Langsung ke konten utama

Mars, Fakta Ringan tentang Planet Merah

mars-fakta-ringan-tentang-planet-merah-informasi-astronomi
Senang rasanya punya banyak pengunjung

Mars adalah sebuah dunia gurun yang dingin. Hanya setengah ukuran Bumi, Mars kadang-kadang disebut sebagai Planet Merah. Warnanya merah karena karat besi di permukaan. Batu dan tanah Mars mengandung debu yang komposisinya didominasi unsur besi yang bercampur dengan sejumlah kecil unsur lainnya seperti klorin dan sulfur.

Seperti di Bumi, Mars juga memiliki musim, tudung es di kutub, gunung berapi, ngarai, dan cuaca. Lapisan atmosfernya sangat tipis, terdiri dari karbon dioksida, nitrogen, dan argon.

Ditemukan tanda-tanda banjir air yang terjadi di masa lalu, tetapi sekarang sebagian besar deposit air tersimpan di lumpur es dan awan tipis. Di beberapa lereng bukit Mars, ditemukan bukti air asin cair di permukaan.

Para ilmuwan ingin mengetahui apakah Mars mungkin pernah menampung makhluk hidup di masa lalu. Mereka juga ingin tahu apakah sekarang atau di masa depan Mars mampu menopang kehidupan.

Telah dikunjungi oleh 20 pesawat antariksa, Mars juga menjadi satu-satunya planet yang dipelajari oleh rover (penjelajah darat). Mereka menjelajahi permukaan Mars, mengambil gambar dan melakukan serangkaian penelitian.

Fakta singkat
  • Mars adalah planet terestrial (berbatu)
  • Lapisan atmosfer Mars sangat tipis
  • Mars telah dikenal sejak peradaban kuno karena dapat dilihat tanpa harus menggunakan teleskop canggih
  • Mars memiliki dua bulan, Phobos dan Deimos
  • Lapisan atmosfer aktif, namun permukaan planet pasif. Gunung-gunung berapi Mars sudah tidak aktif.
  • Satu hari adalah 24, 6 jam, sedikit lebih lama daripada hari di Bumi
  • Satu tahun berlalu selama 687 hari Bumi, hampir dua kali lebih lama dari Bumi 
Seperti apa Mars terlihat?

mars-fakta-ringan-tentang-planet-merah-informasi-astronomi
Teleskop Antariksa Hubble NASA menangkap gambar Mars saat berada di titik terdekat dari Bumi selama 60.000 tahun terakhir.

mars-fakta-ringan-tentang-planet-merah-informasi-astronomi
Dalam gambar ini, terlihat formasi awan, kutub dan beberapa fitur berbatu di Mars.

mars-fakta-ringan-tentang-planet-merah-informasi-astronomi
Mars Exploration Rover Opportunity NASA mengambil gambar ini dengan kamera panoramiknya di dekat “Solander Point” di Mars.

Untuk informasi lebih detail kunjungi: “Mars, Planet Merah

Ditulis oleh: Staf spaceplace.nasa.gov


#terimakasihgoogle dan #terimakasihnasa

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Diameter Bumi

Kredit: NASA, Apollo 17, NSSDC   Para kru misi Apollo 17 mengambil citra Bumi pada bulan Desember 1972 saat menempuh perjalanan dari Bumi dan Bulan. Gurun pasir oranye-merah di Afrika dan Arab Saudi terlihat sangat kontras dengan samudera biru tua dan warna putih dari formasi awan dan salju antartika.   Diameter khatulistiwa Bumi adalah  12.756 kilometer . Lantas bagaimana cara para ilmuwan menghitungnya? Kredit: Clementine,  Naval Research Laboratory .   Pada tahun 200 SM, akurasi perhitungan ukuran Bumi hanya berselisih 1% dengan perhitungan modern. Matematikawan, ahli geografi dan astronom Eratosthenes menerapkan gagasan Aristoteles, jika Bumi berbentuk bulat, posisi bintang-bintang di langit malam hari akan terlihat berbeda bagi para pengamat di lintang yang berbeda.   Eratosthenes mengetahui pada hari pertama musim panas, Matahari melintas tepat di atas Syene, Mesir. Saat siang hari pada hari yang sama, Eratosthenes mengukur perpindahan sudut Matahari dari atas kota Al

Apa Itu Kosmologi? Definisi dan Sejarah

Potret dari sebuah simulasi komputer tentang pembentukan struktur berskala masif di alam semesta, memperlihatkan wilayah seluas 100 juta tahun cahaya beserta gerakan koheren yang dihasilkan dari galaksi yang mengarah ke konsentrasi massa tertinggi di bagian pusat. Kredit: ESO Kosmologi adalah salah satu cabang astronomi yang mempelajari asal mula dan evolusi alam semesta, dari sejak Big Bang hingga saat ini dan masa depan. Menurut NASA, definisi kosmologi adalah “studi ilmiah tentang sifat alam semesta secara keseluruhan dalam skala besar.” Para kosmolog menyatukan konsep-konsep eksotis seperti teori string, materi gelap, energi gelap dan apakah alam semesta itu tunggal ( universe ) atau multisemesta ( multiverse ). Sementara aspek astronomi lainnya berurusan secara individu dengan objek dan fenomena kosmik, kosmologi menjangkau seluruh alam semesta dari lahir sampai mati, dengan banyak misteri di setiap tahapannya. Sejarah Kosmologi dan Astronomi Pemahaman manusia

Berapa Lama Satu Tahun di Planet-Planet Lain?

Jawaban Singkat Berikut daftar berapa lama waktu yang dibutuhkan oleh setiap planet di tata surya kita untuk menyelesaikan satu kali orbit mengitari Matahari (dalam satuan hari di Bumi): Merkurius: 88 hari Venus: 225 hari Bumi: 365 hari Mars: 687 hari Jupiter: 4.333 hari Saturnus: 10.759 hari Uranus: 30.687 hari Neptunus: 60.190 hari   Satu tahun di Bumi berlalu sekitar 365 hari 6 jam, durasi waktu yang dibutuhkan oleh Bumi untuk menyelesaikan satu kali orbit mengitari Matahari. Pelajari lebih lanjut tentang hal itu di artikel: Apa Itu Tahun Kabisat? Satu tahun diukur dari seberapa lama waktu yang dibutuhkan oleh sebuah planet untuk mengorbit bintang induk. Kredit: NASA/Terry Virts Semua planet di tata surya kita juga mengorbit Matahari. Durasi waktu satu tahun sangat tergantung dengan tempat mereka mengorbit. Planet yang mengorbit Matahari dari jarak yang lebih dekat daripada Bumi, lama satu tahunnya lebih pendek daripada Bumi. Sebaliknya planet yang