Langsung ke konten utama

NASA Percaya Medan Magnet Buatan Dapat Membuat Mars Hijau Lagi

NASA menggagas konsep perisai medan magnet buatan untuk ditempatkan di titik pertama Lagrange (L1) Mars, yang diharapkan dapat melindungi atmosfer Mars dari paparan radiasi ganas Matahari. Jika terwujud, Mars mungkin dapat memiliki atmosfer yang setara dengan setengah tekanan atmosfer Bumi hanya dalam beberapa tahun. Barangkali kita akan melihat teman dan keluarga, atau bahkan Anda sendiri, pindah ke Mars lebih cepat dari perkirakan.

medan-magnet-buatan-untuk-memulihkan-atmosfer-mars-astronomi
Perisai medan magnet buatan diharapkan dapat memulihkan atmosfer Mars, demikian pula dengan air cair di permukaan. Jika terwujud, mungkin Mars akan layak huni dan mampu menopang kehidupan.
NASA

Bumi memiliki medan magnet yang melindungi kita dari angin surya yang dapat menghancurkan lapisan atmosfer beserta segala bentuk kehidupan di dalamnya. Bahkan, medan magnet juga melindungi kita dari lingkungan keras di luar atmosfer. Salah satu cara untuk mengetahui bagaimana medan magnet melindungi kita adalah dengan mengamati aurora, yang disebabkan oleh interaksi antara atmosfer dengan partikel-partikel berenergi tinggi dari Matahari yang mengarah ke Bumi. Medan magnet mengarahkan mereka ke kutub planet dan memberikan kita pemandangan pola warna-warna indah di langit kutub. Interaksi antara partikel berenergi tinggi dengan berbagai molekul gas di atmosfer kita, seperti oksigen dan nitrogen menghasilkan warna yang berbeda. Aurora merupakan bukti bahwa atmosfer melindungi kita dari partikel berbahaya.

Di masa lalu, Mars sebenarnya pernah memiliki atmosfer yang lebih tebal, bahkan sejumlah besar air cair diperkirakan mengalir di dalam lingkungan yang lebih hangat dan basah. Kini, Mars jauh lebih dingin dan pastinya lebih kering. Para ilmuwan ingin mengungkap apakah kehidupan pernah muncul di awal sejarah Mars. Direktur Planetary Science Division NASA, James Green, memprediksi Mars bisa kembali mengembangkan atmosfer yang lebih basah, bahkan menopang air cair di permukaan jika memiliki medan magnet. Green memamerkan simulasi dan model medan magnet buatan Mars saat Workshop Planetary Science Vision 2050 yang digelar di Markas Besar NASA, Washington. Karya ilmiah ini memperkenalkan konsep tentang upaya NASA untuk memulihkan atmosfer Mars, sehingga manusia dapat menjelajahi Mars dengan mudah atau bahkan mendiami Planet Merah.

Simulasi menggambarkan rangkaian listrik tertutup kuat yang diluncurkan ke orbit dan ditempatkan di depan Mars, tepatnya di titik pertama Lagrange (L1). Arus listrik menghasilkan medan magnet. Rangkaian listrik tertutup menciptakan medan magnet yang akan membelokkan dan mengarahkan partikel-partikel berenergi tinggi dari Matahari untuk menjauhi Mars. Perisai medan magnet buatan ini diharapkan dapat memulihkan atmosfer Mars yang lebih tebal. Untuk efek optimal, rangkaian listrik akan ditempatkan pada jarak 320 jari-jari lingkaran Mars.

medan-magnet-buatan-menyimpangkan-angin-matahari-menjauhi-mars-astronomi
Ilustrasi rangkaian listrik tertutup kuat yang ditempatkan di depan Mars dan partikel berenergi tinggi dari angin surya menyimpang menjauhi Mars.

Diperkirakan atmosfer Mars bisa mencapai setengah dari tekanan atmosfer Bumi dalam beberapa tahun menggunakan metode ini. Siapa tahu, mungkin kita akan berangkat ke Mars lebih awal dari perkiraan sebelumnya.

