Langsung ke konten utama

Mengapa Lebih Mudah Menemukan Eksoplanet daripada Planet Ke-9?

planet-kesembilan-dan-planet-kesepuluh-astronomi

Kami memiliki cukup banyak pertanyan selama beberapa hari terakhir: Mengapa kita dapat menemukan eksoplanet yang terletak bertahun-tahun cahaya jauhnya, tapi tidak dapat menemukan planet kesembilan atau planet kesepuluh di tata surya kita sendiri?

Ada jawaban bagus untuk itu. Dan kami akan menjelaskannya!

Planet di luar tata surya, atau eksoplanet, relatif mudah ditemukan karena kita dapat melihat efek orbitnya terhadap bintang induk. Para astronomi memiliki sejumlah metode untuk menemukan eksoplanet dan hampir semuanya terkait dengan metode berikut.

Yang paling terkenal dan mungkin pernah Anda dengar adalah metode transit. Dari Bumi, kita dapat mengamati penurunan skala kecerahan bintang induk saat sebuah planet melintas di depan bintang induk.

Dengan mengukur tiga faktor dari penurunan skala kecerahan bintang, para astronom dapat memperkirakan massa dan orbit planet. Bagaimanapun juga, dari sudut pandang kita di Bumi, tidak semua planet melakukan transit pada bintang induk. Jadi kita tidak bisa menerapkannya untuk semua bintang.

planet-kesembilan-dan-planet-kesepuluh-astronomi
Metode transit yang diterapkan untuk menemukan eksoplanet. NASA

Metode lain disebut radial velocity (metode kecepatan radial), yaitu metode tidak langsung untuk menemukan eksoplanet dan bintang induk melalui pengamatan pergeseran Doppler pada spektrum bintang induk. Metode ini dilakukan dengan cara mencatat tarikan gravitasi lemah yang diberikan planet kepada bintang induk. Untuk planet yang lebih kecil dengan orbit yang lebar, sangat sulit dilakukan, namun untuk planet yang lebih besar dalam orbit yang lebih rapat, seperti Jupiter yang panas, metode ini bisa diterapkan.

Lalu ada metode pelensaan mikro gravitasi, dengan memanfaatkan gaya gravitasi bintang yang berada lebih dekat sebagai lensa untuk mengamati bintang latar belakang yang lebih jauh. Jika ada planet yang mengorbit, maka para astronom dapat menemukan distorsi kecil pada cahaya bintang jauh. Pelensaan mikro merupakan satu-satunya metode untuk menemukan planet pengembara yang berkeliaran tanpa bintang untuk diorbit, dengan memperhatikan efek gravitasi planet saat melintas di depan bintang lain.

Tapi, menemukan planet di tata surya kita sendiri akan sedikit lebih rumit. Kita tidak bisa menerapkan metode di atas untuk menemukan planet kesembilan atau planet kesepuluh, kecuali menggunakan pelensaan mikro gravitasi, karena orbit mereka mengitari Matahari tidak bisa kita amati. Namun, kita tetap bisa menebak di mana mereka berada.

Eksistensi planet kesembilan dan planet kesepuluh diperkirakan oleh pergerakan benda-benda di Sabuk Kuiper, wilayah tata surya di luar orbit Neptunus sekitar 30 AU. 1 AU adalah jarak Bumi-Matahari. Objek Sabuk Kuiper (KBO) disebut objek trans-Neptunus yang terdiri dari kumpulan asteroid dan planet-planet kecil. Salah satu KBO yang paling terkenal adalah planet katai Pluto. Charon, salah satu bulan Pluto, juga termasuk KBO. Para astronom menemukan fakta bahwa orbit KBO agak melengkung, atau menonjol dari bidang tata surya, mengindikasikan ada gaya gravitasi tak terlihat yang memengaruhi mereka.

Planet kesepuluh diperkirakan terletak di luar orbit Neptunus, sekitar 60 AU dan memiliki rentang massa antara Bumi dan Mars, berdasarkan distrosi orbit KBO di wilayah tersebut. Sementara planet kesembilan terletak lebih jauh lagi, antara 500 dan 700 AU dan setengah massa Neptunus.

(Catatan, planet kesepuluh dan planet kesembilan adalah nama-nama informal dan tidak mungkin diberi nomor jika belum dikonfirmasi. Karena teori planet kesembilan mendahului teori planet kesepuluh, maka pengaturan susunan lokasi di tata surya terbalik.

Meskipun efek yang diberikan planet-planet ini bisa diamati, menemukan mereka adalah hal yang berbeda. Kita tidak bisa menggunakan metode transit karena mereka tidak mungkin melintasi Matahari dari sudut pandang kita, dan bintang lain juga terlalu jauh. Kita juga tidak bisa menggunakan metode kecepatan radial, karena efeknya tidak terlalu berpengaruh terhadap Matahari.

