Langsung ke konten utama

Siapa Wanita Pertama yang Akan Menginjakkan Kaki di Bulan?

siapa-wanita-pertama-yang-akan-menginjakkan-kaki-di-bulan-informasi-astronomi
Daftar astronot wanita NASA saat ini.

Lebih dari lima puluh tahun setelah berakhirnya program Apollo, NASA berencana kembali ke Bulan pada tahun 2024 sebagai “uji coba” generasi terbaru pesawat antariksa sebelum misi berawak ke Mars.

Program baru itu diberi nama Artemis, saudari kembar Apollo dalam mitologi Yunani. Selain itu, NASA juga telah mengumumkan rencana untuk mendaratkan wanita pertama ke permukaan Bulan.

Lantas, siapa yang akan terpilih untuk melakukan lompatan besar dari kaum hawa? Saat ini, kita belum bisa memastikannya, tetapi kandidat utama ada di antara daftar 12 astronot wanita NASA saat ini.

Rentang usia mereka antara 40-53 tahun yang terdiri dari mantan pilot militer, dokter dan ilmuwan yang telah diseleksi dari ribuan pelamar sejak akhir tahun 1990-an.

Memprediksi wanita pertama yang akan menyejajarkan namanya dengan Neil Armstrong dalam catatan buku sejarah bukanlah ilmu pasti, tetapi beberapa mantan astronot dan pakar yang diwawancarai oleh AFP, menganggap keterbatasan tengat waktu berpotensi menutup peluang bagi para rekrutan baru.

“Tidak masalah bagi saya jika ada astronot pemula yang terbang ke Bulan,” kata mantan astronot Eileen Collins, pemimpin misi pesawat ulang-alik pada tahun 1990-an dan 2000-an.

“Tetapi seorang astronot yang telah memiliki jam terbang tinggi tentunya tahu bagaimana harus bereaksi di luar angkasa”.

siapa-wanita-pertama-yang-akan-menginjakkan-kaki-di-bulan-informasi-astronomi
Mantan pilot helikopter Anne McClain akan berada di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) hingga akhir Juni.

Pejabat senior NASA Ken Bowerxox sependapat dengan Collins. “Saya pikir akan lebih baik mengutus astronot yang setidaknya memiliki satu pengalaman penerbangan,” katanya kepada AFP.

Kandidat yang nantinya terpilih lebih mudah diprediksi mengingat minimnya jumlah astronot wanita.

Ketika pertama kali didirikan pada tahun 1958, NASA hanya merekrut astronot laki-laki dari kalangan militer.

12 orang astronot yang telah melangkahkan kaki di permukaan Bulan antara tahun 1969-1972 seluruhnya adalah laki-laki. Baru pada tahun 1983, Sally Ride menjadi astronot wanita pertama yang diterbangkan ke luar angkasa.

Ilmuwan dan tentara

Empat orang wanita dari kelas astronot angkatan ke-21 yang direkrut pada tahun 2013, mewakili keseimbangan perpaduan antara kaum muda dan senior berpengalaman. Kini usia mereka telah mencapai 40 dan 41 tahun, dan akan memperoleh pengalaman antariksa pertama antara tahun ini sampai dengan 2020.

Mantan pilot helikopter militer Anne McClain akan berada di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) hingga akhir Juni.

Terlatih, percaya diri dan berpengalaman, McClain mewakili citra kesempurnaan dari para rekrutan awal NASA.

Kemudian ada insinyur dan pendaki gunung Christina Koch yang saat ini berada di ISS. Koch akan segera memecahkan rekor sebagai wanita terlama di luar angkasa pada durasi misi bulan ke-11.

siapa-wanita-pertama-yang-akan-menginjakkan-kaki-di-bulan-informasi-astronomi
Christina Koch yang saat ini berada ISS akan segera memecahkan rekor sebagai wanita terlama di luar angkasa, selama 11 bulan.

Bulan Maret lalu, kedua astronot wanita tersebut hampir melakukan first all-female space walk, tetapi karena terkendala ukuran baju luar angkasa, McClain harus merelakan tempatnya diambil rekan astronot pria Nick Hague.

“Christina Koch dan Anne McClain berada di daftar puncak dua kandidat terkuat,” kata Janet Ivey, pembawa acara anak-anak tentang sains antariksa dan Gubernur National Space Society.

Tetapi masih ada dua kompetitor kuat bagi kedua kandidat terkuat. Mantan pilot pesawat tempur F/A 18 Nicole Mann dan ahli biota laut Jessica Meir, kualitas mereka tidak terlalu jauh berbeda.

Mereka berdua terus menempa diri untuk segera bergabung ke ISS.

Ketika diwawancarai pada tahun 2016, keempat astronot wanita tangguh ini menyatakan diri siap untuk terbang ke Mars jika ada kesempatan. Jadi sulit membayangkan jika mereka menolak misi ke Bulan.

Proses 'buram' pemilihan

Tidak ada ambang batas maksimal usia untuk penerbangan antariksa. Bahkan astronot legendaris John Glenn melakukan penerbangan terakhirnya pada usia ke-77 sebagai senator AS.

Karena itu tidak ada yang berani mengesampingkan astronot senior Sunita Williams yang pengalamannya tidak bisa diragukan. Williams sedang mempersiapkan misi antariksanya yang ketiga dan akan berusia 58 tahun pada tahun 2024.

