Langsung ke konten utama

Skala Jarak Astronomi untuk Bintang Terdekat Proxima Centauri

skala-jarak-astronomi-untuk-bintang-terdekat-proxima-centauri

Ilustrasi skala jarak astronomi untuk sistem bintang triple Alpha Centauri.
 

Proxima Centauri, bintang paling redup di sistem triple Alpha Centauri, adalah bintang terdekat dari Bumi. Sedangkan dua bintang yang lebih terang lainnya, Alpha Centauri A dan B, menyusun sistem biner rapat. Sepasang bintang ini hanya terpisah sekitar 23 kali jarak Bumi-Matahari atau sekitar jarak Uranus-Matahari.
 
Skala Jarak Proxima Centauri
 
Proxima Centauri terletak sekitar 40.208.000.000.000 km atau 268.770 AU dari Bumi. Astronomical Unit (AU) adalah satuan jarak yang kerap digunakan untuk menghitung jarak di tata surya kita sendiri. 1 AU adalah jarak rata-rata Bumi-Matahari atau sekitar 150 juta kilometer. Namun satuan AU kurang efektif untuk mengukur jarak bintang, oleh karena itu para astronom cenderung menggunakan tahun cahaya. 1 tahun cahaya adalah jarak tempuh cahaya merambat dalam satu tahun atau 9.461x1012 km. Alpha Centauri A dan B terletak sekitar 4,35 tahun cahaya dari Bumi, sedangkan bintang terdekat Proxima Centauri sekitar 4,25 tahun cahaya.
 
Bagaimana Cara Para Astronom Mengukur Jarak Sejauh Itu?
 
Metode yang diterapkan oleh para astronom untuk mengukur jarak bintang-bintang adalah upaya fundamental dalam astronomi dan membawa implikasi penting untuk memahami alam semesta di sekitar kita.
 
Salah satu metode paling akurat yang sering digunakan adalah paralaks. Acungkan jari sekitar 30 cm di depan mata, lalu tutup salah satu matamu secara bergantian untuk melihatnya. Jari kita tampak “bergeser” karena sepasang mata kita memang terpisah sekitar beberapa cm, sehingga latar belakang pemandangan yang kita amati juga turut berubah. Pergeseran inilah yang disebut paralaks.
 
Paralaks bintang dapat ditentukan dengan cara mengukur posisi bintang dengan bintang latar belakang yang lebih jauh. Para astronom lalu kembali mengukur posisi bintang enam bulan kemudian ketika orbit Bumi berada di sisi berlawanan dari enam bulan sebelumnya. Jika relatif dekat dengan kita, maka pergeseran bintang dapat diamati, meskipun pergeserannya hanya kurang dari 1 detik busur. (1 detik busur adalah 1/60 menit busur, yaitu 1/60 derajat).
 
skala-jarak-astronomi-untuk-bintang-terdekat-proxima-centauri
Kredit: Imagine the Universe, NASA/GSFC
 
Mengapa Perhitungan Ini Dianggap Penting oleh Para Astronom?
 
Bintang sebenarnya selalu bergerak, karena galaksi berotasi dan bintang-bintang di dalamnya mengorbit pusat galaksi. Tidak semua bintang bergerak dengan kecepatan yang sama, kecepatan mereka bergantung pada lokasi di dalam galaksi.
 
Matahari kita terletak cukup jauh dari pusat galaksi dan membutuhkan waktu lebih dari 200 juta tahun untuk menyelesaikan satu kali orbit mengitari pusat galaksi. Beberapa bintang di dekat tata surya kita bergerak lebih cepat daripada Matahari, sementara yang lain lebih lambat. Menurut astronom Phil Plaitt dari situs Bad Astronomy, “.....seperti mobil di jalan raya, bintang-bintang saling menyalip saat mengorbit pusat galaksi. Posisi mereka berubah secara perlahan, tapi dapat diukur.”

skala-jarak-astronomi-untuk-bintang-terdekat-proxima-centauri
Kredit: Frog Rock Observatory

 
Animasi ini menunjukkan pergerakan Bintang Barnard saat melintasi langit dari tahun 1985 hingga 2005. Barnard mendekati Matahari dengan sangat cepat. Pada sekitar tahun 11.700 M, Barnard hanya akan terpisah sekitar 3,8 tahun cahaya dari Matahari. Dengan demikian Barnard akan menjadi bintang terdekat dari Matahari sekitar 9.700 tahun yang akan datang.
 
Durasi dan Jarak Tempuh
 
Saat ini, pesawat antariksa Voyager 1 NASA sedang mengemban misi untuk mencapai ruang antarbintang. Voyager 1 menjauh dari Matahari dengan kecepatan 17,3 km/detik. Dengan kecepatan ini, Voyager 1 akan tiba di Proxima Centauri sekitar 73.000 tahun lagi. Bahkan jika kita bisa melaju secepat cahaya, masih butuh waktu sekitar 4,22 tahun untuk tiba di sana!
 
