Langsung ke konten utama

Bagaimana Paradoks Fermi Bekerja?

dimanakah-semua-orang-paradoks-fermi-informasi-astronomi
Di mana mereka?
DAVID NUNUK/ SCIENCE PHOTO LIBRARY/GETTY IMAGES

Pada saat membaca artikel ini, invasi telah berakhir. Anda mungkin sedang bersembunyi di bunker bawah tanah dan bertanya-tanya apa yang sedang terjadi. Semuanya terjadi begitu cepat, hanya segelintir orang yang memahami realitas situasinya saat itu. Alien datang ke Bumi, itu jelas. Tetapi mengapa kita tidak mengetahuinya. Sudah berapa lama mereka merencanakan invasi ke Bumi juga tidak jelas, apakah dalam hitungan tahun, dekade, atau abad? Mereka terus menuntut agar Fred Astaire (seorang aktor, penyanyi, penari, koreografer, dan presenter televisi dari Amerika Serikat) menari untuk mereka. Jadi kita dapat menyimpulkan bahwa mereka telah memantau siaran TV kita sejak lama.

Para diplomat kemudian mencoba meyakinkan para alien, bahwa Bumi juga memiliki beberapa penari yang masih hidup dan sama berkualitasnya, bahkan mungkin lebih baik daripada Fred Astaire. Tetapi mereka tidak menerima siapapun untuk menggantikannya, dan ketika kita menjelaskan bahwa Astaire telah meninggal, mereka justru marah besar. Tampaknya kematian adalah konsep asing bagi mereka.

Masalah lainnya adalah mereka dapat hidup hanya dengan sinar Matahari, dan berpikir memakan sesuatu itu adalah hal yang vulgar. Sebenarnya, mereka menganggap kita menjijikkan. Mereka juga heran dengan aktivitas kita, seperti mengkonsumi makanan, ekskresi (proses pembuangan sisa metabolisme), penyakit dan kematian. Selain itu, mereka juga sama sekali tidak tertarik dengan planet kita, yang menurut mereka terlalu lembab dan terlalu banyak awan. Tapi, ini semua merupakan kabar baik bagi kita. Para alien ogah berlama-lama di Bumi dan dalam waktu satu atau dua bulan setelah piring terbang mereka diperbaiki, mereka akan segera meninggalkan Bumi. Dengan sedikit keberuntungan, kita hanya akan berakhir dalam catatan kaki kecil sejarah eksplorasi galaksi mereka. Jadi, bertahanlah sebentar lagi di dalam bunker, begitu mereka pergi, kita bisa beraktivitas kembali seperti sedia kala.

Baik, sangat jelas bahwa tidak ada satu pun dari hal ini yang telah terjadi. Tapi pertanyaannya adalah mengapa tidak? Secara singkat, itulah Paradoks Fermi, yang secara teknis bukan paradoks sama sekali, melainkan pertanyaan puncak tentang mengapa kita tidak pernah menemukan kehidupan esktraterestrial?

Apa Itu Paradoks Fermi?

enrico-fermi-informasi-astronomi
Paradoks Fermi telah berkembang jauh melampaui pertanyaan aslinya.
CORBIS/CORBIS VIA GETTY IMAGES

Semuanya dimulai pada tahun 1950, fisikawan Enrico Fermi sedang menikmati makan siang bersama beberapa rekan ilmuwan di kantin Propulsi Jet Los Alamos, sambil membolak-balik majalah “New Yorker”. Antara menggigit salad atau mungkin sandwich, Fermi menunjuk sebuah kartun alien yang tengah membongkar beberapa tempat sampah di Kota New York. Dengan santai, Fermi bertanya, “Di mana mereka?”

