Langsung ke konten utama

Apa yang Terjadi Terhadap Bumi saat Bima Sakti dan Andromeda Bertabrakan?

apa-yang-terjadi-terhadap-bumi-saat-galaksi-bima-sakti-dan-andromeda-bertabrakan-informasi-astronomi

Kita sudah mengetahui takdir pamungkas galaksi Bima Sakti dan Andromeda yang akan saling bertabrakan dan membutuhkan waktu miliaran tahun sampai mereka benar-benar menyatu untuk membentuk galaksi elips tunggal raksasa. Secara ajaib, Bumi mungkin dapat bertahan dari keseluruhan proses kosmik yang brutal ini. Tapi planet kita akan terperangkap di tengah tabrakan dahsyat ini dan pemandangannya terhadap alam semesta tidak akan pernah sama lagi.


Para astronom telah menetapkan kedua galaksi yang mendominasi Grup Lokal akan saling bertabrakan sekitar 3,75 miliar tahun yang akan datang. Lalu proses penggabungan mereka akan berlangsung selama enam miliar tahun berikutnya. Kabar baiknya, Bumi akan tetap aman dari proses penggabungan Bima Sakti dan Andromeda. Kabar buruknya, lima miliar tahun dari sekarang, Bumi mungkin akan ditelan oleh Matahari yang menjalani tahap evolusi raksasa merah. Berikut time-lapse keseluruhan proses dari perspektif pengamatan jarak jauh:

proses-penggabungan-galaksi-bima-sakti-dan-andromeda-informasi-astronomi
Kredit: NASA

Tata surya tentu akan terpengaruh oleh fenomena tabrakan kosmik dalam skala galaksi. Matahari bersama seluruh planet mungkin hanya akan ditarik ke sebuah orbit yang baru dan tidak bertabrakan dengan bintang lain.

“Alasan kami menduga tata surya kita tidak terlalu terpengaruh oleh tabrakan kedua galaksi adalah karena sebagian besar wilayah di dalam galaksi merupakan ruang hampa,” ungkap Roeland van der Marel dari Space Telescope Science Institute (STScI). “Meskipun galaksi Bima Sakti dan Andromeda memiliki ratusan miliar bintang di dalamnya, jarak antar bintang sangat jauh. Saat kedua galaksi bertabrakan, pada dasarnya bintang-bintang yang ada di dalamnya hanya akan melewati satu sama lain, dan persentase terjadinya benturan fisik antara bintang sangat kecil.”

Inilah pemandangan Bima Sakti dari langit Bumi saat ini. Andromeda tidak dapat ditemukan karena terletak 2,5 juta tahun cahaya dari Bumi.

pemandangan-langit-bumi-terhadap-bima-sakti-saat-ini-informasi-astronomi
Kredit: ESO

Tapi dalam waktu 3,75 miliar tahun, kedua galaksi akan mempersiapkan diri untuk memulai proses penggabungan.

penggabungan-bima-sakti-dan-andromeda-informasi-astronomi
Kredit: ESA

Seiring jarak kedua galaksi yang semakin dekat, gaya gravitasi mereka akan melengkungkan struktur galaksi, yang terlihat layaknya lukisan berantakan dari langit Bumi.

penggabungan-bima-sakti-dan-andromeda-01-informasi-astronomi
Kredit: ESA

Setelah melakukan tarian ganas selama milyaran tahun, lubang hitam supermasif di masing-masing pusat galaksi akan bergabung. Selanjutnya Bima Sakti dan Andromeda akan menyatu untuk membentuk galaksi tunggal raksasa berbentuk elips. Meskipun kemungkinan besar Bumi sudah tidak ada lagi untuk melihatnya, inilah langit malam yang akan terlihat pada akhir proses penggabungan.

penggabungan-bima-sakti-dan-andromeda-03-informasi-astronomi
Kredit: ESA

Dan, inilah sebuah video lain untuk mempermudah gambaran tentang fenomena tabrakan antara Bima Sakti dan Andromeda.


