Langsung ke konten utama

10 Fakta Menarik Udara yang Dibutuhkan oleh Semua Makhluk Hidup


1. Sebagian besar udara adalah gas
 
10-fakta-menarik-udara-yang-dibutuhkan-oleh-semua-makhluk-hidup-climate-kids

Meskipun tidak bisa melihatnya, udara ada di sekitar kita. Lantas, apa itu udara? Udara adalah campuran dari beberapa gas. Udara di atmosfer Bumi terdiri dari sekitar 78% nitrogen, 21% oksigen dan sisanya adalah gas seperti karbon dioksida, neon dan hidrogen.
 
2. Sebagian kecil udara bukanlah gas
 
10-fakta-menarik-udara-yang-dibutuhkan-oleh-semua-makhluk-hidup-climate-kids

Meskipun didominasi oleh gas, udara juga menampung banyak partikel kecil yang disebut aerosol, seperti debu dan serbuk sari dari tanaman, yang terangkat secara alami saat angin bertiup. Selain itu, udara juga bisa membawa jelaga, asap dan partikel-partikel lain dari knalpot kendaraan bermotor dan pembangkit listrik, penyebab utama polusi udara.
 
3. Udara sangat dibutuhkan oleh makhluk hidup
 
10-fakta-menarik-udara-yang-dibutuhkan-oleh-semua-makhluk-hidup-climate-kids

Selama hidupnya, manusia, hewan dan tumbuhan selalu bernafas, bagian dari sebuah proses yang disebut respirasi. Selama respirasi, manusia dan hewan menghirup oksigen dari udara dan menghembuskan karbon dioksida. Sedangkan dengan bantuan sinar Matahari, tumbuhan menyerap karbon dioksida dan melepaskan oksigen, sebuah proses yang disebut fotosintesis.
 
4. Sifat baik dan buruk karbon dioksida
 
10-fakta-menarik-udara-yang-dibutuhkan-oleh-semua-makhluk-hidup-climate-kids

Saat bernapas, manusia dan hewan menghembuskan gas karbon dioksida (CO2). Tumbuhan menyerap CO2 untuk menghasilkan makanan dan oksigen, dengan bantuan sinar Matahari. Inilah sifat baik CO2. Namun, sejumlah CO2 juga dihasilkan dari aktivitas penggunaan bahan bakar fosil (batu bara, minyak dan bensin) oleh manusia untuk menggerakan kendaraan bermotor dan pembangkit listrik. Inilah sifat buruk CO2 karena menyebabkan pemanasan global.
 
5. Udara juga menampung air
 
10-fakta-menarik-udara-yang-dibutuhkan-oleh-semua-makhluk-hidup-climate-kids

Saat musim panas, kamu mungkin pernah mendengar istilah “lembab”. Lalu, apa artinya? Kelembaban relatif adalah jumlah air yang ditampung oleh udara sebelum turun hujan. Kelembaban diukur dalam persentase. Tepat sebelum hujan, tingkat kelembaban relatif mencapai puncak, atau 100%.
 
6. Tekanan udara
 
10-fakta-menarik-udara-yang-dibutuhkan-oleh-semua-makhluk-hidup-climate-kids

Meskipun ringan, udara bisa menekan permukaan Bumi dan disebut tekanan udara. Tekanan udara yang paling kuat ada di permukaan air laut, sedangkan tekanan udara lebih lemah di puncak gunung. Perbedaan tekanan udara bisa membuat telinga kita sakit, misalnya saat kita lepas landas di dalam pesawat atau saat kita mengendarai kendaraan bermotor ke atas bukit.
 
7. Udara adalah perisai planet
 
10-fakta-menarik-udara-yang-dibutuhkan-oleh-semua-makhluk-hidup-climate-kids

Planet kita sungguh beruntung karena memiliki atmosfer yang dipenuhi udara. Udara di atmosfer kita bertindak sebagai isolasi, menjaga Bumi agar tidak terlalu dingin atau terlalu panas. Salah satu jenis gas di udara yang disebut ozon, melindungi kita dari paparan radiasi berbahaya sinar Matahari. Udara di atmosfer juga melindungi kita dari meteoroid. Ketika memasuki atmosfer kita, meteoroid bergesekan dengan udara dan seringkali terbakar menjadi potongan-potongan kecil atau lenyap sebelum mencapai permukaan Bumi.
 
8. Ada kehidupan di udara
 
10-fakta-menarik-udara-yang-dibutuhkan-oleh-semua-makhluk-hidup-climate-kids

Banyak makhluk hidup yang tinggal di tanah dan di dalam air. Tetapi apakah kamu tahu ada organisme mikroba yang hidup di udara. Disebut bioaerosol, mereka dapat menempuh perjalanan jauh karena dibawa oleh angin atau hujan.
 
