Langsung ke konten utama

Bintik dan Semburan Matahari

Permukaan matahari adalah tempat yang sangat sibuk, dipenuhi gas bermuatan listrik yang menghasilkan area gaya magnetik kuat. Daerah-daerah ini disebut medan magnet. Gas matahari tidak pernah diam dan selalu mengacaukan, membentangkan dan memuntir medan magnet. Pergerakan gas menghasilkan banyak aktivitas di permukaan matahari yang disebut aktivitas surya.

Terkadang permukaan matahari sangat aktif. Di lain waktu, sedikit lebih tenang. Jumlah aktivitas surya berubah seiring tahapan dalam siklus surya dan berpotensi mengancam bumi, jadi setiap hari para ilmuwan selalu memonitor aktivitas surya.

bintik-dan-semburan-matahari-informasi-astronomi
Gambar wilayah aktif matahari yang ditangkap oleh Solar Dynamics Observatory NASA. Gas panas yang menyala membelit dan membentangkan garis-garis medan magnet matahari.
Kredit gambar: NASA/SDO/AIA

Bintik matahari

Bintik matahari adalah area yang terlihat gelap di permukaan matahari, karena suhunya lebih dingin daripada wilayah lain di permukaan matahari. Meskipun lebih dingin, suhu bintik matahari mencapai sekitar 6.500 derajat Fahrenheit.

Mengapa bintik matahari relatif lebih dingin? Karena area pembentukannya di lokasi medan magnet yang mencegah sebagian panas di dalam matahari agar tidak mencapai permukaan.

bintik-dan-semburan-matahari-informasi-astronomi
Wilayah-wilayah aktif di permukaan matahari dengan bintik-bintik gelap matahari.
Kredit gambar: NASA/SDO/AIA/HMI/Pusat Penerbangan Antariksa Goddard

Semburan matahari

Garis-garis medan magnet di dekat bintik matahari kerap bergejolak, berhimpitan dan berubah wujud. Aktivitas ini menghasilkan ledakan energi yang disebut semburan matahari dan melepaskan sejumlah besar radiasi ke ruang angkasa. Jika cukup kuat, radiasi semburan matahari dapat mengganggu komunikasi radio di Bumi.

bintik-dan-semburan-matahari-informasi-astronomi
Solar Dynamics Observatory NASA menangkap gambar semburan matahari yang terlihat seperti kilatan cahaya. Lingkaran material matahari atau pelepasan massa koronal juga dapat terlihat di bagian kanan Matahari.
Kredit gambar: NASA/SDO/Goddard

Semburan matahari kadang-kadang disertai pelepasan massa koronal, gelembung besar radiasi dan partikel dari matahari. Pelepasan massa koronal meledak ke ruang angkasa dengan kecepatan tinggi ketika garis-garis medan magnet matahari secara tiba-tiba berubah bentuk.

Dampak yang ditimbulkan

Ketika mencapai area dekat bumi, partikel bermuatan dari pelepasan masa koronal dapat menyebabkan aurora. Apabila cukup kuat, pelepasan massa koronal juga dapat mengganggu jaringan listrik. Semburan matahari dan pelepasan massa koronal adalah aktivitas ledakan paling kuat di tata surya.

Jawaban singkat:

Bintik matahari adalah area yang tampak gelap di permukaan matahari. Tampak gelap karena lebih dingin daripada wilayah lain di permukaan matahari. Semburan matahari adalah ledakan energi spontan, yang disebabkan oleh puntiran, penyilangan atau pengorganisasian ulang garis medan magnet di dekat bintik matahari.

Ditulis oleh: Staf spaceplace.nasa.gov


#terimakasihgoogle dan #terimakasihnasa

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Diameter Bumi

Kredit: NASA, Apollo 17, NSSDC   Para kru misi Apollo 17 mengambil citra Bumi pada bulan Desember 1972 saat menempuh perjalanan dari Bumi dan Bulan. Gurun pasir oranye-merah di Afrika dan Arab Saudi terlihat sangat kontras dengan samudera biru tua dan warna putih dari formasi awan dan salju antartika.   Diameter khatulistiwa Bumi adalah  12.756 kilometer . Lantas bagaimana cara para ilmuwan menghitungnya? Kredit: Clementine,  Naval Research Laboratory .   Pada tahun 200 SM, akurasi perhitungan ukuran Bumi hanya berselisih 1% dengan perhitungan modern. Matematikawan, ahli geografi dan astronom Eratosthenes menerapkan gagasan Aristoteles, jika Bumi berbentuk bulat, posisi bintang-bintang di langit malam hari akan terlihat berbeda bagi para pengamat di lintang yang berbeda.   Eratosthenes mengetahui pada hari pertama musim panas, Matahari melintas tepat di atas Syene, Mesir. Saat siang hari pada hari yang sama, Eratosthenes mengukur perpindahan sudut Matahari dari atas kota Al

Apa Itu Kosmologi? Definisi dan Sejarah

Potret dari sebuah simulasi komputer tentang pembentukan struktur berskala masif di alam semesta, memperlihatkan wilayah seluas 100 juta tahun cahaya beserta gerakan koheren yang dihasilkan dari galaksi yang mengarah ke konsentrasi massa tertinggi di bagian pusat. Kredit: ESO Kosmologi adalah salah satu cabang astronomi yang mempelajari asal mula dan evolusi alam semesta, dari sejak Big Bang hingga saat ini dan masa depan. Menurut NASA, definisi kosmologi adalah “studi ilmiah tentang sifat alam semesta secara keseluruhan dalam skala besar.” Para kosmolog menyatukan konsep-konsep eksotis seperti teori string, materi gelap, energi gelap dan apakah alam semesta itu tunggal ( universe ) atau multisemesta ( multiverse ). Sementara aspek astronomi lainnya berurusan secara individu dengan objek dan fenomena kosmik, kosmologi menjangkau seluruh alam semesta dari lahir sampai mati, dengan banyak misteri di setiap tahapannya. Sejarah Kosmologi dan Astronomi Pemahaman manusia

Berapa Lama Satu Tahun di Planet-Planet Lain?

Jawaban Singkat Berikut daftar berapa lama waktu yang dibutuhkan oleh setiap planet di tata surya kita untuk menyelesaikan satu kali orbit mengitari Matahari (dalam satuan hari di Bumi): Merkurius: 88 hari Venus: 225 hari Bumi: 365 hari Mars: 687 hari Jupiter: 4.333 hari Saturnus: 10.759 hari Uranus: 30.687 hari Neptunus: 60.190 hari   Satu tahun di Bumi berlalu sekitar 365 hari 6 jam, durasi waktu yang dibutuhkan oleh Bumi untuk menyelesaikan satu kali orbit mengitari Matahari. Pelajari lebih lanjut tentang hal itu di artikel: Apa Itu Tahun Kabisat? Satu tahun diukur dari seberapa lama waktu yang dibutuhkan oleh sebuah planet untuk mengorbit bintang induk. Kredit: NASA/Terry Virts Semua planet di tata surya kita juga mengorbit Matahari. Durasi waktu satu tahun sangat tergantung dengan tempat mereka mengorbit. Planet yang mengorbit Matahari dari jarak yang lebih dekat daripada Bumi, lama satu tahunnya lebih pendek daripada Bumi. Sebaliknya planet yang