Langsung ke konten utama

Haumea, Planet Katai Lonjong dengan Rotasi Tercepat di Tata Surya

haumea-planet-katai-lonjong-dengan-rotasi-tercepat-di-tata-surya-informasi-tata-surya
Planet Katai Haumea.
Kredit: NASA

Awalnya diberi kode 2003 EL61 dan dijuluki Santa oleh para astronom yang menemukannya, planet katai Haumea kira-kira seukuran Pluto dan bersemayam di Sabuk Kuiper. Haumea adalah salah satu anggota tata surya relatif besar dengan rotasi tercepat. Rotasi yang sangat cepat bahkan mendistorsi bentuk Haumea dan membuatnya terlihat lonjong menyerupai sebuah bola dalam olahraga American football.

Penemuan

Ada dua tim astronom yang mengklaim penemuan Haumea mengutip bukti observasi yang dilakukan pada tahun 2003 dan 2004, namun Himpunan Astronomi Internasional (IAU) hanya mencantumkan Observatorium Sierra Nevada di Spanyol sebagai lokasi penemuan Haumea pada tanggal 7 Maret 2003, sedangkan siapa penemu resminya tidak dicantumkan ke dalam daftar.

Haumea adalah nama dewi kesuburan Hawaii.

Ukuran dan Jarak

Dengan radius sekitar 620 kilometer, Haumea sekitar 1/14 lebih kecil daripada Bumi. Jika Bumi seukuran nikel, maka Haumea hanya sebesar biji wijen.

Mengorbit Matahari dari jarak rata-rata 6.452.000.000 kilometer, satuan jarak astronomi untuk Haumea adalah 43 AU. 1 AU adalah jarak Bumi-Matahari, sekitar 150 juta kilometer. Dari jarak ini, dibutuhkan waktu 6 jam bagi cahaya Matahari untuk mencapai Haumea.

Orbit dan Rotasi

Haumea menyelesaikan satu kali orbit mengitari Matahari setiap 285 tahun Bumi. Sembari mengorbit, Haumea berotasi sangat cepat, menyelesaikan satu kali rotasi hanya dalam waktu 4 jam. Rotasi yang begitu cepat ini menobatkannya sebagai salah satu benda langit relatif besar dengan rotasi tecepat di tata surya.

Diduga dampak benturan masif dengan benda langit lain memicu rotasi Haumea sekaligus menciptakan kedua bulannya.

Pembentukan

Planet katai Haumea adalah salah satu objek Sabuk Kuiper (KBO) yang menghuni zona mirip cakram di luar orbit Neptunus. Wilayah terluar tata surya ini dihuni oleh ribuan batuan angkasa es kecil yang terbentuk sejak awal sejarah tata surya sekitar 4,5 miliar tahun yang lalu. Selain disebut KBO, batuan angkasa es ini juga kerap disebut objek transneptunian, atau plutoid.

Struktur

Para astronom meyakini komposisi utama Haumea adalah batuan yang tertutup lapisan es.

Permukaan, Atmosfer dan Potensi bagi Kehidupan

Hanya sedikit yang diketahui tentang permukaan dan atmosfer Haumea. Karena permukaannya sangat dingin, Haumea dianggap tidak layak huni.

planet-katai-haumea-dan-dua-bulan-namaka-hiiaka-informasi-astronomi
Haumea bersama kedua bulannya, Namaka dan Hi'iaka.
Kredit: NASA

Bulan

Haumea adalah induk bagi dua bulan (satelit alami). Bulan terdalam diberi nama Namaka, sedangkan Hi'iaka adalah bulan terluar. Nama yang disematkan kepada mereka diambil dari nama kedua putri mitologis Huamea. Hi'aka adalah penari hula dan dewi pelindung pulau Hawaii, sementara Namaka adalah roh air dalam mitologi Hawaii.

Cincin

Haumea adalah KBO pertama yang diketahui memiliki cincin. Para ilmuwan mengumumkan penemuan cincin Hauema pada tahun 2017 setelah mengamatinya melintas di depan sebuah bintang dari sudut pandang para pengamat di Bumi.

Magnetosfer

Haumea mungkin tidak memiliki magnetosfer.

Eksplorasi

Segala informasi yang diperoleh tentang Haumea berasal dari observasi jajaran teleskop berbasis darat di seluruh dunia.

