Langsung ke konten utama

Voyager 2 Mendekati Ruang Antarbintang

voyager-2-mendekati-ruang-antar-bintang-informasi-astronomi
Grafik yang menunjukkan posisi pesawat antariksa Voyager 1 dan Voyager 2 di heliosfer, gelembung yang diciptakan oleh medan magnet Matahari dan membentang jauh melewati orbit Pluto. Pada tahun 2012, Voyager 1 telah melintasi heliopause atau ujung heliosfer, sedangkan Voyager 2 masih berada di heliosheath atau wilayah terluar heliosfer.
Kredit: NASA/JPL-Caltech

Pesawat antariksa Voyager 2 besutan NASA saat ini sedang menempuh perjalanan ke ruang antarbintang, seiring deteksi peningkatan sinar kosmik yang berasal dari luar tata surya kita. Diluncurkan pada tahun 1977, Voyager 2 berada sekitar 17,7 miliar kilometer dari Bumi atau melampaui 118 kali jarak Bumi-Matahari.

Sejak tahun 2007, Voyager 2 telah terbang melintasi lapisan terluar heliosfer, gelembung besar di sekitar Matahari dan sistem planet kita yang didominasi oleh material dan medan magnet Matahari. Para ilmuwan NASA menyimpulkan Voyager 2 telah mencapai wilayah terluar heliosfer yang disebut heliopause. Begitu keluar dari heliosfer, Voyager 2 akan menjadi objek kedua buatan manusia, setelah Voyager 1, yang memasuki ruang antarbintang.

Sejak akhir Agustus 2018, instrumen Cosmic Ray Subsystem Voyager 2 telah mengukur peningkatan radiasi sinar kosmik sebesar 5% dibandingkan pada awal Agustus. Instrumen Low-Energy Charged Particle Voyager 2 juga telah mendeteksi peningkatan sinar kosmik berenergi tinggi.

Sinar kosmik adalah partikel dari luar tata surya yang bergerak begitu cepat. Sinar kosmik diblokir oleh heliosfer, jadi dari semula para ilmuwan misi telah merencanakan pemasangan instrumen yang mendeteksi peningkatan radiasi sinar kosmik, untuk mengetahui saat Voyager 2 melintasi batas heliosfer.

Pada bulan Mei 2012, Voyager 1 mengalami peningkatan radiasi sinar kosmik serupa, sebagaimana dideteksi oleh Voyager 2 saat ini, sekitar tiga bulan sebelum Voyager 1 melintasi heliopause dan memasuki ruang antarbintang.

Namun peningkatan sinar kosmik bukanlah tanda definitif yang menunjukkan pesawat antariksa akan melintasi heliopause. Dibandingkan Voyager 1, Voyager 2 berada di lokasi yang berbeda di heliosheath atau wilayah terluar heliosphere. Saat memasuki ruang antarbintang, perbedaan lokasi di heliosheath mungkin memberikan pengalaman masa transisi yang berbeda antara Voyager 2 dan Voyager 1.

Fakta Voyager 2 yang mungkin mendekati heliopause enam tahun setelah Voyager 1 juga dianggap relevan, karena gelembung heliopause mengembang dan menyusut selama siklus 11 tahunan Matahari. Aktivitas Matahari mengacu pada emisi yang dikeluarkan oleh Matahari, termasuk suar surya dan pelepasan massa koronal. Selama siklus 11 tahunan, Matahari mengalami fase solar minimum dan solar maximum.

“Kami mengamati perubahan di lingkungan sekitar Voyager 2, tidak ada keraguan tentang itu,” ungkap ilmuwan proyek Voyager Ed Stone yang berbasis di Caltech, Pasadena. “Kami akan menganalisis banyak data selama beberapa bulan mendatang, tetapi kami masih belum tahu kapan Voyager 2 akan mencapai heliopause. Satu hal yang pasti, Voyager 2 belum sampai di sana.”

Ditulis oleh: Staf www.nasa.gov, editor: Tony Greicius



#terimakasihgoogle dan #terimakasihnasa

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Diameter Bumi

Kredit: NASA, Apollo 17, NSSDC   Para kru misi Apollo 17 mengambil citra Bumi pada bulan Desember 1972 saat menempuh perjalanan dari Bumi dan Bulan. Gurun pasir oranye-merah di Afrika dan Arab Saudi terlihat sangat kontras dengan samudera biru tua dan warna putih dari formasi awan dan salju antartika.   Diameter khatulistiwa Bumi adalah  12.756 kilometer . Lantas bagaimana cara para ilmuwan menghitungnya? Kredit: Clementine,  Naval Research Laboratory .   Pada tahun 200 SM, akurasi perhitungan ukuran Bumi hanya berselisih 1% dengan perhitungan modern. Matematikawan, ahli geografi dan astronom Eratosthenes menerapkan gagasan Aristoteles, jika Bumi berbentuk bulat, posisi bintang-bintang di langit malam hari akan terlihat berbeda bagi para pengamat di lintang yang berbeda.   Eratosthenes mengetahui pada hari pertama musim panas, Matahari melintas tepat di atas Syene, Mesir. Saat siang hari pada hari yang sama, Eratosthenes mengukur perpindahan sudut Matahari dari atas kota Al

Apa Itu Kosmologi? Definisi dan Sejarah

Potret dari sebuah simulasi komputer tentang pembentukan struktur berskala masif di alam semesta, memperlihatkan wilayah seluas 100 juta tahun cahaya beserta gerakan koheren yang dihasilkan dari galaksi yang mengarah ke konsentrasi massa tertinggi di bagian pusat. Kredit: ESO Kosmologi adalah salah satu cabang astronomi yang mempelajari asal mula dan evolusi alam semesta, dari sejak Big Bang hingga saat ini dan masa depan. Menurut NASA, definisi kosmologi adalah “studi ilmiah tentang sifat alam semesta secara keseluruhan dalam skala besar.” Para kosmolog menyatukan konsep-konsep eksotis seperti teori string, materi gelap, energi gelap dan apakah alam semesta itu tunggal ( universe ) atau multisemesta ( multiverse ). Sementara aspek astronomi lainnya berurusan secara individu dengan objek dan fenomena kosmik, kosmologi menjangkau seluruh alam semesta dari lahir sampai mati, dengan banyak misteri di setiap tahapannya. Sejarah Kosmologi dan Astronomi Pemahaman manusia

Berapa Lama Satu Tahun di Planet-Planet Lain?

Jawaban Singkat Berikut daftar berapa lama waktu yang dibutuhkan oleh setiap planet di tata surya kita untuk menyelesaikan satu kali orbit mengitari Matahari (dalam satuan hari di Bumi): Merkurius: 88 hari Venus: 225 hari Bumi: 365 hari Mars: 687 hari Jupiter: 4.333 hari Saturnus: 10.759 hari Uranus: 30.687 hari Neptunus: 60.190 hari   Satu tahun di Bumi berlalu sekitar 365 hari 6 jam, durasi waktu yang dibutuhkan oleh Bumi untuk menyelesaikan satu kali orbit mengitari Matahari. Pelajari lebih lanjut tentang hal itu di artikel: Apa Itu Tahun Kabisat? Satu tahun diukur dari seberapa lama waktu yang dibutuhkan oleh sebuah planet untuk mengorbit bintang induk. Kredit: NASA/Terry Virts Semua planet di tata surya kita juga mengorbit Matahari. Durasi waktu satu tahun sangat tergantung dengan tempat mereka mengorbit. Planet yang mengorbit Matahari dari jarak yang lebih dekat daripada Bumi, lama satu tahunnya lebih pendek daripada Bumi. Sebaliknya planet yang