Menurut rekan-rekannya, maksud pertanyaan itu adalah apakah perjalanan antarbintang dapat dilakukan. Pada saat itu, kita bahkan belum berhasil meninggalkan atmosfer kita sendiri, dan pendaratan ke Bulan masih 19 tahun lagi, jadi pertanyaan ini terlihat sportif. Demikian pula dengan sekarang, kita mungkin sedang membahas tentang misi berawak ke Mars dalam beberapa dekade mendatang, tapi misi semacam itu hanyalah permainan anak-anak jika dibandingkan dengan perjalanan antariksa mengunjungi sistem planet lainnya.

Dengan teknologi roket saat ini, kita bisa menempuh perjalanan ke Mars sekitar enam bulan. Sebaliknya, bintang terdekat dengan kita, Proxima Centauri, terletak 4,25 tahun cahaya. Jarak itu tidak terdengar terlalu buruk, kecuali satuan di belakangnya. Seperti namanya, seberapa jauh cahaya bisa bergerak dalam satu tahun, dengan teknologi saat ini kita hanya merangkak dibandingkan cahaya. Melaju dengan kecepatan tertinggi yang bisa kita capai saat ini, butuh waktu 73.000 tahun untuk sampai ke Proxima Centauri.

Bagaimanapun juga, itulah yang sebenarnya Fermi tanyakan. Tapi seiring waktu, pertanyaannya berkembang melalui gagasan ilmuwan-ilmuwan lain. Pada tahun 1975, astronom Michael Hart menduga alasan kenapa tidak ada alien di sekitar kita adalah karena memang mereka tidak ada. Jika memang eksis, mereka pasti telah mengkoloni galaksi. Kemudian, pada tahun 1977, astrofisikawan David G. Stephenson mengatakan bahwa pernyataan Hart dapat menjawab pertanyaan Fermi, yang secara resmi dijuluki “Paradoks Fermi”. Paradoks Fermi dapat dijelaskan sebagai berikut: Alam semesta kita berpotensi memiliki miliaran planet mirip Bumi yang menampung organisme biologis berakal. Jika benar, kenapa kita belum pernah mendengar atau melihat bukti apapun tentang mereka?

Bahkan meskipun Fermi tidak pernah menanyakannya, hal itu tetap saja menarik, karena ada begitu banyak kemungkinan jawaban. Untuk menjawab paradoks Fermi, biasanya seseorang akan menggunakan persamaan Drake. Pada tahun 1960-an, astronom Frank Drake menghasilkan persamaan matematika yang membantu kita untuk menghitung berapa banyak peradaban asing yang mungkin ada di galaksi kita. Hasil perhitungan dapat bervariasi sesuai dengan angka yang kita masukan, namun perkiraan yang paling skeptis sekalipun menghasilkan angka setidaknya 2 miliar planet layak huni hanya di galaksi Bima Sakti saja. Istilah layak huni digunakan oleh para astronom untuk menggambarkan planet yang berada di zona “Goldilocks”, yang ukurannya tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil, tidak terlalu dekat dan tidak terlalu jauh dari bintang induk, sehingga memiliki kondisi yang berpotensi menampung air cair di permukaan.

Tentu saja, berada di zona layak huni bukan berarti secara otomatis planet dapat dihuni, karena kehidupan dipengaruhi oleh banyak faktor. Katakanlah, peradaban maju di galaksi Bima Sakti sangat langka. Misalnya, hanya 0,5 % dari planet yang berada di zona layak huni, jumlahnya masih sangat banyak, yakni 100 juta planet!

Pertanyaan selanjutnya adalah berapa banyak planet di zona layak huni yang menopang kehidupan, dan berapa banyak dari mereka menghasilkan spesies yang mampu mengembangkan teknologi untuk komunikasi dan perjalanan antariksa? Inilah pertanyaan yang terus diperdebatkan, apakah evolusi kehidupan pasti akan menghasilkan spesies berakal yang menguasai teknologi? Atau apakah umat manusia di Bumi adalah spesies istimewa? Bahkan, jika hanya 0,5 % yang mampu mencapai peradaban maju, jumlahnya masih sangat banyak, yakni 500.000 peradaban alien. Dan jika kita mengalikannya dengan jumlah galaksi di seluruh alam semesta (sekitar 150 miliar), kita mendapatkan angka yang sangat besar. Jadi, seperti yang ditanyakan Fermi, di mana mereka?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Diameter Bumi

