Langsung ke konten utama

10 Misteri yang Menyelubungi Venus!


Permukaan Venus sama sekali tidak ramah untuk kehidupan, tandus, kering, dihancurkan oleh gaya hingga 90 kali tekanan atmosfer Bumi, dan terpanggang dengan suhu yang dua kali lebih panas daripada panas sebuah oven.
 
Namun, apakah sejarah Venus selalu seperti itu?
 
Apakah Venus pernah menjelma menjadi saudari kembar planet Bumi yang layak huni dan menampung lautan cair?
 
Berikut adalah 10 misteri yang menyelubungi Venus dan masih berusaha diungkap oleh para ilmuwan NASA!
 
1. Apakah Venus pernah menjadi tuan rumah yang ramah terhadap kehidupan?
 
Untuk menjawab pertanyaan ini, para ilmuwan harus memahami lingkungannya pada masa lalu, termasuk atmosfer, geologi dan sejarah planet Venus. Sejarah masa lalu Venus adalah target misi Davinci NASA untuk dijelajahi secara mendetail.
 
2. Mengapa Venus menjalani proses evolusi yang sangat berbeda dari Bumi?
 
Ukuran dan massa jenis Venus setara dengan Bumi, tetapi karakteristik keduanya begitu berbeda. Tekanan udara di permukaan Venus mencapai 90 kali lipat tekanan di permukaan Bumi. Arah rotasi Venus juga bertolak belakang dengan planet-planet anggota tata surya lainnya, dan suhu di permukaan mencapai lebih dari 480 derajat Celsius, yang cukup panas untuk melelehkan timah. Proses evolusi yang dijalani Venus, dapat membantu para ilmuwan untuk memahami tingkat habitabilitas dari waktu ke waktu, dan di mana lokasi terbaik untuk menemukan planet layak huni di luar tata surya.
 
3. Seperti apa proses yang membentuk planet Venus?
 
Masih belum diketahui apakah ketika pertama kali terbentuk, Venus juga dibombardir oleh komet dan asteroid yang kaya akan air seperti yang terjadi di Bumi. Memahami bagaimana Venus memperoleh deposit air, adalah upaya yang penting untuk mengevaluasi potensinya sebagai planet yang menampung lautan pada masa lalu.
 
4. Seperti apa komposisi lapisan atmosfer Venus?
 
Salah satu misteri terbesar tentang atmosfer Venus terletak pada lapisan terbawah yang memanaskan karbon dioksida, ditambah tekanan masif yang membuatnya bertindak lebih seperti cairan panas daripada gas. Misi Davinci akan mengukur unsur kimia, tekanan, suhu, dan dinamika, setidaknya setiap 200 meter saat wahana peneliti turun melalui atmosfer Venus ke permukaan.
 
5. Bagaimana bebatuan di Venus terbentuk?
 
Di bawah awan Venus, instrumen pencitraan resolusi tinggi Davinci akan menguji gagasan terkait peran yang dimainkan air dalam membentuk kerak benua purba. Davinci akan mempelajari salah satu dataran tinggi berbatu yang disebut Alpha Regio, untuk lebih memahami komposisinya.
 
6. Seberapa banyak deposit air di Venus?
 
Air cair adalah prasyarat utama kehidupan. Para ilmuwan tidak bisa menilai habitabilitas masa lalu Venus, tanpa mengetahui deposit air yang pernah ditampung, termasuk kapan dan bagaimana Venus kehilangan air itu. Menggunakan Davinci, para ilmuwan akan mengukur atmosfer untuk mengeksplorasi petunjuk sejarah masa lalu air yang pernah ditampung saudari kembar planet kita.
 
7. Seperti apa karakteristik alami permukaan Venus?
 
Kerak Bumi menampung jaringan lempeng relatif tipis yang saling tumpang tindih di permukaan dalam gerakan horizontal yang konstan. Jika lempeng tektonik serupa juga dimiliki Venus, maka kerak planet dipastikan mengalami pergeseran benua seperti di Bumi. Misteri penting lainnya tentang permukaan Venus adalah vulkanisme. Dua misi masa depan penjelajahan Venus, Davinci dan Veritas, bertujuan untuk memahami aktivitas vulkanik di Venus saat ini.
 
8. Seperti apa pegunungan di Venus?
 
Misi-misi penjelajahan sebelumnya, Venus Landers, Venera, dan Vega, telah mengabadikan citra dataran Venesia dari permukaan Venus. Namun, kamera Davinci akan mengambil citra permukaan pegunungan Tessera dalam resolusi tinggi dari udara, saat wahana peneliti turun di atas wilayah berbatu Dataran Tinggi Alpha Regio.
 