9. Pergerakan udara
 
10-fakta-menarik-udara-yang-dibutuhkan-oleh-semua-makhluk-hidup-climate-kids

Bahkan pada hari yang tenang, udara di sekitar kita selalu bergerak. Udara yang bergerak disebut angin. Udara bergerak dari daerah bertekanan lebih tinggi ke daerah bertekanan lebih rendah, dan disebut angin. Hembusan angin tercepat yang pernah dicatat di Bumi adalah sekitar 378 kilometer per jam. Angin dapat memindahkan benih, debu dan partikel-partikel lainnya ke tempat yang sangat jauh.
 
10. Polusi udara, kualitas udara yang buruk
 
10-fakta-menarik-udara-yang-dibutuhkan-oleh-semua-makhluk-hidup-climate-kids

Polusi udara diukur dengan satuan AQI (Air Quality Index atau Indeks Kualitas Udara). Semakin rendah AQI, semakin bersih kualitas udara. Namun jika AQI melampaui angka 100, kualitas udara hampir sama dengan asap knalpot mobil. Beberapa hal yang menyebabkan kualitas udara buruk adalah kebakaran hutan dan kota dengan begitu banyak lalu lintas kendaraan bermotor. Jika AQI melampaui angka 100, kita tidak boleh berada terlalu lama di luar ruangan.
 
Ditulis oleh: Staf climatekids.nasa.gov
 
Sumber: 10 Interesting Things About Air
 
#terimakasihgoogle dan #terimakasihnasa

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Diameter Bumi

Kredit: NASA, Apollo 17, NSSDC   Para kru misi Apollo 17 mengambil citra Bumi pada bulan Desember 1972 saat menempuh perjalanan dari Bumi dan Bulan. Gurun pasir oranye-merah di Afrika dan Arab Saudi terlihat sangat kontras dengan samudera biru tua dan warna putih dari formasi awan dan salju antartika.   Diameter khatulistiwa Bumi adalah  12.756 kilometer . Lantas bagaimana cara para ilmuwan menghitungnya? Kredit: Clementine,  Naval Research Laboratory .   Pada tahun 200 SM, akurasi perhitungan ukuran Bumi hanya berselisih 1% dengan perhitungan modern. Matematikawan, ahli geografi dan astronom Eratosthenes menerapkan gagasan Aristoteles, jika Bumi berbentuk bulat, posisi bintang-bintang di langit malam hari akan terlihat berbeda bagi para pengamat di lintang yang berbeda.   Eratosthenes mengetahui pada hari pertama musim panas, Matahari melintas tepat di atas Syene, Mesir. Saat siang hari pada hari yang sama, Eratosthenes mengukur perpindahan sudut Matahari dari atas kota Al

Apa Itu Kosmologi? Definisi dan Sejarah

Potret dari sebuah simulasi komputer tentang pembentukan struktur berskala masif di alam semesta, memperlihatkan wilayah seluas 100 juta tahun cahaya beserta gerakan koheren yang dihasilkan dari galaksi yang mengarah ke konsentrasi massa tertinggi di bagian pusat. Kredit: ESO Kosmologi adalah salah satu cabang astronomi yang mempelajari asal mula dan evolusi alam semesta, dari sejak Big Bang hingga saat ini dan masa depan. Menurut NASA, definisi kosmologi adalah “studi ilmiah tentang sifat alam semesta secara keseluruhan dalam skala besar.” Para kosmolog menyatukan konsep-konsep eksotis seperti teori string, materi gelap, energi gelap dan apakah alam semesta itu tunggal ( universe ) atau multisemesta ( multiverse ). Sementara aspek astronomi lainnya berurusan secara individu dengan objek dan fenomena kosmik, kosmologi menjangkau seluruh alam semesta dari lahir sampai mati, dengan banyak misteri di setiap tahapannya. Sejarah Kosmologi dan Astronomi Pemahaman manusia

Berapa Lama Satu Tahun di Planet-Planet Lain?

Jawaban Singkat Berikut daftar berapa lama waktu yang dibutuhkan oleh setiap planet di tata surya kita untuk menyelesaikan satu kali orbit mengitari Matahari (dalam satuan hari di Bumi): Merkurius: 88 hari Venus: 225 hari Bumi: 365 hari Mars: 687 hari Jupiter: 4.333 hari Saturnus: 10.759 hari Uranus: 30.687 hari Neptunus: 60.190 hari   Satu tahun di Bumi berlalu sekitar 365 hari 6 jam, durasi waktu yang dibutuhkan oleh Bumi untuk menyelesaikan satu kali orbit mengitari Matahari. Pelajari lebih lanjut tentang hal itu di artikel: Apa Itu Tahun Kabisat? Satu tahun diukur dari seberapa lama waktu yang dibutuhkan oleh sebuah planet untuk mengorbit bintang induk. Kredit: NASA/Terry Virts Semua planet di tata surya kita juga mengorbit Matahari. Durasi waktu satu tahun sangat tergantung dengan tempat mereka mengorbit. Planet yang mengorbit Matahari dari jarak yang lebih dekat daripada Bumi, lama satu tahunnya lebih pendek daripada Bumi. Sebaliknya planet yang