Jadi, taruhan terbaik kita adalah metode pelensaan mikro, berharap mereka melintas di depan bintang jauh dan mendistorsi cahaya. Atau yang lebih menjanjikan adalah pencitraan langsung. Seperti namanya, metode terakhir ini melihat cahaya yang dipantulkan planet untuk memperoleh gambar yang sebenarnya. Para astronom telah menemukan beberapa eksoplanet melalui metode ini.


planet-kesembilan-dan-planet-kesepuluh-astronomi
Teori orbit planet kesembilan

Menemukan mereka tentunya membutuhkan waktu. Pada dasarnya, kita harus melihat ke seluruh langit. Saat ini, para astronom terus memantau langit untuk menemukan pantulan cahaya dari planet-planet misterius ini. Bahkan ada proyek ilmiah bagi masyarakat untuk menemukan planet kesembilan yang juga bisa Anda ikuti.

Jika planet kesembilan dan kesepuluh memang ada di luar sana, kemungkinan besar kita akan menemukan mereka. Diperkirakan ada lebih banyak lagi benda-benda langit seukuran planet katai yang bersembunyi di wilayah terluar tata surya. Menemukan mereka juga akan sama rumitnya.

Mencari eksoplanet justru lebih mudah. Layaknya melihat seseorang dalam siluet jendela yang lebih mudah dilakukan daripada melihat seseorang yang berada sangat dekat di bawah kondisi gelap gulita. Dengan demikian, lebih mudah menemukan ribuan eksoplanet daripada menemukan objek-objek yang relatif kecil di wilayah terluar tata surya.

Ditulis oleh: Jonathan O’Callaghan, iflscience.com


#terimakasihgoogle

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Diameter Bumi

Kredit: NASA, Apollo 17, NSSDC   Para kru misi Apollo 17 mengambil citra Bumi pada bulan Desember 1972 saat menempuh perjalanan dari Bumi dan Bulan. Gurun pasir oranye-merah di Afrika dan Arab Saudi terlihat sangat kontras dengan samudera biru tua dan warna putih dari formasi awan dan salju antartika.   Diameter khatulistiwa Bumi adalah  12.756 kilometer . Lantas bagaimana cara para ilmuwan menghitungnya? Kredit: Clementine,  Naval Research Laboratory .   Pada tahun 200 SM, akurasi perhitungan ukuran Bumi hanya berselisih 1% dengan perhitungan modern. Matematikawan, ahli geografi dan astronom Eratosthenes menerapkan gagasan Aristoteles, jika Bumi berbentuk bulat, posisi bintang-bintang di langit malam hari akan terlihat berbeda bagi para pengamat di lintang yang berbeda.   Eratosthenes mengetahui pada hari pertama musim panas, Matahari melintas tepat di atas Syene, Mesir. Saat siang hari pada hari yang sama, Eratosthenes mengukur perpindahan sudut Matahari dari atas kota Al

Apa Itu Kosmologi? Definisi dan Sejarah

Potret dari sebuah simulasi komputer tentang pembentukan struktur berskala masif di alam semesta, memperlihatkan wilayah seluas 100 juta tahun cahaya beserta gerakan koheren yang dihasilkan dari galaksi yang mengarah ke konsentrasi massa tertinggi di bagian pusat. Kredit: ESO Kosmologi adalah salah satu cabang astronomi yang mempelajari asal mula dan evolusi alam semesta, dari sejak Big Bang hingga saat ini dan masa depan. Menurut NASA, definisi kosmologi adalah “studi ilmiah tentang sifat alam semesta secara keseluruhan dalam skala besar.” Para kosmolog menyatukan konsep-konsep eksotis seperti teori string, materi gelap, energi gelap dan apakah alam semesta itu tunggal ( universe ) atau multisemesta ( multiverse ). Sementara aspek astronomi lainnya berurusan secara individu dengan objek dan fenomena kosmik, kosmologi menjangkau seluruh alam semesta dari lahir sampai mati, dengan banyak misteri di setiap tahapannya. Sejarah Kosmologi dan Astronomi Pemahaman manusia

Berapa Lama Satu Tahun di Planet-Planet Lain?

Jawaban Singkat Berikut daftar berapa lama waktu yang dibutuhkan oleh setiap planet di tata surya kita untuk menyelesaikan satu kali orbit mengitari Matahari (dalam satuan hari di Bumi): Merkurius: 88 hari Venus: 225 hari Bumi: 365 hari Mars: 687 hari Jupiter: 4.333 hari Saturnus: 10.759 hari Uranus: 30.687 hari Neptunus: 60.190 hari   Satu tahun di Bumi berlalu sekitar 365 hari 6 jam, durasi waktu yang dibutuhkan oleh Bumi untuk menyelesaikan satu kali orbit mengitari Matahari. Pelajari lebih lanjut tentang hal itu di artikel: Apa Itu Tahun Kabisat? Satu tahun diukur dari seberapa lama waktu yang dibutuhkan oleh sebuah planet untuk mengorbit bintang induk. Kredit: NASA/Terry Virts Semua planet di tata surya kita juga mengorbit Matahari. Durasi waktu satu tahun sangat tergantung dengan tempat mereka mengorbit. Planet yang mengorbit Matahari dari jarak yang lebih dekat daripada Bumi, lama satu tahunnya lebih pendek daripada Bumi. Sebaliknya planet yang