Langsung ke konten utama

Selain Menghisap, 10 Hal Gila Ini Hanya Bisa Dilakukan oleh Lubang Hitam

Kita semua mengetahui raksasa kosmik lubang  hitam yang menghisap seluruh material yang berada terlalu dekat dengannya. Lubang hitam adalah area gravitasi dahsyat, tidak ada apa satupun, termasuk cahaya, yang bisa lepas darinya.

Lubang hitam terbentuk pada akhir kehidupan bintang-bintang masif. Saat energi dari fusi nuklir yang menyeimbangkan bintang lenyap, gaya gravitasi meruntuhkan bintang dan memicu ledakan supernova.

Bersembunyi di jantung galaksi, lubang hitam tipe supermasif sangat rakus, mengkonsumsi gas, debu dan segala sesuatu di dekatnya. Dalam kegilaan ‘nafsu makannya’, monster ini bahkan mampu menerangi galaksi hingga mengatasi gabungan cahaya yang dipancarkan oleh seluruh bintang di dalam galaksi induk.

Kini para ilmuwan telah memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang sifat-sifat lubang hitam. Dilansir dari situs listverse, selain menghisap segala material, inilah 10 hal gila yang hanya bisa dilakukan oleh lubang hitam.

10. Berotasi Sangat Cepat

lubang-hitam-berputar-sangat-cepat-informasi-astronomi
Kredit: National Geographic

Untuk pertama kalinya, para ilmuwan telah mengukur rotasi sebuah lubang hitam supermasif di galaksi NGC 1365 dengan akurat. Memiliki massa yang setara dengan beberapa juta kali massa Matahari kita, lubang hitam dengan radius 3,2 juta kilometer yang terletak 60 juta tahun cahaya dari Bumi ini, berotasi sangat cepat hingga mencapai 84% kecepatan cahaya.

9. Bersatu untuk Menjadi Supermasif

lubang-hitam-bersatu-untuk-menjadi-supermasif-informasi-astronomi
Kredit: scientificamerican.com

Galaksi-galaksi terbesar di alam semesta adalah rumah bagi pertumbuhan lubang hitam supermasif, yang tidak mungkin terbentuk hanya dari kematian sebuah bintang. Jadi para ilmuwan memprediksi gugus bintang, kelompok sistem biner atau sejumlah lubang hitam yang massanya lebih kecil, bergabung untuk melahirkan sebuah lubang hitam supermasif.

Para ilmuwan telah memiliki bukti untuk teori ini. Melalui serangkaian pengamatan melalui spektrum sinar-X, terungkap bahwa di pusat galaksi Bima Sakti terdapat ‘perkampungan’ lubang hitam.

12 lubang hitam telah ditemukan mengelilingi lubang hitam supermasif Sagitarius A* di pusat galaksi kita. Penemuan ini menghasilkan prediksi mungkin ada sekitar 20.000 lubang hitam lainnya di lokasi yang sama.

8. Melemparkan Massa Setara Planet Jupiter

lubang-hitam-melemparkan-masa-setara-jupiter-informasi-astronomi
Kredit: skyandtelescope.com

Menurut teori dan simulasi, setiap 10.000 tahun sekali lubang hitam supermasif Sagitarius A* di galaksi Bima Sakti akan menghisap sebuah bintang yang terlalu dekat dengannya.

Separuh materi bintang akan terhisap, sedangkan sisanya akan dilemparkan begitu saja. Beberapa material yang terlempar ini dapat menyatu menjadi fragmen seukuran planet Jupiter, bahkan melaju dengan kecepatan antara 3,2 hingga 32,2 juta kilometer per jam.

7. Mengungkap Masa Lalu Galaksi

lubang-hitam-mengungkap-masa-lalu-galaksi-informasi-astronomi
Kredit: astronomi.com

Instrumen Atacama Large Millimeter/submillimeter Array (ALMA) telah memberikan gambaran pertama tentang stuktur torus di sekitar lubang hitam, yaitu gas dan debu yang berputar-putar di sekitar lubang hitam dan membentuk struktur menyerupai donat.

Dari struktur torus ini, para astronom dapat membaca masa lalu sebuah galaksi dan menyimpulkan dari pergerakan dan asimetri bahwa galaksi yang menjadi induk lubang hitam ini, pernah bergabung dengan galaksi lain.


lubang-hitam-mempercepat-objek-sepertiga-kecepatan-cahaya-informasi-astronomi
Kredit: universetoday.com

Terletak satu miliar tahun cahaya dari Bumi, lubang hitam supermasif di pusat galaksi PG211+143 mampu mengakselerasi laju objek hingga sepertiga kecepatan cahaya. Para astronom mengamati gumpalan-gumpalan objek, yang masing-masing massanya setara dengan Bumi, melaju sangat cepat hingga 30% kecepatan cahaya karena efek gravitasi lubang hitam.

