Langsung ke konten utama

Messier 73, Asterisme Empat Bintang yang Membentuk Huruf Y

messier-73-asterisme-empat-bintang-yang-membentuk-huruf-y-informasi-astronomi
Asterisme Messier 73.
Kredit gambar: Wikisky

Messier 73 adalah asterisme (pola bintang) yang disusun oleh empat bintang di rasi selatan Aquarius yang terletak sekitar 2.500 tahun cahaya dari Bumi. Dengan magnitudo semu 9, nama lain bagi Messier 73 adalah NGC 6994 di New General Catalogue.

Keempat bintang yang menyusun asterisme mirip huruf Y tidak memiliki hubungan secara fisik satu sama lain, mereka hanya tampak berdekatan di langit karena berada di satu garis pandang ketika diamati dari Bumi. Messier 73 cukup redup dan tidak mudah diamati menggunakan teropong 10×50, dibutuhkan setidaknya teleskop 4 inci untuk mengungkap pola huruf Y secara mendetail.

Menduduki area 2,8 busur menit, keempat bintang Messier 73 memiliki magnitudo semu 10,48, 11,32, 11,90 dan 11,94. Musim panas adalah waktu terbaik untuk mengamatinya.

Messier 73 dapat ditemukan di sebelah selatan Aquarius, tepatnya di dekat perbatasan dengan Capricornus. Messier 73 juga bisa dilokalisir hanya 1,5 derajat timur laut dari Messier 72 dan tepat berada di bawah garis imajiner yang menghubungkan bintang-bintang terang Fomalhaut di Piscis Austrinus dan Altair di rasi Aquila.

Selain itu, Messier 73 juga dapat ditemukan 2 derajat ke selatan dan 1,5 derajat ke timur dari bintang Albulaan, Nu Aquarii, yang memiliki magnitudo semu 4,5 dan bisa diamati hanya dengan mata telanjang. Mengingat Aquarius dan Capricornus adalah rasi bintang yang relatif redup, Messier 72 dan Messier 73 adalah dua objek Messier yang relatif sulit ditemukan.

messier-73-asterisme-empat-bintang-yang-membentuk-huruf-y-informasi-astronomi
Lokasi Messier 73.
Kredit gambar: Wikisky

Semula, Messier 73 dianggap sebagai gugus bintang terbuka, sekelompok kecil bintang yang saling terikat oleh gaya gravitasi. Saat ini, Messier 73 dianggap sebagai satu dari tiga objek Messier yang bukan objek deep sky, bersama bintang ganda Messier 40 dan Awan Bintang Sagitarius Messier 24.

Charles Messier menemukan asterisme ini pada tanggal 4 Oktober 1780 dan menambahkannya ke dalam katalog sebagai objek nomor 73. Messier menggambarkannya sebagai sebuah gugus dengan beberapa nebulositas, dan mencatat: “Gugus kecil yang terdiri dari tiga atau empat bintang, menyerupai nebula pada pandangan pertama, mengandung sedikit nebulositas: gugus ini terletak pada paralel yang sama dengan nebula sebelumnya [Messier 72]: posisinya ditentukan dari bintang yang sama, Nu Aquarii.”

messier-73-asterisme-empat-bintang-yang-membentuk-huruf-y-informasi-astronomi
Messier 73 dan Nu Aquarii.
Kredit gambar: Wikisky

Meskipun telah timbul banyak perdebatan tentang sifat Messier 73 sejak ditemukan oleh Charles Messier, studi terbaru mengungkap identitas sejati Messier 73 sebagai asterisme dan bukan gugus bintang terbuka, termasuk variasi jarak dan arah pergerakan keempat bintang. Namun, studi fotometri yang dilakukan pada tahun 2000, mengindikasikan bahwa Messier 73 adalah sisa dari gugus selebar 9 menit busur berusia antara 2-3 miliar tahun. Hanya dua tahun berselang, studi spektroskopi resolusi tinggi dari spektrum enam bintang paling terang di dekat pusat Messier 73 mengungkap bahwa keempat bintang itu sebenarnya tidak berhubungan secara fisik.

