Langsung ke konten utama

Melompat dari Tebing Tertinggi di Tata Surya

verona-rupes-tebing-tertinggi-di-tata-surya-informasi-astronomi
Gunung Thor di Nunavut Kanada memiliki tebing tertinggi di Bumi.

Kali ini kita akan membicarakan tentang olahraga ekstrem. Menurutmu apakah ada yang lebih ekstrem dari melompati tebing menggunakan parasut? Ya, jawabannya adalah melompat dari tebing tertinggi yang dikenal oleh umat manusia.

Ingat, jangan pernah mencoba melompat dari tebing apapun, dengan atau tanpa parasut, kecuali atlet profesional berpengalaman.

Masalahnya, tebing tertinggi yang kita ketahui sejauh ini, tidak berada di planet Bumi, selain lebih tinggi dari apapun yang ada di Bumi.

Tebing tertinggi di Bumi

Pertama-tama kita harus terlebih dahulu mengunjungi pegunungan terpencil nan terjal di Kanada utara untuk melihat tebing tertinggi di Bumi. Di tempat itu, kita akan menemukan Gunung Thor dengan tebing setinggi 1.250 meter.

Jika sebuah bola bowling dijatuhkan dari atas tebing, dibutuhkan waktu hampir 20 detik untuk mencapai dasar. Hitung dalam hati, ya: 1 ... 2 ... 3 ... 4 ..... cukup lama bukan! Untuk mencapai dasar, bola bowling akan melaju dengan kecepatan lebih dari 240 km/jam. Cukup esktrem, bahkan bagi atlet profesional terlatih sekalipun.

Tebing tertinggi yang dikenal manusia!

Kalau menurutmu masih kurang esktrem, tebing tertinggi yang dikenal manusia ada di Miranda, salah satu bulan (satelit alami) planet Uranus. Tebing Verona Rupes di Miranda tingginya mencapai lebih dari 9,5 kilometer, lima kali lebih dalam daripada Grand Canyon dan lebih tinggi daripada Gunung Everest!

Terjun cepat atau pelan?

Lantas, apa yang akan dialami oleh astronot jika melompat dari tebing Verona Rupes? Kamu mungkin sudah menduga, dibutukan waktu lama untuk mencapai dasar tebing, tapi butuh waktu berapa lama?

verona-rupes-tebing-tertinggi-di-tata-surya-informasi-astronomi
Kapan sampainya, nih?

Dibutuhkan waktu 8 menit untuk mencapai dasar tebing, mengingat gravitasi Miranda lebih lemah daripada Bumi, hanya 0,008 gravitasi Bumi. Astronot penerjun hanya akan melaju sekitar 144 km/jam dan akan melambat pada saat mencapai dasar dengan aman bila dilengkapi semacam airbag futuristik!

Jadi, melompat dari tebing Verona Rupes mungkin agak kurang ekstrem dibandingkan melompat dari Gunung Thor.

Bulan Kecil Uranus

verona-rupes-tebing-tertinggi-di-tata-surya-informasi-astronomi
Miranda, salah satu bulan Uranus, dicitrakan oleh pesawat antariksa Voyager 2 NASA.

Gambar close-up satu-satunya Miranda yang diambil pada tahun 1986 oleh Voyager 2, mengungkap permukaan yang dipenuhi kawah, tebing bergerigi dan bentangan alam yang kasar. Termasuk retakan dan patahan masif  di sepanjang permukaan, seolah memisahkannya menjadi lempeng yang berbeda. Tapi ukuran Miranda yang sangat kecil seharusnya tidak memungkinkan terjadinya pergeseran lempeng. Jadi, apa penyebabnya?

verona-rupes-tebing-tertinggi-di-tata-surya-informasi-astronomi
Gambar close-up Verona Rupes yang dicitrakan oleh Voyager 2.

Para ilmuwan belum bisa menjawabnya. Beberapa teori menduga pergeseran lempeng terjadi karena dampak benturan masif dengan asteroid, atau karena memang Miranda memiliki lempeng tektonik seperti di Bumi.