Inilah pertama kalinya para astronom menemukan objek yang secara langsung jatuh ke lubang hitam dengan kecepatan sangat tinggi, sebab biasanya ketika berada terlalu dekat dengan lubang hitam, material akan mengorbit terlebih dahulu dan terhisap perlahan-lahan.


lubang-hitam-mengusir-dirinya-sendiri-informasi-astronomi
Kredit: newscientist.com

Sulit dipercaya, lubang hitam supermasif dengan bobot jutaan kali massa Matahari dapat dipindahkan, apalagi diusir dari sebuah galaksi dengan kecepatan tinggi. Namun para astronom menemukan lubang hitam yang terletak 8 miliar tahun cahaya dari Bumi yang disebut 3C 186, diusir keluar dari galaksi yang menjadi tempat tinggalnya.

Lubang hitam dengan massa mencapai satu miliar kali massa Matahari ini ternyata mengusir dirinya sendiri, setelah sebelumnya galaksi induk bergabung dengan galaksi lain. Saat kedua galaksi menyatu, lubang hitam supermasif di pusat masing-masing galaksi bertabrakan dan menghasilkan gelombang gravitasi yang sangat dahsyat.

Gelombang gravitasi justru menghempaskan lubang hitam 3C 186 keluar dari galaksi baru dengan kecepatan 7,6 juta kilometer per jam.

4. Mencuri dari Lubang Hitam yang Lebih Besar

lubang-hitam-mencuri-dari-yang-lebih-besar-informas-astronomi
Kredit: astronomi.com

Para astronom telah mengkonfirmasi lima fenomena penggabungan lubang hitam yang menghasilkan gelombang gravitasi. Uniknya, ada sepasang lubang hitam dengan perkiraan massa awal sekitar 10-15 massa Matahari, bobotnya telah bertambah menjadi 20 massa Matahari. Pertambahan massa terjadi karena mereka mencuri 'makanan' dari lubang hitam yang lebih besar di pusat galaksi.

Pasangan lubang hitam pencuri ini mengembara ke pusat galaksi yang kacau, di mana gas dan debu terhisap oleh lubang hitam supermasif pusat galaksi. Mereka mencuri gas dan debu ini dan tumbuh lebih masif sebelum akhirnya bergabung menjadi satu.

3. Menggunakan Medan Magnet untuk Menghasilkan quasar

lubang-hitam-medan-magnet-quasar-informasi-astronomi
Kredit: nasa.gov

Salah satu faktor utama untuk menentukan massa lubang hitam adalah melalui medan magnet. Para ilmuwan yang mempelajari Cygnus A, sebuah galaksi aktif yang terletak 600 juta tahun cahaya dari Bumi, menemukan medan magnet kuat dan energik di wilayah pusat galaksi. Lubang hitam di pusat Cygnus A sangat aktif, karena mampu menghasilkan quasar, objek paling terang di Alam Semesta.

Quasar dihasilkan oleh medan magnet yang mengelilinginya. Medan magnet memerangkap material debu dan gas di dalam struktur torus di sekitar lubang hitam, kemudian mendorong material ke ‘mulut’ lubang hitam yang menganga. Tidak semua debu dan gas ini jatuh ke lubang hitam, karena sebagian malah diakselerasi menjauh darinya dalam emisi berkas sempit (jet) partikel yang disebut quasar, dari atas dan bawah lubang hitam.


lubang-hitam-bersembunyi-di-galaksi-mungil-informasi-astronomi
Kredit: space.com

Para ilmuwan telah menemukan lubang hitam supermasif di pusat sebuah galaksi katai. Galaksi yang diberi nama Fornax UCD3 ini, tergolong sebagai kelas galaksi langka yang disebut ultra-compact dwarf dan dihuni oleh bintang-bintang lanjut usia.

Fornax UCD3 hanya mengandung sekitar 100 juta bintang dan menempati ruang yang sangat kecil, hanya 300 tahun cahaya. Sebagai perbandingan Bima Sakti memiliki ratusan miliar bintang dengan radius mencapai 150.000 tahun cahaya.

Namun lubang hitam supermasif di pusat Fornax UCD3 setara dengan lubang hitam supemasif di pusat Bima Sakti. Apabila dipersentase, lubang hitam supermasif Fornax UCD3 mengandung 4% massa seluruh galaksi, dibandingkan Bima Sakti yang hanya 0,3%.


lubang-hitam-mengatasi-seluruh-gabungan-cahaya-bintang-di-galaksi-informasi-astronomi
Kredit: dailygalaxy.com

Sebuah galaksi dengan lubang hitam supermasif di wilayah pusat, bersinar sangat menyilaukan sehingga mengatasi gabungan seluruh cahaya bintang di galaksi itu sendiri.

