Langsung ke konten utama

Mengapa Karbon Penting bagi Kehidupan di Bumi?

mengapa-karbon-penting-bagi-kehidupan-di-bumi-informasi-astronomi
Jika bukan karena efek rumah kaca, Bumi akan menjadi planet es.

Karbon ada di dalam karbon dioksida, yaitu gas rumah kaca yang memerangkap panas di atmosfer. Karbon dioksida mempertahankan energi yang diterima Bumi dari Matahari agar tidak semuanya meloloskan diri ke luar angkasa. Tanpa karbon dioksida, lautan di Bumi akan membeku.

Bahan bakar fosil

Disebut bahan bakar fosil karena memang bahan bakar di tangki bensin kendaraan bermotor kita berasal dari sisa-sisa kimiawi tumbuhan dan hewan prasejarah!

Semua makhluk hidup di Bumi mengandung karbon, termasuk manusia. Persentasenya cukup banyak. Jika bobotmu 45 kg, maka 8 kg dari tubuhmu adalah karbon murni. Bahkan, persentase karbon murni tanaman mencapai 45%.

mengapa-karbon-penting-bagi-kehidupan-di-bumi-informasi-astronomi
Manusia terdiri dari 18% karbon murni, sementara tanaman terdiri dari 45% karbon murni.

Dengan begitu banyak jumlah karbon, mengapa tidak semua makhluk hidup berwarna hitam? Bagaimana anjing bisa memiliki bulu putih dan pepohonan berwarna hijau? Karena karbon adalah suatu unsur yang mudah bergabung dengan unsur lainnya untuk menyusun material baru atau senyawa. Karbon murni sangat berbeda dibandingkan senyawa.

Atom adalah partikel kecil yang menyusun setiap unsur, seperti karbon atau oksigen. Satu atom karbon mudah untuk bergabung dengan dua atom oksigen untuk menyusun senyawa karbondioksida.

“C” adalah singkatan dari carbon atau karbon, “O” adalah singkatan dari oksigen, jadi karbon dioksida sering disebut “C-O-2” dan ditulis CO2. Karena berwujud gas, CO2 tidak terlihat.

Bagaimana cara karbon masuk ke makhluk hidup?

mengapa-karbon-penting-bagi-kehidupan-di-bumi-informasi-astronomi
Karbon dioksida masuk, air dan oksigen keluar.

Tumbuhan menyerap CO2, menyimpan karbon dan mengeluarkan oksigen. Sebaliknya hewan menghirup oksigen dan mengeluarkan karbon dioksida.

Hewan membutuhkan tumbuhan untuk bernafas dan tumbuhan membutuhkan hewan untuk menyerap karbon dioksida. Hubungan ini telah berlangsung selama ratusan juta tahun. Selama waktu itu, banyak tumbuhan dan hewan yang telah mati. Mereka terkubur jauh di bawah permukaan bumi. Jadi selama ratusan juta tahun, material ini ditempa dengan banyak tekanan dan panas.

mengapa-karbon-penting-bagi-kehidupan-di-bumi-informasi-astronomi

Selama ratusan juta tahun, tumbuhan dan hewan yang telah mati terkubur di tanah dan air. Panas dan tekanan menempa mereka menjadi minyak, batu bara dan gas alam yang disebut bahan bakar fosil.

Bahan bakar fosil inilah yang kita gunakan sebagai sumber energi untuk menggerakkan mobil, truk, pesawat, kereta api, pembangkit listrik, pemanas, speed boat, barbekyu dan lain-lain.

Bagaimana karbon keluar dari makhluk hidup?

Tiga produk samping penggunaan bahan bakar fosil umumnya adalah panas, air dan CO2. Selain itu ada karbon padat, seperti minyak dan jelaga.

mengapa-karbon-penting-bagi-kehidupan-di-bumi-informasi-astronomi

Produk-produk samping itulah semua karbon yang berasal dari tumbuhan dan hewan yang telah mati selama ratusan juta tahun. Mereka dipompa ke atmosfer hanya dalam waktu 100 atau 200 tahun.

Apakah karbon di udara itu baik atau buruk?

Rumah kaca adalah sebuah tempat yang didesain khusus untuk menumbuhkan tanaman, terbuat dari kaca atau plastik bening agar tanaman dapat menerima banyak cahaya Matahari.

Dan CO2 adalah gas rumah kaca. Berarti CO2 berperan penting untuk memerangkap panas di atmosfer Bumi. CO2 mempertahankan energi yang diterima Bumi dari Matahari agar tidak semuanya meloloskan diri ke luar angkasa. Tanpa karbon dioksida, lautan di Bumi akan membeku. Bumi tidak akan menjadi planet biru dan hijau yang indah dan penuh dengan kehidupan.