9. Apakah ada planet di luar tata surya yang mirip Venus?
 
Para ilmuwan dapat menghubungkan hasil misi penjelajahan Venus, dengan eksoplanet mirip Venus yang diamati oleh Teleskop Antariksa James Webb. Jika Venus pernah menunjukkan tanda-tanda habitabilitas, berarti eksoplanet yang mirip Venus juga berpotensi layak huni.
 
10. Apakah Ada Misteri-Misteri Baru tentang Venus yang Belum Pernah Kita Pikirkan?
 
Tentu saja akan lahir misteri-misteri baru dari hasil misi penjelajahan ke planet saudari kembar Bumi. Namun, akan ada banyak penemuan baru yang mungkin tidak pernah kita bayangkan.
 
Venus, kami akan segera berkunjung!
 
Sumber: Ten Mysteries of Venus
 
#terimakasihgoogle dan #terimakasihnasa

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Diameter Bumi

Kredit: NASA, Apollo 17, NSSDC   Para kru misi Apollo 17 mengambil citra Bumi pada bulan Desember 1972 saat menempuh perjalanan dari Bumi dan Bulan. Gurun pasir oranye-merah di Afrika dan Arab Saudi terlihat sangat kontras dengan samudera biru tua dan warna putih dari formasi awan dan salju antartika.   Diameter khatulistiwa Bumi adalah  12.756 kilometer . Lantas bagaimana cara para ilmuwan menghitungnya? Kredit: Clementine,  Naval Research Laboratory .   Pada tahun 200 SM, akurasi perhitungan ukuran Bumi hanya berselisih 1% dengan perhitungan modern. Matematikawan, ahli geografi dan astronom Eratosthenes menerapkan gagasan Aristoteles, jika Bumi berbentuk bulat, posisi bintang-bintang di langit malam hari akan terlihat berbeda bagi para pengamat di lintang yang berbeda.   Eratosthenes mengetahui pada hari pertama musim panas, Matahari melintas tepat di atas Syene, Mesir. Saat siang hari pada hari yang sama, Eratosthenes mengukur perpindahan sudut Matahari dari atas kota Al

Apa Itu Kosmologi? Definisi dan Sejarah

Potret dari sebuah simulasi komputer tentang pembentukan struktur berskala masif di alam semesta, memperlihatkan wilayah seluas 100 juta tahun cahaya beserta gerakan koheren yang dihasilkan dari galaksi yang mengarah ke konsentrasi massa tertinggi di bagian pusat. Kredit: ESO Kosmologi adalah salah satu cabang astronomi yang mempelajari asal mula dan evolusi alam semesta, dari sejak Big Bang hingga saat ini dan masa depan. Menurut NASA, definisi kosmologi adalah “studi ilmiah tentang sifat alam semesta secara keseluruhan dalam skala besar.” Para kosmolog menyatukan konsep-konsep eksotis seperti teori string, materi gelap, energi gelap dan apakah alam semesta itu tunggal ( universe ) atau multisemesta ( multiverse ). Sementara aspek astronomi lainnya berurusan secara individu dengan objek dan fenomena kosmik, kosmologi menjangkau seluruh alam semesta dari lahir sampai mati, dengan banyak misteri di setiap tahapannya. Sejarah Kosmologi dan Astronomi Pemahaman manusia

Berapa Lama Satu Tahun di Planet-Planet Lain?

Jawaban Singkat Berikut daftar berapa lama waktu yang dibutuhkan oleh setiap planet di tata surya kita untuk menyelesaikan satu kali orbit mengitari Matahari (dalam satuan hari di Bumi): Merkurius: 88 hari Venus: 225 hari Bumi: 365 hari Mars: 687 hari Jupiter: 4.333 hari Saturnus: 10.759 hari Uranus: 30.687 hari Neptunus: 60.190 hari   Satu tahun di Bumi berlalu sekitar 365 hari 6 jam, durasi waktu yang dibutuhkan oleh Bumi untuk menyelesaikan satu kali orbit mengitari Matahari. Pelajari lebih lanjut tentang hal itu di artikel: Apa Itu Tahun Kabisat? Satu tahun diukur dari seberapa lama waktu yang dibutuhkan oleh sebuah planet untuk mengorbit bintang induk. Kredit: NASA/Terry Virts Semua planet di tata surya kita juga mengorbit Matahari. Durasi waktu satu tahun sangat tergantung dengan tempat mereka mengorbit. Planet yang mengorbit Matahari dari jarak yang lebih dekat daripada Bumi, lama satu tahunnya lebih pendek daripada Bumi. Sebaliknya planet yang