Langsung ke konten utama

Ruang Angkasa Tidak Sedingin seperti yang Terlihat di Film

ruang-angkasa-tidak-sedingin-seperti-yang-terlihat-di-film-informasi-astronomi
(Foto: YE AUNG THU/AFP/Getty Images)

Bagaimanakah cara astronot bertahan dari suhu dingin di luar angkasa saat misi Apollo 13 yang gagal? Pertanyaan ini awalnya muncul di situs Quora: sebuah tempat untuk memperoleh dan berbagi pengetahuan, memberdayakan kita untuk belajar dari orang lain dan untuk lebih lebih memahami tentang dunia di sekitar kita.

Dijawab oleh C Stuart Hardwick, seorang penulis yang pernah mendapatkan penghargaan karya fiksi ilmiah, di Quora:

Saya tidak begitu yakin tentang asal usul konsep populer bahwa di luar angkasa itu dingin, tetapi pemikiran ini salah.

Semua benda langit yang mengorbit Matahari akan mencapai kesetimbangan termal, yang ditentukan oleh keseimbangan antara energi yang diterima dari cahaya dan energi inframerah (panas) dari Matahari.

Semakin panas suhu sebuah benda, maka semakin banyak energi yang terpancar darinya. Semakin dekat dengan Matahari, semakin banyak energi yang diserap olehnya.

Oleh karena itu, di dekat Matahari ruang angkasa sangat panas. Sebaliknya, semakin jauh dari Matahari, suhu ruang angkasa akan semakin dingin. Wilayah ruang angkasa di sekitar orbit Bumi suhunya hangat dan ideal, para ilmuwan menyebutnya “zona Goldilocks” atau zona layak huni.

Jika kita meletakkan sebuah bola yang terbuat dari logam di wilayah orbit Bumi, maka ia memiliki suhu rata-rata di lingkungan titik beku air (tergantung warna bola logam), yaitu 250 derajat Fahrenheit di sisi yang menghadap Matahari dan minus 250 derajat Fahrenheit di sisi yang membelakangi Matahari.

Bagi pesawat antariksa, suhu yang ekstrem ini sangat berbahaya. Pesawat antariksa dan para awak yang berada di dalamnya juga menghasilkan banyak suhu panas. Alasan inilah yang melatarbelakangi mengapa pesawat antariksa Apollo dilapisi permukaan yang ringan dan reflektif, ditambah beberapa lapisan penyekat yang dirancang untuk memperlambat sirkulasi aliran panas. Desain ini membuat Apollo bertahan dari panas Matahari, panas dari panel radiator di modul servis dan panas dari sublimator air es di Lunar Excursion Modul (LEM) yang berfungsi sebagai pengontrol panas.

Saat modul komando dan modul servis tidak aktif, LEM dinyalakan untuk mengontrol suhu pada kisaran 25-37 amps, yang setara dengan panas dari mesin elektronik pembuat kopi. Jadi suhu di dalam pesawat antariksa tetap nyaman dan hangat.

Setelah LEM dimatikan, kontrol suhu berada pada kisaran 10-12 amps, ditambah panas tubuh dari para awak, suhu di dalam pesawat antariksa tetap hangat. Karena sebagian besar cahaya Matahari dipantulkan oleh lapisan reflektif, suhu di dalam pesawat antariksa mulai mendingin.

Bahkan saat itu mereka masih menjalankan sublimator untuk mencegah radio dan peralatan elektronik lainnya agar tidak terpapar panas yang berlebihan. Tidak ada udara di luar angkasa untuk mendinginkan perangkat elektronik, sehingga panas diminimalisir menggunakan cairan pendingin dan sublimator. Awalnya mereka menggunakan 4,8 pon air untuk mendinginkan sistem LEM. Setelah cadangan air menipis, mereka menemukan cara untuk mentransfer air dari modul komando menggunakan peralatan penopang kehidupan, bahkan termasuk mempertimbangkan air kencing sebagai pendingin. Tapi setelah LEM dapat dimatikan, cara-cara tersebut tidak dibutuhkan lagi.

Jadi, meskipun para awak kedinginan, perangkat elektronik tetap panas, sehingga mereka tidak pernah mengalami bahaya hipotermia. Di otobiografinya, Lovell menulis bagaimana mereka mempertimbangkan untuk mengenakan baju pelindung astronot, namun tubuh yang basah oleh keringat akan membawa mereka ke masalah yang lebih besar lagi. Jadi mereka menjaga agar tubuh tetap kering dan akhirnya mampu melewati semuanya itu.

Semua bukti dokumenter menunjukan bagaimana adegan film terlalu didramatisir agar jalan cerita lebih menegangkan. Suhu modul komando tetap menunjukan angka 38 F, sedangkan LEM di antara suhu 49-55 F selama dimatikan. Rentang suhu ini tidak mungkin menyebabkan es di jendela dan tidak membekukan suplai daging, meskipun benar terlalu dingin jika para awak mencoba untuk tidur.

