Langsung ke konten utama

Atmosfer Bumi

atmosfer-bumi-informasi-astronomi

Bagi Bumi, atmosfer bagaikan selubung yang mengelilingi planet kita. Atmosfer menjaga agar kita tetap hangat, memberi kita oksigen untuk bernafas dan di situlah hampir semua cuaca berlangsung. Atmosfer Bumi terdiri dari enam lapisan: troposfer, stratosfer, mesosfer, termosfer, ionosfer dan eksosfer.

Selubung Planet

atmosfer-bumi-informasi-astronomi

Bumi adalah planet ideal yang layak huni berkat atmosfer yang mengelilinginya, bagaikan kulit yang menutupi buah jeruk. Atmosfer terdiri dari enam lapisan dengan komposisi yang berbeda, mulai dari permukaan hingga ke luar angkasa.

1. Troposfer, lapisan terendah atmosfer Bumi

atmosfer-bumi-informasi-astronomi

Lapisan yang kita sebut rumah ini berada paling dekat dari permukaan. “Tropo” berarti perubahan, karena di lapisan inilah perubahan cuaca terus terjadi dan molekul-molekul gas bercampur. Dengan ketebalan antara 8-14 kilometer, troposfer menyediakan udara yang kita hirup. Formasi awan dan udara terpadat ada di lapisan terendah ini.

Faktanya, troposfer mengandung tiga perempat massa seluruh atmosfer, dengan komposisi 78% nitrogen dan 21% oksigen. 1% sisanya adalah campuran argon, uap air, dan karbon dioksida. Saat merasakan hembusan angin, melihat awan, burung dan pesawat di langit, berarti kamu berada di troposfer.

2. Stratosfer, lapisan ozon perisai radiasi ultraviolet

atmosfer-bumi-informasi-astronomi

“Strat” ​​berarti lapisan. Lapisan atmosfer kedua kita memiliki lapisannya tersendiri. Karena badai dan turbulensi hanya terjadi di troposfer, maka molekul udara tidak pernah tercampur di stratosfer. Udara yang dingin dan berat ada di lapisan terbawah, sebaliknya udara yang ringan dan hangat ada di lapisan teratas.

Dengan tebal 35 kilometer, stratosfer menyediakan lapisan ozon yang melindungi kita dari radiasi ultraviolet berbahaya Matahari. Berkat lapisan ozon yang menyerap sebagian besar radiasi ultraviolet, kehidupan  di muka Bumi dapat terlindungi.

3. Mesosfer, lapisan perisai serangan meteor

atmosfer-bumi-informasi-astronomi

“Meso” berarti tengah dan inilah lapisan atmosfer tertinggi di mana molekul-molekul gasnya bercampur, bukannya berlapis oleh massa mereka. Ketebalan mesosfer adalah 35 kilometer. Udara sangat tipis, jadi kamu tidak akan bisa bernapas di mesosfer, meskipun ada lebih banyak molekul gas di lapisan ini daripada di termosfer.

Pernahkah kamu melihat hujan meteor? Beberapa orang menyebutnya bintang jatuh. Meteor yang menembus atmosfer terbakar di mesosfer. Meteor lebih mudah melewati eksosfer dan termosfer karena kedua lapisan ini tidak memiliki banyak udara. Tetapi saat melewati mesosfer, molekul gas di sana menyebabkan gesekan dan menciptakan panas yang membakar meteor.

4. Termosfer, lapisan Stasiun Luar Angkasa Internasional bernanung

atmosfer-bumi-informasi-astronomi
.
“Termo” berarti panas, dan suhu di lapisan ini dapat mencapai 2.482 derajat Celsius. Anehnya, kamu justru akan merasa sangat dingin jika berada di sana, karena tidak ada cukup molekul gas untuk mentransfer panas, termasuk minimnya molekul gas untuk dilalui oleh gelombang suara.

Ketebalan termosfer sekitar 513 kilometer, jauh lebih tebal daripada troposfer, meskipun tak setebal eksosfer. Termosfer adalah rumah bagi Stasiun Luar Angkasa Internasional dan satelit-satelit orbit rendah.

5. Ionosfer, lapisan yang menggelar pertunjukan auroa menakjubkan

atmosfer-bumi-informasi-astronomi

Ionosfer adalah lapisan atmosfer paling aktif yang meluas dan menyusut tergantung seberapa banyak energi yang diserap Matahari. Diberi nama ionosfer karena molekul gas di sana terpapar radiasi Matahari untuk membentuk ion bermuatan.

Ionosfer tumpang tindih dengan mesosfer, termosfer dan eksosfer, bahkan dengan magnetosfer Bumi, atau area di sekitar Bumi tempat partikel bermuatan terpengaruh oleh medan magnet Bumi dan partikel energik dari Matahari.