lokasi-messier-73-informasi-astronomi
Lokasi Messier 73.
Kredit: IAU dan Sky & Telescope magazine (Roger Sinnott & Rick Fienberg)

Ditulis oleh: Staf www.messier-objects.com

Sumber: Messier 73
#terimakasihgoogle

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Diameter Bumi

Kredit: NASA, Apollo 17, NSSDC   Para kru misi Apollo 17 mengambil citra Bumi pada bulan Desember 1972 saat menempuh perjalanan dari Bumi dan Bulan. Gurun pasir oranye-merah di Afrika dan Arab Saudi terlihat sangat kontras dengan samudera biru tua dan warna putih dari formasi awan dan salju antartika.   Diameter khatulistiwa Bumi adalah  12.756 kilometer . Lantas bagaimana cara para ilmuwan menghitungnya? Kredit: Clementine,  Naval Research Laboratory .   Pada tahun 200 SM, akurasi perhitungan ukuran Bumi hanya berselisih 1% dengan perhitungan modern. Matematikawan, ahli geografi dan astronom Eratosthenes menerapkan gagasan Aristoteles, jika Bumi berbentuk bulat, posisi bintang-bintang di langit malam hari akan terlihat berbeda bagi para pengamat di lintang yang berbeda.   Eratosthenes mengetahui pada hari pertama musim panas, Matahari melintas tepat di atas Syene, Mesir. Saat siang hari pada hari yang sama, Eratosthenes mengukur perpindahan sudut Matahari dari atas kota Al

Apa Itu Kosmologi? Definisi dan Sejarah

Potret dari sebuah simulasi komputer tentang pembentukan struktur berskala masif di alam semesta, memperlihatkan wilayah seluas 100 juta tahun cahaya beserta gerakan koheren yang dihasilkan dari galaksi yang mengarah ke konsentrasi massa tertinggi di bagian pusat. Kredit: ESO Kosmologi adalah salah satu cabang astronomi yang mempelajari asal mula dan evolusi alam semesta, dari sejak Big Bang hingga saat ini dan masa depan. Menurut NASA, definisi kosmologi adalah “studi ilmiah tentang sifat alam semesta secara keseluruhan dalam skala besar.” Para kosmolog menyatukan konsep-konsep eksotis seperti teori string, materi gelap, energi gelap dan apakah alam semesta itu tunggal ( universe ) atau multisemesta ( multiverse ). Sementara aspek astronomi lainnya berurusan secara individu dengan objek dan fenomena kosmik, kosmologi menjangkau seluruh alam semesta dari lahir sampai mati, dengan banyak misteri di setiap tahapannya. Sejarah Kosmologi dan Astronomi Pemahaman manusia

Berapa Lama Satu Tahun di Planet-Planet Lain?

Jawaban Singkat Berikut daftar berapa lama waktu yang dibutuhkan oleh setiap planet di tata surya kita untuk menyelesaikan satu kali orbit mengitari Matahari (dalam satuan hari di Bumi): Merkurius: 88 hari Venus: 225 hari Bumi: 365 hari Mars: 687 hari Jupiter: 4.333 hari Saturnus: 10.759 hari Uranus: 30.687 hari Neptunus: 60.190 hari   Satu tahun di Bumi berlalu sekitar 365 hari 6 jam, durasi waktu yang dibutuhkan oleh Bumi untuk menyelesaikan satu kali orbit mengitari Matahari. Pelajari lebih lanjut tentang hal itu di artikel: Apa Itu Tahun Kabisat? Satu tahun diukur dari seberapa lama waktu yang dibutuhkan oleh sebuah planet untuk mengorbit bintang induk. Kredit: NASA/Terry Virts Semua planet di tata surya kita juga mengorbit Matahari. Durasi waktu satu tahun sangat tergantung dengan tempat mereka mengorbit. Planet yang mengorbit Matahari dari jarak yang lebih dekat daripada Bumi, lama satu tahunnya lebih pendek daripada Bumi. Sebaliknya planet yang