Karena NASA selalu “mengapresiasi keterampilan leadership yang tumbuh melalui pelatihan pilot,” menurut Kent Romninger, mantan kepala kantor astronot dari tahun 2002 hingga 2006.

siapa-wanita-pertama-yang-akan-menginjakkan-kaki-di-bulan-informasi-astronomi
Tidak ada yang meragukan pengalaman astronot wanita Sunita Williams yang kini berusia 53 tahun. Saat ini Williams sedang mempersiapkan diri untuk misi luar angkasa ketiganya.

Setahu Romninger, “Suni” telah menunggangi sekitar tiga puluh pesawat yang berbeda sepanjang karier militernya.

Dua wanita lain, Serena Aunon-Chancellor dan Kate Rubins, juga telah ditugaskan dalam misi ke luar angkasa baru-baru ini.

Lima astronot wanita lainnya belum terbang kembali sejak tahun 2010 tetapi tetap aktif bertugas.

Kelas astronot angkatan tahun 2017 juga memiliki lima orang wanita tetapi mereka belum menyelesaikan pelatihan awal.

Meskipun masuk radar, kalender misi tidak memihak mereka. Terutama karena NASA cenderung berpegang pada siklus astronot setelah misi ditetapkan, kata Michael Lopez-Alegria, mantan astronot yang menghabiskan 20 tahun karir bersama NASA.

Namun, ketika sampai pada tahap final pemilihan, mungkin prosesnya “cukup buram (atau kurang transparan),” dia mengakui.

Di Houston, kepala astronot lebih tertarik untuk membangun satu tim dengan profil yang saling melengkapi, campuran dari latar belakang militer dan ilmiah, dan kepribadian yang berbeda.

Misi Artemis diawaki oleh empat orang astronot, dua di antaranya akan melangkahkan kaki di permukaan Bulan. Apa salahnya jika dua dari empat astronot adalah wanita?


Ditulis oleh: Ivan Couronne, phys.org


#terimakasihgoogle

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Diameter Bumi

Kredit: NASA, Apollo 17, NSSDC   Para kru misi Apollo 17 mengambil citra Bumi pada bulan Desember 1972 saat menempuh perjalanan dari Bumi dan Bulan. Gurun pasir oranye-merah di Afrika dan Arab Saudi terlihat sangat kontras dengan samudera biru tua dan warna putih dari formasi awan dan salju antartika.   Diameter khatulistiwa Bumi adalah  12.756 kilometer . Lantas bagaimana cara para ilmuwan menghitungnya? Kredit: Clementine,  Naval Research Laboratory .   Pada tahun 200 SM, akurasi perhitungan ukuran Bumi hanya berselisih 1% dengan perhitungan modern. Matematikawan, ahli geografi dan astronom Eratosthenes menerapkan gagasan Aristoteles, jika Bumi berbentuk bulat, posisi bintang-bintang di langit malam hari akan terlihat berbeda bagi para pengamat di lintang yang berbeda.   Eratosthenes mengetahui pada hari pertama musim panas, Matahari melintas tepat di atas Syene, Mesir. Saat siang hari pada hari yang sama, Eratosthenes mengukur perpindahan sudut Matahari dari atas kota Al

Apa Itu Kosmologi? Definisi dan Sejarah

Potret dari sebuah simulasi komputer tentang pembentukan struktur berskala masif di alam semesta, memperlihatkan wilayah seluas 100 juta tahun cahaya beserta gerakan koheren yang dihasilkan dari galaksi yang mengarah ke konsentrasi massa tertinggi di bagian pusat. Kredit: ESO Kosmologi adalah salah satu cabang astronomi yang mempelajari asal mula dan evolusi alam semesta, dari sejak Big Bang hingga saat ini dan masa depan. Menurut NASA, definisi kosmologi adalah “studi ilmiah tentang sifat alam semesta secara keseluruhan dalam skala besar.” Para kosmolog menyatukan konsep-konsep eksotis seperti teori string, materi gelap, energi gelap dan apakah alam semesta itu tunggal ( universe ) atau multisemesta ( multiverse ). Sementara aspek astronomi lainnya berurusan secara individu dengan objek dan fenomena kosmik, kosmologi menjangkau seluruh alam semesta dari lahir sampai mati, dengan banyak misteri di setiap tahapannya. Sejarah Kosmologi dan Astronomi Pemahaman manusia

Berapa Lama Satu Tahun di Planet-Planet Lain?

Jawaban Singkat Berikut daftar berapa lama waktu yang dibutuhkan oleh setiap planet di tata surya kita untuk menyelesaikan satu kali orbit mengitari Matahari (dalam satuan hari di Bumi): Merkurius: 88 hari Venus: 225 hari Bumi: 365 hari Mars: 687 hari Jupiter: 4.333 hari Saturnus: 10.759 hari Uranus: 30.687 hari Neptunus: 60.190 hari   Satu tahun di Bumi berlalu sekitar 365 hari 6 jam, durasi waktu yang dibutuhkan oleh Bumi untuk menyelesaikan satu kali orbit mengitari Matahari. Pelajari lebih lanjut tentang hal itu di artikel: Apa Itu Tahun Kabisat? Satu tahun diukur dari seberapa lama waktu yang dibutuhkan oleh sebuah planet untuk mengorbit bintang induk. Kredit: NASA/Terry Virts Semua planet di tata surya kita juga mengorbit Matahari. Durasi waktu satu tahun sangat tergantung dengan tempat mereka mengorbit. Planet yang mengorbit Matahari dari jarak yang lebih dekat daripada Bumi, lama satu tahunnya lebih pendek daripada Bumi. Sebaliknya planet yang