Jadi, CO2 dan gas rumah kaca lainnya dianggap baik sampai titik tertentu, namun CO2 dianggap paling bagus untuk mempertahankan panas dari Matahari. Oleh karena itu, peningkatan kecil jumlah CO2 di atmosfer dapat menyebabkan Bumi menjadi lebih hangat.


mengapa-karbon-penting-bagi-kehidupan-di-bumi-informasi-astronomi

Rumah kaca ideal untuk menumbuhkan tanaman yang membutuhkan suhu hangat. Tetapi bagaimana jika atmosfer mulai berperilaku layaknya rumah kaca? Bumi adalah rumah kaca tertutup tanpa pintu atau jendela yang bisa dibuka untuk mendinginkan suhu.

Jika atmosfer mengandung terlalu banyak gas rumah kaca, seluruh Bumi akan menjadi rumah kaca yang semakin panas. Bukannya melepas panas saat malam hari, atmosfer justru memerangkap panas. Keesokan harinya, Matahari semakin memanaskan permukaan Bumi.

Saat ini, jajaran satelit peneliti NASA terus memantau jumlah dan pergerakan karbon di atmosfer.

Ditulis oleh: Staf climatekids.nasa.gov


#terimakasihgoogle dan #terimakasihnasa

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Diameter Bumi

Kredit: NASA, Apollo 17, NSSDC   Para kru misi Apollo 17 mengambil citra Bumi pada bulan Desember 1972 saat menempuh perjalanan dari Bumi dan Bulan. Gurun pasir oranye-merah di Afrika dan Arab Saudi terlihat sangat kontras dengan samudera biru tua dan warna putih dari formasi awan dan salju antartika.   Diameter khatulistiwa Bumi adalah  12.756 kilometer . Lantas bagaimana cara para ilmuwan menghitungnya? Kredit: Clementine,  Naval Research Laboratory .   Pada tahun 200 SM, akurasi perhitungan ukuran Bumi hanya berselisih 1% dengan perhitungan modern. Matematikawan, ahli geografi dan astronom Eratosthenes menerapkan gagasan Aristoteles, jika Bumi berbentuk bulat, posisi bintang-bintang di langit malam hari akan terlihat berbeda bagi para pengamat di lintang yang berbeda.   Eratosthenes mengetahui pada hari pertama musim panas, Matahari melintas tepat di atas Syene, Mesir. Saat siang hari pada hari yang sama, Eratosthenes mengukur perpindahan sudut Matahari dari atas kota Al

Apa Itu Kosmologi? Definisi dan Sejarah

Potret dari sebuah simulasi komputer tentang pembentukan struktur berskala masif di alam semesta, memperlihatkan wilayah seluas 100 juta tahun cahaya beserta gerakan koheren yang dihasilkan dari galaksi yang mengarah ke konsentrasi massa tertinggi di bagian pusat. Kredit: ESO Kosmologi adalah salah satu cabang astronomi yang mempelajari asal mula dan evolusi alam semesta, dari sejak Big Bang hingga saat ini dan masa depan. Menurut NASA, definisi kosmologi adalah “studi ilmiah tentang sifat alam semesta secara keseluruhan dalam skala besar.” Para kosmolog menyatukan konsep-konsep eksotis seperti teori string, materi gelap, energi gelap dan apakah alam semesta itu tunggal ( universe ) atau multisemesta ( multiverse ). Sementara aspek astronomi lainnya berurusan secara individu dengan objek dan fenomena kosmik, kosmologi menjangkau seluruh alam semesta dari lahir sampai mati, dengan banyak misteri di setiap tahapannya. Sejarah Kosmologi dan Astronomi Pemahaman manusia

Berapa Lama Satu Tahun di Planet-Planet Lain?

Jawaban Singkat Berikut daftar berapa lama waktu yang dibutuhkan oleh setiap planet di tata surya kita untuk menyelesaikan satu kali orbit mengitari Matahari (dalam satuan hari di Bumi): Merkurius: 88 hari Venus: 225 hari Bumi: 365 hari Mars: 687 hari Jupiter: 4.333 hari Saturnus: 10.759 hari Uranus: 30.687 hari Neptunus: 60.190 hari   Satu tahun di Bumi berlalu sekitar 365 hari 6 jam, durasi waktu yang dibutuhkan oleh Bumi untuk menyelesaikan satu kali orbit mengitari Matahari. Pelajari lebih lanjut tentang hal itu di artikel: Apa Itu Tahun Kabisat? Satu tahun diukur dari seberapa lama waktu yang dibutuhkan oleh sebuah planet untuk mengorbit bintang induk. Kredit: NASA/Terry Virts Semua planet di tata surya kita juga mengorbit Matahari. Durasi waktu satu tahun sangat tergantung dengan tempat mereka mengorbit. Planet yang mengorbit Matahari dari jarak yang lebih dekat daripada Bumi, lama satu tahunnya lebih pendek daripada Bumi. Sebaliknya planet yang