Langsung ke konten utama

Apa Itu Perubahan Iklim?

apa-itu-perubahan-iklim-informasi-astronomi
Kredit: climatekids.nasa.gov

Iklim menggambarkan kondisi rata-rata, seperti suhu dan curah hujan, di suatu wilayah yang luas dalam jangka waktu relatif lama. Para ilmuwan NASA telah memantau permukaan Bumi yang semakin memanas selama 20 tahun terakhir.

Cuaca hanya menggambarkan kondisi di suatu area tertentu dalam waktu yang relatif singkat. Misalnya, jika di tempat tinggalmu sedang hujan, berarti itulah cara kita untuk menggambarkan cuaca hari ini. Hujan, cerah, salju, angin, badai atau tornado adalah fenomena cuaca.

Cuaca hanya bersifat sementara, sedangkan iklim mengambarkan kondisi cuaca yang khas di seluruh wilayah untuk waktu yang cukup lama, sekitar 30 tahun atau lebih.

Simak video di artikel Perbedaan Cuaca dan Iklim untuk mempelajarinya!

Perubahan Iklim

apa-itu-perubahan-iklim-informasi-astronomi
Perbandingan gletser Muir di Alaska pada bulan Agustus 1941 dan Agustus 2004. Terjadi perubahan yang signifikan selama 63 tahun di antara kedua foto ini.
Kredit: USGS

Adapun perubahan iklim menggambarkan perubahan kondisi rata-rata, seperti suhu dan curah hujan, di suatu wilayah yang luas dalam jangka waktu relatif lama. Misalnya, 20.000 tahun yang lalu, sebagian besar wilayah di Amerika Serikat tertutup oleh gletser. Saat ini iklim di wilayah Amerika Serikat lebih hangat dan hanya ada lebih sedikit gletser.

Perubahan iklim global mengacu pada rata-rata perubahan jangka panjang di seluruh Bumi, termasuk pemanasan suhu, perubahan curah hujan dan efek pemanasan bumi, seperti:
  • Peningkatan permukaan air laut.
  • Penyusutan gletser di gunung.
  • Peningkatan laju pencairan es di Greenland Antartika dan Arktik.
  • Perubahan waktu saat bunga dan tanaman mekar.
Iklim di Bumi terus berubah, bahkan jauh sebelum umat manusia eksis. Namun para ilmuwan telah mengamati perubahan tidak biasa yang terjadi baru-baru ini. Misalnya, laju peningkatan suhu rata-rata Bumi yang terjadi lebih cepat selama 150 tahun terakhir.

Simak artikel yang akan datang Bagaimana Cara Para Ilmuwan Mengetahui Perubahan iklim Sedang Terjadi untuk lebih memahaminya!

Laju Perubahan Iklim Saat Ini

apa-itu-perubahan-iklim-informasi-astronomi
Perbandingan grafik perubahan suhu global tahunan dengan rata-rata suhu tahunan global dari tahun 1880-1899.
Kredit: Pusat Penerbangan Antariksa Goddard NASA

Beberapa wilayah di Bumi memanas lebih cepat, tapi secara rata-rata suhu udara global telah meningkat sekitar 2 derajat Fahrenheit dalam 100 tahun terakhir. Bahkan lima tahun terakhir adalah suhu terhangat dalam beberapa abad.

Banyak yang merasa prihatin dengan peningkatan suhu di Bumi. Karena iklim terus memanas, intensitas dan jumlah curah hujan selama badai diperkirakan akan meningkat. Kekeringan dan gelombang panas juga diperkirakan akan berlangsung lebih intens seiring pemanasan iklim.

Ketika seluruh suhu meningkat 1 atau 2 derajat, perubahan itu berpotensi memengaruhi kesehatan tumbuhan dan hewan di Bumi.

Penyebab Perubahan Iklim

apa-itu-perubahan-iklim-informasi-astronomi
Animasi sederhana efek rumah kaca. Kredit: NASA/JPL-Caltech

Ada banyak faktor yang berkontribusi atas perubahan iklim, namun para ilmuwan berpendapat Bumi semakin menghangat dalam waktu 50-100 tahun terakhir karena aktivitas manusia.

Gas-gas tertentu di atmosfer memerangkap panas yang disebut efek rumah kaca. Aktivitas manusia yang menggunakan bahan bakar untuk pembangkit listrik, menggerakkan mobil, sepeda motor dan bus, telah memicu efek rumah kaca dan menyebabkan atmosfer memerangkap lebih banyak panas daripada sebelumnya dan menghangatkan Bumi.

