Langsung ke konten utama

Lihat ke Atas: “Penari Spanyol” Menari di Langit dengan Ketukannya Sendiri

galaksi-ngc-1566-penari-spanyol-astronomi
Galaksi NGC 1566, "Sang Penari Spanyol"
Gambar diambil oleh Ted Wolfe

Ted Wolfe, seorang astrofotografer ternama, telah memindahkan teleskop miliknya dari Naples ke Gurun Atacama di Chili utara. Seluruh rangkaian aktivitas observasi memang dioperasikan dari Amerika Serikat, namun cakupan pengambilan gambar benda langit dilakukan di Chili. Koleksi gambar yang berhasil ia abadikan, meliputi peristiwa tabrakan antar galaksi, bintang-bintang yang sekarat, supernova, pendar cahaya nebula dan lain-lain, telah diterbitkan di majalah nasional terkemuka bidang astronomi. Termasuk ditampilkan di berbagai museum sains, universitas, institusi dan pameran foto yang diselenggarakan selama 20 bulan yang menampilkan gambar benda langit dalam jumlah besar di Kennedy Space Center. Sementara galeri gambar yang ia susun, dipajang secara permanen di Pusat Studi Ruang Angkasa Universitas Florida.

Dan, inilah salah satu objek kosmik menawan bidikan Wolfe: sebuah galaksi spiral yang dijuluki "Penari Spanyol" oleh para astronom. Dari Bumi, galaksi ini terletak di ujung langit selatan, perbatasan langit musim panas yang hangat di Chili.

Nama resmi Penari Spanyol adalah NGC 1566, bisa ditemukan di rasi Doradus (lumba-lumba). NGC 1566 adalah salah satu anggota gugus galaksi yang disebut Grup Dorado.

Sekelompok galaksi yang terikat oleh gaya gravitasi ini bergerak bersama untuk mengarungi alam semesta. Para astronom telah mengidentifikasi 46 galaksi yang menjadi anggota gugus dan telah "melingkari" 34 kandidat galaksi Grup Dorado lainnya.

Galaksi yang paling dominan di sana adalah “Penari Spanyol” itu sendiri, galaksi tipe "SAB", yang berarti berada dalam klasifikasi galaksi spiral menengah, memiliki bentuk di antara galaksi berbatang dan galaksi tanpa batang.

Fitur utama dari galaksi berbatang adalah batang di pusat galaksi yang menembus inti dan menghubungkan lengan-lengan utamanya. Apabila mengamati galaksi “Penari Spanyol” dengan cermat, kita dapat melihat bahwa fitur batang semacam itu hampir terbentuk.

Yang lebih menarik lagi, NGC 1566 adalah sebuah galaksi Seyfert. Karakteristik utama Seyferts adalah inti galaksi yang sangat aktif. Inti “Penari Spanyol” sangat terang sebagaimana terlihat di dalam gambar dan sangat aktif memancarkan radiasi sinar-X dari wilayah yang relatif kecil. Di pusat galaksi bersemayam lubang hitam supermasif yang mengandung massa jutaan kali lipat Matahari kita.

ted-wolfe-seorang-astrofotografer-astronomi
Astrofotografer Ted Wolfe dengan teleskop miliknya di Naples.

Sampai batas tertentu, Seyferts adalah semacam sepupu lemah dari sinyal radiasi lebih kuat yang berasal dari inti galaksi jauh yang disebut "quasar". Baik Seyfert maupun quasar melontarkan radiasi berenergik dalam jumlah besar ke seluruh alam semesta.

“Penari Spanyol” berbaring di langit selatan dengan deklinasi -59 derajat. Jaraknya dari Bumi telah menjadi bahan perdebatan di kalangan para astronom, namun perhitungan yang paling banyak diterima, menempatkannya pada jarak sekitar 38 juta tahun cahaya.

NGC 1566 menampilkan dua lengan spiral dominan yang cukup seragam dalam penampilannya dan hanya menunjukkan sedikit tanda gangguan dari gaya gravitasi galaksi-galaksi yang melintas di dekatnya. Interaksi semacam ini dianggap sangat menarik, mengingat Grup Dorado adalah gugus galaksi terbesar di langit belahan bumi selatan. Mungkin tampilan lengan-lengan spiral galaksi NGC 1566 akan lebih menyimpang di masa depan ketika pasang surut gaya gravitasi Grup Dorado menyatukan seluruh anggota dan menyebabkan satu sama lain berinteraksi.