Di sinilah pertunjukan langit aurora digelar, cahaya indah yang kerap dilihat di dekat kutub Bumi. Aurora dihasilkan oleh interaksi antara partikel berenergi tinggi dari Matahari dengan atom di lapisan ionosfer.

6. Eksosfer, lapisan terluar atmosfer Bumi

atmosfer-bumi-informasi-astronomi

“Exo” berarti di luar, dan eksosfer adalah lapisan terluar yang memisahkan atmosfer dari luar angkasa. Tebalnya sekitar 10.000 kilometer, hampir seluas planet kita. Berarti untuk mencapai luar angkasa, kamu harus benar-benar jauh dari Bumi.

Eksosfer mengandung molekul gas seperti hidrogen dan helium, tetapi mereka sangat tersebar. Ada banyak ruang hampa di antaranya, tidak ada udara untuk bernapas dan sangat dingin.

Ditulis oleh: Staf spaceplace.nasa.gov


#terimakasihgoogle dan #terimakasihnasa

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Diameter Bumi

Kredit: NASA, Apollo 17, NSSDC   Para kru misi Apollo 17 mengambil citra Bumi pada bulan Desember 1972 saat menempuh perjalanan dari Bumi dan Bulan. Gurun pasir oranye-merah di Afrika dan Arab Saudi terlihat sangat kontras dengan samudera biru tua dan warna putih dari formasi awan dan salju antartika.   Diameter khatulistiwa Bumi adalah  12.756 kilometer . Lantas bagaimana cara para ilmuwan menghitungnya? Kredit: Clementine,  Naval Research Laboratory .   Pada tahun 200 SM, akurasi perhitungan ukuran Bumi hanya berselisih 1% dengan perhitungan modern. Matematikawan, ahli geografi dan astronom Eratosthenes menerapkan gagasan Aristoteles, jika Bumi berbentuk bulat, posisi bintang-bintang di langit malam hari akan terlihat berbeda bagi para pengamat di lintang yang berbeda.   Eratosthenes mengetahui pada hari pertama musim panas, Matahari melintas tepat di atas Syene, Mesir. Saat siang hari pada hari yang sama, Eratosthenes mengukur perpindahan sudut Matahari dari atas kota Al

Apa Itu Kosmologi? Definisi dan Sejarah

Potret dari sebuah simulasi komputer tentang pembentukan struktur berskala masif di alam semesta, memperlihatkan wilayah seluas 100 juta tahun cahaya beserta gerakan koheren yang dihasilkan dari galaksi yang mengarah ke konsentrasi massa tertinggi di bagian pusat. Kredit: ESO Kosmologi adalah salah satu cabang astronomi yang mempelajari asal mula dan evolusi alam semesta, dari sejak Big Bang hingga saat ini dan masa depan. Menurut NASA, definisi kosmologi adalah “studi ilmiah tentang sifat alam semesta secara keseluruhan dalam skala besar.” Para kosmolog menyatukan konsep-konsep eksotis seperti teori string, materi gelap, energi gelap dan apakah alam semesta itu tunggal ( universe ) atau multisemesta ( multiverse ). Sementara aspek astronomi lainnya berurusan secara individu dengan objek dan fenomena kosmik, kosmologi menjangkau seluruh alam semesta dari lahir sampai mati, dengan banyak misteri di setiap tahapannya. Sejarah Kosmologi dan Astronomi Pemahaman manusia

Berapa Lama Satu Tahun di Planet-Planet Lain?

Jawaban Singkat Berikut daftar berapa lama waktu yang dibutuhkan oleh setiap planet di tata surya kita untuk menyelesaikan satu kali orbit mengitari Matahari (dalam satuan hari di Bumi): Merkurius: 88 hari Venus: 225 hari Bumi: 365 hari Mars: 687 hari Jupiter: 4.333 hari Saturnus: 10.759 hari Uranus: 30.687 hari Neptunus: 60.190 hari   Satu tahun di Bumi berlalu sekitar 365 hari 6 jam, durasi waktu yang dibutuhkan oleh Bumi untuk menyelesaikan satu kali orbit mengitari Matahari. Pelajari lebih lanjut tentang hal itu di artikel: Apa Itu Tahun Kabisat? Satu tahun diukur dari seberapa lama waktu yang dibutuhkan oleh sebuah planet untuk mengorbit bintang induk. Kredit: NASA/Terry Virts Semua planet di tata surya kita juga mengorbit Matahari. Durasi waktu satu tahun sangat tergantung dengan tempat mereka mengorbit. Planet yang mengorbit Matahari dari jarak yang lebih dekat daripada Bumi, lama satu tahunnya lebih pendek daripada Bumi. Sebaliknya planet yang