Tanggal Penting
  • 2004: Penemuan Haumea diumumkan oleh satu tim astronom yang mengklaim penemuan melalui analisis data yang dikumpulkan pada tahun 2003.
  • 2005: Kedua bulan Haumea ditemukan.
  • 2008: Diakui sebagai planet katai oleh IAU dan diberi nama Haumea.
Fakta Singkat 
  • Satu hari berlalu hanya selama 4 jam
  • Satu tahun setara dengan 285 tahun Bumi
  • Radius: 620 kilometer
  • Tipe planet: Katai
  • Jumlah Bulan yang telah dikonfirmasi: 2 (Namaka dan Hi'iaka)
Ditulis oleh: Staf solarsystem.nasa.gov

Sumber: Haumea

#terimakasihgoogle dan #terimakasihnasa

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Diameter Bumi

Kredit: NASA, Apollo 17, NSSDC   Para kru misi Apollo 17 mengambil citra Bumi pada bulan Desember 1972 saat menempuh perjalanan dari Bumi dan Bulan. Gurun pasir oranye-merah di Afrika dan Arab Saudi terlihat sangat kontras dengan samudera biru tua dan warna putih dari formasi awan dan salju antartika.   Diameter khatulistiwa Bumi adalah  12.756 kilometer . Lantas bagaimana cara para ilmuwan menghitungnya? Kredit: Clementine,  Naval Research Laboratory .   Pada tahun 200 SM, akurasi perhitungan ukuran Bumi hanya berselisih 1% dengan perhitungan modern. Matematikawan, ahli geografi dan astronom Eratosthenes menerapkan gagasan Aristoteles, jika Bumi berbentuk bulat, posisi bintang-bintang di langit malam hari akan terlihat berbeda bagi para pengamat di lintang yang berbeda.   Eratosthenes mengetahui pada hari pertama musim panas, Matahari melintas tepat di atas Syene, Mesir. Saat siang hari pada hari yang sama, Eratosthenes mengukur perpindahan sudut Matahari dari atas kota Al

Apa Itu Kosmologi? Definisi dan Sejarah

Potret dari sebuah simulasi komputer tentang pembentukan struktur berskala masif di alam semesta, memperlihatkan wilayah seluas 100 juta tahun cahaya beserta gerakan koheren yang dihasilkan dari galaksi yang mengarah ke konsentrasi massa tertinggi di bagian pusat. Kredit: ESO Kosmologi adalah salah satu cabang astronomi yang mempelajari asal mula dan evolusi alam semesta, dari sejak Big Bang hingga saat ini dan masa depan. Menurut NASA, definisi kosmologi adalah “studi ilmiah tentang sifat alam semesta secara keseluruhan dalam skala besar.” Para kosmolog menyatukan konsep-konsep eksotis seperti teori string, materi gelap, energi gelap dan apakah alam semesta itu tunggal ( universe ) atau multisemesta ( multiverse ). Sementara aspek astronomi lainnya berurusan secara individu dengan objek dan fenomena kosmik, kosmologi menjangkau seluruh alam semesta dari lahir sampai mati, dengan banyak misteri di setiap tahapannya. Sejarah Kosmologi dan Astronomi Pemahaman manusia

Berapa Lama Satu Tahun di Planet-Planet Lain?

Jawaban Singkat Berikut daftar berapa lama waktu yang dibutuhkan oleh setiap planet di tata surya kita untuk menyelesaikan satu kali orbit mengitari Matahari (dalam satuan hari di Bumi): Merkurius: 88 hari Venus: 225 hari Bumi: 365 hari Mars: 687 hari Jupiter: 4.333 hari Saturnus: 10.759 hari Uranus: 30.687 hari Neptunus: 60.190 hari   Satu tahun di Bumi berlalu sekitar 365 hari 6 jam, durasi waktu yang dibutuhkan oleh Bumi untuk menyelesaikan satu kali orbit mengitari Matahari. Pelajari lebih lanjut tentang hal itu di artikel: Apa Itu Tahun Kabisat? Satu tahun diukur dari seberapa lama waktu yang dibutuhkan oleh sebuah planet untuk mengorbit bintang induk. Kredit: NASA/Terry Virts Semua planet di tata surya kita juga mengorbit Matahari. Durasi waktu satu tahun sangat tergantung dengan tempat mereka mengorbit. Planet yang mengorbit Matahari dari jarak yang lebih dekat daripada Bumi, lama satu tahunnya lebih pendek daripada Bumi. Sebaliknya planet yang