Mengapa Kita Tidak Bisa Melampaui Kecepatan Cahaya?
 
Menurut teori Relativitas Khusus yang digagas Einstein, massa suatu benda akan meningkat seiring bertambahnya kecepatan. Jika melaju hampir secepat cahaya, massa suatu benda akan menjadi tak terhingga. Berarti dibutuhkan energi yang tak terbatas untuk mengakselerasi suatu benda agar melaju hampir secepat cahaya.
 
Fisika tidak pernah melarang kita untuk melaju hampir secepat cahaya, asalkan kita memiliki sumber energi yang tak terbatas. Tapi teknologi untuk mewujudkannya mungkin masih jauh berada di masa depan.

Ditulis oleh: Staf imagine.gsfc.nasa.gov
 
 
#terimakasihgoogle dan #terimakasihnasa

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Diameter Bumi

Kredit: NASA, Apollo 17, NSSDC   Para kru misi Apollo 17 mengambil citra Bumi pada bulan Desember 1972 saat menempuh perjalanan dari Bumi dan Bulan. Gurun pasir oranye-merah di Afrika dan Arab Saudi terlihat sangat kontras dengan samudera biru tua dan warna putih dari formasi awan dan salju antartika.   Diameter khatulistiwa Bumi adalah  12.756 kilometer . Lantas bagaimana cara para ilmuwan menghitungnya? Kredit: Clementine,  Naval Research Laboratory .   Pada tahun 200 SM, akurasi perhitungan ukuran Bumi hanya berselisih 1% dengan perhitungan modern. Matematikawan, ahli geografi dan astronom Eratosthenes menerapkan gagasan Aristoteles, jika Bumi berbentuk bulat, posisi bintang-bintang di langit malam hari akan terlihat berbeda bagi para pengamat di lintang yang berbeda.   Eratosthenes mengetahui pada hari pertama musim panas, Matahari melintas tepat di atas Syene, Mesir. Saat siang hari pada hari yang sama, Eratosthenes mengukur perpindahan sudut Matahari dari atas kota Al

Apa Itu Kosmologi? Definisi dan Sejarah

Potret dari sebuah simulasi komputer tentang pembentukan struktur berskala masif di alam semesta, memperlihatkan wilayah seluas 100 juta tahun cahaya beserta gerakan koheren yang dihasilkan dari galaksi yang mengarah ke konsentrasi massa tertinggi di bagian pusat. Kredit: ESO Kosmologi adalah salah satu cabang astronomi yang mempelajari asal mula dan evolusi alam semesta, dari sejak Big Bang hingga saat ini dan masa depan. Menurut NASA, definisi kosmologi adalah “studi ilmiah tentang sifat alam semesta secara keseluruhan dalam skala besar.” Para kosmolog menyatukan konsep-konsep eksotis seperti teori string, materi gelap, energi gelap dan apakah alam semesta itu tunggal ( universe ) atau multisemesta ( multiverse ). Sementara aspek astronomi lainnya berurusan secara individu dengan objek dan fenomena kosmik, kosmologi menjangkau seluruh alam semesta dari lahir sampai mati, dengan banyak misteri di setiap tahapannya. Sejarah Kosmologi dan Astronomi Pemahaman manusia

Berapa Lama Satu Tahun di Planet-Planet Lain?

Jawaban Singkat Berikut daftar berapa lama waktu yang dibutuhkan oleh setiap planet di tata surya kita untuk menyelesaikan satu kali orbit mengitari Matahari (dalam satuan hari di Bumi): Merkurius: 88 hari Venus: 225 hari Bumi: 365 hari Mars: 687 hari Jupiter: 4.333 hari Saturnus: 10.759 hari Uranus: 30.687 hari Neptunus: 60.190 hari   Satu tahun di Bumi berlalu sekitar 365 hari 6 jam, durasi waktu yang dibutuhkan oleh Bumi untuk menyelesaikan satu kali orbit mengitari Matahari. Pelajari lebih lanjut tentang hal itu di artikel: Apa Itu Tahun Kabisat? Satu tahun diukur dari seberapa lama waktu yang dibutuhkan oleh sebuah planet untuk mengorbit bintang induk. Kredit: NASA/Terry Virts Semua planet di tata surya kita juga mengorbit Matahari. Durasi waktu satu tahun sangat tergantung dengan tempat mereka mengorbit. Planet yang mengorbit Matahari dari jarak yang lebih dekat daripada Bumi, lama satu tahunnya lebih pendek daripada Bumi. Sebaliknya planet yang