Langsung ke konten utama

7 Hal yang Menjadikan Misi InSight Berbeda

7-hal-yang-menjadikan-misi-insight-berbeda-informasi-astronomi
Ilustrasi tentang InSight di permukaan Mars.
Kredit Gambar: NASA/JPL-Caltech

Tim ilmuwan NASA yang mengoperasikan pendarat InSight di Mars, saat ini tengah mempersiapkan diri untuk memindahkan InSight dari Lockheed Martin Space di Denver, lokasi pembuatan dan uji coba InSight, ke Vandenberg Air Force Base di California. InSight akan menjadi misi antarplanet pertama yang diluncurkan dari Pantai Barat. Proyek ini dipimpin oleh Laboratorium Propulsi Jet (JPL) NASA di Pasadena, California.

Kita sudah mengetahui seperti apa “Planet Merah” terlihat dari luar, tetapi bagaimana dengan interiornya? Temukan jawabannya di video berdurasi 60 detik oleh JPL NASA.



NASA memiliki rekam jejak panjang kesuksesan misi eksplorasi Mars. Sejak tahun 1965, NASA telah mengirim berbagai wahana antariksa, mulai dari pengorbit, pendarat, hingga penjelajah darat (rover) yang menjelajah permukaan Planet Merah. Lalu, eksperimen apa yang akan dilakukan oleh InSight, yang dijadwalkan mendarat di Mars pada tanggal 22 November 2018?

1. InSight adalah Misi Pertama untuk Mempelajari Interior Mars

Definisi insight (wawasan) adalah untuk mempelajari sifat terdalam dari sesuatu, dan InSight (Interior Exploration using Seismic Investigations, Geodesy and Heat Transport) didesain untuk itu. InSight akan mempelajari “tanda-tanda vital” Mars, meliputi denyut nadi (seismologi), suhu (aliran panas), dan refleks (sains radio). Inilah misi penelitian pertama secara menyeluruh sejak Mars terbentuk sekitar 4,5 miliar tahun lalu.

2. Insight Akan Memberikan wawasan tentang Planet Terestrial

Dengan mempelajari interior Mars, kita dapat mengumpulkan informasi tentang proses yang membentuk planet-planet terestrial tata surya. Bumi dan Mars dibentuk dari material serupa sekitar 4,5 miliar tahun yang lalu, namun mengapa takdir keduanya berbeda?

Untuk mempelajari planet terestrial, kita hanya memiliki Bumi yang telah dipelajari secara mendetail. Perbandingan interior Bumi dan Mars diharapkan dapat mengarahkan para ilmuwan untuk lebih memahami tata surya kita, termasuk membantu upaya pencarian eksoplanet mirip Bumi, dengan mempersempit eksoplanet mana yang berpotensi menampung kehidupan. Jadi, meskipun InSight adalah misi untuk mempelajari Mars, tujuan sains secara umum lebih luas.

3. InSight Akan Mendeteksi Marsquakes

Salah satu cara utama InSight untuk mengintip interior Mars adalah dengan mempelajari pergerakan yang terjadi di bawah tanah atau marsquakes (gempa Mars). NASA belum pernah melakukan misi sains semacam ini sejak misi Viking. Seismometer Viking hanya menghasilkan data derau, sedangkan seismometer InSight akan ditempatkan langsung di permukaan Mars sehingga akan menyediakan banyak data akurat.

Para ilmuwan telah menemukan banyak bukti yang mengindikasikan fenomena gempa di Mars. Tapi tidak seperti gempa di Bumi yang sebagian besar disebabkan oleh pergeseran lempeng tektonik, marsquakes cenderung dihasilkan oleh jenis aktivitas tektonik lainnya, seperti vulkanisme dan retakan yang terbentuk di kerak planet. Selain itu, dampak benturan dengan meteor juga berpotensi menciptakan gelombang seismik yang akan dideteksi oleh InSight.

