Langsung ke konten utama

Mendarat di Mars, Inilah 10 Fakta yang Menjadikan Misi InSight Berbeda

10-fakta-insight-informasi-astronomi
Kredit: NASA

Setiap pendaratan wahana antariksa di permukaan Mars adalah prestasi memukau di bidang teknik. Hanya sekitar 40% misi penjelajahan Mars yang digelar oleh badan antariksa di seluruh dunia yang berhasil menyentuh permukaan Mars. Dan Amerika Serikat adalah satu-satunya negara yang berhasil melakukannya. 

NASA memiliki rekam jejak panjang kesuksesan misi antariksa di Mars. Sejak tahun 1965, NASA telah mengirim berbagai wahana antariksa, mulai dari pengorbit, pendarat, hingga penjelajah darat yang bergerak melintasi permukaan Planet Merah.

Belum lama ini, tepatnya pada tanggal 26 November 2018, NASA kembali mendaratkan sebuah wahana antariksa peneliti di Mars, InSight, yang didedikasikan untuk mempelajari interior planet Mars. Karena pengetahuan kita tentang planet Mars hanyalah sebatas kulitnya saja, yang sebagian besar diperoleh melalui foto-foto permukaan Mars.

Dilansir dari situs nasa.gov, berikut 10 fakta menarik tentang InSight!

1. Misi Pertama untuk Mempelajari Interior Mars

insight-memelajari-interior-mars-informasi-astronomi
Kredit: NASA

Definisi istilah insight (wawasan) adalah untuk melihat sifat terdalam dari sesuatu, dan InSight (Interior Exploration using Seismic Investigations, Geodesy and Heat Transport) akan melakukannya. InSight didesain untuk mempelajari “tanda-tanda vital” planet Mars, yaitu denyut nadi (seismologi), suhu (aliran panas), dan refleksnya (sains radio). Inilah misi penelitian pertama secara menyeluruh sejak Mars terbentuk 4,5 miliar tahun lalu.

2. InSight akan mendeteksi marsquakes

marsquakes-insight-informasi-astronomi
Kredit: NASA

Salah satu cara utama bagi InSight untuk mengintip interior Mars adalah dengan mempelajari pergerakan yang terjadi di bawah tanah atau marsquakes (gempa Mars). Para ilmuwan telah menemukan banyak bukti yang menunjukkan fenomena gempa di Mars.

Tapi tidak seperti gempa di Bumi yang sebagian besar disebabkan oleh pergeseran lempeng tektonik, marsquakes cenderung dihasilkan oleh jenis aktivitas tektonik lainnya, seperti vulkanisme dan retakan yang terbentuk di kerak planet. Selain itu, dampak benturan dengan meteor juga berpotensi menciptakan gelombang seismik yang akan dideteksi oleh InSight.

Setiap marsquake akan seperti lampu pijar yang menerangi struktur interior planet. Dengan mengungkap bagaimana gelombang seismik merambat di setiap lapisan interior planet (kerak, mantel dan inti), para ilmuwan dapat menyimpulkan kedalaman lapisan interior beserta komposisinya. Melalui metode ini, seismologi interior Mars mirip dengan analisis organ dalam tubuh manusia menggunakan sinar-X.

3. Peluncuran Misi Antarplanet Pertama dari Pantai Barat Amerika

misi-antarplanet-dari-pantai-timur-informasi-astronomi
Kredit: NASA

Seluruh misi peluncuran antarplanet NASA diluncurkan dari Florida. Secara fisika, peluncuran dari Pantai Timur dianggap paling ideal untuk misi antariksa ke planet-planet lain. Tapi InSight akan memecahkan rekor sebagai pesawat antariksa pertama yang diluncurkan dari Vandenberg Air Force Base. Berarti InSight adalah misi pertama antarplanet dari Pantai Barat.

Insight ditambatkan di atas roket Atlas V 401 untuk menempatkannya ke lintasan yang mengarah ke Mars. Vandenberg dipilih karena memiliki sarana dan prasarana yang memadai selama periode peluncuran InSight.

4. CubeSat Antarplanet Pertama

cubesat-insight-mars-informasi-astronomi
Kredit: NASA

Roket yang membawa InSight meninggalkan Bumi, secara terpisah meluncurkan eksperimen teknologi NASA, yatu dua pesawat antariksa mini Mars Cube One (MarCO). Sepasang CubeSat seukuran tas kecil ini menempuh penerbangannya sendiri ke Mars mengikuti jalur InSight.