Ditulis oleh: Janey Tracey, www.outerplaces.com



#terimakasihgoogle

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Diameter Bumi

Kredit: NASA, Apollo 17, NSSDC   Para kru misi Apollo 17 mengambil citra Bumi pada bulan Desember 1972 saat menempuh perjalanan dari Bumi dan Bulan. Gurun pasir oranye-merah di Afrika dan Arab Saudi terlihat sangat kontras dengan samudera biru tua dan warna putih dari formasi awan dan salju antartika.   Diameter khatulistiwa Bumi adalah  12.756 kilometer . Lantas bagaimana cara para ilmuwan menghitungnya? Kredit: Clementine,  Naval Research Laboratory .   Pada tahun 200 SM, akurasi perhitungan ukuran Bumi hanya berselisih 1% dengan perhitungan modern. Matematikawan, ahli geografi dan astronom Eratosthenes menerapkan gagasan Aristoteles, jika Bumi berbentuk bulat, posisi bintang-bintang di langit malam hari akan terlihat berbeda bagi para pengamat di lintang yang berbeda.   Eratosthenes mengetahui pada hari pertama musim panas, Matahari melintas tepat di atas Syene, Mesir. Saat siang hari pada hari yang sama, Eratosthenes mengukur perpindahan sudut Matahari dari atas kota Al

Apa Itu Kosmologi? Definisi dan Sejarah

Potret dari sebuah simulasi komputer tentang pembentukan struktur berskala masif di alam semesta, memperlihatkan wilayah seluas 100 juta tahun cahaya beserta gerakan koheren yang dihasilkan dari galaksi yang mengarah ke konsentrasi massa tertinggi di bagian pusat. Kredit: ESO Kosmologi adalah salah satu cabang astronomi yang mempelajari asal mula dan evolusi alam semesta, dari sejak Big Bang hingga saat ini dan masa depan. Menurut NASA, definisi kosmologi adalah “studi ilmiah tentang sifat alam semesta secara keseluruhan dalam skala besar.” Para kosmolog menyatukan konsep-konsep eksotis seperti teori string, materi gelap, energi gelap dan apakah alam semesta itu tunggal ( universe ) atau multisemesta ( multiverse ). Sementara aspek astronomi lainnya berurusan secara individu dengan objek dan fenomena kosmik, kosmologi menjangkau seluruh alam semesta dari lahir sampai mati, dengan banyak misteri di setiap tahapannya. Sejarah Kosmologi dan Astronomi Pemahaman manusia

Berapa Lama Satu Tahun di Planet-Planet Lain?

Jawaban Singkat Berikut daftar berapa lama waktu yang dibutuhkan oleh setiap planet di tata surya kita untuk menyelesaikan satu kali orbit mengitari Matahari (dalam satuan hari di Bumi): Merkurius: 88 hari Venus: 225 hari Bumi: 365 hari Mars: 687 hari Jupiter: 4.333 hari Saturnus: 10.759 hari Uranus: 30.687 hari Neptunus: 60.190 hari   Satu tahun di Bumi berlalu sekitar 365 hari 6 jam, durasi waktu yang dibutuhkan oleh Bumi untuk menyelesaikan satu kali orbit mengitari Matahari. Pelajari lebih lanjut tentang hal itu di artikel: Apa Itu Tahun Kabisat? Satu tahun diukur dari seberapa lama waktu yang dibutuhkan oleh sebuah planet untuk mengorbit bintang induk. Kredit: NASA/Terry Virts Semua planet di tata surya kita juga mengorbit Matahari. Durasi waktu satu tahun sangat tergantung dengan tempat mereka mengorbit. Planet yang mengorbit Matahari dari jarak yang lebih dekat daripada Bumi, lama satu tahunnya lebih pendek daripada Bumi. Sebaliknya planet yang