Langsung ke konten utama

Astrofisika Mengungkap Asal Usul Tubuh Manusia

sisa-dari-supernova-cassiopeia-a-informasi-astronomi
Sisa-sisa Supernova Cassiopeia A mengandung berbagai unsur tabel periodik, termasuk semua unsur yang diperlukan untuk menciptakan DNA.
NASA/CXC/SAO

Pada tingkat terkecil, tubuh manusia terdiri dari partikel: sebagian besar adalah inti atom dan elektron.

asal-usul-unsur-tubuh-manusia-dari-supernova-informasi-astronomi
Unsur-unsur dalam tubuh manusia. Sementara tubuh manusia didominasi oleh oksigen, karbon, hidrogen, dan nitrogen, ada puluhan unsur penting lainnya yang menunjang proses biologis di dalam tubuh manusia.
Perguruan Tinggi Openstax, Anatomi & Fisiologi, situs web Connexions

Meskipun ada sekitar 90 unsur alami, mereka sebenarnya berasal dari berbagai tempat di luar angkasa sebelum tiba di Bumi.

unsur-yang-dihasilkan-big-bang-informasi-astronomi
Big Bang menghasilkan materi dan antimateri, dengan materi yang sedikit lebih banyak diciptakan pada titik tertentu, dan memungkinkan alam semesta eksis sebagaimana yang kita amati hari ini. Pada sejarah awal kosmos, sebelum bintang terbentuk, hanya ada hidrogen, helium, dan sejumlah kecil litium.
E. Siegel/Beyond The Galaxy

Big Bang menyediakan asal usul unsur paling ringan: hidrogen dan helium, yang hingga saat ini merupakan 98% unsur material di alam semesta.

lingkungan-di-alam-semesta-awal-informasi-astronomi
Ilustrasi lingkungan di awal alam semesta awal setelah generasi pertama bintang terbentuk, hidup dan mati. Siklus hidup bintang adalah faktor utama yang memperkaya alam semesta dengan unsur-unsur yang lebih berat daripada hidrogen dan helium.
NASA/ESA/ESO/Wolfram Freudling et al. (STECF)

Siklus hidup bintang menyumbang 2% unsur lainnya dan bertanggung jawab atas kompleksitas molekul di alam semesta.

neutron-bebas-di-inti-kehidupan-bintang-informasi-astronomi
Terciptanya neutron bebas selama bintang menjalani fusi nuklir, menyusun tabel periodik melalui penyerapan neutron dan peluruhan radioaktif. Citra bintang-bintang masif saat menjalani tahap evolusi nebula planeter.
NASA, ESA, and The Hubble Heritage Team (STScI/AURA)

Bintang masa menengah mirip Matahari, melakukan fusi nuklir untuk menempa unsur logam yang secara perlahan membentuk unsur teratas pada tabel periodik.

sisa-dari-supernova-g1.9+0.3-informasi-astronomi
Sisa-sisa supernova G1.9+0.3, sebagaimana dicitrakan oleh Chandra pada tahun 2013. Deteksi material membawa kita ke kesimpulan seberapa banyak unsur-unsur berat yang dihasilkan supernova.
NASA/CXC/NCSU/K.Borkowski et al.

Bintang masif mengakhiri kehidupannya setelah memicu ledakan supernova dan melontarkan sejumlah besar material yang ditempa di inti bintang ke seluruh galaksi.

penggabungan-dua-bintang-neutron-informasi-astronomi
Saat tahap terakhir penggabungan, dua bintang neutron tak sekadar memancarkan gelombang gravitasi, namun menghasilkan ledakan dahsyat yang menggema di spektrum elektromagnetik dan melepaskan unsur-unsur berat tabel periodik.
Universitas Warwick/Mark Garlick

Sementara itu, bintang katai putih dan bintang neutron yang bergabung dan meledak, menambah daftar kekayaan kosmos dengan unsur-unsur berat

unsur-supernova-cassiopeia-a-observatorium-sinar-x-chandra-informasi-astronomi
Gambar yang dihasilkan oleh Observatorium Sinar-X Chandra NASA ini menunjukkan lokasi unsur di sisa supernova Cassiopeia A termasuk silikon (merah), belerang (kuning), kalsium (hijau) dan besi (ungu). Masing-masing unsur ini menghasilkan panjang gelombang sinar-X yang memungkinkan pembuatan peta lokasi mereka.
NASA/CXC/SAO

Berkat Observatorium Antariksa Sinar-X Chandra NASA, kita dapat mengamati jumlah setiap unsur berat yang berasal dari ledakan supernova.

unsur-tubuh-manusia-berasal-dari-supernova-informasi-astronomi
Unsur tabel periodik dan asal usulnya dirinci dalam gambar di atas. Tubuh manusia yang didominasi unsur oksigen, karbon, nitrogen, fosfor, kalsium, dan zat besi, beasal dari ledakan supernova bintang masif.
NASA/CXC/SAO/K. Divona

Sebagian besar unsur yang membentuk tubuh manusia, diduga berasal dari supernova.