Pelajari lebih lanjut di artikel: Miranda dan Bulan-Bulan Uranus

Ditulis oleh: Staf spaceplace.nasa.gov


#terimakasihgoogle dan #terimakasihnasa

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Diameter Bumi

Kredit: NASA, Apollo 17, NSSDC   Para kru misi Apollo 17 mengambil citra Bumi pada bulan Desember 1972 saat menempuh perjalanan dari Bumi dan Bulan. Gurun pasir oranye-merah di Afrika dan Arab Saudi terlihat sangat kontras dengan samudera biru tua dan warna putih dari formasi awan dan salju antartika.   Diameter khatulistiwa Bumi adalah  12.756 kilometer . Lantas bagaimana cara para ilmuwan menghitungnya? Kredit: Clementine,  Naval Research Laboratory .   Pada tahun 200 SM, akurasi perhitungan ukuran Bumi hanya berselisih 1% dengan perhitungan modern. Matematikawan, ahli geografi dan astronom Eratosthenes menerapkan gagasan Aristoteles, jika Bumi berbentuk bulat, posisi bintang-bintang di langit malam hari akan terlihat berbeda bagi para pengamat di lintang yang berbeda.   Eratosthenes mengetahui pada hari pertama musim panas, Matahari melintas tepat di atas Syene, Mesir. Saat siang hari pada hari yang sama, Eratosthenes mengukur perpindahan sudut Matahari dari atas kota Al

Apa Itu Kosmologi? Definisi dan Sejarah

Potret dari sebuah simulasi komputer tentang pembentukan struktur berskala masif di alam semesta, memperlihatkan wilayah seluas 100 juta tahun cahaya beserta gerakan koheren yang dihasilkan dari galaksi yang mengarah ke konsentrasi massa tertinggi di bagian pusat. Kredit: ESO Kosmologi adalah salah satu cabang astronomi yang mempelajari asal mula dan evolusi alam semesta, dari sejak Big Bang hingga saat ini dan masa depan. Menurut NASA, definisi kosmologi adalah “studi ilmiah tentang sifat alam semesta secara keseluruhan dalam skala besar.” Para kosmolog menyatukan konsep-konsep eksotis seperti teori string, materi gelap, energi gelap dan apakah alam semesta itu tunggal ( universe ) atau multisemesta ( multiverse ). Sementara aspek astronomi lainnya berurusan secara individu dengan objek dan fenomena kosmik, kosmologi menjangkau seluruh alam semesta dari lahir sampai mati, dengan banyak misteri di setiap tahapannya. Sejarah Kosmologi dan Astronomi Pemahaman manusia

Berapa Lama Satu Tahun di Planet-Planet Lain?

Jawaban Singkat Berikut daftar berapa lama waktu yang dibutuhkan oleh setiap planet di tata surya kita untuk menyelesaikan satu kali orbit mengitari Matahari (dalam satuan hari di Bumi): Merkurius: 88 hari Venus: 225 hari Bumi: 365 hari Mars: 687 hari Jupiter: 4.333 hari Saturnus: 10.759 hari Uranus: 30.687 hari Neptunus: 60.190 hari   Satu tahun di Bumi berlalu sekitar 365 hari 6 jam, durasi waktu yang dibutuhkan oleh Bumi untuk menyelesaikan satu kali orbit mengitari Matahari. Pelajari lebih lanjut tentang hal itu di artikel: Apa Itu Tahun Kabisat? Satu tahun diukur dari seberapa lama waktu yang dibutuhkan oleh sebuah planet untuk mengorbit bintang induk. Kredit: NASA/Terry Virts Semua planet di tata surya kita juga mengorbit Matahari. Durasi waktu satu tahun sangat tergantung dengan tempat mereka mengorbit. Planet yang mengorbit Matahari dari jarak yang lebih dekat daripada Bumi, lama satu tahunnya lebih pendek daripada Bumi. Sebaliknya planet yang