Lovell menjelaskan bagaimana mereka bisa saja tertidur di kursi modul komando masing-masing, karena gravitasi tanpa bobot dapat menghasilkan lapisan udara hangat di sekitar tubuh. Tapi lapisan udara hangat tidak stabil dan akan membangunkan para awak. Dia memang tidak menjelaskannya secara mendetail, tapi saya menduga penyebab lapisan udara hangat tidak stabil adalah reaksi refleksif tubuh terhadap penumpukan CO2 di sekitar wajah.

Lovell juga menulis bahwa dia benar-benar memeluk Fred Haise untuk menghangatkannya, seperti adegan yang dimunculkan dalam film.

Semua adegan dramatis film Apollo 13 mudah ditampilkan hanya menggunakan jendela-jendela dingin.

Ditulis oleh: Quora, kontributor www.forbes.com


#terimakasihgoogle

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Diameter Bumi

Kredit: NASA, Apollo 17, NSSDC   Para kru misi Apollo 17 mengambil citra Bumi pada bulan Desember 1972 saat menempuh perjalanan dari Bumi dan Bulan. Gurun pasir oranye-merah di Afrika dan Arab Saudi terlihat sangat kontras dengan samudera biru tua dan warna putih dari formasi awan dan salju antartika.   Diameter khatulistiwa Bumi adalah  12.756 kilometer . Lantas bagaimana cara para ilmuwan menghitungnya? Kredit: Clementine,  Naval Research Laboratory .   Pada tahun 200 SM, akurasi perhitungan ukuran Bumi hanya berselisih 1% dengan perhitungan modern. Matematikawan, ahli geografi dan astronom Eratosthenes menerapkan gagasan Aristoteles, jika Bumi berbentuk bulat, posisi bintang-bintang di langit malam hari akan terlihat berbeda bagi para pengamat di lintang yang berbeda.   Eratosthenes mengetahui pada hari pertama musim panas, Matahari melintas tepat di atas Syene, Mesir. Saat siang hari pada hari yang sama, Eratosthenes mengukur perpindahan sudut Matahari dari atas kota Al

Apa Itu Kosmologi? Definisi dan Sejarah

Potret dari sebuah simulasi komputer tentang pembentukan struktur berskala masif di alam semesta, memperlihatkan wilayah seluas 100 juta tahun cahaya beserta gerakan koheren yang dihasilkan dari galaksi yang mengarah ke konsentrasi massa tertinggi di bagian pusat. Kredit: ESO Kosmologi adalah salah satu cabang astronomi yang mempelajari asal mula dan evolusi alam semesta, dari sejak Big Bang hingga saat ini dan masa depan. Menurut NASA, definisi kosmologi adalah “studi ilmiah tentang sifat alam semesta secara keseluruhan dalam skala besar.” Para kosmolog menyatukan konsep-konsep eksotis seperti teori string, materi gelap, energi gelap dan apakah alam semesta itu tunggal ( universe ) atau multisemesta ( multiverse ). Sementara aspek astronomi lainnya berurusan secara individu dengan objek dan fenomena kosmik, kosmologi menjangkau seluruh alam semesta dari lahir sampai mati, dengan banyak misteri di setiap tahapannya. Sejarah Kosmologi dan Astronomi Pemahaman manusia

Berapa Lama Satu Tahun di Planet-Planet Lain?

Jawaban Singkat Berikut daftar berapa lama waktu yang dibutuhkan oleh setiap planet di tata surya kita untuk menyelesaikan satu kali orbit mengitari Matahari (dalam satuan hari di Bumi): Merkurius: 88 hari Venus: 225 hari Bumi: 365 hari Mars: 687 hari Jupiter: 4.333 hari Saturnus: 10.759 hari Uranus: 30.687 hari Neptunus: 60.190 hari   Satu tahun di Bumi berlalu sekitar 365 hari 6 jam, durasi waktu yang dibutuhkan oleh Bumi untuk menyelesaikan satu kali orbit mengitari Matahari. Pelajari lebih lanjut tentang hal itu di artikel: Apa Itu Tahun Kabisat? Satu tahun diukur dari seberapa lama waktu yang dibutuhkan oleh sebuah planet untuk mengorbit bintang induk. Kredit: NASA/Terry Virts Semua planet di tata surya kita juga mengorbit Matahari. Durasi waktu satu tahun sangat tergantung dengan tempat mereka mengorbit. Planet yang mengorbit Matahari dari jarak yang lebih dekat daripada Bumi, lama satu tahunnya lebih pendek daripada Bumi. Sebaliknya planet yang