Mengantisipasi Perubahan Iklim

Video yang menampilkan perubahan es laut Arktik sejak tahun 1984.
Kredit: NASA

Seiring aktivitas manusia yang menciptakan gas-gas rumah kaca, Bumi semakin menghangat. Lautan, darat, udara, tumbuhan, hewan dan energi dari Matahari, semuanya saling memengaruhi. Efek gabungan dari semuanya itu memberi kita iklim global. Dengan kata lain, iklim Bumi berfungsi seperti satu sistem besar yang saling terhubung.

Mempelajari Bumi sebagai suatu sistem berarti kita harus menentukan bagaimana setiap bagian saling terhubung. Jajaran satelit NASA pemantau Bumi mengumpulkan informasi tentang bagaimana atmosfer, air dan tanah berubah.

Dengan informasi ini para ilmuwan dapat mengamati bagaimana sistem bekerja, yang akan mengarahkan mereka untuk memahami bagaimana perubahan kecil di suatu wilayah dapat berkontribusi atas perubahan yang lebih besar terhadap iklim global di Bumi.

Ditulis oleh: Staf climatekids.nasa.gov


#terimakasihgoogle dan #terimakasihnasa

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Diameter Bumi

Kredit: NASA, Apollo 17, NSSDC   Para kru misi Apollo 17 mengambil citra Bumi pada bulan Desember 1972 saat menempuh perjalanan dari Bumi dan Bulan. Gurun pasir oranye-merah di Afrika dan Arab Saudi terlihat sangat kontras dengan samudera biru tua dan warna putih dari formasi awan dan salju antartika.   Diameter khatulistiwa Bumi adalah  12.756 kilometer . Lantas bagaimana cara para ilmuwan menghitungnya? Kredit: Clementine,  Naval Research Laboratory .   Pada tahun 200 SM, akurasi perhitungan ukuran Bumi hanya berselisih 1% dengan perhitungan modern. Matematikawan, ahli geografi dan astronom Eratosthenes menerapkan gagasan Aristoteles, jika Bumi berbentuk bulat, posisi bintang-bintang di langit malam hari akan terlihat berbeda bagi para pengamat di lintang yang berbeda.   Eratosthenes mengetahui pada hari pertama musim panas, Matahari melintas tepat di atas Syene, Mesir. Saat siang hari pada hari yang sama, Eratosthenes mengukur perpindahan sudut Matahari dari atas kota Al

Apa Itu Kosmologi? Definisi dan Sejarah

Potret dari sebuah simulasi komputer tentang pembentukan struktur berskala masif di alam semesta, memperlihatkan wilayah seluas 100 juta tahun cahaya beserta gerakan koheren yang dihasilkan dari galaksi yang mengarah ke konsentrasi massa tertinggi di bagian pusat. Kredit: ESO Kosmologi adalah salah satu cabang astronomi yang mempelajari asal mula dan evolusi alam semesta, dari sejak Big Bang hingga saat ini dan masa depan. Menurut NASA, definisi kosmologi adalah “studi ilmiah tentang sifat alam semesta secara keseluruhan dalam skala besar.” Para kosmolog menyatukan konsep-konsep eksotis seperti teori string, materi gelap, energi gelap dan apakah alam semesta itu tunggal ( universe ) atau multisemesta ( multiverse ). Sementara aspek astronomi lainnya berurusan secara individu dengan objek dan fenomena kosmik, kosmologi menjangkau seluruh alam semesta dari lahir sampai mati, dengan banyak misteri di setiap tahapannya. Sejarah Kosmologi dan Astronomi Pemahaman manusia

Berapa Lama Satu Tahun di Planet-Planet Lain?

Jawaban Singkat Berikut daftar berapa lama waktu yang dibutuhkan oleh setiap planet di tata surya kita untuk menyelesaikan satu kali orbit mengitari Matahari (dalam satuan hari di Bumi): Merkurius: 88 hari Venus: 225 hari Bumi: 365 hari Mars: 687 hari Jupiter: 4.333 hari Saturnus: 10.759 hari Uranus: 30.687 hari Neptunus: 60.190 hari   Satu tahun di Bumi berlalu sekitar 365 hari 6 jam, durasi waktu yang dibutuhkan oleh Bumi untuk menyelesaikan satu kali orbit mengitari Matahari. Pelajari lebih lanjut tentang hal itu di artikel: Apa Itu Tahun Kabisat? Satu tahun diukur dari seberapa lama waktu yang dibutuhkan oleh sebuah planet untuk mengorbit bintang induk. Kredit: NASA/Terry Virts Semua planet di tata surya kita juga mengorbit Matahari. Durasi waktu satu tahun sangat tergantung dengan tempat mereka mengorbit. Planet yang mengorbit Matahari dari jarak yang lebih dekat daripada Bumi, lama satu tahunnya lebih pendek daripada Bumi. Sebaliknya planet yang