Langsung ke konten utama

Bagaimana Badai Dahsyat Siklon Tropis Terbentuk?

bagaimana-badai-dahsyat-siklon-tropis-terbentuk-informasi-astronomi
Citra Badai Fran yang diolah dari data satelit GOES.

Badai siklon tropis adalah badai paling ganas di Bumi. Ada beberapa istilah untuk menggambarkannya, tergantung di mana badai dahsyat ini terjadi, misalnya badai yang terbentuk di atas Samudra Atlantik atau Samudra Pasifik Timur disebut “hurricane”.

Apa pun namanya, proses yang membentuk semua badai siklon tropis selalu sama.

bagaimana-badai-dahsyat-siklon-tropis-terbentuk-informasi-astronomi

Badai siklon tropis layaknya sebuah mesin raksasa yang digerakkan oleh udara hangat dan lembab. Itulah sebabnya mereka hanya terbentuk di atas perairan laut hangat di dekat khatulistiwa. Tidak semua udara hangat dan lembab naik dari dekat permukaan laut, karena masih ada sedikit udara hangat dan lembab yang tersisa di dekat permukaan laut. Dengan kata lain, ketika udara hangat dan lembab naik, mereka menciptakan tekanan di area yang lebih rendah.

bagaimana-badai-dahsyat-siklon-tropis-terbentuk-informasi-astronomi
Awan cumulonimbus badai siklon tropis.

Area udara dengan tekanan yang lebih tinggi mendorong area dengan udara yang tekanannya lebih rendah, memaksa udara hangat dan lembab di bawahnya untuk turut naik ke atas. Proses ini menghasilkan pusaran angin. Setelah udara hangat dan lembab yang naik ke atas mulai mendingin, molekul air di udara membentuk awan. Seluruh formasi awan dan angin mulai berputar dan membesar, disuplai oleh panas dan uap air dari lautan.

Badai yang terbentuk di utara khatulistiwa berputar berlawanan arah jarum jam, sebaliknya badai di selatan khatulistiwa berputar searah jarum jam. Perbedaan ini disebabkan oleh rotasi Bumi.

Saat formasi pusaran badai berputar semakin cepat, sebuah “mata” terbentuk di pusat badai. Area di sekitar mata badai justru sangat tenang dan jernih, karena tekanan udaranya sangat rendah.

bagaimana-badai-dahsyat-siklon-tropis-terbentuk-informasi-astronomi
Seperti inilah wujud badai siklon tropis jika dibelah. Panah merah kecil menunjukkan udara hangat dan lembab yang naik dari permukaan laut dan membentuk awan di sekitar mata badai. Panah biru menunjukkan area yang sejuk di sekitar mata badai. Panah merah besar adalah rotasi pita awan yang naik dari bawah.

Jika kecepatan pusaran angin mencapai 39 mil per jam, maka disebut “badai tropis”. Jika mencapai 74 mil per jam, maka secara resmi disebut “badai siklon tropis”.

Badai siklon tropis cenderung melemah saat mencapai daratan, karena tidak lagi disuplai oleh energi dari perairan laut hangat. Namun mereka kerap bertahan di daratan, menyebabkan hujan deras dan angin yang merusak, sebelum sepenuhnya menghilang.

bagaimana-badai-dahsyat-siklon-tropis-terbentuk-informasi-astronomi
Kategori badai siklon tropis.

Satelit kembar GOES memantau badai dari jarak 22.300 mil di atas permukaan Bumi!

GOES adalah dua satelit besutan NASA yang dioperasikan oleh National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) dan telah diandalkan untuk memprediksi cuaca dan membantu memberikan upaya peringatan dini di mana dan kapan badai dahsyat siklon tropis akan berlangsung di daratan.


Badai Katrina dari luar angkasa

Berikut adalah video Badai Katrina kategori 3, yang melanda pantai Louisiana, Alabama dan Mississippi pada tangal 29 Agustus 2005. Dari video, kita dapat melihat saat badai mulai terbentuk di Samudera Atlantik pada tanggal 24 Agustus dan semakin membesar saat bergerak di atas perairan hangat Teluk Meksiko.


