Langsung ke konten utama

22 Foto Astronomi Terbaik Tahun 2018 Ini Akan Menghiburmu

foto-astronomi-terbaik-tahun-2018-transport-the-soul
Brad Goldpaint/Insight Astronomy Photographer of the Year

Menatap langit selalu mengingatkan kita, bahwa setiap orang dan segala sesuatu yang ada di Bumi disatukan oleh sebuah batu besar yang melayang menyusuri kehampaan kosmik.

Sayangnya, kesibukan yang setiap hari kita jalani dan permasalahan yang kita hadapi, membuat kita terus menatap ke bawah.

Untungnya, beberapa orang tak sekadar meluangkan waktu untuk mengagumi, tetapi juga cukup bertalenta untuk mengabadikan kemegahan alam semesta dalam gambar-gambar memukau, sekaligus mengingatkan eksistensi kita yang rapuh dalam perspektif kosmos.

Kompetisi Insight Astronomy Photographer of the Year kini telah memasuki tahun ke-10. Royal Observatory Greenwich yang menyelenggarakan kontes telah menentukan gambar-gambar astronomi terbaik tahun 2018. Para juri meninjau lebih dari 4.200 gambar yang berasal dari 91 negara, sebelum menetapkan 11 gambar yang menjadi pemenang kontes.

Gambar terbaik yang ditampilkan di atas adalah pemenang kontes. Diberi judul “Transport the Soul”, gambar ini diambil oleh fotografer Brad Goldpoint yang memenangkan hadiah hampir sebesar US $ 13.000. Gambar memperlihatkan galaksi Bima Sakti (kanan), Bulan (tengah) dan fotografer itu sendiri (kiri) di tepi lembah gurun canyon di Moab, Utah.

Dilansir dari Business Insider, berikut 22 gambar astronomi terbaik yang terdiri dari 10 foto pemenang lainnya dan 12 gambar runner-up dalam kompetisi Insight Astronomy Photographer of the Year tahun ini.

foto-astronomi-terbaik-tahun-2018-galaksi-misterius-ngc-3521
Steven Mohr/Insight Astronomy Photographer of the Year

1. Galaksi Misterius NGC 3521

Diabadikan dari Victoria Australia, gambar sebuah galaksi aktif pembentuk bintang ini terletak sekitar 25 juta tahun cahaya dari Bumi. Setiap warna di dalam gambar mewakili variasi usia bintang. Warna merah menunjukkan bintang-bintang yang telah lanjut usia, sedangkan warna biru adalah bintang-bintang muda nan panas.

foto-astronomi-terbaik-tahun-2018-raja-bintang-raja-kecil-dan-dewa-perang
Nicolas Lefaudeux/Insight Astronomy Photographer of the Year

2. Raja Bintang, Raja Kecil dan Dewa Perang

Foto gerhana Matahari total pada tahun 2017 ini diambil di Unity, Oregon, menunjukkan planet Mars (kanan) dan bintang terang Regulus (di sebelah kiri gerhana).

foto-astronomi-terbaik-tahun-2018-laut-tranquility
Jordi Delpeix Borrell/Insight Astronomy Photographer of the Year

3. Laut Tranquility

Pengamatan teleskop yang diarahkan ke Laut ​​Tranquility di Bulan, lokasi para astronot mendarat pada bulan Juli 1969, diambil di Barcelona, Spanyol. Seorang juri mengatakan warna-warna itu mengungkap “kualitas dan kontur tanah Bulan yang sangat indah, abstrak, dan informatif.”

foto-astronomi-terbaik-tahun-2018-dua-komet-dan-pleiades
Damian Peach/Insight Astronomy Photographer of the Year

4. Dua Komet dan Pleiades

Komet hijau C/2017 O1 (kiri) dan komet putih C2015 ER61 (tengah) tampak berlayar menjauhi Gugus Pleiades (kanan).

foto-astronomi-terbaik-tahun-2018-circumpolar
Ferenc Szémár/Insight Astronomy Photographer of the Year

