Langsung ke konten utama

Messier 38, Gugus Bintang Laut

messier-38-informasi-astronomi
Messier 38.
Kredit gambar: Wikisky

Messier 38 adalah sebuah gugus bintang terbuka yang terletak 4.200 tahun cahaya dari Bumi di rasi utara Auriga. Dengan magnitudo semua 7,4, Messier 38 tidak bisa dilihat dengan mata telanjang. Selain dijuluki Gugus Bintang Laut, Messier 38 juga diberi kode NGC 1912 di New General Catalogue.

Gugus ini relatif mudah ditemukan karena terletak di dalam poligon yang disusun oleh bintang-bintang paling terang Auriga. Titik utara poligon ditandai oleh Capella, bintang paling terang ketiga di belahan bumi utara. Messier 38 berada kira-kira dua pertiga jarak dari Capella ke Alnath (El Nath), bintang paling terang kedua di rasi Taurus, sebelah selatan Capella.

Bila diamati menggunakan teropong 10x50, Messier 38 akan nampak cukup besar, sedangkan teleskop berdiameter 4 inci mumpuni untuk mengamati beberapa bintang secara mendetail, terutama yang terkonsentrasi di daerah pusat dan membentuk pola tidak beraturan mirip huruf Yunani Pi, panah tidak beraturan dan salib serong.

Pola huruf X Gugus Bintang Laut bahkan lebih mudah diamati menggunakan teleskop 8 inci, untuk mengungkap seluruh bintang yang sebagian besar berpasangan atau menyusun sistem biner (ganda).

Atau menggunakan objek Messier lain sebagai patokan, yaitu Messier 36 yang terletak tepat di sebelah barat titik tengah antara Mahasim dan Alnath. Mahasim adalah bintang kedua yang bergerak berlawanan arah jarum jam dari Capella di poligon Auriga. Messier 38 terletak 2,3 derajat di sebelah barat laut Messier 36. Messier 37, gugus bintang ketiga katalog Messier di Auriga, dapat ditemukan 4 derajat lebih jauh di sebelah tenggara Messier 36. Di antara trio objek Messier di Auriga, Messier 38 adalah yang paling redup.

Messier 38 paling ideal diamati menggunakan teleskop kecil atau menengah pada perbesaran rendah. Musim dingin adalah waktu terbaik untuk mengamatinya saat Auriga naik tinggi bagi para pengamat langit utara.

Menduduki area seluas 21 menit busur dan memiliki radius linier 25 tahun cahaya, Messier 38 diperkirakan baru berusia 220 juta tahun dan dihuni oleh lebih dari 100 bintang yang telah terkonfirmasi. Bintang yang paling terang adalah raksasa kuning klasifikasi G0 dengan magnitudo visualnya -1,5 dan magnitudo semu 7,9 yang membuatnya bersinar 900 kali lebih terang daripada Matahari.

Messier 38 diperkirakan berinteraksi secara gravitasi dengan gugus bintang terbuka NGC 1907 di dekatnya, yang dapat ditemukan sekitar 30 menit busur ke selatan.

messier-38-informasi-astronomi
Messier 36, Messier 37 dan Messier 38.
Kredit gambar: Wikisky

Messier 38 pertama kali ditemukan oleh astronom Italia Giovanni Battista Hodierna sebelum tahun 1654, bersamaan pada saat ia menemukan gugus bintang terbuka terdekat Messier 36 dan Messier 37. Sedangkan Guillaume Le Gentil menemukan Messier 36 dan Messier 38 secara independen pada tahun 1749.