Tujuan MarCo adalah untuk meneruskan data yang diperoleh InSight ketika memasuki atmosfer dan menyentuh permukaan Mars. MarCo memecahkan rekor sebagai eksperimen pertama teknologi miniatur CubeSat di planet lain, yang diharapkan menawarkan kemampuan baru untuk misi masa depan.

Jika berhasil, MarCO dapat mewakili jenis data relai terbaru ke Bumi, meskipun keberhasilan misi InSight tidak bergantung pada sepasang CubeSat ini.

5. InSight Akan Mengungkap Proses yang Membentuk Gunung Berapi Mars

volcano-mars-insight-informasi-astronomi
Kredit: NASA

Mars adalah rumah bagi beberapa fitur gunung berapi yang mengesankan, termasuk Tharsis, sebuah dataran tinggi dengan beberapa gunung berapi terbesar di Tata Surya. Panas yang keluar dari interior memicu pembentukan fitur geologis jenis ini, seperti di planet terestrial (berbatu) lainnya.

Insight dipersenjatai dengan instrumen pendeteksi panas yang akan ditanam hingga kedalaman lima meter untuk mengukur aliran panas interior planet. Kombinasi antara laju aliran panas dengan data InSight lainnya diharapkan mengungkap bagaimana energi di interior menyebabkan perubahan di permukaan.

6. Mars adalah Mesin Waktu

mars-mesin-waktu-insight-informasi-astronomi
Kredit: NASA

Mempelajari Mars memungkinkan kita untuk melakukan perjalanan ke masa lalu. Sementara Bumi dan Venus memiliki aktivitas tektonik yang telah menghancurkan sebagian besar bukti sejarah awal mereka, catatan sejarah awal Planet Merah tetap statis selama kurun waktu 3 miliar tahun lebih.

Karena ukurannya hanya sepertiga Bumi dan Venus, maka Mars tidak memiliki cukup energi untuk menggerakkan proses yang mengubah struktur planet. Berarti Mars layaknya sebuah fosil planet yang mengunci rahasia sejarah awal tata surya kita di dalamnya.

7. InSight Mendarat di “Tempat Parkir Terbesar di Mars”

elysium-planitia-insight-informasi-astronomi
Kredit: NASA

Salah satu keunggulan perangkat instrumen sains InSight adalah dapat merekam data berharga tak peduli di manapun InSight mendarat. Keunggulan ini membebaskan misi dari segala kerumitan untuk memilih lokasi pendaratan. Tim misi InSight akhirnya memilih Elysium Planitia sebagai lokasi pendaratan ideal, yang terkadang dianggap sebagai “tempat parkir terbesar di Mars.”

8. InSight Menggunakan Teknologi yang Sudah Teruji

lockheed-martin-space-insight-informasi-astronomi
Kredit: NASA

Pada tahun 2008, NASA berhasil berhasil mendaratkan pesawat antariksa Phoenix di kutub utara Mars. Phoenix adalah pondasi Insight, kedua pesawat antariksa ini adalah besutan Lockheed Martin Space di Denver.

Sistem perisai panas, parasut dan desain pendaratan secara keseluruhan identik. Setelah memisahkan diri dari pendorong, aeroshell (perisai panas) akan memberikan perlindungan saat pesawat antariksa menuruni atmosfer. Parasut dan retroroper memperlambat laju pesawat antariksa dan suspensi kaki menyerap benturan saat menyentuh permukaan.

9. Penelitian Bergantung pada Tiga Instrumen Utama

instrumen-misi-insight-informasi-astronomi
Kredit: NASA

Enam sensor seismometer Seismic Experiment for Interior Structure (SEIS), akan merekam gelombang seismik yang merambat melalui struktur interior planet. Para ilmuwan ingin mengetahui penyebab gelombang seismik, seperti gempa atau meteorit yang menghantam permukaan.

Heat Flow and Physical Properties Package (HP3) akan menggali permukaan Mars lebih dalam daripada setiap probe di Mars selama ini, untuk mengukur berapa banyak panas yang mengalir keluar dari planet ini. HP3 dapat mengungkap apakah Bumi dan Mars terbuat dari unsur yang serupa.

Rotation and Interior Structure Experiment (RISE) akan mendeteksi goyangan poros rotasi Mars, memberikan informasi tentang inti planet.

10. InSight Akan Memberikan Wawasan tentang Planet Terestrial

data-sains-planet-berbatu-dari-insight-informasi-astronomi
Kredit: NASA

Dengan mempelajari interior Mars, kita dapat mengumpulkan informasi tentang proses yang membentuk planet-planet terestrial tata surya. Bumi dan Mars dibentuk dari material serupa sekitar 4,5 miliar tahun yang lalu, namun mengapa takdir keduanya berbeda?