Para astronom menemukan lubang hitam yang diketahui tumbuh paling cepat di alam semesta. Mereka menggambarkannya sebagai raksasa yang menelan massa setara dengan Matahari setiap dua hari sekali. Terletak 12 miliar tahun cahaya dari Bumi, kobaran api dari material di sekitar lubang hitam supermasif ini setara dengan cahaya 700 triliun Matahari.

Lubang hitam ini tumbuh dengan sangat cepat dan bersinar ribuan kali lebih terang daripada cahaya bintang di seluruh galaksi induk, karena semua molekul gas yang dihisap setiap hari menyebabkan gesekan dan panas, memancarkan energi yang disebut quasar.

Itulah 10 hal gila yang hanya bisa dilakukan oleh lubang hitam. Meskipun Sun Tzu pernah berkata, “dekatilah teman-temanmu, tapi lebih dekatlah dengan musuh-musuhmu,” saran tersebut benar-benar harus diabaikan jika menyangkut lubang hitam.

Ditulis oleh: Ivan Farkas, listverse.com


#terimakasihgoogle

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Diameter Bumi

Kredit: NASA, Apollo 17, NSSDC   Para kru misi Apollo 17 mengambil citra Bumi pada bulan Desember 1972 saat menempuh perjalanan dari Bumi dan Bulan. Gurun pasir oranye-merah di Afrika dan Arab Saudi terlihat sangat kontras dengan samudera biru tua dan warna putih dari formasi awan dan salju antartika.   Diameter khatulistiwa Bumi adalah  12.756 kilometer . Lantas bagaimana cara para ilmuwan menghitungnya? Kredit: Clementine,  Naval Research Laboratory .   Pada tahun 200 SM, akurasi perhitungan ukuran Bumi hanya berselisih 1% dengan perhitungan modern. Matematikawan, ahli geografi dan astronom Eratosthenes menerapkan gagasan Aristoteles, jika Bumi berbentuk bulat, posisi bintang-bintang di langit malam hari akan terlihat berbeda bagi para pengamat di lintang yang berbeda.   Eratosthenes mengetahui pada hari pertama musim panas, Matahari melintas tepat di atas Syene, Mesir. Saat siang hari pada hari yang sama, Eratosthenes mengukur perpindahan sudut Matahari dari atas kota Al

Apa Itu Kosmologi? Definisi dan Sejarah

Potret dari sebuah simulasi komputer tentang pembentukan struktur berskala masif di alam semesta, memperlihatkan wilayah seluas 100 juta tahun cahaya beserta gerakan koheren yang dihasilkan dari galaksi yang mengarah ke konsentrasi massa tertinggi di bagian pusat. Kredit: ESO Kosmologi adalah salah satu cabang astronomi yang mempelajari asal mula dan evolusi alam semesta, dari sejak Big Bang hingga saat ini dan masa depan. Menurut NASA, definisi kosmologi adalah “studi ilmiah tentang sifat alam semesta secara keseluruhan dalam skala besar.” Para kosmolog menyatukan konsep-konsep eksotis seperti teori string, materi gelap, energi gelap dan apakah alam semesta itu tunggal ( universe ) atau multisemesta ( multiverse ). Sementara aspek astronomi lainnya berurusan secara individu dengan objek dan fenomena kosmik, kosmologi menjangkau seluruh alam semesta dari lahir sampai mati, dengan banyak misteri di setiap tahapannya. Sejarah Kosmologi dan Astronomi Pemahaman manusia

Berapa Lama Satu Tahun di Planet-Planet Lain?

Jawaban Singkat Berikut daftar berapa lama waktu yang dibutuhkan oleh setiap planet di tata surya kita untuk menyelesaikan satu kali orbit mengitari Matahari (dalam satuan hari di Bumi): Merkurius: 88 hari Venus: 225 hari Bumi: 365 hari Mars: 687 hari Jupiter: 4.333 hari Saturnus: 10.759 hari Uranus: 30.687 hari Neptunus: 60.190 hari   Satu tahun di Bumi berlalu sekitar 365 hari 6 jam, durasi waktu yang dibutuhkan oleh Bumi untuk menyelesaikan satu kali orbit mengitari Matahari. Pelajari lebih lanjut tentang hal itu di artikel: Apa Itu Tahun Kabisat? Satu tahun diukur dari seberapa lama waktu yang dibutuhkan oleh sebuah planet untuk mengorbit bintang induk. Kredit: NASA/Terry Virts Semua planet di tata surya kita juga mengorbit Matahari. Durasi waktu satu tahun sangat tergantung dengan tempat mereka mengorbit. Planet yang mengorbit Matahari dari jarak yang lebih dekat daripada Bumi, lama satu tahunnya lebih pendek daripada Bumi. Sebaliknya planet yang