Perhatikan bercak-bercak kecil berwarna biru dan merah muda yang bertebaran di kedua lengan spiral. Bercak biru menunjukkan bintang-bintang tipe O dan B berusia muda yang sangat panas. Sedangkan bercak merah muda adalah wilayah "pabrik" bintang tempat bintang-bintang baru diproduksi untuk mengisi galaksi dan meningkatkan jumlah total bintang.

Mengapa dijuluki "Penari Spanyol"? Nama yang disandang oleh NGC 1566 berasal dari penampilannya yang berputar-putar, dikombinasikan dengan wilayah terluar galaksi yang lebih redup menyerupai rok wanita berukuran besar. Musik khas Spanyol mengiringi galaksi yang menawan hati ini berdansa menurut imajinasi Anda. Mungkin tari Fandango?

Ditulis oleh: Ted Wolfe, kontributor naplesnews.com


#terimakasihgoogle

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Diameter Bumi

Kredit: NASA, Apollo 17, NSSDC   Para kru misi Apollo 17 mengambil citra Bumi pada bulan Desember 1972 saat menempuh perjalanan dari Bumi dan Bulan. Gurun pasir oranye-merah di Afrika dan Arab Saudi terlihat sangat kontras dengan samudera biru tua dan warna putih dari formasi awan dan salju antartika.   Diameter khatulistiwa Bumi adalah  12.756 kilometer . Lantas bagaimana cara para ilmuwan menghitungnya? Kredit: Clementine,  Naval Research Laboratory .   Pada tahun 200 SM, akurasi perhitungan ukuran Bumi hanya berselisih 1% dengan perhitungan modern. Matematikawan, ahli geografi dan astronom Eratosthenes menerapkan gagasan Aristoteles, jika Bumi berbentuk bulat, posisi bintang-bintang di langit malam hari akan terlihat berbeda bagi para pengamat di lintang yang berbeda.   Eratosthenes mengetahui pada hari pertama musim panas, Matahari melintas tepat di atas Syene, Mesir. Saat siang hari pada hari yang sama, Eratosthenes mengukur perpindahan sudut Matahari dari atas kota Al

Apa Itu Kosmologi? Definisi dan Sejarah

Potret dari sebuah simulasi komputer tentang pembentukan struktur berskala masif di alam semesta, memperlihatkan wilayah seluas 100 juta tahun cahaya beserta gerakan koheren yang dihasilkan dari galaksi yang mengarah ke konsentrasi massa tertinggi di bagian pusat. Kredit: ESO Kosmologi adalah salah satu cabang astronomi yang mempelajari asal mula dan evolusi alam semesta, dari sejak Big Bang hingga saat ini dan masa depan. Menurut NASA, definisi kosmologi adalah “studi ilmiah tentang sifat alam semesta secara keseluruhan dalam skala besar.” Para kosmolog menyatukan konsep-konsep eksotis seperti teori string, materi gelap, energi gelap dan apakah alam semesta itu tunggal ( universe ) atau multisemesta ( multiverse ). Sementara aspek astronomi lainnya berurusan secara individu dengan objek dan fenomena kosmik, kosmologi menjangkau seluruh alam semesta dari lahir sampai mati, dengan banyak misteri di setiap tahapannya. Sejarah Kosmologi dan Astronomi Pemahaman manusia

Berapa Lama Satu Tahun di Planet-Planet Lain?

Jawaban Singkat Berikut daftar berapa lama waktu yang dibutuhkan oleh setiap planet di tata surya kita untuk menyelesaikan satu kali orbit mengitari Matahari (dalam satuan hari di Bumi): Merkurius: 88 hari Venus: 225 hari Bumi: 365 hari Mars: 687 hari Jupiter: 4.333 hari Saturnus: 10.759 hari Uranus: 30.687 hari Neptunus: 60.190 hari   Satu tahun di Bumi berlalu sekitar 365 hari 6 jam, durasi waktu yang dibutuhkan oleh Bumi untuk menyelesaikan satu kali orbit mengitari Matahari. Pelajari lebih lanjut tentang hal itu di artikel: Apa Itu Tahun Kabisat? Satu tahun diukur dari seberapa lama waktu yang dibutuhkan oleh sebuah planet untuk mengorbit bintang induk. Kredit: NASA/Terry Virts Semua planet di tata surya kita juga mengorbit Matahari. Durasi waktu satu tahun sangat tergantung dengan tempat mereka mengorbit. Planet yang mengorbit Matahari dari jarak yang lebih dekat daripada Bumi, lama satu tahunnya lebih pendek daripada Bumi. Sebaliknya planet yang