Setiap marsquake akan seperti lampu pijar yang menerangi struktur interior planet. Dengan mengungkap bagaimana gelombang seismik merambat di setiap lapisan interior planet (kerak, mantel dan inti), para ilmuwan dapat menyimpulkan kedalaman lapisan interior beserta komposisinya. Melalui metode ini, seismologi interior Mars mirip dengan analisis organ di dalam tubuh manusia menggunakan sinar-X.

Para ilmuwan memperkirakan lusinan hingga ratusan marsquakes terjadi selama kurun waktu dua tahun Bumi. Marsquakes mungkin tidak melampaui 6,0 skala Richter, yang akan mengungkap rahasia interior planet.

4. Peluncuran Misi Antarplanet Pertama dari Pantai Barat Amerika

Seluruh misi antarplanet NASA diluncurkan dari Florida. Secara fisika peluncuran dari Pantai Timur dianggap paling ideal untuk misi antariksa ke planet-planet lain. Tapi InSight akan memecahkan rekor sebagai pesawat antariksa pertama yang diluncurkan dari Vandenberg Air Force Base di California. Berarti InSight akan menjadi misi pertama antarplanet yang diluncurkan dari Pantai Barat.

Insight akan ditambatkan di atas roket Atlas V 401 untuk menempatkannya ke lintasan yang mengarah ke Mars. Vandenberg dipilih karena memiliki sarana dan prasarana yang memadai selama periode peluncuran InSight.

Sebuah wilayah baru akan menyaksikan peluncuran antarplanet ketika InSight menembus langit. Di langit yang cerah menjelang fajar, peluncuran dapat terlihat di wilayah California, dari Santa Maria ke San Diego.

5. CubeSat antar Planet Pertama

Roket yang membawa InSight meninggalkan Bumi, secara terpisah akan meluncurkan eksperimen teknologi NASA, yaitu dua pesawat antariksa mini Mars Cube One (MarCO). Sepasang CubeSat seukuran tas kecil ini akan menempuh penerbangannya sendiri ke Mars mengikuti jalur InSight.

Tujuan MarCo adalah untuk meneruskan data yang diperoleh InSight ketika memasuki atmosfer dan menyentuh permukaan Mars. MarCo akan menjadi eksperimen pertama teknologi miniatur CubeSat di planet lain, yang diharapkan menawarkan kemampuan baru untuk misi masa depan.

Jika berhasil, MarCO dapat mewakili jenis data relai terbaru ke Bumi, meskipun keberhasilan misi InSight tidak bergantung pada sepasang CubeSat ini.

6. InSight Akan Mengungkap Proses yang Membentuk Gunung Berapi Mars

Mars adalah rumah bagi beberapa fitur gunung berapi yang mengesankan, termasuk Tharsis, sebuah dataran tinggi dengan beberapa gunung berapi terbesar di tata surya. Panas yang keluar dari interior planet memicu pembentukan fitur geologis jenis ini, seperti di planet terestrial lainnya. Insight dipersenjatai dengan instrumen pendeteksi panas yang akan ditanam sedalam lima meter untuk mengukur aliran panas interior planet. Kombinasi antara laju aliran panas dengan data InSight lainnya diharapkan mengungkap bagaimana energi di interior planet menyebabkan perubahan di permukaan.

7. Mars adalah Mesin Waktu

Mempelajari Mars memungkinkan kita untuk melakukan perjalanan ke masa lalu. Sementara Bumi dan Venus memiliki aktivitas tektonik yang telah menghancurkan sebagian besar bukti sejarah awal pembentukan mereka, catatan sejarah awal Planet Merah tetap statis selama 3 miliar tahun lebih. Karena ukurannya hanya sepertiga Bumi dan Venus, Mars tidak memiliki cukup energi untuk menggerakkan proses geologis yang mengubah struktur planet. Berarti Mars layaknya sebuah fosil planet yang mengunci rahasia sejarah awal tata surya kita di interiornya.