Ditulis oleh: Meriame Berboucha, kontributor www.forbes.com


#terimakasihgoogle

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Diameter Bumi

Kredit: NASA, Apollo 17, NSSDC   Para kru misi Apollo 17 mengambil citra Bumi pada bulan Desember 1972 saat menempuh perjalanan dari Bumi dan Bulan. Gurun pasir oranye-merah di Afrika dan Arab Saudi terlihat sangat kontras dengan samudera biru tua dan warna putih dari formasi awan dan salju antartika.   Diameter khatulistiwa Bumi adalah  12.756 kilometer . Lantas bagaimana cara para ilmuwan menghitungnya? Kredit: Clementine,  Naval Research Laboratory .   Pada tahun 200 SM, akurasi perhitungan ukuran Bumi hanya berselisih 1% dengan perhitungan modern. Matematikawan, ahli geografi dan astronom Eratosthenes menerapkan gagasan Aristoteles, jika Bumi berbentuk bulat, posisi bintang-bintang di langit malam hari akan terlihat berbeda bagi para pengamat di lintang yang berbeda.   Eratosthenes mengetahui pada hari pertama musim panas, Matahari melintas tepat di atas Syene, Mesir. Saat siang hari pada hari yang sama, Eratosthenes mengukur perpindahan sudut Matahari dari atas kota Al

Apa Itu Kosmologi? Definisi dan Sejarah

Potret dari sebuah simulasi komputer tentang pembentukan struktur berskala masif di alam semesta, memperlihatkan wilayah seluas 100 juta tahun cahaya beserta gerakan koheren yang dihasilkan dari galaksi yang mengarah ke konsentrasi massa tertinggi di bagian pusat. Kredit: ESO Kosmologi adalah salah satu cabang astronomi yang mempelajari asal mula dan evolusi alam semesta, dari sejak Big Bang hingga saat ini dan masa depan. Menurut NASA, definisi kosmologi adalah “studi ilmiah tentang sifat alam semesta secara keseluruhan dalam skala besar.” Para kosmolog menyatukan konsep-konsep eksotis seperti teori string, materi gelap, energi gelap dan apakah alam semesta itu tunggal ( universe ) atau multisemesta ( multiverse ). Sementara aspek astronomi lainnya berurusan secara individu dengan objek dan fenomena kosmik, kosmologi menjangkau seluruh alam semesta dari lahir sampai mati, dengan banyak misteri di setiap tahapannya. Sejarah Kosmologi dan Astronomi Pemahaman manusia

Berapa Lama Satu Tahun di Planet-Planet Lain?

Jawaban Singkat Berikut daftar berapa lama waktu yang dibutuhkan oleh setiap planet di tata surya kita untuk menyelesaikan satu kali orbit mengitari Matahari (dalam satuan hari di Bumi): Merkurius: 88 hari Venus: 225 hari Bumi: 365 hari Mars: 687 hari Jupiter: 4.333 hari Saturnus: 10.759 hari Uranus: 30.687 hari Neptunus: 60.190 hari   Satu tahun di Bumi berlalu sekitar 365 hari 6 jam, durasi waktu yang dibutuhkan oleh Bumi untuk menyelesaikan satu kali orbit mengitari Matahari. Pelajari lebih lanjut tentang hal itu di artikel: Apa Itu Tahun Kabisat? Satu tahun diukur dari seberapa lama waktu yang dibutuhkan oleh sebuah planet untuk mengorbit bintang induk. Kredit: NASA/Terry Virts Semua planet di tata surya kita juga mengorbit Matahari. Durasi waktu satu tahun sangat tergantung dengan tempat mereka mengorbit. Planet yang mengorbit Matahari dari jarak yang lebih dekat daripada Bumi, lama satu tahunnya lebih pendek daripada Bumi. Sebaliknya planet yang