Langsung ke konten utama

Pesan Terbaik untuk Dikirim kepada Peradaban Ekstraterestrial

pesan-terbaik-kepada-alien-di-luar-angkasa-astronomi
SETI (Search for Extraterrestrial Intelligence).

Selamat! Anda baru saja mendeteksi sinyal yang berasal dari peradaban ekstraterestrial! Mereka sangat senang bertemu denganmu dan ingin segera menjalin hubungan dengan Bumi.

Anda telah memeriksa sinyal dengan sangat teliti sebelum membagikannya kepada komunitas ilmuwan, sesuai protokol yang ditetapkan oleh International Academy of Astronautics (IAA ). Dan kini tinggal memikirkan bagaimana meresponsnya.

Secara teknis, Anda perlu "[mencari] bimbingan dan persetujuan dari badan internasional yang mewakili publik secara luas, seperti Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB)" sebelum merespon sinyal tersebut, menurut IAA. Dengan cara ini, mungkin Anda dapat mewakili seluruh keinginan umat manusia dengan adil dalam pesan Anda. Sayangnya, protokol ini hampir pasti memadamkan api gairah Anda, untuk mengirim salam yang penuh warna menjadi sesuatu yang agak hambar dan terdengar resmi, dan mungkin akan memakan waktu lama, karena Anda tahu betapa birokratisnya PBB dalam memenuhi protokol. Tapi, peraturan adalah peraturan, jadi Anda sebaiknya mematuhinya.

Kecuali Anda tergoda oleh pernyataan berikut: "Tidak ada cara untuk memaksakan [peraturan]," kata Seth Shostak, seorang astronom senior dari Institut SETI (Search for Extraterrestrial Intelligence) di Mountain View, California.

"Siapapun bisa menyiarkan pesan ke luar angkasa," katanya. Selama Anda memiliki pemancar radio, yang di A.S. berarti harus memperoleh lisensi dari Komisi Komunikasi Federal, Anda dapat mengirim sinyal, walaupun lemah, untuk masuk ke kosmos. Bandara udara melakukannya sepanjang waktu dengan radar mereka, meskipun tidak bermaksud mengirimkan salam kepada peradaban asing. Jadi, Anda mungkin dapat mengatakan apapun yang Anda inginkan! Silakan membuat draft pesan untuk teman baru Anda yang berasal dari luar dunia.

Anggap saja seperti ini: jika alien di luar sana dapat mendeteksi sinyal seribu megaHertz yang relatif lemah dari radio kita di alam semesta yang sangat luas, pastinya mereka memiliki teknologi modern yang sangat sensitif. Dan jika memang begitu, mungkin terlihat jelas bahwa peradaban asing yang lebih maju dapat menundukkan kita dan menguasai Bumi jika mereka menginginkannya. (Inilah premis dari buku pertama trilogi fiksi ilmiah China yang disebut Three Body Problem).

Jadi, pesan terbaik yang dapat Anda kirim kepada alien sekaligus menjadi upaya pencegahan bagi mereka untuk datang ke sini. Pertimbangkan petunjuk-petunjuk berikut sebagai inspirasi:
  • Hai! Maaf, tapi kami sudah hampir menghabiskan sumber daya alam kami sendiri. Saya khawatir tidak ada setetespun air atau minyak untuk dibagi. Coba lagi mungkin dalam 5 miliar tahun yang akan datang?
  • Senang mendengar pesan dari Anda! Sayangnya, kami baru saja direbus dan tenggelam di sini. Kami tidak bisa menghilangkan kebiasaan pemakaian CO2. Tidak perlu mampir untuk membantu, apa yang terjadi, terjadilah, dan kami tidak ingin merepotkan perjalanan antargalaksi Anda.
  • Semua orang di sini mengeringkan tulang-tulang lutut mereka. Banyak dari mereka yang menunjukkan kasih sayang dengan menukar cairan tubuh. Hal itu menjijikkan. Hindari, apapun yang terjadi!
  • Hai! Dapatkah saya memberikan tiket gratis ke sebuah acara pertunjukan satu orang yang jelek?
  • Telepon baru siapakah ini?
Shostak berpikir respons terbaik kita adalah dengan mengirim seluruh konten yang ada di internet. Dengan cara itu, peradaban asing akan memiliki gambaran lengkap tentang kemanusiaan, baik, buruk, dan juga video online tentang anjing. Tentu saja, mereka harus mencari cara untuk memahami bahasa kita, tapi menurutnya akan sedikit mirip dengan hieroglif Mesir, karena orang Mesir mencatat segalanya, dan para arkeolog mampu memecahkan bagaimana kehidupan yang mereka jalani. Konon, peradaban Mesir kuno sudah lama berlalu pada saat para arkeolog modern mempelajari budaya mereka. Bayangkan jika peradaban Zaman Perunggu tersebut ditemukan oleh, katakanlah, kekuatan kolonial Zaman Industri dengan mesin uap dan senapan.