Ditulis oleh: Staf www.jpl.nasa.gov



#terimakasihgoogle dan #terimakasihnasa

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Diameter Bumi

Kredit: NASA, Apollo 17, NSSDC   Para kru misi Apollo 17 mengambil citra Bumi pada bulan Desember 1972 saat menempuh perjalanan dari Bumi dan Bulan. Gurun pasir oranye-merah di Afrika dan Arab Saudi terlihat sangat kontras dengan samudera biru tua dan warna putih dari formasi awan dan salju antartika.   Diameter khatulistiwa Bumi adalah  12.756 kilometer . Lantas bagaimana cara para ilmuwan menghitungnya? Kredit: Clementine,  Naval Research Laboratory .   Pada tahun 200 SM, akurasi perhitungan ukuran Bumi hanya berselisih 1% dengan perhitungan modern. Matematikawan, ahli geografi dan astronom Eratosthenes menerapkan gagasan Aristoteles, jika Bumi berbentuk bulat, posisi bintang-bintang di langit malam hari akan terlihat berbeda bagi para pengamat di lintang yang berbeda.   Eratosthenes mengetahui pada hari pertama musim panas, Matahari melintas tepat di atas Syene, Mesir. Saat siang hari pada hari yang sama, Eratosthenes mengukur perpindahan sudut Matahari dari atas kota Al

Apa Itu Kosmologi? Definisi dan Sejarah

Potret dari sebuah simulasi komputer tentang pembentukan struktur berskala masif di alam semesta, memperlihatkan wilayah seluas 100 juta tahun cahaya beserta gerakan koheren yang dihasilkan dari galaksi yang mengarah ke konsentrasi massa tertinggi di bagian pusat. Kredit: ESO Kosmologi adalah salah satu cabang astronomi yang mempelajari asal mula dan evolusi alam semesta, dari sejak Big Bang hingga saat ini dan masa depan. Menurut NASA, definisi kosmologi adalah “studi ilmiah tentang sifat alam semesta secara keseluruhan dalam skala besar.” Para kosmolog menyatukan konsep-konsep eksotis seperti teori string, materi gelap, energi gelap dan apakah alam semesta itu tunggal ( universe ) atau multisemesta ( multiverse ). Sementara aspek astronomi lainnya berurusan secara individu dengan objek dan fenomena kosmik, kosmologi menjangkau seluruh alam semesta dari lahir sampai mati, dengan banyak misteri di setiap tahapannya. Sejarah Kosmologi dan Astronomi Pemahaman manusia

Berapa Lama Satu Tahun di Planet-Planet Lain?

Jawaban Singkat Berikut daftar berapa lama waktu yang dibutuhkan oleh setiap planet di tata surya kita untuk menyelesaikan satu kali orbit mengitari Matahari (dalam satuan hari di Bumi): Merkurius: 88 hari Venus: 225 hari Bumi: 365 hari Mars: 687 hari Jupiter: 4.333 hari Saturnus: 10.759 hari Uranus: 30.687 hari Neptunus: 60.190 hari   Satu tahun di Bumi berlalu sekitar 365 hari 6 jam, durasi waktu yang dibutuhkan oleh Bumi untuk menyelesaikan satu kali orbit mengitari Matahari. Pelajari lebih lanjut tentang hal itu di artikel: Apa Itu Tahun Kabisat? Satu tahun diukur dari seberapa lama waktu yang dibutuhkan oleh sebuah planet untuk mengorbit bintang induk. Kredit: NASA/Terry Virts Semua planet di tata surya kita juga mengorbit Matahari. Durasi waktu satu tahun sangat tergantung dengan tempat mereka mengorbit. Planet yang mengorbit Matahari dari jarak yang lebih dekat daripada Bumi, lama satu tahunnya lebih pendek daripada Bumi. Sebaliknya planet yang