5. Circumpolar

Gambar yang seolah-olah dipoles oleh pastel ini memadukan serangkaian foto dari wilayah langit yang sama. Diambil selama separuh musim dingin, kota-kota terlihat berpendar di bawah horizon, sedangkan di atas horizon adalah bintang circumpolar Almach. Circumpolar dibidik dari Gatyatető, Hongaria.

foto-astronomi-terbaik-tahun-2018-aurora-lane
Nicolas Lefaudeu/Insight Astronomy Photographer of the Year

6. Aurora Lane

Foto yang diambil dari Sirkka, Finlandia ini adalah aurora. Salah satu juri mengatakan, gambar ini mengingatkannya pada salah satu adegan terakhir film “2001 A Space Odyssey”.

foto-astronomi-terbaik-tahun-2018-panggilan-tirai-galaksi
Tianhong Li/Insight Astronomy Photographer of the Year

7. Panggilan Tirai Galaksi

Piringan teleskop radio yang dirancang untuk mempelajari Matahari tampak sedang menatap galaksi Bima Sakti dalam gambar yang diambil dari Ming'Antu, Mongolia.

foto-astronomi-terbaik-tahun-2018-keanggunan-venus
Martin Lewis/Insight Astronomy Photographer of the Year

8. Keanggunan Venus

Difoto dari Hertfordshire, Inggris, Venus adalah planet yang sangat tidak bersahabat, mengingat atmosfernya yang tebal dan sangat panas. Tapi dari sudut yang tepat, Venus juga dapat terlihat anggun.

foto-astronomi-terbaik-tahun-2018-debu-kompleks-corona-australis
Mario Cogo/Insight Astronomy Photographer of the Year

9. Debu Kompleks Corona Australis

Debu dan gas di pusat nebula ini memiliki penampilan 3D yang mencolok dengan bintang-bintang latar belakang. Foto ini diambil di Namibia.

foto-astronomi-terbaik-tahun-2018-pagi-memukau-musim-gugur
Fabian Dalpiaz/Insight Astronomy Photographer of the Year

10. Pagi Memukau saat Musim Gugur

Seorang anak berusia 15 tahun mengambil gambar ini tepat sebelum fajar di Italia. Bulan berada di kiri atas dan tampak sebuah bintang jatuh (meteorit) di sebelah kanan. “Citra dengan gaya seorang pelukis dan komposisi yang indah, foto ini memiliki kualitas yang melampaui pengalaman bertahun-tahun seorang fotografer,” kata salah satu juri.

foto-astronomi-terbaik-tahun-2018-aurorascape
Mikkel Beiter/Insight Astronomy Photographer of the Year

11. Aurorascape

Di luar foto astronomi terbaik pemenang penghargaan, para juri juga memberikan penghargaan kepada 12 runner-up, termasuk foto berikut yang diberi judul Aurorascape. Gambar yang diambil di Norwegia ini menunjukkan bagaimana aurora dan Bulan terlihat dari kepulauan yang tidak jauh dari kutub utara.

foto-astronomi-terbaik-tahun-2018-warna-menonjol-eruptif
Stuart Green/Insight Astronomy Photographer of the Year

12. Warna Menonjol Erupsi

Semburan plasma dalam gambar runner-up ini adalah wilayah permukaan Matahari yang sebelumnya juga menyemburkan suar surya hanya beberapa jam sebelum foto diambil dari Lancashire, Inggris.

foto-astronomi-terbaik-tahun-2018-jejak-gerhana-bulan
Chuanjin Su/Insight Astronomy Photographer of the Year

13. Jejak Gerhana Bulan

Gambar runner-up gerhana Bulan total difoto selama lebih dari empat jam pada tanggal 31 Januari 2018 di Provinsi Hebei, Tiongkok. Bias cahaya yang mengelilingi Bumi tampak melukis permukaan Bulan dengan warna merah-oranye saat fenomena puncak gerhana (tengah).

foto-astronomi-terbaik-tahun-2018-thackeray-globules-in-narrowband-colour
Rolf Wahl Olsen/Insight Astronomy Photographer of the Year