Mungkin kalau menyangkut komunikasi dengan peradaban ekstraterestrial, diam adalah emas.


#terimakasihgoogle

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Diameter Bumi

Kredit: NASA, Apollo 17, NSSDC   Para kru misi Apollo 17 mengambil citra Bumi pada bulan Desember 1972 saat menempuh perjalanan dari Bumi dan Bulan. Gurun pasir oranye-merah di Afrika dan Arab Saudi terlihat sangat kontras dengan samudera biru tua dan warna putih dari formasi awan dan salju antartika.   Diameter khatulistiwa Bumi adalah  12.756 kilometer . Lantas bagaimana cara para ilmuwan menghitungnya? Kredit: Clementine,  Naval Research Laboratory .   Pada tahun 200 SM, akurasi perhitungan ukuran Bumi hanya berselisih 1% dengan perhitungan modern. Matematikawan, ahli geografi dan astronom Eratosthenes menerapkan gagasan Aristoteles, jika Bumi berbentuk bulat, posisi bintang-bintang di langit malam hari akan terlihat berbeda bagi para pengamat di lintang yang berbeda.   Eratosthenes mengetahui pada hari pertama musim panas, Matahari melintas tepat di atas Syene, Mesir. Saat siang hari pada hari yang sama, Eratosthenes mengukur perpindahan sudut Matahari dari atas kota Al

Apa Itu Kosmologi? Definisi dan Sejarah

Potret dari sebuah simulasi komputer tentang pembentukan struktur berskala masif di alam semesta, memperlihatkan wilayah seluas 100 juta tahun cahaya beserta gerakan koheren yang dihasilkan dari galaksi yang mengarah ke konsentrasi massa tertinggi di bagian pusat. Kredit: ESO Kosmologi adalah salah satu cabang astronomi yang mempelajari asal mula dan evolusi alam semesta, dari sejak Big Bang hingga saat ini dan masa depan. Menurut NASA, definisi kosmologi adalah “studi ilmiah tentang sifat alam semesta secara keseluruhan dalam skala besar.” Para kosmolog menyatukan konsep-konsep eksotis seperti teori string, materi gelap, energi gelap dan apakah alam semesta itu tunggal ( universe ) atau multisemesta ( multiverse ). Sementara aspek astronomi lainnya berurusan secara individu dengan objek dan fenomena kosmik, kosmologi menjangkau seluruh alam semesta dari lahir sampai mati, dengan banyak misteri di setiap tahapannya. Sejarah Kosmologi dan Astronomi Pemahaman manusia

Berapa Lama Satu Tahun di Planet-Planet Lain?

Jawaban Singkat Berikut daftar berapa lama waktu yang dibutuhkan oleh setiap planet di tata surya kita untuk menyelesaikan satu kali orbit mengitari Matahari (dalam satuan hari di Bumi): Merkurius: 88 hari Venus: 225 hari Bumi: 365 hari Mars: 687 hari Jupiter: 4.333 hari Saturnus: 10.759 hari Uranus: 30.687 hari Neptunus: 60.190 hari   Satu tahun di Bumi berlalu sekitar 365 hari 6 jam, durasi waktu yang dibutuhkan oleh Bumi untuk menyelesaikan satu kali orbit mengitari Matahari. Pelajari lebih lanjut tentang hal itu di artikel: Apa Itu Tahun Kabisat? Satu tahun diukur dari seberapa lama waktu yang dibutuhkan oleh sebuah planet untuk mengorbit bintang induk. Kredit: NASA/Terry Virts Semua planet di tata surya kita juga mengorbit Matahari. Durasi waktu satu tahun sangat tergantung dengan tempat mereka mengorbit. Planet yang mengorbit Matahari dari jarak yang lebih dekat daripada Bumi, lama satu tahunnya lebih pendek daripada Bumi. Sebaliknya planet yang