Langsung ke konten utama

Budget Radiasi Bumi

budget-radiasi-bumi-informasi-astronomi

Energi yang masuk, dipantulkan, diserap, dan dipancarkan oleh sistem Bumi adalah komponen dari budget radiasi Bumi. Berdasarkan prinsip fisika konservasi energi, budget radiasi adalah perhitungan keseimbangan antara radiasi yang masuk ke Bumi, yang hampir seluruhnya radiasi Matahari, dan radiasi yang keluar dari Bumi, yang sebagian memantulkan radiasi Matahari dan sisanya adalah emisi radiasi dari sistem Bumi, termasuk lapisan atmosfer.

Budget yang tidak seimbang dapat menyebabkan peningkatan atau penurunan suhu di atmosfer yang bisa memengaruhi iklim. Satuan energi yang digunakan untuk mengukur masuk dan keluarnya radiasi adalah watt per meter persegi (W/m2).

budget-radiasi-bumi-informasi-astronomi

Radiasi Surya

Radiasi surya meliputi energi cahaya ultraviolet, kasat mata dan inframerah (dalam jumlah terbatas). Ketiga energi ini disebut radiasi gelombang pendek yang diterima oleh Bumi dan menggerakkan sistem iklim Bumi. Sebagian radiasi yang masuk ke Bumi dipantulkan awan, diserap oleh atmosfer dan sisanya mencapai permukaan Bumi. Partikel aerosol dalam jumlah besar di atmosfer berinteraksi dengan radiasi dan menyerap sebagian radiasi sehingga menghangatkan atmosfer. Panas yang dihasilkan oleh proses penyerapan ini dipancarkan kembali sebagai radiasi inframerah gelombang panjang, beberapa di antaranya memancar ke luar angkasa.

budget-radiasi-bumi-informasi-astronomi

Penyerapan Energi

Radiasi surya yang melewati atmosfer Bumi selain diserap juga dipantulkan oleh salju, es, atau permukaan Bumi.

Pancaran Radiasi Glombang Panjang

Panas yang dihasilkan dari penyerapan radiasi gelombang pendek yang masuk ke Bumi, dipancarkan kembali sebagai radiasi gelombang panjang. Radiasi dari lapisan atas atmosfer yang dihangatkan, bersama dengan sejumlah kecil radiasi dari permukaan Bumi, memancar ke luar angkasa.

Sebagian besar radiasi gelombang panjang yang dipancarkan menghangatkan lapisan atmosfer yang lebih rendah dan turut berperan dalam menghangatkan permukaan planet kita.

budget-radiasi-bumi-informasi-astronomi

Efek Rumah Kaca

Gas rumah kaca di atmosfer (seperti uap air dan karbon dioksida) menyerap sebagian besar radiasi inframerah gelombang panjang yang dipancarkan Bumi dan memanaskan lapisan atmosfer yang lebih rendah. Kemudian, lapisan atmosfer yang menghangat memancarkan radiasi gelombang panjang, sedangkan beberapa di antaranya memancar ke permukaan Bumi untuk menjaga planet kita tetap hangat dan nyaman.

Peningkatan konsentrasi gas rumah kaca seperti karbon dioksida dan metana meningkatkan suhu di lapisan atmosfer yang lebih rendah karena menghalangi radiasi yang seharusnya dipancarkan ke luar angkasa, menjadi penyebab utama “pemanasan global” atau secara lebih luas “perubahan iklim global”.

budget-radiasi-bumi-informasi-astronomi
Kredit: NASA/ Goddard Space Flight Center Scientific Visualization Studio

Radiasi dan Sistem Iklim

Untuk memahami perubahan iklim, para ilmuwan harus menentukan penyebab perubahan dalam budget radiasi Bumi. Instrumen Clouds and the Earth's Radiant Energy System (CERES) di satelit Aqua dan Terra besutan NASA mampu mengukur radiasi gelombang pendek yang dipantulkan dan radiasi gelombang panjang yang dipancarkan ke luar angkasa secara akurat, memungkinkan para ilmuwan untuk menentukan total budget radiasi Bumi.