14. Thackeray's Globules in Narrowband Colour

Gambar yang difoto dari Auckland Selandia Baru ini memenangkan penghargaan kategori “highly commended”, menunjukkan Nebula Lambda Centauri yang menjadi lokasi pembentukan bintang-bintang muda sekitar 5.900 tahun cahaya dari Bumi.

foto-astronomi-terbaik-tahun-2018-komet-karbon-monoksida-biru-c2016-r2-panstarrs
Gerald Rhemann/Insight Astronomy Photographer of the Year

15. Komet Karbon Monoksida Biru C2016 R2 Panstarrs

Ketika sinar Matahari menyinari komet C2016 R2, molekul karbon monoksida berfluoresensi dalam warna biru cerah. Foto yang diambil dari Austria ini juga memenangkan penghargaan “highly commended”.


foto-astronomi-terbaik-tahun-2018-batu-melingkar-castlerigg
Matthew James Turner/Insight Astronomy Photographer of the Year

16. Batu Melingkar Castlerigg

Jarang terlihat di Inggris, sekali fenomena pertunjukan langit aura berlangsung, pemandangannya sungguh spektakuler. Gambar runner-up yang diambil di Cumbria Inggris ini memperlihatkan cahaya Bulan saat menyinari permukaan, sementara aurora sebagai latar belakang bersinar di balik perbukitan.

foto-astronomi-terbaik-tahun-2018-dari-sisi-gelap-bulan
László Francsics/Insight Astronomy Photographer of the Year

17. Dari Sisi Gelap

Fase Bulan sabit adalah waktu yang tepat untuk mengamati saat cahaya Matahari menebarkan bayang-bayang di kawah dan gunung Bulan. Foto “highly commended” ini diambil di Budapest, Hongaria.

foto-astronomi-terbaik-tahun-2018-dari-mirach
Raul Villaverde Fraile/Insight Astronomy Photographer of the Year

18. Dari Mirach

Dua puluh empat gambar dirakit menjadi satu untuk membentuk gambar runner-up ini, menghasilkan pemandangan bintang Mirach (tengah), bersama galaksi Messier 31 (kiri atas) dan Messier 33 (kanan bawah). Foto ini diambil di Castilla-La Mancha, Spanyol.

foto-astronomi-terbaik-tahun-2018-rigel-nebula-kepala-penyihir
Mario Cogo/Insight Astronomy Photographer of the Year

19. Rigel dan Nebula Kepala Penyihir

Rigel adalah bintang ketujuh paling terang di langit Bumi yang menyusun rasi Orion. Rigel bersinar terang di dekat Nebula Kepala Penyihir, sebagaimana ditampilkan pada foto runner-up yang diambil di Namibia.

foto-astronomi-terbaik-tahun-2018-cahaya-tengah-malam-limfjord
Ruslan Merzlyakov/Insight Astronomy Photographer of the Year

20. Cahaya Tengah Malam di Atas Limfjord

Selama musim panas di lintang utara atau selatan, Matahari terbenam berpadu dengan Matahari terbit sehingga langit tidak pernah gelap. Foto "highly commended" yang diambil di Nykøbing Mors Denmark ini seolah-olah membekukan waktu, kata para juri.

foto-astronomi-terbaik-tahun-2018-parade-planet
Martin Lewis/Insight Astronomy Photographer of the Year

21. Parade Planet

Foto runner-up ini menunjukkan tujuh planet tata surya yang diambil dari satu lokasi selama satu tahun. Tidak menunjukkan perbandingan skala, ukuran ketujuh planet ditampilkan sebagaimana terlihat di teleskop. Kiri ke Kanan: Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus. Parade Planet difoto dari Hertfordshire, Inggris.

foto-astronomi-terbaik-tahun-2018-aku-melawan-galaksi
Mark McNeill/Insight Astronomy Photographer of the Year

22. Aku Melawan Galaksi

Langit musim dingin bersinar terang dalam gambar “highly commended” ini. Diambil di Northumberland Inggris, foto ini menunjukkan bagaimana galaksi Bima Sakti melintasi Sycamore Gap sebagai latar depan. Sycamore Gap adalah bagian dari struktur era Romawi kuno yang disebut Tembok Hadrian.