Adapun Charles Messier memasukkan Messier 38 ke dalam katalog edisi pertama yang ia susun pada tanggal 25 September 1764, dan menulis:

“Pada malam 25-26 September 1764, saya telah menemukan gugus bintang kecil di Auriga, dekat bintang Sigma di rasi itu, sedikit jauh dari dua gugus sebelumnya: yang ini berbentuk persegi, & tidak mengandung nebulositas apa pun, jika seseorang memeriksanya dengan instrumen memadai: mungkin membentang 15 menit busur. Saya telah menentukan posisinya: asensio rekta 78d 10’ 12”, & deklinasi 36d 11’ 51” utara.”

lokasi-messier-38-informasi-astronomi
Lokasi Messier 38.
Kredit: IAU dan Sky & Telescope magazine (Roger Sinnott & Rick Fienberg)

Ditulis oleh: Staf www.messier-objects.com

#terimakasihgoogle

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Diameter Bumi

Kredit: NASA, Apollo 17, NSSDC   Para kru misi Apollo 17 mengambil citra Bumi pada bulan Desember 1972 saat menempuh perjalanan dari Bumi dan Bulan. Gurun pasir oranye-merah di Afrika dan Arab Saudi terlihat sangat kontras dengan samudera biru tua dan warna putih dari formasi awan dan salju antartika.   Diameter khatulistiwa Bumi adalah  12.756 kilometer . Lantas bagaimana cara para ilmuwan menghitungnya? Kredit: Clementine,  Naval Research Laboratory .   Pada tahun 200 SM, akurasi perhitungan ukuran Bumi hanya berselisih 1% dengan perhitungan modern. Matematikawan, ahli geografi dan astronom Eratosthenes menerapkan gagasan Aristoteles, jika Bumi berbentuk bulat, posisi bintang-bintang di langit malam hari akan terlihat berbeda bagi para pengamat di lintang yang berbeda.   Eratosthenes mengetahui pada hari pertama musim panas, Matahari melintas tepat di atas Syene, Mesir. Saat siang hari pada hari yang sama, Eratosthenes mengukur perpindahan sudut Matahari dari atas kota Al

Apa Itu Kosmologi? Definisi dan Sejarah

Potret dari sebuah simulasi komputer tentang pembentukan struktur berskala masif di alam semesta, memperlihatkan wilayah seluas 100 juta tahun cahaya beserta gerakan koheren yang dihasilkan dari galaksi yang mengarah ke konsentrasi massa tertinggi di bagian pusat. Kredit: ESO Kosmologi adalah salah satu cabang astronomi yang mempelajari asal mula dan evolusi alam semesta, dari sejak Big Bang hingga saat ini dan masa depan. Menurut NASA, definisi kosmologi adalah “studi ilmiah tentang sifat alam semesta secara keseluruhan dalam skala besar.” Para kosmolog menyatukan konsep-konsep eksotis seperti teori string, materi gelap, energi gelap dan apakah alam semesta itu tunggal ( universe ) atau multisemesta ( multiverse ). Sementara aspek astronomi lainnya berurusan secara individu dengan objek dan fenomena kosmik, kosmologi menjangkau seluruh alam semesta dari lahir sampai mati, dengan banyak misteri di setiap tahapannya. Sejarah Kosmologi dan Astronomi Pemahaman manusia

Berapa Lama Satu Tahun di Planet-Planet Lain?

Jawaban Singkat Berikut daftar berapa lama waktu yang dibutuhkan oleh setiap planet di tata surya kita untuk menyelesaikan satu kali orbit mengitari Matahari (dalam satuan hari di Bumi): Merkurius: 88 hari Venus: 225 hari Bumi: 365 hari Mars: 687 hari Jupiter: 4.333 hari Saturnus: 10.759 hari Uranus: 30.687 hari Neptunus: 60.190 hari   Satu tahun di Bumi berlalu sekitar 365 hari 6 jam, durasi waktu yang dibutuhkan oleh Bumi untuk menyelesaikan satu kali orbit mengitari Matahari. Pelajari lebih lanjut tentang hal itu di artikel: Apa Itu Tahun Kabisat? Satu tahun diukur dari seberapa lama waktu yang dibutuhkan oleh sebuah planet untuk mengorbit bintang induk. Kredit: NASA/Terry Virts Semua planet di tata surya kita juga mengorbit Matahari. Durasi waktu satu tahun sangat tergantung dengan tempat mereka mengorbit. Planet yang mengorbit Matahari dari jarak yang lebih dekat daripada Bumi, lama satu tahunnya lebih pendek daripada Bumi. Sebaliknya planet yang