unsur-fusi-nuklir-di-inti-bintang-informasi-astronomi
Menjelang tahap terakhir kehidupan bintang, unsur-unsur berat yang ditempa oleh fusi nuklir terkonsentrasi di inti bintang. Saat meledak, lapisan-lapisan terluar menyerap neutron dengan cepat, menciptakan unsur teratas tabel periodik, dan menyebarnya ke seluruh kosmos untuk didaur ulang menjadi bintang dan planet generasi berikutnya.
NASA/CXC/S. Lee

Penemuan terbesar? Setiap unsur yang dibutuhkan untuk membuat DNA ditemukan setelah fenomena ledakan bintang.

scanning-citra-mikroskop-elektron-informasi-astronomi
Citra scanning mikroskop elektron pada tingkat sub-sel. Sementara DNA adalah molekul panjang yang sangat kompleks, ia terbuat dari building blocks serupa (atom), sebagaimana unsur-unsur yang lain.
Citra domain publik oleh Dr. Erskine Palmer, USCDCP

Mostly Mute Monday menceritakan kisah astronomi menggunakan gambar, objek, atau fenomena dalam gambar, visual, dan tidak lebih dari 200 kata.

Ditulis oleh: Ethan Siegel, kontributor www.forbes.com



#terimakasihgoogle

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Diameter Bumi

Kredit: NASA, Apollo 17, NSSDC   Para kru misi Apollo 17 mengambil citra Bumi pada bulan Desember 1972 saat menempuh perjalanan dari Bumi dan Bulan. Gurun pasir oranye-merah di Afrika dan Arab Saudi terlihat sangat kontras dengan samudera biru tua dan warna putih dari formasi awan dan salju antartika.   Diameter khatulistiwa Bumi adalah  12.756 kilometer . Lantas bagaimana cara para ilmuwan menghitungnya? Kredit: Clementine,  Naval Research Laboratory .   Pada tahun 200 SM, akurasi perhitungan ukuran Bumi hanya berselisih 1% dengan perhitungan modern. Matematikawan, ahli geografi dan astronom Eratosthenes menerapkan gagasan Aristoteles, jika Bumi berbentuk bulat, posisi bintang-bintang di langit malam hari akan terlihat berbeda bagi para pengamat di lintang yang berbeda.   Eratosthenes mengetahui pada hari pertama musim panas, Matahari melintas tepat di atas Syene, Mesir. Saat siang hari pada hari yang sama, Eratosthenes mengukur perpindahan sudut Matahari dari atas kota Al

Apa Itu Kosmologi? Definisi dan Sejarah

Potret dari sebuah simulasi komputer tentang pembentukan struktur berskala masif di alam semesta, memperlihatkan wilayah seluas 100 juta tahun cahaya beserta gerakan koheren yang dihasilkan dari galaksi yang mengarah ke konsentrasi massa tertinggi di bagian pusat. Kredit: ESO Kosmologi adalah salah satu cabang astronomi yang mempelajari asal mula dan evolusi alam semesta, dari sejak Big Bang hingga saat ini dan masa depan. Menurut NASA, definisi kosmologi adalah “studi ilmiah tentang sifat alam semesta secara keseluruhan dalam skala besar.” Para kosmolog menyatukan konsep-konsep eksotis seperti teori string, materi gelap, energi gelap dan apakah alam semesta itu tunggal ( universe ) atau multisemesta ( multiverse ). Sementara aspek astronomi lainnya berurusan secara individu dengan objek dan fenomena kosmik, kosmologi menjangkau seluruh alam semesta dari lahir sampai mati, dengan banyak misteri di setiap tahapannya. Sejarah Kosmologi dan Astronomi Pemahaman manusia

Berapa Lama Satu Tahun di Planet-Planet Lain?

Jawaban Singkat Berikut daftar berapa lama waktu yang dibutuhkan oleh setiap planet di tata surya kita untuk menyelesaikan satu kali orbit mengitari Matahari (dalam satuan hari di Bumi): Merkurius: 88 hari Venus: 225 hari Bumi: 365 hari Mars: 687 hari Jupiter: 4.333 hari Saturnus: 10.759 hari Uranus: 30.687 hari Neptunus: 60.190 hari   Satu tahun di Bumi berlalu sekitar 365 hari 6 jam, durasi waktu yang dibutuhkan oleh Bumi untuk menyelesaikan satu kali orbit mengitari Matahari. Pelajari lebih lanjut tentang hal itu di artikel: Apa Itu Tahun Kabisat? Satu tahun diukur dari seberapa lama waktu yang dibutuhkan oleh sebuah planet untuk mengorbit bintang induk. Kredit: NASA/Terry Virts Semua planet di tata surya kita juga mengorbit Matahari. Durasi waktu satu tahun sangat tergantung dengan tempat mereka mengorbit. Planet yang mengorbit Matahari dari jarak yang lebih dekat daripada Bumi, lama satu tahunnya lebih pendek daripada Bumi. Sebaliknya planet yang