Langsung ke konten utama

Ruang Antarbintang

ruang-antar-bintang-informasi-astronomi

Apa Itu Ruang Antarbintang?

Sekilas, jawabannya nampak sederhana. Kamu mungkin berpikir ruang antarbintang adalah sebuah wilayah di luar angkasa yang berada di antara bintang-bintang.

Namun, jawaban ini tidak begitu tepat, karena berarti semua ruang angkasa adalah ruang antarbintang?

Agar ruang antarbintang dapat menjadi sebuah tempat yang lebih spesifik daripada sekadar wilayah di ruang angkasa, maka harus ada beberapa batasan untuk menentukan ruang di dekat bintang dan ruang di antara bintang-bintang. Lantas, apa saja batasan itu?

Batasnya adalah Angin Surya!

angin-matahari-batasan-ruang-antar-bintang-informasi-astronomi
Angin surya mendorong partikel-partikel ke ruang antarbintang.

Para ilmuwan menentukan batas awal untuk ruang antarbintang sebagai sebuah tempat di mana aliran konstan material dan medan magnet yang berasal dari Matahari berhenti memengaruhi lingkungan di sekitarnya. Tempat ini disebut heliopause dan menandai akhir dari wilayah heliosfer yang diciptakan oleh Matahari kita.

Matahari menciptakan heliosfer dengan cara mengirim arus partikel dan medan magnet ke ruang angkasa secara konstan dengan kecepatan lebih dari 670.000 mil per jam. Aliran ini disebut sebagai ‘angin surya’.

Sebagaimana angin di Bumi, angin surya juga mendorong benda-benda di sekitarnya. Apa yang didorong oleh angin surya? Partikel dari bintang lain atau segala sesuatu yang tidak berasal dari tata surya kita sendiri.

Bagaimana Cara Mengetahui Berada di Ruang Antarbintang?

Ini semua tentang mendeteksi konsentrasi dan suhu partikel di sekitar kita. Di dalam gelembung heliosfer, partikel-partikel Matahari lebih panas tapi kurang terkonsentrasi. Di luar gelembung, partikel-partikel Matahari jauh lebih dingin tapi lebih terkonsentrasi.

Begitu sampai di ruang antarbintang, suhu partikel di sekitar kita akan menjadi lebih dingin, termasuk medan magnet yang tidak berasal dari Matahari kita.

selamat-datang-di-ruang-antar-bintang-informasi-astronomi
Selamat datang di ruang antarbintang!

Kita Telah Mengirim Sesuatu ke Ruang Antarbintang!

voyager-1-ruang-antar-bintang-informasi-astronomi
Ilustrasi pesawat antariksa Voyager

Pada musim panas tahun 2012, pesawat antariksa Voyager 1 NASA menjadi wahana buatan manusia pertama yang pernah memasuki ruang antarbintang.

Diluncurkan pada tahun 1977, Voyager 1 mengunjungi Jupiter dan Saturnus pada tahun 1989 dan bersilangan dengan orbit (tetapi tidak mengunjungi) Uranus dan Neptunus. Pada tahun 2015, Voyager 1 menempuh perjalanan mengarungi kosmos lebih dari 12.161.300.000 mil.

Dalam waktu 300 tahun lagi, Voyager 1 akan sampai di Awan Oort. Awan Oort adalah sebuah wilayah yang dihuni oleh banyak sekali komet yang turut mengorbit Matahari. Awan Oort membentang sangat luas, dan Voyager 1 membutuhkan waktu sekitar 30.000 tahun untuk melewatinya.

40.000 tahun dari sekarang, Voyager 1 akan lebih dekat dengan bintang lain daripada Matahari.

Ditulis oleh: Staf spaceplace.nasa.gov


#terimakasihgoogle dan #terimakasihnasa

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Diameter Bumi

Kredit: NASA, Apollo 17, NSSDC   Para kru misi Apollo 17 mengambil citra Bumi pada bulan Desember 1972 saat menempuh perjalanan dari Bumi dan Bulan. Gurun pasir oranye-merah di Afrika dan Arab Saudi terlihat sangat kontras dengan samudera biru tua dan warna putih dari formasi awan dan salju antartika.   Diameter khatulistiwa Bumi adalah  12.756 kilometer . Lantas bagaimana cara para ilmuwan menghitungnya? Kredit: Clementine,  Naval Research Laboratory .   Pada tahun 200 SM, akurasi perhitungan ukuran Bumi hanya berselisih 1% dengan perhitungan modern. Matematikawan, ahli geografi dan astronom Eratosthenes menerapkan gagasan Aristoteles, jika Bumi berbentuk bulat, posisi bintang-bintang di langit malam hari akan terlihat berbeda bagi para pengamat di lintang yang berbeda.   Eratosthenes mengetahui pada hari pertama musim panas, Matahari melintas tepat di atas Syene, Mesir. Saat siang hari pada hari yang sama, Eratosthenes mengukur perpindahan sudut Matahari dari atas kota Al

Apa Itu Kosmologi? Definisi dan Sejarah

Potret dari sebuah simulasi komputer tentang pembentukan struktur berskala masif di alam semesta, memperlihatkan wilayah seluas 100 juta tahun cahaya beserta gerakan koheren yang dihasilkan dari galaksi yang mengarah ke konsentrasi massa tertinggi di bagian pusat. Kredit: ESO Kosmologi adalah salah satu cabang astronomi yang mempelajari asal mula dan evolusi alam semesta, dari sejak Big Bang hingga saat ini dan masa depan. Menurut NASA, definisi kosmologi adalah “studi ilmiah tentang sifat alam semesta secara keseluruhan dalam skala besar.” Para kosmolog menyatukan konsep-konsep eksotis seperti teori string, materi gelap, energi gelap dan apakah alam semesta itu tunggal ( universe ) atau multisemesta ( multiverse ). Sementara aspek astronomi lainnya berurusan secara individu dengan objek dan fenomena kosmik, kosmologi menjangkau seluruh alam semesta dari lahir sampai mati, dengan banyak misteri di setiap tahapannya. Sejarah Kosmologi dan Astronomi Pemahaman manusia

Berapa Lama Satu Tahun di Planet-Planet Lain?

Jawaban Singkat Berikut daftar berapa lama waktu yang dibutuhkan oleh setiap planet di tata surya kita untuk menyelesaikan satu kali orbit mengitari Matahari (dalam satuan hari di Bumi): Merkurius: 88 hari Venus: 225 hari Bumi: 365 hari Mars: 687 hari Jupiter: 4.333 hari Saturnus: 10.759 hari Uranus: 30.687 hari Neptunus: 60.190 hari   Satu tahun di Bumi berlalu sekitar 365 hari 6 jam, durasi waktu yang dibutuhkan oleh Bumi untuk menyelesaikan satu kali orbit mengitari Matahari. Pelajari lebih lanjut tentang hal itu di artikel: Apa Itu Tahun Kabisat? Satu tahun diukur dari seberapa lama waktu yang dibutuhkan oleh sebuah planet untuk mengorbit bintang induk. Kredit: NASA/Terry Virts Semua planet di tata surya kita juga mengorbit Matahari. Durasi waktu satu tahun sangat tergantung dengan tempat mereka mengorbit. Planet yang mengorbit Matahari dari jarak yang lebih dekat daripada Bumi, lama satu tahunnya lebih pendek daripada Bumi. Sebaliknya planet yang