Langsung ke konten utama

Asteroid atau Meteor: Apa bedanya?

Asteroid dan meteor adalah jenis batuan angkasa. Perbedaannya hanya terletak pada seberapa dekat jarak mereka dari permukaan Bumi.

Asteroid

Asteroid adalah batuan angkasa berukuran kecil yang mengorbit Matahari.

eros-asteroid-dalam-orbit-yang-dekat-dengan-bumi-astronomi
Eros adalah asteroid dengan lintasan orbit yang berada agak dekat dengan Bumi. Foto dari jarak dekat ini diambil oleh pesawat antariksa Near Earth Asteroid Rendezvous-Shoemaker NASA pada tahun 2000.
Kredit: NASA/JHUAPL

Sebagian besar asteroid di tata surya kita ditemukan di Sabuk Asteroid utama, yang terletak di antara Mars dan Jupiter. Tapi, asteroid juga kerap ditemukan di luar Sabuk Asteroid. Misalnya, beberapa asteroid mengorbit Matahari di jalur yang membawa mereka lebih dekat dengan Bumi.

sabuk-asteroid-di-antara-mars-dan-jupiter-astronomi
Sebagian besar asteroid di tata surya kita ditemukan di Sabuk Asteroid yang terletak di antara Mars dan Jupiter.

Meteoroid

Terkadang sebuah asteroid hancur karena bertabrakan dengan asteroid lain. Peristiwa ini menghasilkan bongkahan-bongkahan kecil yang terlepas dari asteorid dan disebut meteoroid.

meteorid-potongan-kecil-asteroid-astronomi

Meteor

Jika meteoroid berada dalam jarak yang cukup dekat dengan Bumi dan memasuki atmosfer, meteoroid akan menguap dan berubah menjadi meteor, seberkas garis cahaya indah di langit kita.

Karena penampilan mereka, beberapa orang menyebut meteor sebagai “bintang jatuh”. Tapi, para astronom mengetahui bahwa meteor bukanlah bintang, hanya bongkahan batu angkasa berukuran kecil.

hujan-meteor-perseid-astronomi
Pada saat-saat tertentu, kita dapat melihat fenomena meteor dalam jumlah besar yang memasuki atmosfer Bumi. Fenomena ini disebut hujan meteor. Foto ini diambil saat hujan meteor Perseid yang terjadi setiap bulan Agustus.
Kredit: NASA/JPL

Karena meninggalkan seberkas garis cahaya di langit, terkadang meteor dianggap sebagai komet, meskipun mereka sangat berbeda.

Komet

Seperti asteroid, komet juga mengorbit Matahari. Namun komposisi komet terdiri dari es dan gas, bukan batu.

Saat mengorbit cukup dekat dari Matahari, es dan debu mulai menguap, kemudian membentuk ekor komet. Kita tetap bisa melihat komet meskipun jarak mereka sangat jauh dari Bumi. Namun bila melihat meteor, berarti mereka berada di atmosfer kita.

Meteorit

Terkadang meteoroid tidak lenyap saat memasuki atmosfer dan mendarat di permukaan Bumi. Batuan angkasa inilah yang disebut meteorit.

meteorit-di-gurun-nubia-sudan-astronomi
Seorang ilmuwan menyelidiki sebuah meteorit yang mendarat di Gurun Nubia Sudan pada tahun 2008.
Kredit: NASA

Pusat Antariksa Johnson NASA memiliki koleksi meteorit yang telah dikumpulkan dari berbagai lokasi di Bumi dan berfungsi sebagai perpustakaan meteorit bagi para ilmuwan. Dengan mempelajari berbagai jenis meteorit, para ilmuwan dapat belajar banyak tentang asteroid, planet, dan wilayah-wilayah lain di tata surya kita.

Karena asteroid telah terbentuk di sejarah awal tata surya sekitar 4,6 miliar tahun yang lalu, meteorit dapat memberikan informasi tentang asal usul tata surya kita!

Ditulis oleh: Staf spaceplace.nasa.gov


#terimakasihgoogle

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Diameter Bumi

Kredit: NASA, Apollo 17, NSSDC   Para kru misi Apollo 17 mengambil citra Bumi pada bulan Desember 1972 saat menempuh perjalanan dari Bumi dan Bulan. Gurun pasir oranye-merah di Afrika dan Arab Saudi terlihat sangat kontras dengan samudera biru tua dan warna putih dari formasi awan dan salju antartika.   Diameter khatulistiwa Bumi adalah  12.756 kilometer . Lantas bagaimana cara para ilmuwan menghitungnya? Kredit: Clementine,  Naval Research Laboratory .   Pada tahun 200 SM, akurasi perhitungan ukuran Bumi hanya berselisih 1% dengan perhitungan modern. Matematikawan, ahli geografi dan astronom Eratosthenes menerapkan gagasan Aristoteles, jika Bumi berbentuk bulat, posisi bintang-bintang di langit malam hari akan terlihat berbeda bagi para pengamat di lintang yang berbeda.   Eratosthenes mengetahui pada hari pertama musim panas, Matahari melintas tepat di atas Syene, Mesir. Saat siang hari pada hari yang sama, Eratosthenes mengukur perpindahan sudut Matahari dari atas kota Al

Apa Itu Kosmologi? Definisi dan Sejarah

Potret dari sebuah simulasi komputer tentang pembentukan struktur berskala masif di alam semesta, memperlihatkan wilayah seluas 100 juta tahun cahaya beserta gerakan koheren yang dihasilkan dari galaksi yang mengarah ke konsentrasi massa tertinggi di bagian pusat. Kredit: ESO Kosmologi adalah salah satu cabang astronomi yang mempelajari asal mula dan evolusi alam semesta, dari sejak Big Bang hingga saat ini dan masa depan. Menurut NASA, definisi kosmologi adalah “studi ilmiah tentang sifat alam semesta secara keseluruhan dalam skala besar.” Para kosmolog menyatukan konsep-konsep eksotis seperti teori string, materi gelap, energi gelap dan apakah alam semesta itu tunggal ( universe ) atau multisemesta ( multiverse ). Sementara aspek astronomi lainnya berurusan secara individu dengan objek dan fenomena kosmik, kosmologi menjangkau seluruh alam semesta dari lahir sampai mati, dengan banyak misteri di setiap tahapannya. Sejarah Kosmologi dan Astronomi Pemahaman manusia

Berapa Lama Satu Tahun di Planet-Planet Lain?

Jawaban Singkat Berikut daftar berapa lama waktu yang dibutuhkan oleh setiap planet di tata surya kita untuk menyelesaikan satu kali orbit mengitari Matahari (dalam satuan hari di Bumi): Merkurius: 88 hari Venus: 225 hari Bumi: 365 hari Mars: 687 hari Jupiter: 4.333 hari Saturnus: 10.759 hari Uranus: 30.687 hari Neptunus: 60.190 hari   Satu tahun di Bumi berlalu sekitar 365 hari 6 jam, durasi waktu yang dibutuhkan oleh Bumi untuk menyelesaikan satu kali orbit mengitari Matahari. Pelajari lebih lanjut tentang hal itu di artikel: Apa Itu Tahun Kabisat? Satu tahun diukur dari seberapa lama waktu yang dibutuhkan oleh sebuah planet untuk mengorbit bintang induk. Kredit: NASA/Terry Virts Semua planet di tata surya kita juga mengorbit Matahari. Durasi waktu satu tahun sangat tergantung dengan tempat mereka mengorbit. Planet yang mengorbit Matahari dari jarak yang lebih dekat daripada Bumi, lama satu tahunnya lebih pendek daripada Bumi. Sebaliknya planet yang