Sedangkan instrumen-instrumen NASA lainnya terus memantau perubahan dalam aspek lain dari sistem iklim Bumi –seperti awan, partikel aerosol, dan reflektifitas permukaan-- dan para ilmuwan berusaha meneliti interaksinya dengan budget radiasi.

Ditulis oleh: Staf science.nasa.gov


Rangkaian Artikel Spektrum Elektromagnetik

11. Sinar-X
13. Budget Radiasi Bumi

#terimakasihgoogle dan #terimakasihnasa

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Diameter Bumi

Kredit: NASA, Apollo 17, NSSDC   Para kru misi Apollo 17 mengambil citra Bumi pada bulan Desember 1972 saat menempuh perjalanan dari Bumi dan Bulan. Gurun pasir oranye-merah di Afrika dan Arab Saudi terlihat sangat kontras dengan samudera biru tua dan warna putih dari formasi awan dan salju antartika.   Diameter khatulistiwa Bumi adalah  12.756 kilometer . Lantas bagaimana cara para ilmuwan menghitungnya? Kredit: Clementine,  Naval Research Laboratory .   Pada tahun 200 SM, akurasi perhitungan ukuran Bumi hanya berselisih 1% dengan perhitungan modern. Matematikawan, ahli geografi dan astronom Eratosthenes menerapkan gagasan Aristoteles, jika Bumi berbentuk bulat, posisi bintang-bintang di langit malam hari akan terlihat berbeda bagi para pengamat di lintang yang berbeda.   Eratosthenes mengetahui pada hari pertama musim panas, Matahari melintas tepat di atas Syene, Mesir. Saat siang hari pada hari yang sama, Eratosthenes mengukur perpindahan sudut Matahari dari atas kota Al

Apa Itu Kosmologi? Definisi dan Sejarah

Potret dari sebuah simulasi komputer tentang pembentukan struktur berskala masif di alam semesta, memperlihatkan wilayah seluas 100 juta tahun cahaya beserta gerakan koheren yang dihasilkan dari galaksi yang mengarah ke konsentrasi massa tertinggi di bagian pusat. Kredit: ESO Kosmologi adalah salah satu cabang astronomi yang mempelajari asal mula dan evolusi alam semesta, dari sejak Big Bang hingga saat ini dan masa depan. Menurut NASA, definisi kosmologi adalah “studi ilmiah tentang sifat alam semesta secara keseluruhan dalam skala besar.” Para kosmolog menyatukan konsep-konsep eksotis seperti teori string, materi gelap, energi gelap dan apakah alam semesta itu tunggal ( universe ) atau multisemesta ( multiverse ). Sementara aspek astronomi lainnya berurusan secara individu dengan objek dan fenomena kosmik, kosmologi menjangkau seluruh alam semesta dari lahir sampai mati, dengan banyak misteri di setiap tahapannya. Sejarah Kosmologi dan Astronomi Pemahaman manusia

Berapa Lama Satu Tahun di Planet-Planet Lain?

Jawaban Singkat Berikut daftar berapa lama waktu yang dibutuhkan oleh setiap planet di tata surya kita untuk menyelesaikan satu kali orbit mengitari Matahari (dalam satuan hari di Bumi): Merkurius: 88 hari Venus: 225 hari Bumi: 365 hari Mars: 687 hari Jupiter: 4.333 hari Saturnus: 10.759 hari Uranus: 30.687 hari Neptunus: 60.190 hari   Satu tahun di Bumi berlalu sekitar 365 hari 6 jam, durasi waktu yang dibutuhkan oleh Bumi untuk menyelesaikan satu kali orbit mengitari Matahari. Pelajari lebih lanjut tentang hal itu di artikel: Apa Itu Tahun Kabisat? Satu tahun diukur dari seberapa lama waktu yang dibutuhkan oleh sebuah planet untuk mengorbit bintang induk. Kredit: NASA/Terry Virts Semua planet di tata surya kita juga mengorbit Matahari. Durasi waktu satu tahun sangat tergantung dengan tempat mereka mengorbit. Planet yang mengorbit Matahari dari jarak yang lebih dekat daripada Bumi, lama satu tahunnya lebih pendek daripada Bumi. Sebaliknya planet yang