Kredit: NASA, Apollo 17, NSSDC   Para kru misi Apollo 17 mengambil citra Bumi pada bulan Desember 1972 saat menempuh perjalanan dari Bumi dan Bulan. Gurun pasir oranye-merah di Afrika dan Arab Saudi terlihat sangat kontras dengan samudera biru tua dan warna putih dari formasi awan dan salju antartika.   Diameter khatulistiwa Bumi adalah  12.756 kilometer . Lantas bagaimana cara para ilmuwan menghitungnya? Kredit: Clementine,  Naval Research Laboratory .   Pada tahun 200 SM, akurasi perhitungan ukuran Bumi hanya berselisih 1% dengan perhitungan modern. Matematikawan, ahli geografi dan astronom Eratosthenes menerapkan gagasan Aristoteles, jika Bumi berbentuk bulat, posisi bintang-bintang di langit malam hari akan terlihat berbeda bagi para pengamat di lintang yang berbeda.   Eratosthenes mengetahui pada hari pertama musim panas, Matahari melintas tepat di atas Syene, Mesir. Saat siang hari pada hari yang sama, Eratosthenes mengukur perpindahan sudut Matahari dari atas kota Al

Apa Itu Kosmologi? Definisi dan Sejarah

Potret dari sebuah simulasi komputer tentang pembentukan struktur berskala masif di alam semesta, memperlihatkan wilayah seluas 100 juta tahun cahaya beserta gerakan koheren yang dihasilkan dari galaksi yang mengarah ke konsentrasi massa tertinggi di bagian pusat. Kredit: ESO Kosmologi adalah salah satu cabang astronomi yang mempelajari asal mula dan evolusi alam semesta, dari sejak Big Bang hingga saat ini dan masa depan. Menurut NASA, definisi kosmologi adalah “studi ilmiah tentang sifat alam semesta secara keseluruhan dalam skala besar.” Para kosmolog menyatukan konsep-konsep eksotis seperti teori string, materi gelap, energi gelap dan apakah alam semesta itu tunggal ( universe ) atau multisemesta ( multiverse ). Sementara aspek astronomi lainnya berurusan secara individu dengan objek dan fenomena kosmik, kosmologi menjangkau seluruh alam semesta dari lahir sampai mati, dengan banyak misteri di setiap tahapannya. Sejarah Kosmologi dan Astronomi Pemahaman manusia

Berapa Lama Satu Tahun di Planet-Planet Lain?

Jawaban Singkat Berikut daftar berapa lama waktu yang dibutuhkan oleh setiap planet di tata surya kita untuk menyelesaikan satu kali orbit mengitari Matahari (dalam satuan hari di Bumi): Merkurius: 88 hari Venus: 225 hari Bumi: 365 hari Mars: 687 hari Jupiter: 4.333 hari Saturnus: 10.759 hari Uranus: 30.687 hari Neptunus: 60.190 hari   Satu tahun di Bumi berlalu sekitar 365 hari 6 jam, durasi waktu yang dibutuhkan oleh Bumi untuk menyelesaikan satu kali orbit mengitari Matahari. Pelajari lebih lanjut tentang hal itu di artikel: Apa Itu Tahun Kabisat? Satu tahun diukur dari seberapa lama waktu yang dibutuhkan oleh sebuah planet untuk mengorbit bintang induk. Kredit: NASA/Terry Virts Semua planet di tata surya kita juga mengorbit Matahari. Durasi waktu satu tahun sangat tergantung dengan tempat mereka mengorbit. Planet yang mengorbit Matahari dari jarak yang lebih dekat daripada Bumi, lama satu tahunnya lebih pendek daripada Bumi. Sebaliknya planet yang