Ada suatu masa ketika mereka berdua memiliki banyak kemiripan, hangat, berair dan diselimuti oleh lapisan tebal atmosfer. Tetapi 3 atau 4 miliar tahun yang lalu, kedua dunia ini seolah mengambil jalan yang berbeda.

Untuk mempelajari planet terestrial, kita hanya memiliki Bumi yang telah dipelajari secara mendetail. Perbandingan interior Bumi dan Mars diharapkan dapat mengarahkan para ilmuwan untuk lebih memahami tata surya kita, termasuk membantu upaya penelitian eksoplanet mirip Bumi, dengan mempersempit eksoplanet mana berpotensi menampung kehidupan.


#terimakasihgoogle dan #terimakasihnasa

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Diameter Bumi

Kredit: NASA, Apollo 17, NSSDC   Para kru misi Apollo 17 mengambil citra Bumi pada bulan Desember 1972 saat menempuh perjalanan dari Bumi dan Bulan. Gurun pasir oranye-merah di Afrika dan Arab Saudi terlihat sangat kontras dengan samudera biru tua dan warna putih dari formasi awan dan salju antartika.   Diameter khatulistiwa Bumi adalah  12.756 kilometer . Lantas bagaimana cara para ilmuwan menghitungnya? Kredit: Clementine,  Naval Research Laboratory .   Pada tahun 200 SM, akurasi perhitungan ukuran Bumi hanya berselisih 1% dengan perhitungan modern. Matematikawan, ahli geografi dan astronom Eratosthenes menerapkan gagasan Aristoteles, jika Bumi berbentuk bulat, posisi bintang-bintang di langit malam hari akan terlihat berbeda bagi para pengamat di lintang yang berbeda.   Eratosthenes mengetahui pada hari pertama musim panas, Matahari melintas tepat di atas Syene, Mesir. Saat siang hari pada hari yang sama, Eratosthenes mengukur perpindahan sudut Matahari dari atas kota Al

Apa Itu Kosmologi? Definisi dan Sejarah

Potret dari sebuah simulasi komputer tentang pembentukan struktur berskala masif di alam semesta, memperlihatkan wilayah seluas 100 juta tahun cahaya beserta gerakan koheren yang dihasilkan dari galaksi yang mengarah ke konsentrasi massa tertinggi di bagian pusat. Kredit: ESO Kosmologi adalah salah satu cabang astronomi yang mempelajari asal mula dan evolusi alam semesta, dari sejak Big Bang hingga saat ini dan masa depan. Menurut NASA, definisi kosmologi adalah “studi ilmiah tentang sifat alam semesta secara keseluruhan dalam skala besar.” Para kosmolog menyatukan konsep-konsep eksotis seperti teori string, materi gelap, energi gelap dan apakah alam semesta itu tunggal ( universe ) atau multisemesta ( multiverse ). Sementara aspek astronomi lainnya berurusan secara individu dengan objek dan fenomena kosmik, kosmologi menjangkau seluruh alam semesta dari lahir sampai mati, dengan banyak misteri di setiap tahapannya. Sejarah Kosmologi dan Astronomi Pemahaman manusia

Berapa Lama Satu Tahun di Planet-Planet Lain?

Jawaban Singkat Berikut daftar berapa lama waktu yang dibutuhkan oleh setiap planet di tata surya kita untuk menyelesaikan satu kali orbit mengitari Matahari (dalam satuan hari di Bumi): Merkurius: 88 hari Venus: 225 hari Bumi: 365 hari Mars: 687 hari Jupiter: 4.333 hari Saturnus: 10.759 hari Uranus: 30.687 hari Neptunus: 60.190 hari   Satu tahun di Bumi berlalu sekitar 365 hari 6 jam, durasi waktu yang dibutuhkan oleh Bumi untuk menyelesaikan satu kali orbit mengitari Matahari. Pelajari lebih lanjut tentang hal itu di artikel: Apa Itu Tahun Kabisat? Satu tahun diukur dari seberapa lama waktu yang dibutuhkan oleh sebuah planet untuk mengorbit bintang induk. Kredit: NASA/Terry Virts Semua planet di tata surya kita juga mengorbit Matahari. Durasi waktu satu tahun sangat tergantung dengan tempat mereka mengorbit. Planet yang mengorbit Matahari dari jarak yang lebih dekat daripada Bumi, lama satu tahunnya lebih pendek daripada Bumi. Sebaliknya planet yang