Eratosthenes mengetahui pada hari pertama musim panas, Matahari melintas tepat di atas Syene, Mesir. Saat siang hari pada hari yang sama, Eratosthenes mengukur perpindahan sudut Matahari dari atas kota Al

Apa Itu Kosmologi? Definisi dan Sejarah

Potret dari sebuah simulasi komputer tentang pembentukan struktur berskala masif di alam semesta, memperlihatkan wilayah seluas 100 juta tahun cahaya beserta gerakan koheren yang dihasilkan dari galaksi yang mengarah ke konsentrasi massa tertinggi di bagian pusat. Kredit: ESO Kosmologi adalah salah satu cabang astronomi yang mempelajari asal mula dan evolusi alam semesta, dari sejak Big Bang hingga saat ini dan masa depan. Menurut NASA, definisi kosmologi adalah “studi ilmiah tentang sifat alam semesta secara keseluruhan dalam skala besar.” Para kosmolog menyatukan konsep-konsep eksotis seperti teori string, materi gelap, energi gelap dan apakah alam semesta itu tunggal ( universe ) atau multisemesta ( multiverse ). Sementara aspek astronomi lainnya berurusan secara individu dengan objek dan fenomena kosmik, kosmologi menjangkau seluruh alam semesta dari lahir sampai mati, dengan banyak misteri di setiap tahapannya. Sejarah Kosmologi dan Astronomi Pemahaman manusia

Berapa Lama Satu Tahun di Planet-Planet Lain?

Jawaban Singkat Berikut daftar berapa lama waktu yang dibutuhkan oleh setiap planet di tata surya kita untuk menyelesaikan satu kali orbit mengitari Matahari (dalam satuan hari di Bumi): Merkurius: 88 hari Venus: 225 hari Bumi: 365 hari Mars: 687 hari Jupiter: 4.333 hari Saturnus: 10.759 hari Uranus: 30.687 hari Neptunus: 60.190 hari   Satu tahun di Bumi berlalu sekitar 365 hari 6 jam, durasi waktu yang dibutuhkan oleh Bumi untuk menyelesaikan satu kali orbit mengitari Matahari. Pelajari lebih lanjut tentang hal itu di artikel: Apa Itu Tahun Kabisat? Satu tahun diukur dari seberapa lama waktu yang dibutuhkan oleh sebuah planet untuk mengorbit bintang induk. Kredit: NASA/Terry Virts Semua planet di tata surya kita juga mengorbit Matahari. Durasi waktu satu tahun sangat tergantung dengan tempat mereka mengorbit. Planet yang mengorbit Matahari dari jarak yang lebih dekat daripada Bumi, lama satu tahunnya lebih pendek daripada Bumi. Sebaliknya planet yang