Ditulis oleh: Staf spaceplace.nasa.gov


#terimakasihgoogle dan #terimakasihnasa

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Diameter Bumi

Kredit: NASA, Apollo 17, NSSDC   Para kru misi Apollo 17 mengambil citra Bumi pada bulan Desember 1972 saat menempuh perjalanan dari Bumi dan Bulan. Gurun pasir oranye-merah di Afrika dan Arab Saudi terlihat sangat kontras dengan samudera biru tua dan warna putih dari formasi awan dan salju antartika.   Diameter khatulistiwa Bumi adalah  12.756 kilometer . Lantas bagaimana cara para ilmuwan menghitungnya? Kredit: Clementine,  Naval Research Laboratory .   Pada tahun 200 SM, akurasi perhitungan ukuran Bumi hanya berselisih 1% dengan perhitungan modern. Matematikawan, ahli geografi dan astronom Eratosthenes menerapkan gagasan Aristoteles, jika Bumi berbentuk bulat, posisi bintang-bintang di langit malam hari akan terlihat berbeda bagi para pengamat di lintang yang berbeda.   Eratosthenes mengetahui pada hari pertama musim panas, Matahari melintas tepat di atas Syene, Mesir. Saat siang hari pada hari yang sama, Eratosthenes mengukur perpindahan sudut Matahari dari atas kota Al

Apa Itu Kosmologi? Definisi dan Sejarah

Potret dari sebuah simulasi komputer tentang pembentukan struktur berskala masif di alam semesta, memperlihatkan wilayah seluas 100 juta tahun cahaya beserta gerakan koheren yang dihasilkan dari galaksi yang mengarah ke konsentrasi massa tertinggi di bagian pusat. Kredit: ESO Kosmologi adalah salah satu cabang astronomi yang mempelajari asal mula dan evolusi alam semesta, dari sejak Big Bang hingga saat ini dan masa depan. Menurut NASA, definisi kosmologi adalah “studi ilmiah tentang sifat alam semesta secara keseluruhan dalam skala besar.” Para kosmolog menyatukan konsep-konsep eksotis seperti teori string, materi gelap, energi gelap dan apakah alam semesta itu tunggal ( universe ) atau multisemesta ( multiverse ). Sementara aspek astronomi lainnya berurusan secara individu dengan objek dan fenomena kosmik, kosmologi menjangkau seluruh alam semesta dari lahir sampai mati, dengan banyak misteri di setiap tahapannya. Sejarah Kosmologi dan Astronomi Pemahaman manusia

Berapa Lama Satu Tahun di Planet-Planet Lain?

Jawaban Singkat Berikut daftar berapa lama waktu yang dibutuhkan oleh setiap planet di tata surya kita untuk menyelesaikan satu kali orbit mengitari Matahari (dalam satuan hari di Bumi): Merkurius: 88 hari Venus: 225 hari Bumi: 365 hari Mars: 687 hari Jupiter: 4.333 hari Saturnus: 10.759 hari Uranus: 30.687 hari Neptunus: 60.190 hari   Satu tahun di Bumi berlalu sekitar 365 hari 6 jam, durasi waktu yang dibutuhkan oleh Bumi untuk menyelesaikan satu kali orbit mengitari Matahari. Pelajari lebih lanjut tentang hal itu di artikel: Apa Itu Tahun Kabisat? Satu tahun diukur dari seberapa lama waktu yang dibutuhkan oleh sebuah planet untuk mengorbit bintang induk. Kredit: NASA/Terry Virts Semua planet di tata surya kita juga mengorbit Matahari. Durasi waktu satu tahun sangat tergantung dengan tempat mereka mengorbit. Planet yang mengorbit Matahari dari jarak yang lebih dekat daripada Bumi, lama satu tahunnya lebih pendek daripada Bumi. Sebaliknya planet yang