Itulah 22 gambar astronomi terbaik pada tahun 2018, kiranya dapat menghibur dan menambah wawasan di sela-sela kesibukanmu. Selamat beraktivitas, tetap semangat dan jangan lupa bahagia!

Ditulis oleh: Dave Mosher, Business Insider


#terimakasihgoogle

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Diameter Bumi

Kredit: NASA, Apollo 17, NSSDC   Para kru misi Apollo 17 mengambil citra Bumi pada bulan Desember 1972 saat menempuh perjalanan dari Bumi dan Bulan. Gurun pasir oranye-merah di Afrika dan Arab Saudi terlihat sangat kontras dengan samudera biru tua dan warna putih dari formasi awan dan salju antartika.   Diameter khatulistiwa Bumi adalah  12.756 kilometer . Lantas bagaimana cara para ilmuwan menghitungnya? Kredit: Clementine,  Naval Research Laboratory .   Pada tahun 200 SM, akurasi perhitungan ukuran Bumi hanya berselisih 1% dengan perhitungan modern. Matematikawan, ahli geografi dan astronom Eratosthenes menerapkan gagasan Aristoteles, jika Bumi berbentuk bulat, posisi bintang-bintang di langit malam hari akan terlihat berbeda bagi para pengamat di lintang yang berbeda.   Eratosthenes mengetahui pada hari pertama musim panas, Matahari melintas tepat di atas Syene, Mesir. Saat siang hari pada hari yang sama, Eratosthenes mengukur perpindahan sudut Matahari dari atas kota Al

Apa Itu Kosmologi? Definisi dan Sejarah

Potret dari sebuah simulasi komputer tentang pembentukan struktur berskala masif di alam semesta, memperlihatkan wilayah seluas 100 juta tahun cahaya beserta gerakan koheren yang dihasilkan dari galaksi yang mengarah ke konsentrasi massa tertinggi di bagian pusat. Kredit: ESO Kosmologi adalah salah satu cabang astronomi yang mempelajari asal mula dan evolusi alam semesta, dari sejak Big Bang hingga saat ini dan masa depan. Menurut NASA, definisi kosmologi adalah “studi ilmiah tentang sifat alam semesta secara keseluruhan dalam skala besar.” Para kosmolog menyatukan konsep-konsep eksotis seperti teori string, materi gelap, energi gelap dan apakah alam semesta itu tunggal ( universe ) atau multisemesta ( multiverse ). Sementara aspek astronomi lainnya berurusan secara individu dengan objek dan fenomena kosmik, kosmologi menjangkau seluruh alam semesta dari lahir sampai mati, dengan banyak misteri di setiap tahapannya. Sejarah Kosmologi dan Astronomi Pemahaman manusia

Berapa Lama Satu Tahun di Planet-Planet Lain?

Jawaban Singkat Berikut daftar berapa lama waktu yang dibutuhkan oleh setiap planet di tata surya kita untuk menyelesaikan satu kali orbit mengitari Matahari (dalam satuan hari di Bumi): Merkurius: 88 hari Venus: 225 hari Bumi: 365 hari Mars: 687 hari Jupiter: 4.333 hari Saturnus: 10.759 hari Uranus: 30.687 hari Neptunus: 60.190 hari   Satu tahun di Bumi berlalu sekitar 365 hari 6 jam, durasi waktu yang dibutuhkan oleh Bumi untuk menyelesaikan satu kali orbit mengitari Matahari. Pelajari lebih lanjut tentang hal itu di artikel: Apa Itu Tahun Kabisat? Satu tahun diukur dari seberapa lama waktu yang dibutuhkan oleh sebuah planet untuk mengorbit bintang induk. Kredit: NASA/Terry Virts Semua planet di tata surya kita juga mengorbit Matahari. Durasi waktu satu tahun sangat tergantung dengan tempat mereka mengorbit. Planet yang mengorbit Matahari dari jarak yang lebih dekat daripada Bumi, lama satu tahunnya lebih pendek daripada Bumi. Sebaliknya planet yang